5 Benefit Cat Anti Karat untuk Aset Besi Pabrik Anda

Sudah diketahui secara luas, jika penggunaan cat anti karat bertujuan untuk mencegah karat pada besi, baja atau material lainnya. Cat dengan anti karat merupakan cat yang diformulasikan khusus untuk logam. Di dalam cat ini mengandung corrosion unhibitor yang memiliki sifat tahan karat.

Penggunaan cat untuk anti karat pada besi berguna untuk mencegah kerugian yang diakibatkan oleh kerusakan logam (karat). Tidak hanya cocok digunakan untuk material besi di rumah, cat anti karat juga harus diaplikasikan untuk aset pabrik Anda.

Hal ini tentu sangat bermanfaat karena bisa mencegah kerugian dan membuat besi bisa bertahan lama. Lalu, apa pengertian cat anti karat dan keuntungan menggunakannya? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Apa Itu Cat Anti Karat?

Cat anti karat Tosadah
Cat anti karat Tosadah (Pict by: resin-expert.com)

Sebelum menjabarkan tentang pengertian cat anti karat, sebelumnya Anda perlu tahu apa itu karat. Karat adalah suatu hal yang terjadi akibat adanya korosi pada logam dan mengacu pada korosi besi dan panduannya, seperti baja. Struktur besi yang keras bisa benar-benar hancur akibat karat tersebut. Dalam hal ini diketahui jika karat cukup berbahaya ketika menyerang besi.

Besi memang diciptakan dengan struktur keras, akan tetapi jika tidak dilapisi cat anti karat bisa dengan mudah karatan. Proses karatan ini bisa terjadi karena adanya oksigen dan air yang terus menerus menyerang bersih sehingga struktur besi yang keras bisa karat, bahkan hancur. 

Ketika permukaan logam menghilang dan berubah menjadi karat, maka logam baru terbuka, siklus berulang dan lapisannya tetap bersisik. Salah satu solusi untuk mengatasi besi atau logam berkarat adalah dengan memblokir elemen-elemennya dengan menggunakan polimer sebelum mulai menimbulkan korosi. 

Baca juga: 5 Tips Membangun Rumah dengan Dana Efisien

Cat anti karat bisa melindungi logam lebih baik dibandingkan menggunakan cat biasa. Cat dan pernis biasanya hanya digunakan untuk menutupi logam saja, tetapi kualitas perlindungannya sangat terbatas dana kan rusak seiring berjalannya waktu. Terutama jika tidak dilakukan perawatan rutin. Lapisan yang tipis akan melemah, mudah retak dan mengelupas. 

Oleh karena itu, di ciptakanlah cat untuk anti karat. Cat dengan anti karat ni dikembangkan untuk ketahanan terhadap abrasi, suhu tinggi, benturan, bahan kimia, air dan masalah lingkungan lainnya. Bahan-bahan yang digunakan berguna untuk menahan struktur bahkan ketika strukturnya berubah, berkerat atau diregangkan tanpa retak. Sifat kedap air dari bahan yang digunakan menciptakan penghalang yang mulus dan juga anti bocor. 

5 Benefit Cat Aset Besi dengan Cat Anti Karat

Dengan menggunakan cat anti karat, ada banyak benefit yang bisa Anda dapatkan untuk aset besi. Beberapa keuntungan itu adalah:

1. Mencegah Munculnya Karat

Perlu diketahui jika logam menjadi salah satu bahan yang paling tahan lama untuk digunakan dalam berbagai keperluan. Namun, jenis bahan ini memiliki kekurangan yaitu mudah berkarat apabila terkena elemen cuaca yang berbeda dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecetan logam. 

Salah satu keuntungan pengecetan logam yaitu akan membantu mengatasi karat dan oksidasi. Pelapisan cat merupakan cara paling tepat dan mudah untuk mengurangi kemungkinan kerusakan pada material tersebut di masa mendatang. Pastikan Anda menggunakan cat yang diformulasikan untuk logam supaya bisa memberikan perlindungan yang maksimal. 

Baca juga: Singhamerta Residence, Perumahan Smart Safe City di Malang Dekat Kampus

2. Menghindari Pelapukan Besi

Benefit Cat Aset Besi
Benefit Cat Aset Besi (Pict by: Metalcity.by)

Selain mudah berkarat, logam seperti besi juga mudah rusak akibat cuaca. Tantangan terbesar ketika mengecat logam yaitu Anda harus memastikan jika logam akan tetap utuh meski terkena hujan, angin ataupun badai. Supaya tidak terjadi pelapukan besi, maka Anda perlu menggunakan cat tahan cuaca atau cat dengan anti karat.

Penggunaan jenis cat ini akan menjaga besi dari pelapukan sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Ini merupakan salah satu keuntungan terbesar dari mengecat logam menggunakan cat anti karat. 

3. Memberikan Kesan Estetik

Logam adalah material yang tahan lama dan berkualitas tinggi yang bisa digunakan untuk material rumah atau tempat kerja. Namun, ketika Anda membiarkan logam tidak dicat ini merupakan hal yang cukup menakutkan. Terutama jika logam digunakan untuk pagar. 

Menggunakan logam untuk material pagar berarti harus memastikan jika bahan tersebut ramah kepada karyawan atau tamu bisnis Anda. Cat bisa dipilih untuk digunakan pada finishing pagar tersebut. Penambahan cat bisa membuat pagar terlihat lebih menarik dan estetik daripada tidak di cat sama sekali. 

4. Kualitas Terjamin untuk Jangka Panjang

Bahan apapun yang akan diletakkan di luar ruangan berpotensi untuk mengalami kerusakan lebih cepat, terutama untuk bahan logam. Sebagai pengguna tentu Anda ingin memilih bahan yang bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, sekalipun itu bahan logam. Bahan logam yang digunakan bisa bertahan lama jika dilapisi dengan cat anti karat.

Beberapa lapis cat bisa membuat perbedaan besar pada umur instalasi logam apapun. Bahkan ketika Anda tinggal di daerah yang mengalami kondisi cuaca apapun. Tentu hal ini sangat menguntungkan. 

5. Menghemat Pengeluaran untuk Cat

Mengecat logam menggunakan cat anti karat akan memperpanjang umur material ini. Kondisi ini akan membuat Anda bisa menghemat uang dalam jangka panjang. Alasannya karena Anda tidak perlu melakukan pemasangan logam sesering mungkin karena cat akan membantu meningkatkan masa pakainya secara signifikan. 

Selain itu, mengecat logam bukanlah aktivitas yang sulit dan mahal. Waktu yang diperlukan untuk mengecat logam akan sangat bermanfaat bagi Anda dalam jangka panjang. Oleh karena itu, mengecat logam merupakan investasi yang berharga bagi Anda pemilik bisnis. Selain itu, juga menghemat pengeluaran. 

Baca juga: Desain Interior Dapur dan Ruang Makan Untuk Rumah Minimalis

Nah itulah informasi tentang 5 benefit cat aset besi dengan cat anti karat. Dari penjelasan diatas diketahui jika mengecat logam seperti besi itu sangat menguntungkan. Jadi, tidak ada alasan untuk enggan melakukannya.

Jika Anda ingin melakukan pengecatan logam, direkomendasikan untuk menggunakan cat primer anti karat dari PT Tosadah. Hal ini dikarenakan PT Tosadah menyediakan pelapis anti karat untuk berbagai jenis bidang besi, mulai dari kebutuhan bidang besi rumah, kebutuhan industri pabrik, kapal besi, jembatan besi dan proyek besi lainnya. Dijamin untuk kualitas cat anti karat Tosadah kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. 

Leave a Comment