KIsahku......

Rabu, 13 November 2019

CARA PINTAR MAM PLAYDATE DI MALANG MBOIS

Mam, anak kamu main apa hari ini?
Ihh. Kok keren sih bisa bikin-bikin mainan edukatif seperti itu?
MamAku boleh contek idenya nggak?

Belajar main gitar
Kira-kira percakapan seperti itulah yang terjadi di balik layar foto-foto anak berkegiatan yang terpampang di instagram atau facebook saya. Banyak yang bertanya? Iya. Banyak yang penasaran dengan kegiatan harian anak? Iya.  

Awal menjadi seorang Mam, pernah nggak merasa kebingungan untuk mulai stimulasi anak kita? Bagaimana caranya? Dimulai dari mana?

Mari berkebun

Sebenarnya apa itu stimulasi sejak dini? Stimulasi dini adalah rangsangan yang dilakukan sejak bayi baru lahir (bahkan sebaiknya sejak janin usia enam bulan) untuk merangsang semua sistem indra (pendengaran, penglihatan, perabaan, pembauan, dan pengecapan). Stimulasi dini hendaknya dilakukan setiap hari. 

Playdate bareng teman
Salah satu yang dilakukan untuk kegiatan stimulasi bagi anak-anak kita yaitu dengan melakukan Playdate bersama teman-teman diluar ruangan atau outdoor. Seperti S-26 Procal #CaraPintarMam Playdate yang kami lakukan pada Minggu, 10 November 2019 di Jardin Cafe, Dau, Malang.

S-26 Procal memfasilitasi Mam untuk memberikan yang terbaik dalam mendukung fondasi anak untuk belajar dan menjadikannya Mandiri. Acara yang diselenggarakan oleh S-26 Procal dan Malajah Ayah Bunda ini terbagi menjadi 3 sesi : Stimulasi, Inspirasi dan Nutrisi. Banyak sekali manfaat yang kami dapat. Salah satunya mengeratkan bonding antara Mam dan anak. Karena mereka berkegiatan sambil bersenang-senang.

Sesi Inspirasi dan Nutrisi

Kegiatan diawali dengan sesi stimulasi pada 8 titik yang disediakan oleh tim Rumah Anak Cilandak, seperti : Playground area, coloring seed, gardening, grab jelly (toys hunt), feeding animals, spray gun, play with mud dan area gym atau motorik kasar. Anak-anak dibagi menjadi 8 kelompok dan masing-masing kelompok berkeliling sesuai dengan urutan yang sudah disepakati.

Adik Kay tampak menikmati sekali setiap area yang disediakan. Bahkan seringkali belum puas bermain tapi harus sudah berpindah tempat. Kelompok adik kay pertama kali melakukan kegiatan di area motorik kasar. Merangkak, berjalan berkelok-kelok, melompat diakhiri dengan meniti papan.

Area Motorik Kasar

Berlanjut ke area berkebun. Anak di stimulasi agar mampu menyendok tanah/serabut jerami kemudian menanam pohon kecil dan merapihkan tanaman tersebut. Kemudian Kegiatan coloring seed, dimana beras yang ada dalam wadah besar diambil secukupnya lalu anak-anak mulai memberi warna dengan pasta makanan agar lebih aman apabila masuk mulut.

Spray Hunt

Beralih kebagian spray hunt, untuk menguatkan jari-jemari ketika anak belajar menyemprot ke salah satu target atau kain putih. Mereka juga bisa melihat perubahan warna jika ada warna yang tercampur. Dibagian feeding animals, anak bisa mencoba menggendong hewan kelinci atau memberi minum. Grab jelly dan play with mud merupakan kegiatan yang disukai adik Kay. Tampak sangat messy tapi membuat anak-anak betah untuk berlama-lama di area tersebut.   

Grab Jelly

Menurut Karin--Psikolog anak dan remaja--point penting untuk melatih anak mandiri :
1. Kurangi bantuan
2. Memberikan pilihan
3. Fleksibel tapi tetap terstruktur : terbuka untuk negosiasi dan disepakati
4. Biarkan anak mengalami kegagalan agar bisa mencoba kembali

Karin (psikolog) kiri dan Anindia (Brand Manager S-26) kanan

Tentunya harus ditunjang dengan asupan nutrisi yang tepat agar terserap sesuai dengan tahap tumbuh kembang si kecil. Karena nutrisi penting untuk perkembangan otak dan pertumbuhan fisik anak.

Anindia--Brand Manager S-26 Procal dan S-26 Promis--membagi 2 tahap tumbuh kembang untuk nutrisi anak, yaitu : usia 1-3 tahun dan 3-12 tahun. Usia 1-3 tahun berkaitan dengan 1000 hari pertama kehidupan. Tubuh anak berkembang pesat, salah satunya otak anak. Semua bisa di dapat dari makanan si kecil. Namun kita harus tetap cek ricek apakah asupan tersebut udah mencukupi atau belum.


Semua peserta playdate
S-26 Procal merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun dengan Nutriessentials #CaraPintarMam dukung fondasi bejalar si kecil agar mandiri. Nah, buat para Mams jangan pernah berhenti belajar dan berikan nutrisi yang cukup agar stimulasi yang sudah dilakukan bisa diterima dengan baik.

Karena selalu ada #CaraPintarMam dalam mendukung proses belajar si kecil. Untuk ide-ide stimulasi dan inspirasi bisa di download di : www.carapintarmam.co.id  
Keseruan kami hari ini

23 komentar:

  1. Seru banget acaranya, playdate di luar ruangan jadi lebih hapoy ya, anak2 bisa eksplor bermain puas, apalagi suasana sharing sessionnya juga suasana santai gitu, event yang sangat menyenangkan, dapat ilmu dan anak-anak juga happy banget pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mam. Kalau event bawa anak memang kudu yang bikin anak-anak nyaman ya supaya anak dan mamak happy hehe

      Hapus
  2. Untuk calon ibu dan yang akan membina rumah tangga (seperti daku), informasi seperti ini sangat bermanfaat. Karena stimulasi untuk anak sangat penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget mba. Sejak usia dini bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Semoga disegerakan ya mba hehe

      Hapus
  3. Kapan nih acara playdate serupa diadakan dijakarta? Semoga Ada jadwalnya ya. nutrisi Dan stimulasi memang Faktor Yang paling penting Dalam tumbuh kembang anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa bulan lalu sudah pernah ada mam, tapi seperttinya kalau cek ricek jadwal akan ada lagi di Jakarta. tunggu aja infonya mam.

      Hapus
  4. Wah.. senang sekali nih playdatenya. Banyak banget kegiatan seru untuk melatih kemandirian anak-anak. Di Jakarta nanti kira-kira ada juga gak ya acaranya?

    BalasHapus
  5. Waaah playdatenya seru banget mba. Permainannya macem-macem ya. Bisa ngembangin mororik anak juga ituitu .Tg paling penting, emaknya agak bisa santai dikit ketika anak maen.

    BalasHapus
  6. Waah Cara Pintar Mam Playmaker sudah sampai ke Malang, beberapa bukan lalu acara serupa diadakan di Jakarta tetapi sayang banget aku gak bisa ikutan. Padahal acaranya seru banget buat stimulasi anak dengan cara bermain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Typo kan saking semangatnya, yang bener mau nulis playdate

      Hapus
  7. Seru banget mbak playdate-nya. Anakku juga senang banget main mainan edukatif dan sensory play. Yang penting anak terus distimulasi ya Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba. Mba dianing biasanya pakai jadwal harian atau mengalir aja untuk kegiatan sehari-harinya?

      Hapus
  8. Aku suka kalau pas momong ponakan gitu, jadi bisa terampil utk kasih stimulasi dr permainan yg ku berikan ke dia . Seneng juga pas dianya happy hehe
    Adeknya juga seneng banget di Playdatenya mbak 😍

    BalasHapus
  9. Tips melatih anak buat mandirinya bagus banget buat dicoba nih mbak, selama ini kdng ortu suka gemes kalau anaknya susah melakukan aktivitas apa gtu dan cenderung ngebantu. Pdhl itu gak baik ya kalau kederingan.

    BalasHapus
  10. asik banget nih acaranya mba playdate bareng anak yah semoga di Bandung ada nih ga cuman anak yang happy tapi ibunya juga

    BalasHapus
  11. Ahh aeeu playdate gini Mbaak alhamdulillah yaah S26 mengerti banget nih pentingnya menstimulasi anak apalagi anak balita :') permainannya seru seru apalagi spray hunt, penasaran💙

    BalasHapus
  12. Busyet cakep banget ini mbaaaa
    Bikin gemes banget. Aku jadi pengen ih.
    Seru bisa bermain ama anak. Pengen punya anak jadinya hehhehehe

    BalasHapus
  13. Seru banget acaranya, anak mendapat stimulasi dengan cara menyenangkan. Orang tuanya juga senang dapat upgrade ilmu pengasuhan anak

    BalasHapus
  14. Senengnyaa... anak anak bisa main, sementara mamanya dapet ilmu bergizi...

    BalasHapus
  15. Hoalaah acara ini, aku taunya dari IG-nya Thiva. Seru banget yaaa. Anak-anak bisa bebas main dan ibunya belajar.

    BalasHapus
  16. seru banget acaranya. eh ternyata di Jakarta hehehe. Permainannya mengasah otak dan motorik tuh, kereen

    BalasHapus
  17. Seru bangeeet... Jadi pingibbawa murid2 ke sini heheh..
    Bagus mb customnya..

    BalasHapus