Lifestyle Parenting and Traveling

8 Pertanyaan Sebelum Memutuskan Career Switch

Career switch  atau berganti karir bisa menjadi arah baru yang membawa banyak manfaat bagi Anda, namun tentunya bukan tugas yang mudah, apalagi saat baru pertama kali melakukannya. Apakah Anda siap untuk perubahan ini?

Tolong jawab 8 pertanyaan berikut:

Sudah buat rencana belum?

Sejauh ini, kesalahan paling umum yang dilakukan kandidat saat beralih karier adalah tidak merencanakan ke depan. Career switch tidak semudah yang Anda pikirkan! Agar semuanya berjalan lancar, Anda perlu memiliki rencana yang terperinci dan ilmiah sejak awal, mulai dari meneliti industri yang ingin Anda pindahkan, hingga langkah-langkah yang harus diambil, sumber daya keuangan yang diperlukan, rencana cadangan, dll…

Apakah Anda berganti pekerjaan karena Anda membenci pekerjaan Anda saat ini?

Banyak orang ingin melakukan career switch karena mereka membenci pekerjaan mereka saat ini. Hati-hati! Jangan bingung membenci pekerjaan Anda saat ini dengan membenci pekerjaan Anda. Anda mungkin hanya memiliki masalah dengan perusahaan Anda saat ini, atau Anda mungkin hanya bosan sementara.

Hanya ketika Anda memikirkannya dan merasa bahwa Anda benar-benar perlu mengubah karier, barulah Anda dapat mengambil tindakan.

Apakah Anda berganti pekerjaan untuk menghasilkan lebih banyak uang?

Menghasilkan lebih banyak uang biasanya bukan alasan yang baik untuk beralih karier. Banyak karir sebenarnya memiliki gaji dan tunjangan yang sangat menarik, menarik sumber daya manusia yang besar. Namun, jangan lupa “Uang tidak bisa membeli kebahagiaan”. Kebanyakan orang yang melakukan career switch  hanya untuk menghasilkan banyak uang akhirnya menemukan bahwa mereka kurang bahagia dengan pekerjaan baru mereka dibandingkan dengan pekerjaan lama mereka.

Apakah Anda berganti pekerjaan karena pengaruh orang lain?

Berpindah pekerjaan karena desakan suami (istri) atau orang tua merupakan hal yang sangat merugikan. Bagaimana Anda bisa bahagia ketika Anda harus melakukan pekerjaan yang tidak Anda sukai setiap hari dan memilihnya hanya karena orang lain memaksa Anda melakukannya? Pastinya Anda tidak akan bertahan lama dengan pekerjaan tersebut. Anda bahkan mungkin merasa benci pada orang yang memaksa Anda berganti karier.

Apakah Anda “kode tunggal”?

Setelah Anda memutuskan untuk beralih karier, Anda harus mencari informasi sebanyak mungkin tentang bidang yang Anda minati. Dari sana Anda memiliki gambaran tentang bidang tersebut dan dapat mengambil keputusan career switch yang tepat. Selain informasi yang dapat ditemukan secara online atau di media, Anda dapat membangun hubungan dengan orang-orang di industri tersebut. Mereka akan memberi Anda informasi yang akurat dan saran praktis. “Jangan pernah keluar untuk makan sendirian” – jangan takut untuk membagikan rencana karier baru Anda dengan orang-orang di sekitar Anda, mungkin pekerjaan baru yang lebih baik akan datang dari hubungan ini.

Apakah Anda mengubah karier karena Anda tidak mengetahui peluang karier lain di industri yang sama?

Jangan pernah memulai karir baru tanpa mempertimbangkan semua peluang karir yang tersedia di industri Anda saat ini. Anda mungkin mengira Anda tahu persis apa yang ingin Anda lakukan, tetapi jika Anda tidak meneliti semua karier secara menyeluruh, Anda masih bisa membuat kesalahan. Bicaralah dengan orang-orang dalam pekerjaan yang berbeda, teliti karir di masyarakat dan mungkin temui konselor karir sebelum Anda memutuskan untuk career switch. Semakin banyak pengetahuan Anda tentang industri tersebut, semakin tinggi kemungkinan Anda akan merasa puas dengan profesi baru Anda.

Sudahkah Anda mengukur diri Anda dengan benar?

Salah satu faktor terpenting dalam menentukan keberhasilan transisi karier adalah menilai minat, keterampilan, nilai, dan minat Anda dengan benar. Career switch tanpa penilaian diri yang tepat bisa membuat Anda memilih karir yang sebenarnya tidak lebih baik dari yang lama. Memahami siapa diri Anda dan apa yang benar-benar Anda sukai akan membantu Anda membuat keputusan perubahan karier yang masuk akal dan memuaskan.

Sudahkah Anda menyiapkan pengalaman dan keterampilan yang diperlukan?

Career switch tanpa keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang terkait dengan profesi itu bisa menjadi kesalahan besar. Untuk melakukan transisi karier yang sukses, Anda harus menemukan cara untuk mentransfer keterampilan yang telah Anda pelajari dalam pekerjaan Anda saat ini ke pekerjaan baru (biasanya keterampilan seperti kepemimpinan atau komunikasi).

Jika keterampilan Anda saat ini tidak dapat dialihkan, maka Anda perlu mengumpulkan lebih banyak pengetahuan dan pengalaman agar sesuai dengan karier baru Anda. Untuk melakukannya, sebelum Anda meninggalkan karier Anda saat ini dan setelah Anda memilih karier baru, cari tahu keterampilan apa yang Anda butuhkan untuk berhasil.

Kemudian carilah kursus atau gelar yang dapat meningkatkan kemampuan Anda. Jika diberi kesempatan, Anda harus berlatih di profesi baru sebelum meninggalkan yang lama.

sumber referensi ; tips career switch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *