5 Tips Membangun Rumah dengan Dana Efisien

Dana terbatas tentunya bukan menjadi halangan untuk kamu bisa membangun rumah sendiri. Kamu bisa mulai melakukan perencanaan yang terperinci untuk proses pembuatan rumah, salah satunya mengikuti beberapa tips membangun rumah dengan budget minim dan juga mulai memikirkan cara maintenance-nya untuk jangka panjang. 

Rumah sederhana namun dibuat dengan perencanaan yang matang tentu lebih memberikan kepuasan kepada pemiliknya daripada sebuah rumah mewah yang pembangunannya mangkrak karena planning yang buruk. 

Bangunan yang baik juga bisa dilihat dari kesiapan pemiliknya dalam memilih bahan baku yang tepat, realistis sesuai budget yang dimiliki dan berkualitas secara penggunaan. Maka, kamu bisa memilih membangun rumah dengan material low maintenance untuk meminimalisir biaya perawatan. 

Disamping banyaknya perencanaan awal dan pemikiran jangka panjang tentang maintenance rumah, kamu juga butuh jaminan keamanan berupa asuransi rumah dari Simas Insurtech yang bisa melindungi kamu dari risiko-risiko yang tak terduga. 

Berikut ini adalah beberapa tips membangun rumah dengan dana efisien serta bagaimana cara maintenance-nya. 

Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Tips membangun rumah yang sangat diperlukan seperti merencanakan biaya pembangunan rumah yang rinci, rencana desain, pemilihan material, juga memilih pekerja yang cocok untuk proses pembangunan rumah idaman.

Setidaknya dengan sebuah perencanaan yang matang dan mendetail, proses pembangunan rumah dengan dana terbatas bisa terealisasi melalui trik-trik yang bisa kamu terapkan dalam keseluruhan rencana awal. 

Berikut ini adalah uraian lengkap yang bisa kamu pakai saat ingin membangun rumah dengan dana terbatas.

1. Merencanakan budget pembangunan secara detail

Perencanaan budget adalah hal krusial yang kamu perlu pikirkan matang-matang sebelum melakukan rencana apapun yang membutuhkan biaya. Begitu pula pada saat ingin membangun sebuah rumah yang biayanya tidak bisa dibilang kecil.

Kamu perlu memperhatikan berapa dana yang dimiliki kemudian merancang segala hal yang dibutuhkan sehingga bisa sesuai dengan kesediaan dana yang kamu punya. 

Ingat untuk menyiapkan dana cadangan, karena pada dasarnya pada proses pembangunan rumah, sesederhana apapun pasti ada hal-hal yang luput dari perhitungan. 

Maka, perencanaan budget pembangunan secara detail adalah tips pertama yang harus diperhatikan saat ingin membangun rumah dengan dana efisien.

Jika masih bingung, kamu bisa mempelajari perencanaan budget untuk membangun rumah dari para Youtuber atau mungkin keluarga kamu yang pernah membangun rumah sendiri.

2. Buat desain bangunan dengan terperinci

Kesalahan paling fatal saat membangun rumah adalah perencanaan yang tergesa-gesa. Kesalahpahaman mengenai desain rumah adalah hal paling mendasar yang membuat anggaran biaya membengkak tidak sesuai rencana awal. 

Buatlah desain bangunan yang bisa dipahami dengan baik oleh para pekerja sehingga akan meminimalisir kesalahan dalam proses pembangunan rumah. 

Kamu perlu membuat desain yang rinci mengenai tata letak ruangan dan hal-hal apa saja yang dianggap berpengaruh pada keseluruhan bangunan rumah. 

Kamu bisa mencari contoh-contoh desain rumah di internet atau di media sosial, kemudian diskusikan dengan tukang bangunan yang berpengalaman.

3. Melakukan survey material

Tips membangun rumah dengan dana terbatas selanjutnya adalah dengan memperhatikan material yang digunakan. 

Pastikan untuk menggunakan material yang sesuai dengan budget yang dimiliki namun berkualitas dalam segi penerapannya dalam bangunan rumah.

Kamu bisa mendiskusikan tentang penggunaan material yang cocok dengan para profesional seperti kenalan arsitek atau pekerja proyek bangunan. Jangan lupa untuk mengkonversi juga pendapat mereka dengan teman atau kerabat yang pernah membangun rumah. 

Selain itu, lengkapi juga pengetahuan kamu dengan membaca literasi tentang pembangunan rumah masa kini untuk menyesuaikan kondisi bangunan rumahmu dengan perkembangan zaman. Survey material ini adalah perencanaan yang sangat penting dilakukan sebelum memilih bahan apa saja yang akan digunakan. 

Apalagi jika kamu tinggal di daerah yang rawan gempa atau rawan banjir, tentunya membutuhkan material yang lebih kokoh.

Tips membangun rumah dengan dana terbatas
Tips membangun rumah dengan dana terbatas

4. Memilih pekerja bangunan yang profesional

Pemilihan pekerja bangunan berpengaruh besar dengan proses pembangunan rumah nanti. Setidaknya kamu harus memilih pekerja profesional yang hasil kerjanya pernah kamu lihat secara langsung.

Untuk menyesuaikan dengan rencana awal pembangunan, kamu perlu mengetahui dan menanyakan secara mendetail tentang perkiraan waktu pengerjaan, sistem pembayaran, serta jumlah pekerja yang akan membantu proses pengerjaan.

Meskipun pekerja bangunan tersebut sudah terkenal dan berpengalaman, namun sebaiknya kamu tetap memantau proses pengerjaannya ya agar pembangunan rumah tetap sesuai dengan yang kamu inginkan.

5. Konsisten dengan perencanaan awal

Hal yang paling penting dalam semua proses rencana pembangunan rumah dengan dana terbatas adalah konsisten dengan rencana awal saat akan memulai membangun rumah. 

Tetap berpegang teguh dengan apa saja yang telah direncanakan adalah kunci agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak.

Jangan mudah terbujuk dengan pendapat berbagai pihak, karena menggeser sedikit saja rencana akan berpengaruh pada keseluruhan aspek bangunan rumah dan pembiayaannya. Dari hal tersebut, kamu perlu mempersiapkan rencana awal yang sudah matang dan final. 

Baca juga : Singhamerta Residence, Perumahan Smart Safe City di Malang Dekat Kampus

Cara Maintenance Rumah dengan Baik

Setelah rumah selesai dibangun, pengadaan biaya untuk rumah tidak putus begitu saja. Kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam kemungkinan kondisi rumah yang tidak bisa ditebak, misalnya seperti kondisi cat yang mulai pudar, bahan-bahan kayu yang mulai lapuk, dan lain sebagainya. 

Berikut ini adalah beberapa tips merawat rumah dengan baik yang bisa dimulai pada saat pembangunan rumah, hingga keuntungan membersihkan rumah dengan rajin. 

1. Membangun rumah dengan material low maintenance 

Merawat rumah sebenarnya tidak hanya terbatas saat bangunan rumah sudah berdiri kokoh, namun maintenance rumah bisa dilakukan bahkan sejak rumah belum didirikan. 

Cara paling aman untuk mendapatkan rumah yang biaya perawatannya murah adalah dengan memilih bahan bangunan yang tergolong ke dalam jenis low maintenance.

Misalnya dengan memilih atap yang terbuat dari bahan metal pasir, yang perawatannya lebih rendah biaya daripada menggunakan bahan genteng tanah liat yang harus diganti dalam periode tertentu.  

Baca juga : 5 Tips Dekorasi Kamar Anak untuk Membuatnya Betah

2. Bangun rumah sederhana dengan material baik

Ingat untuk lebih mementingkan kekokohan rumah daripada hanya menonjolkan desain rumah yang tampak luarnya menarik. Kamu bisa menghindari penggunaan lantai kayu yang biaya perawatannya lebih mahal daripada pilihan lantai dengan bahan lainnya.

Pikirkan satu persatu umur material yang digunakan, apakah boros dalam hal maintenance atau masih bisa terjangkau dengan budget yang dimiliki. Bangun rumah yang sederhana saja, asalkan perawatannya bisa kamu jaga dengan maksimal.

Baca juga : Memilih Karpet Bulu Rasfur di 109 Pillow ala Dhafi Adam

3. Mengecek kondisi bangunan secara berkala

Tips yang paling penting untuk merawat rumah agar tetap terjaga adalah dengan mengecek kondisi bangunan secara berkala. Pastikan semua bagian rumah terjaga dengan baik dengan melakukan pengecekan, terutama pada bagian atap dalam yang tidak terlihat.

Pengecekan kondisi bangunan juga bisa dilakukan sambil melakukan pembersihan secara besar-besaran pada seluruh bagian rumah, dari aktivitas ini biasanya diketahui permasalahan-permasalahan yang ada, misalnya keretakan, cat yang terkelupas, dan lain-lain. 

4. Menyiapkan asuransi rumah

Kamu juga butuh jaminan keamanan berupa asuransi rumah untuk melindungi finansial kamu dari risiko yang tidak diinginkan, seperti bangunan rumah rusak, bencana alam, dan sebagainya. Pilihlah asuransi rumah yang terpercaya yang bisa menjamin dan memberikan perlindungan terbaik untuk rumahmu. 

Memilih Asuransi Rumah yang Tepat

Membahas tentang tips membangun rumah dan beberapa cara maintenance kondisi rumah agar selalu dalam kondisi baik, kamu juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa hal diluar dugaan yang bisa mengancam tempat tinggal kamu, seperti kebakaran, kebanjiran, gempa bumi, dan lainnya.

Dari banyaknya ancaman tersebut, kamu bisa mulai melindungi finansial kamu dari kerugian karena hal-hal yang tak terduga. 

Melalui asuransi rumah kamu bisa melindungi finansial dari risiko buruk yang mungkin terjadi pada tempat tinggalmu. Asuransi rumah ini juga bisa memberikan perlindungan atas kerugian akibat gempa bumi, kebakaran, kemungkinan tersambar petir, ledakan, hingga kejatuhan benda dari pesawat terbang. 

Leave a Comment