5 Alasan Masyarakat Indonesia Memilih Berobat di Malaysia

Salah satu alasan masyarakat Indonesia memilih berobat di Malaysia karena ingin mendapatkan hasil pengobatan yang optimal. Tentunya sah saja dilakukan karena mereka pasti memiliki pertimbangan tersendiri. 

Sekitar 16 tahun lalu, saat alm. Bapak didiagnosis kanker hati stadium 3, yang kami lakukan yaitu memilih Rumah Sakit rujukan dan terdekat dari kantor. Dengan alasan untuk mempermudah proses administrasi asuransi. 

Minimnya pengetahuan keluarga mengenai penanganan penyakit tersebut, membuat kami tidak memiliki pilihan selain mengikuti prosedur yang umumnya dilakukan. Sehingga membutuhkan waktu lebih dari satu bulan untuk mengetahui hasilnya. 

Karena saat itu masih sangat terbatas teknologi pengobatan kanker, maka berdampak pada lambatnya proses identifikasi serta penanganan penyakit kanker yang diderita alm. Bapak. 

Jadi ingat cerita beberapa teman dan tokoh masyarakat negara ini yang memiliki alasan tersendiri untuk melakukan pengobatan di Malaysia. Sebenarnya fasilitas dan teknologi dunia medis di Indonesia saat ini sudah mengalami kemajuan. 

Malaysia healthcare
Malaysia healthcare (pict by. MalaysiaHealthcare.org)

5 Alasan Berobat di Malaysia

Namun, Malaysia tetap menjadi salah satu negara favorit masyarakat Indonesia untuk berobat selain Singapura. Kak Niken cari informasi di beberapa literatur, diketahui dari 1,2 juta ada 900 ribu pasien berasal dari Indonesia. 

Rata-rata mereka melakukan kegiatan seperti: medical full check up, ortopedi, kardiologi, onkologi (kanker), IVF (program bayi tabung), syaraf (neurologi), kesehatan gigi dan estetika (seperti bedah kosmetik dan sejenisnya). 

Sebenarnya apa saja alasan mereka berobat di Malaysia? 

  • Akses informasi lebih mudah

Bahasa menjadi salah satu faktor utama dalam berkomunikasi. Antara Indonesia dan Malaysia yang memiliki kemiripan bahasa sehingga memudahkan berkomunikasi. Namun pasien lain tak perlu khawatir karena sejumlah rumah sakit di Malaysia memiliki penerjemah berbagai bahasa yang handal. 

Rumah sakit di Malaysia cukup responsif dalam menanggapi pertanyaan dari calon pasien. Komunikasi mereka cukup hangat memberikan informasi penting lainnya. Hal itu yang belum keluarga Kak Niken peroleh belasan tahun silam pada rumah sakit di Indonesia. 

Bahkan yang membuat jadi lebih menarik ada beberapa rumah sakit di Malaysia menawarkan paket khusus turis yang ingin berobat, dari segi penginapan hingga transportasi.

Memang saat ini sudah ada beberapa negara yang fokus pada medical tourism seperti Thailand dan Malaysia. Sehingga akses informasi seputar pelayanan kesehatan menjadi semakin mudah.

  • Fasilitas Lengkap dan Teknologi Mutakhir

Sudah tahu kan kalau rumah sakit di negara ini memiliki teknologi kedokteran yang unggul juga secara infrastruktur. Dengan teknologi tersebut maka pengobatan jadi lebih efektif dan efisien. 

Sebut saja Sunway Medical Center, yang memiliki alat Gamma Knife terbaru untuk mengobati kanker otak. Rumah sakit ini juga dilengkapi dengan kasur yang memiliki sensor dibalik matrasnya. Memungkinkan suster mendeteksi detak jantung pasien. 

Wajar saja, karena pemerintah Malaysia loyal dalam berinvestasi pada pemutakhiran alat-alat kedokteran dan fasilitas lainnya. 

Alasan Berobat di Malaysia
Berobat di Malaysia – pict by mhtc.org.my
  • Biaya lebih murah

Berapa sih biaya berobat di Malaysia? Usut punya usut, Malaysia merupakan negara dengan biaya pengobatan paling terjangkau dan murah bagi warga Indonesia dibandingkan dengan negara lainnya. 

Ini terkait dengan perbedaan regulasi yang ada serta pertumbuhan ekonomi yang cukup stabil. 

Menariknya, ada biaya standar yang ditetapkan pemerintah Malaysia baik itu untuk rumah sakit milik pemerintah maupun swasta. Sistemnya sudah diatur secara ketat oleh Kementerian Kesehatan Malaysia melalui Private Healthcare and Facilities Service Act (1998).

Sering kan dapat informasi kalau tiket pesawat dari beberapa wilayah di Indonesia ke Malaysia murah meriah? Kak Niken baru benar-benar ngeh disini. Nggak hanya soal promo tiket pesawat aja, bahkan termasuk biaya hotel serta transportasi ^.^

  • One day care

Seringkali merasa was-was dengan hasil yang akan diberikan oleh pihak rumah sakit terhadap kondisi kesehatan kita. Karena jarak antara tes dengan hasilnya bisa memakan waktu lebih dari seminggu. 

Akan tetapi sebagian besar pelayanan di Malaysia sudah menerapkan one day care alias selesai dalam satu hari. Para dokter juga selalu stand by, jadi bisa lebih irit waktu dan biaya. 

  • Objek wisata menarik

Hehe… nggak dipungkiri kalau warga Indonesia yang berobat di Malaysia atau negara lain juga sekaligus jalan-jalan. Alasannya untuk menyegarkan pikiran agar lebih santai dan rileks. 

Bagi negara yang menerapkan medical tourism sudah memiliki standar keamanan dan pelayanan pasien yang ketat. Dengan penanganan masing-masing dan diberi tanda berupa gelang. 

And yes! Beberapa negara terbukti sudah lebih siap menerima turis yang datang khusus untuk menangani keluhan kesehatannya lewat program medical tourism.

Malaysia Healthcare Travel Council

Dengan mengusung end-to-end service, Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) menawarkan servis untuk membantu calon pasien yang akan berobat di Malaysia. 

MHTC merupakan lembaga di bawah Kementrian Kesehatan Malaysia yang memiliki tugas untuk melakukan promosi. Sekaligus memfasilitasi para pasien yang datang ke Malaysia. 

Mereka akan membantu pasien yang kebingungan mencari rumah sakit, dokter dan menginformasikan biaya perawatannya. Juga terdapat fasilitas penjemputan di bandara agar memudahkan akses menuju rumah sakit. 

MHTC
MHTC

Kak Niken baru tahu kalau hingga saat ini sudah ada 73 rumah sakit rekanan MHTC di Malaysia. Rumah sakit itu tersebar di kota Penang, Kuala Lumpur, Sabah hingga Melaka. Yang keseluruhannya sudah terakreditasi internasional. 

Masa pandemi seperti ini, MHTC berkomitmen untuk menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh warga negara melalui protokol kesehatan penanganan Covid-19. Mereka akan menginformasikan standar operasional prosedur (SOP) yang harus dipatuhi oleh setiap wisatawan yang ingin berobat ke Malaysia

Dengan mengetahui adanya MHTC ini, makin membuka wawasan bagi Kak Niken sekeluarga. Agar jika suatu saat ternyata kita mengalami masalah kesehatan, bisa jadi rujukan.  

Tertarik medical tourism di Malaysia? Datang aja langsung ke MHTC Lounge untuk mendapat bantuan dan informasi selengkapnya. Atau bisa juga konsultasi lebih dulu dengan perwakilan MHTC di Indonesia. 

Sebagai informasi awal untuk berobat di Malaysia bisa juga mengunjungi media sosial Malaysia Healthcare di Ig @medtourismmy.id dan website Medical Tourism Malaysia

 

35 thoughts on “5 Alasan Masyarakat Indonesia Memilih Berobat di Malaysia”

  1. kalau baca artikel ini, sepertinya berobat di Malaysia itu asik juga, bisa sambil halan-halan.. he.he.. mudah-mudahan Indonesia bisa lebih maju lagi di bidang kesehatan

    Reply
  2. aq belum pernah sih mba berobat di malaysia tapi dari cerita beberapa teman memang pengobatan di sana lebih baik daripada di indo terutama untuk biaya yang lebih terjangkau dan teknologi kesehatan juga yang lebih baik jadi kemungkinan untuk sembuh dari penyakit pun lebih besar

    Reply
  3. Semoga di Indonesia bisa juga berkembang seperti malaysia dalam hal kesehatan. Berharap pemerintah juga royal dalam menyiapkan infrastruktur dan alat-alat kesehatan dan biaya pengobatan murah tuk masyarakat dengan pelayanan yang cukup baik

    Reply
  4. Sering banget aku menjumpai orang yang memilih untuk berobat ke Malaysia, dengan alasan yang Mba Niken sampaikan di atas. Lebih murah, kualitas tinggi, dan bisa sekalian sambil jalan-jalan. Doaku semoga sistem healthcare Indonesia bisa sebaik Malaysia kelak.

    Reply
  5. Yang bikin aku tertarik salah satunya; One day care. Di sini masih butuh waktu lama untuk dapat hasil pemeriksaan. Kata saudaraku yang pernah berobat di Malaysia, biaya berobatnya memang sepadan sama kualitas pelayanannya, nggak bertele-tele lagi

    Reply
  6. Malaysia sepertinya sedang gencarbya mempromosikan negaranya dengan alternatif kesehatan. Nggak heran krn mereka sudah selangkah di depan kita. Semoga suatu saat tren dan kualitas kesehatan indonesia bisa menyaingi malaysia. Anw, Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya mba.

    Reply
  7. Salah satu temanku pernah nih mba harus berobat ke malay salah satu alasannya yang disebutkan mba diatas Fasilitas Lengkap dan Teknologi Mutakhir, memang biaya berobatnya sepadan sama kualitas pelayanannya

    Reply
  8. Owalah jadi memang dari segi harga diatur ketat di Malaysia supaya terjangkau, ya, bahkan untuk orang Indonesia.

    Kalau fasilitas pernah baca memang dari segi alat kedokteran lebih mumpuni.

    Reply
  9. Ke Malaysia memang jadi alternatif ya, Mbak. Tidak hanya buat wisata, tapi juga berobat. Karena secara bahasa hampir sama, juga dekat. Khususnya wisata juga banyak, dan kulinernya juga hampir sama dengan kuliner Indonesia. Malah bagus ya, habis cek kesehatan, langsung wisata. jadi terapi juga.

    Reply
  10. Pemerintah Malaysia tuh emang niat bgt ya mantau dan memajukan wisata berobat ini. Aku baru tau kalo biaya pengobatan di sana justru lebih murah dari Indo. Berharapnya sih gak pernah sakit yg parah. Ke Malaysia utk jln2 aja bukan buat berobat hehe

    Reply
  11. Banyak direkomendasikan ini ya mba, jadi hepi kalau cocok dan lega bisa nyaman
    sekalian berobat cek kesehatan plus liburan

    Reply
  12. Poin yang menarik buat aku adalah one day care. Soalnya kalau di Indonesia, suka lama berobatnya. Mungkin karena antriannya yang panjang ya, dan penduduk kita yang ramai.

    Reply
  13. Malaysia merupakan negara dengan biaya pengobatan paling terjangkau dan murah bagi warga Indonesia dibandingkan dengan negara lainnya.

    Wah aku baru tahu soal ini Mbak. Pantas banyak WNI yang memilih pengobatan ke Malaysia ya

    Reply
  14. Biayanya yang murah memang jadi daya tarik ya, apalagi bisa sekalian jalan-jalan juga sehingga gak penuh dengan tekanan saat berobat

    Reply
  15. kalau diriku sih suka dengan pelayanan dan harga berobatnya yang terjangkau. apalagi teknologinya juga makin canggih sepanjang waktu,

    Reply
    • Berharap juga demikian sehingga Malaysia dan Indonesia bisa kolaborasi sebagai negara tetangga. Simbiosis mutualisme begitulah maksudnya

      Reply
  16. Biaya murah, layanan bagus dan cepat, plus bisa sekalian berwisata. Bagus banget. Kan katanya kondisi psikis berpengaruh banget pada proses penyembuhan.

    Reply
  17. Malaysia emang terkenal bagus ya mbak, pelayanan kesehatan nya
    banyak orang Indonesia yg berobat kesana
    soalnya g jauh dan terjangkau juga

    Reply
  18. Saat ini berobat ke luar negeri memang jadi pilihan, karena biasanya peralatannya lebih memadai jadi harapannya lebih cepat sembuh

    Reply
  19. Mungkin karena suka fasilitas yang full teknolog dan mutakhir apalagi dokter”nya sangat handal dan udah punya jam terbang praktek tinggi

    Reply
  20. Klo sakit sambil rekreasi gini mah jadi gak kerasa sakitnya ya mbak. Hehe.. Apalagi seluruh keluarga diajak waah malah asyik dong. Yg penting budget nya kudu dipikir bener nih. Jangan sampai pulang malah sakit mikir pengeluaran selama di sana (eh, itu aku sih)

    Reply
  21. Aku pernah ke Malaysia akhir tahun 2019, sebelum covid. Oleh petugas imigrasi di bandara SoeHatt ditanya, aku mau berobat atau mau wisata? Ternyata buat imigrasi, udah lazim sih orang berobat ke Malaysia. Kalau baca artikelnya ya iyalah, orang percaya berobat ke sana, didukung pemerintah sih…Dan kualitas pengobatannya juga prima yah…

    Reply
  22. Peralatan teknologi kesehatan di Malaysia udah keren. Bisa nih bagi warga Indonesia yang memang perlu berobat di luar negeri, bisa ke Malaysia. Selain jaraknya lebih dekat, juga lebih low budget ketimbang negara yang lainnya.

    Reply
  23. Memang hebat ya Malaysia ini, pintar mengemas layanan kesehatan bersama paket wisata yang menggiurkan. Selain dekat Indonesia, biayanya juga relatif murah ya dibanding Singapura. Teknologi canggih dan profesionalitas pekerja medis sangat bagus, jadi incaran banyak negara lain. Salut!

    Reply
  24. Kemana aja gak masalah sih. Asal tujuan kita berobat memang memiliki fasilitas yang dibutuhkan. Dan tentu, dana nya juga harus sudah ready karena perlu ongkos transport juga kan?

    Reply
  25. Memimpikan Indonesia punya fasilitas kesehatan lengkap seperti ini jugaaa… mimpi dulu gapapa deehh, tapi ada usaha menuju ke situ. Saat ini memang harus diakui faskes Malaysia mumpuni untuk menangani masalah kesehatan yg di kita ngga bisa.

    Reply
  26. Impianku banget ini pengen bisa berobat ke Malaysia karena fasilitas kesehatannya lengkap dan udah canggih semua. Wah rekanan rumah sakit MHTC banyak juga ya kak sampai 73 rumah sakit di Malaysia. Bisa sambil berwisata pula berobatnya

    Reply
  27. Untuk masalah pengobatan memang harus cari yang terbaik. Akan lebih baik cari tempat pengobatan seperti di Malaysia ini yang sudah terbukti kualitas dan hasilnya juga optimal meskipun jauh.

    Reply
  28. Cuman biaya transport ke sananya mesti jadi pertimbangan juga kan ya, ditambah pandemi mesti prosedur swab dan prosedur macam2 super repot dulu kan ya. Untuk yang di kalimantan seperti saya cocok jika ingin ke sana karena rasanya lebih ekonomis daripada harus terbang ke luar pulau.

    Reply

Leave a Comment