KIsahku......

Rabu, 20 November 2019

Murahnya Tarif Bus Bagong Nggak Bikin Kantong Jebol

"Bunda, kita mau pergi naik bus? Aku duduk sendiri apa dipangku?" tanya adik Kay, anak perempuan berusia 3.5 tahun.
"Iya, kita naik bus Bagong. Nanti adik dipangku bunda ya."
“Emangnya naik bus Bagong asyik ya bun?”
“Sepertinya asyik. Kita coba ya?”


Keluarga Baha

Bepergian keluar kota bersama anak kecil menggunakan alat transportasi bus, apakah mungkin? Apalagi dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam. Kira-kira anak bosan nggak ya? Fasilitas bus akan membuat anak-anak nyaman nggak ya? OMG…. Dag dig dug.

Biasanya hal tersebut menjadi momok tersendiri bagi sebagian orangtua apalagi mama-mama milenial jaman sekarang. Yang notabene sudah terpapar oleh segala macam fasilitas apalagi yang berbau teknologi dan high class. Nggak mau ribet dan repot. Ingin yang aman dan nyaman buat anak-anak.

Tibalah kami sekeluarga naik bus Bagong pada hari Sabtu, 16 November 2019. Bersama dengan teman-teman blogger Malang dari Malang Citizen mendapat kesempatan untuk ikut dalam uji coba dan peluncuran jalur baru Bus Bagong, Surabaya-Kediri-Tulungagung, via tol dan non tol (arteri).


Blogger Malang foto didepan bus Bagong

Sebagai penduduk baru di Kota Malang, saya masih awam dengan banyaknya nama armada bus di kota Malang. Hari sabtu itu pertama kalinya bagi kami merasakan naik armada bus Bagong. Padahal Bagong Transport sudah berdiri sejak 25 tahun silam. Kenapa Bagong? Seperti yang kita ketahui bahwa sosok Bagong merupakan salah satu tokoh punakawan dalam pewayangan yang selalu setia melayani rajanya. Menurut Hari Susilo, Owner Bagong Transport, pada saat peresmian jalur baru di terminal Gayatri Tulungagung, “Diharapkan PT. Bagong Dekaka Makmur mampu melayani setiap orang, sepanjang masa.”

Melihat penampakan bus Bagong, langsung excited! Terpampang tulisan AC Luxury TARIF BIASA. Woww bangettt kan. Ditambah dengan penampilannya luarnya memang terlihat seperti “Bagong” alias gemuk dan berwarna putih bersih. 


Bus Bagong

PT. Bagong Dekaka Makmur ingin memanjakan calon penumpang yang hendak menggunakan moda transportasi bus melalui jalan bebas hambatan dengan tarif yang relatif murah. Bahkan sangat murah dibandingan pesaingnya dalam moda transportasi. Tersedia sekitar 42 unit bus Bagong untuk jalur baru ini dengan armada yang terbilang masih gress.

Dibanderol dengan harga tiket Rp 24.000 untuk jalur non tol (arteri) dan Rp 25.000 untuk jalur tol. Dengan fasilitas AC, kursi yang empuk dan nyaman plus bisa disetel, televisi, colokan charger, kabin size, dll. Untuk ukuran jalur luar kota, murah bukan?


Bagian dalam bus (doc. Malang Citizen)

Upaya pemerintah agar masyarakat bisa menggunakan angkutan umum dengan nyaman dan aman kini semakin lebih baik. Tidak hanya kenyamanan saja, Bagong Transport juga memperhitungkan keselamatan bagi masyarakat yang ingin bepergian ke Surabaya dibandingkan dengan berkendara sendiri menggunakan sepeda motor. 

“Semoga dengan peluncuran jalur baru Surabaya-Kediri-Tulungagung, bus Bagong bisa membawa berkah untuk masyarakat Tulungagung dan sekitarnya,” kata Pandu, sapaan akrab Direktur Perhubungan Darat.
Prosesi pemotongan pita oleh bpk Hari dan bpk Pandu

Dalam rangka peluncuran jalur baru tersebut bus Bagong juga menyediakan 4 armada  bus gratis bagi yang bepergian ke Surabaya melalui Tulungagung. Melewati jalur tol Kertosono.

Acara peluncuran jalur baru bus Bagong diawali dengan tampilnya icon Bagong di area photobooth, pertunjukan reog kendang asli Tulungagung. Kemudian pemotongan tumpeng diteruskan pengguntingan pita sebagai tanda resminya peluncuran jalur baru dilanjutkan dengan keberangkatan 4 bus gratis menuju Surabaya. 

Icon Bagong pada peluncuran jalur baru bus Bagong

Tak kalah meriahnya saat komedian lokal, Cak Percil cs tampil. Menambah keceriaan  suasana siang kala itu. Puluhan doorprize juga menjadi penyemangat kami dan warga sekitar yang mengikuti rangkaian acara. Ditutup dengan pengumuman pemenang grand prize berupa satu unit motor matic.

Sore hari saatnya kami kembali ke Malang bersama rombongan. Laju kendaraan yang stabil mampu membuat anak-anak menikmati perjalanan sambil bersenda gurau. Anak anteng, mamak bahagia (terutama harga murah yang ditawarkan, karena nggak bikin kantong jebol kalau bepergian sekeluarga). Asyik bukan….

Kak Endrita main bersama anak-anak
Tak perlu diragukan lagi sepak terjang Bagong Transport karena memiliki supir dan kernet yang handal. Akhirnya masyarakat sekitar Jawa Timur bisa memiliki pilihan dalam menentukan moda transportasi yang aman dan nyaman. Bagong Bus!

Yuk kita bepergian naik bus!


18 komentar:

  1. Bisnya keliatan nyaman bangeeeet euy. Anak2 juga sering kuajak naik bis ni walaupun masih sekitaran jabodetabek aja. Blm pernah keluar kota banget hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, gak apa-apa mbaaa kalau sudah pernah coba naik bus dalkot, next coba bus luar kota. Pastinya memang butuh persiapan extra hahaha

      Hapus
  2. Amkin dimudahkan saja ya sekarang mau lintas kota, dengan beragam bus yang nyaman dan aman serta anti bikin dompet tipis ya.

    Jadi ingat dulu betapa repotnya teman-teman yang mau mudik ke luar Surabaya, karena armada bus masih sangat terbatas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mba, beberapa tahun belakangan armada bus sudah semakin baik dalam hal pelayanan dan kondisi bus nya ya. Alhamdulillah. Btw, sudah pernah naik bus antar kota mba Rey?

      Hapus
  3. Jalur baru ini semoga membuat semangat baru untuk para pengguna transportasi dan penyedia transportasi lebih menyenangkan dan aman pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga penumpang juga bisa sama-sama menjaga kenyamanan dan keamanan ya mba

      Hapus
  4. Wah jadi gak perlu khawatir anak rewel lagi deh karena merasa tidak nyaman di bus saat perjalanan jauh ya. apalagi harga yang pas dikantong bikin mamak pun happy hehhe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, untuk jarak yang memakan waktu sekitar 3-4 jam, dengan full AC bus ini cukup Ok

      Hapus
  5. Kalau Bis-nya senyaman ini, 3,5 jam perjalanan bersama Anak-anak jadi lebih aman yaaa. Naik Bis itu keseruannya beda banget dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, masih jadi favoritku, tapi memang harus pilih-pilih terutama kalau perginya sekeluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba, pilih-pilih bus ya. Kira-kira yang mana yang bisa aman dan nyaman bersama keluarga. Soale kita kan bawa pasukan yoooo

      Hapus
  6. Keren ya Mba fasilitas luxury tapi harga standar. Kalau mau bepergian jauh, apalagi sama keluarga penting banget tuh buat naik kendaraan umum yang nyaman dengan fasilitas lengkap. Aku sendiri belum pernah ngajak anak bayi naik bus ke luar kota, takut rempong hehehe.

    BalasHapus
  7. Keren ini mbak. Dari foto-fotonya fasilitasnya oke punya, dan harganya juga masih merakyat. Semoga Bagong Bus makin sukses deh ke depannya

    BalasHapus
  8. Eh jadi ada yang rute dari Surabaya ya mbak? Kemarin baca info medsos temen kirain dr Malang aja :D
    Zamanku kecil dulu sering naik bus dari Surabaya sampai Trenggalek lanjut Pacitan hehe.
    Moga nanti ada rutenya lanjut ke Pacitan ya hehe
    Semoga

    BalasHapus
  9. Huwaaa seru banget ini kak Niken free jadi bisa coba dan merasakan langsung ya kenyamananynya. Pengen coba juga tapi jauh Tulungagung

    BalasHapus
  10. Nama busnya unik bange ya mbak dan mudah diingat, jadi kalo naik bus ya naik bus ke surabaya, tulungagung, kediri bisa naik bus bagong ya mbak, fasilitasnnya bikin nyaman berada didalam bus ini.

    BalasHapus
  11. dikasih nama Bagong biar jadi ingat terus dengan tokoh Wayang itu ya Mbak, unik dan kreatif tuh.
    bus sekarang berbenah biar gak ketinggalan ya, semoga di daerah lain juga bisa seperti itu.

    BalasHapus
  12. Terus kali ya kalau Road Trip naik bus seperti ini tapi aku belum pernah mendengar bus Bagong ini loh Baru kali ini aku dengar jadi penasaran deh

    BalasHapus
  13. Namanya kok Bagong ya, tapi jadi mudah diingat sih. Itu kan tokih khas Indonesia. Tapi aku pribadi baru tahu ada bus Bagong

    BalasHapus