Lifestyle Parenting and Traveling

6 Ciri-Ciri Diapers yang Menyerap Air Dengan Baik

Diapers yang Menyerap Air
Diapers yang Menyerap Air

Seperti apa ciri-ciri diapers yang menyerap air dengan baik? Karena seringkali kita salah memilih dan mengakibatkan ruam popok pada bayi. Terutama jika sedang bepergian keluar rumah, lalu tidak memungkinkan mengganti diapers se-sering mungkin.  

Saat mempunyai bayi baru lahir. Persiapan fisik dan mental menjadi hal yang paling utama. Namun, Anda juga tidak boleh melupakan hal penting lainnya saat menyambut si kecil. Sebagai orang tua, Anda harus mempunyai wawasan yang luas untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Salah satu hal penting yang tidak boleh diabaikan dari perhatian ialah pemilihan popok bayi yang berkualitas. Jangan hanya mempertimbangkan harga saat memilih popok untuk bayi Anda. Anda harus mengetahui ciri-ciri popok yang aman agar kesehatan si Kecil selalu terjaga. 

Bagaimana Ciri-Ciri Diapers yang Menyerap Air Dengan Baik?

  • Terbuat dari Bahan-Bahan Berkualitas

Sebagian besar popok bayi sekali pakai saat ini terbuat dari lapisan bioetilen atau film bioplastik di sisi luarnya dan polipropilen. Perpaduan bahan ini sangat aman untuk kulit bayi yang sensitif sehingga bayi akan merasa nyaman dan tidak mudah iritasi saat menggunakan popok. 

Selain bioethylene dan polypropylene, banyak produsen popok yang berinovasi menggunakan bahan dasar lain yang berkualitas. Salah satu contohnya ialah popok Makuku yang menggunakan bahan yang terdiri dari Super Absorbent Polymers (SAP). 

Penggunaan bahan SAP membuat popok bisa mengikat air lebih stabil, menyerap air lebih cepat, dan menahan cairan lebih banyak. Dengan bahan berkualitas membuat Makuku bisa diandalkan untuk menunjang kenyamanan dan menjaga kesehatan kulit bayi.

  • Bentuknya tipis sehingga bayi leluasa bergerak

Popok bayi yang aman umumnya terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga mempunyai tekstur yang lembut dan bentuk yang tipis. Bentuk popok yang tipis akan membuat si kecil leluasa bergerak, apalagi saat bayi memasuki fase belajar merangkak dan berjalan. 

Popok yang terlalu juga bisa membatasi gerak bayi saat beraktivitas. Popok bayi yang terlalu tebal juga menghalangi sirkulasi udara pada kulit sehingga bayi mudah mengalami iritasi jika terlalu lama menggunakan popok.

  • Bisa Menyerap Cairan Secara Maksimal

Ciri-ciri diapers yang menyerap air dengan baik ialah kemampuannya menyerap cairan secara maksimal. Kemampuan popok untuk menyerap cairan tidak boleh dianggap remeh. Popok berkualitas bisa menyerap pipis bayi dan mengunci kelembapan sehingga permukaan popok tidak basah. 

Penggunaan popok bayi yang bisa menyerap cairan dengan baik akan mengurangi resiko ruam popok. Si kecil juga akan merasa nyaman saat beraktivitas atau tidur karena tidak terganggu dengan permukaan popok yang basah.

  • Bebas Pewarna Berbahaya

Pewarna pada popok umumnya terdapat pada lapisan terluar berupa stiker bergambar. Komposisi popok berupa pewarna sebenarnya bukan masalah besar jika zat tersebut terbukti aman untuk kulit bayi. 

Namun, Anda harus waspada jika si kecil mengalami alergi akibat pewarna dari popok. Anda harus memilih popok yang bebas dari pewarna berbahaya agar bayi merasa nyaman dan terhindar dari alergi.

Baca juga: Ruam Popok Picu Iritasi dan Infeksi? Diapers Slim, Solusinya!

  • Tidak Mengandung Parfum

Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa ada produk popok tertentu yang ditambahkan pewangi. Padahal, kandungan parfum di dalam popok tentu tidak dibutuhkan. Bayi yang mempunyai kulit sensitif rentan mengalami gangguan kulit saat bersentuhan dengan parfum. 

Jadi, akan lebih baik jika menghindari penggunaan popok yang mengandung parfum untuk menjaga kesehatan kulit pada bayi.

  • Ukurannya sesuai dengan bentuk tubuh bayi

Sebaiknya pilih popok bayi dengan ukuran yang pas untuk si kecil, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Popok yang terlalu longgar akan mudah lepas saat digunakan, sedangkan popok yang terlalu sempit akan membuat bayi tidak nyaman dan mudah iritasi. 

Sebaiknya mengganti popok ke ukuran yang lebih besar jika popok bayi Anda terlihat sangat kencang di bagian perut, paha, atau bokong. Pemilihan ukuran popok perlu dilakukan secara cermat agar benar-benar menunjang kenyamanan bayi.

Itu dia 6 ciri diapers yang menyerap air dengan baik. Kulit anak terlindung sehingga mereka bebas beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *