Lifestyle Parenting and Traveling
Bisnis  

5 Alasan Perusahaan Harus Menerapkan ERP Software

ERP Software
ERP Software

Anda pelaku bisnis atau usaha? Sudah mencoba menggunakan perangkat lunak untuk bidang bisnis Anda? Semakin banyak pelaku usaha yang menggunakan Software ERP membuat pelaku usaha lainnya bertanya-tanya apa pentingnya software tersebut.

Ternyata, masih cukup banyak pebisnis yang belum tahu bahwa ERP Software adalah inovasi terbaru yang bisa memberikan banyak kemajuan untuk keberlangsungan bisnis.

Apa itu ERP Software

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning yang merupakan suatu sistem perangkat lunak dengan kemampuan untuk mengintegrasikan data perusahaan dari setiap bagian.

Bagian tersebut terdiri dari bagian keuangan, produksi, pemasaran, sampai kepegawaian yang terhubung dalam waktu yang lebih cepat dan praktis.

Itulah mengapa kami ingin menjelaskan mengenai pentingnya software ERP Indonesia untuk bisnis. Berikut adalah alasannya!

1.    Efisiensi Waktu dan Biaya Administrasi

Sudah seharusnya seorang manajer ingin semua pekerjaan terkontrol dengan baik, salah satu contohnya mengenai laporan SDM. Semakin banyak jumlah karyawan di suatu perusahaan, maka akan semakin banyak pula laporan yang perlu dikerjakan.

Selain biaya administrasi yang terus meningkat, waktu seorang manajer juga semakin banyak tersita untuk memeriksa laporan.

Seluruh kerumitan tersebut akan hilang apabila perusahaan Anda menerapkan Software ERP. Karena dengan begitu, seluruh data dari setiap divisi sudah terintegrasi, termasuk hasil perkembangan SDM. Hal tersebut tentunya akan membuat karyawan memiliki lebih banyak waktu untuk mengurusi hal yang lain.

Baca juga: Ide Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Cukup Modal HP

2.    Satu Aplikasi Sudah Cukup

Masalah lainnya yang sering terjadi adalah terlalu banyak penggunaan aplikasi untuk melakukan pekerjaan. Hal ini akan membuat kerumitan dalam menghubungkan setiap data-data pada aplikasi. Oleh karena itu, satu aplikasi ERP sudah cukup untuk menjamin semuanya terhubung dengan baik dalam satu sistem.

3.    Data Terhubung Antar Divisi

Menghubungkan setiap departemen melalui perangkat lunak ERP yang sama juga berarti bahwa data yang digunakan oleh setiap departemen adalah informasi yang sama.

Konflik karena perbedaan data atau perhitungan tidak lagi terjadi. Karena data di software ERP yang mereka gunakan sebagai basis adalah data yang sama dengan yang dilihat departemen lain.

Tidak ada waktu yang terbuang untuk menunggu informasi dari bagian lain di departemen. Karena ketika satu departemen memasukkan data terbaru ke dalam sistem ERP, departemen lain sudah dapat mengakses data tersebut. Tentunya pekerjaan lebih cepat selesai karena informasi dalam sistem selalu update.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Bisnis yang Efektif

4.    Meminimalisir Celah Kerugian

Salah satu masalah yang sering terjadi di perusahaan karena penggunaan beberapa aplikasi adalah munculnya celah-celah penyalahgunaan. Contohnya seperti petugas penjualan yang memanfaatkan celah untuk mengambil uang, karena sistem yang terpisah dengan stok barang di gudang.

Sedangkan di gudang sering kehilangan barang, karena sistem yang tidak terupdate secara otomatis.

Peluang terjadinya masalah akan menjadi jauh lebih kecil apabila perusahaan menggunakan sistem yang terintegrasi antar tiap bagian, termasuk antara stok gudang dengan data kasir penjualan.

Oleh karena itu juga jadi alasan mengapa perusahaan membutuhkan ERP Software agar karyawan tidak mudah melakukan kecurangan.

5.    Melakukan Keamanan Terpusat

Sudah seharusnya apabila pelaku usaha merasa khawatir dengan keamanan data strategis perusahaan. Oleh sebab itu, perlu adanya aplikasi ERP yang aman untuk mengamankan database perusahaan. Aplikasi ERP akan membantu perusahaan dalam mengelola keamanan database perusahaan agar tidak mudah dibobol orang yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah artikel ini dibuat, semoga artikel RedERP ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda. Terimakasih telah membaca sampai akhir.

Referensi:

https://rederp.co.id/blog/alasan-erp-software-penting/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *