3 Alasan Menulis Blog Untuk Perempuan

Alasan menulis blog sangat penting diketahui. Kenapa kita harus meningkatkan kapasitas diri dalam dunia blogging?

Alasan menulis blog bagi perempuan
Alasan menulis blog bagi perempuan

Menjadi seorang blogger perempuan semakin diminati. Ngeblog bisa memberikan manfaat secara finansial, profesional dan personal. Apalagi jika menulis merupakan salah satu hobi.

Namun manfaat yang didapatkan tiap blogger bisa jadi berbeda. Tergantung tujuan awal saat membuat blog. Seperti saya misalnya, setelah blog berdomain TLD (top level domain) ini nganggur beberapa tahun, akhirnya mulai dihidupkan kembali.

Dahulu ngeblog hanya sekadar untuk menuliskan isi hati. Namun kini berbeda. Faktanya ada hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memulai menulis blog. Kak Niken punya impian sebagai berkut:

  1. Memiliki blog yang dikunjungi oleh ribuan pembaca
  2. Konsisten menulis
  3. Memiliki penghasilan dari blogging
  4. Menjadikan blog sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan

Jika hanya membuat blog, tentu caranya sangat mudah. Tapi bagaimana agar blog kita sukses dan memiliki nilai lebih? Inilah PR kita sebagai blogger. Ehhh… Khususnya saya sebagai pemilik blog kak niken ini. Hehe.

alasan menulis blog
alasan menulis blog

Sayangnya, kemampuan untuk bisa membuat blog saja tidak cukup. Kita juga harus memiliki keterampilan bagaimana mengurus serta membuat blog menjadi menarik. Apalagi dengan memahami teknik SEO (Search Engine Optimization). Maka, selamat datang di dunia blogging.

Blogging adalah aktivitas menulis dan mengelola blog dengan memanfaatkan tool digital. Bisanya ada di internet agar para blogger bisa menulis, membagikan, serta menautkan konten dengan mudah.

Tapi bagaimana caranya? Darimana memulainya? Nah, jika hanya berkutat sendirian di depan laptop tanpa ada panduan atau teman seperjuangan, mungin kamu nggak kuat. Karena ngoprek blog sendirian itu berat. Eeeaaa…..

Kak Niken contohnya. Setahun lalu memiliki DA (Domain Authority) hanya 1 poin. Duh….. syedih sih ya. Tapi bisa dipahami. Karena nulis memang masih jarang-jarang. Apalagi benerin daleman blog? Untuk mengetahui apa itu DA, bisa cek di artikel tentang Cara Menaikkan DA.

Yah, karena kita tahu kan bahwa ada jutaan blog saat ini dengan ratusan sampai puluhan ribu artikel di dalamnya. Lalu gimana caranya orang bisa mengunjungi blog kita kalau tidak pernah di optimasi?

Apalagi kalau kamu menjadikan blog sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan. Jika performa blogmu kurang baik, tentu pihak Brand atau penyelenggara event kurang bisa mempercayai kredibilitas blogmu.

Alhamdulillah kak Niken punya kesempatan ngoprek daleman blog secara GRATIS. Dengan masuk ke kelas menaikkan Domain Athority gelombang 1 dan kelas lanjutan. Dipandu oleh duo coach, Irwin dan Pewe.

Alasan Menulis Blog yang Patut dipertimbangkan

1. Support System

Bicara suport system tak hanya soal hubungan kita sebagai blogger dengan keluarga. Seperti yang kita ketahui bahwa supprot system dapat meningkatkan motivasi. Nah disinilah pentingnya hubungan sosial.

Hubungan sosial dapat membantu orang untuk tetap termotivasi ketika mencoba mencapai tujuan mereka. Dengan berkumpul bersama teman dalam satu wadah  untuk sama-sama mempelajari blog kita, maka akan lebih memudahkan.

Berkumpul! Penting banget buat kaum perempuan. Karena menjalankan perannya sebagai perempuan, ibu, anak, kakak, adik atau saudara tentu butuh support system. Nah di dunia blogging kamu juga bisa mendapatkannya.

2. Meningkatan Kemampuan SEO

Blogging dan SEO merupakan dua hal yang saling terkait. SEO merupakan tools yang digunakan alam penulisan artikel di blog. Salah satu tools dari SEO ini adalah MOZ. Dimana SEO ini akan membantu tulisan muncul di jajaran atas atau halaman pertama pencarian suatu keywords melalui Google.

Karena kita tahu, ada banyak arikel yang membahas tema yang sama. Bahkan judul pun bisa saja sangat mirip. Tentu kamu tak ingin sia-sia memnulis artikel tanpa bisa ditemukan orang lain, bukan?

Oleh karena itu perlu memperdalam dan menerapkan SEO agar artikel bisa bersaing. Mampu meningkatkan visibilitasnya agar mudah ditemukan oleh lebih banyak orang. Di kelas duo Coach inilah kak Niken mendapat pencerahan.

belajar blog
belajar blog

Walau mungkin menjadi yang paling lemot diantara teman blogger lain. Bahkan   pernah merasa nggak percaya diri saat meng-iyakan undangan masuk ke whatsapp grup. Tapi ternyata semua ambyarrr…. Kelas sangat interaktif dan menarik.

Untungnya lagi nih, duo Coach nggak se-seram yang kak Niken bayangkan. Walau  kak Niken sering kali bengong dan ho oh….ho oh…aja karena nggak ngerti bahasa-bahasa blogging. *ampun coach

Tapi dari situ diambil pelajaran bahwa saat kita meyakini untuk menjadi seorang murid yang baik dan taat. Maka semua menjadi mudah untuk dilalui. Terbukti, dalam waktu dua bulan ini DA berhasil naik. Dari angka 7 menjadi 17. Yeaaaayyy…… Supeeer!

3. Mengekspresikan Diri

Blog dengan performa yang baik, tentu akan meningkatkan kesempatan lebih luas. Terbukti dengan jaringan yang dibangun dilingkungan blogger. Mereka bekerjasama saling berkolaborasi dan membuka kesempatan untuk menulis sehingga bisa menghasilkan secara finansial.

Selain sisi finansial tentu juga kita mampu mengekspresikan diri. Mulai dari berbagi ilmu yang bermanfaat, membantu orang lain dan menyalurkan hobi. Kita bisa membantu orang lain lewat karya tulisan.

Seperti itulah beberapa motivasi banyaknya blogger baru bermunculan. Apalagi kita juga dapat membangun brand diri melalui dunia blog. So, sambil mem-branding diri melalui blog, yuk percantik duniamu dalam blog. Agar lebih bisa berkarya.

Nah, gimana dengan kamu? Apa alasanmu menulis blog? Sharing yuk!

 

 

 

 

 

 

 

 

39 thoughts on “3 Alasan Menulis Blog Untuk Perempuan”

  1. Gegara DA anjlok tahun kemarin, sempet ngedown buat nulis di blog lagi. Baca sharingnya jadi tambah semangat ngeblognya. Terima kasih banyak kak

    Reply
    • Semangat kak. Naik turun itu biasa. MEnjaga semangat dan kumpul sama sesama blogger kudu di jaga. Eaaaaa sok bijak wkwkwk

      Reply
    • Alasan ngeblog versi aku, awalnya karena ingin mempunyai wadah untuk menyampaikan hal-hal bermanfaat yang aku dapatkan sehari-hari, misalnya aku habis coba suatu produk dan ternyata enak atau cocok banget di aku, aku ingin menyampaikan hal ini ke orang banyak sehingga banyak juga yang bisa ngerasain manfaat dari produk tersebut seperti yang aku rasakan. Nah, berhubung aku tidak aktif di sosmed sejak setahun lalu, jadilah aku kembali ke blog, padahal dulu udah punya beberapa tapi aku hapus semua, akhirnya bikin blog baru yang sekarang ini aku pakai buat nulis komentar ini hahaha. Dan makin hari, makin senang aja ngeblog karena bisa ketemu teman-teman baru juga dari ngeblog, bahkan pemikiran dan pengetahuan juga jadi lebih luas karena banyak baca postingan yang positif dan bermanfaat

      Sampai saat ini, aku juga masih belajar mengenai SEO dan DA. Baru sekedar tahu saja tapi belum terlalu mempraktikkannya
      Padahal kedua hal itu penting banget ya buat menambah view di blog. Wkwk.
      Aku harus memperdalam ilmu blogging-ku nih

      Oiya, salam kenal kak Niken!

      Reply
  2. Awalnya sekadar curhat. Tapi lama-lama jadi sarana belajar nulis. Sekarang malah buat cari duit. Tapi ya ampuuun, alangkah susah naikin DA, turunnya cepet lagi.

    Reply
  3. Wah selamat ya Mbak Niken udah DA 17 kereeen. Pokoknya murid-murid kelas naik DA pada sukses deh naikin DA dalam waktu singkat. Ahhh jadi pengen huhu. Tapi udah gak bisa join wkwk. Tapi intinya yang penting semangat nulis yeaayy

    Reply
    • Alhamdulillah mbak tri, setelah istiqomah diangka 1 selam setahun lalu hehe. Kalau mba Tri mah udah merokettt dah jago blogging.

      Reply
  4. Wah enak ya kak dapet belajar gratia. Aku juga mau nih belajar lagi. Apalagi naikin DA. Duh aku tuh suka minder kalo ditanya DA. Udh setahun ga naik2.. qiqiqiq.. mdh2an kali ini lebih semangat nulis nya nih.. makasih ya mom inspirasinya…

    Reply
  5. Wah enak ya kak dapet belajar gratia. Aku juga mau nih belajar lagi. Apalagi naikin DA. Duh aku tuh suka minder kalo ditanya DA. Udh setahun ga naik2.. qiqiqiq.. mdh2an kali ini lebih semangat nulis nya nih.. makasih ya mom inspirasinya… kereeenn

    Reply
  6. Wahhh DAnya langsung meroket gitu ya kak. Aku awalnya ngeblog karna memang ada materi blogging pas kuliah, jd wajib punya blog, trs blognya nganggur bertahun2, aku mulai lg buat iseng2 aja nyalurin hobi, eh ternyata mulai dpt recehan dr ngeblog, cus TLD dan mulai konsisten ngeblog, tp skrg lg ga konsisten banget ngeblognya hahhaa

    Reply
  7. wuih DA-nya udah 17 aja kak niken.selamat yaaaa…PR aku nih sekarang gimana naikin PV,biar nggak sia-sia gitu nulisnya hahahaha…klo soal seo, sedikit banyak ya terus belajar lagi,biar nggak hilang ilmu dr coach I dan P ya hehe

    Reply
  8. Topik ini ga akan pernah bosan untuk dibahas karena seru banget ngulik alasan masing2 blogger untuk ngeblog hahaha.
    Alasan saya sama kok kayak tulisan kak niken, salah satunya untuk mengekspresikan diri. Biar ga diam-diam aja di rumah tanpa menulis. Soalnya nulis itu salah satu bentuk refreshing dan kenangan.
    Saya sering bacain artikel lawas saya ahahaha.
    Pengen juga DAnya jadi 17 hahaha DA saya masih kecil piyikkkk…

    Reply
  9. Senang banget kalau punya blog lalu dikunjungi ribuan pembaca. Lah saya, statistik unjuk angka belasan saja jarang.
    Jadi menulis buat sendiri saja, kebanyakannya
    Hehehe

    Reply
  10. Bener banget itu mba, dulu sih aku ngeblog awalnya cuma buat aktualisasi diri dan dasarnya seneng berbagi. Tapi, sekarang tuh jadi makin paham ada ilmunya juga jadi harus belajar juga soal SEO, dan buatku itu tuh menarik banget, jadi challenging.

    Reply
  11. Klo alasan aku sih awalnya cuma iseng biar ga boring & ingin sharing, mengekspresikan diri tp lama kelamaan Alhamdulillah bisa menghasilkan hhi meskipun blm terlalu mahir dalam menulis

    Reply
  12. Hmm, apa yaa, ingin berbagi sih yang jelas. Tapi memang ternyata biar manfaatnya juga makin besar, perlu juga ya mengupayakan biar lebih terlihat, antara lain lewat SEO itu. Rada telat nyadarnya, jadi masih belum konsisten juga menerapkannya.

    Reply
  13. saya ngeblog dulu awalnya karena ini meninggalkan jejak saja, dulu pertama nulis di multiply tapi hilang huhuhu jadi pas lahiran baru deh mulai lagi. Seneng aja ngeblog, banyak cerita yang ingin saya share.

    Reply
  14. Saya punya pengalaman paling menyedihkan soal DA. Jadi sebelum Maret 2019 DA terakhir 19, lalu turun bertahap dan pernah sampai di angka 1. Sampai stress berat dan hilang semangat. Lalu belajar damai sama diri sendiri, bertanya tujuan awal buat menulis itu bukannya ingin berbagi? Saya nggak lagi mikir DA dan belajar menulis lebih fokus. Terakhir cek di angka 10, pengen banget belajar sih, semoga pas ada kesempatan dibuka seperti yang kakak ikuti saya bisa ikutan agar paham blog dan SEO nya

    Reply
  15. kalo aku supaya ngga lupa gitu mba kalo ikut kelas, jadi selalu aku tulis, karena kalo cuma di draft doang suka ngga kebaca jadinya.

    Reply
  16. Nggak jauh beda sih alasan kenapa ngeblog, juga supaya punya portofolio dan jadi menampung beban pikiran yang meliar. Masih mau belajar lagi, karena ngerasa stag di sini aja, mau ikutan kelasnya nih jadinya

    Reply
  17. Aku awal nge-blog pas masih SMP dulu isinya cuma curhatan gitu hehe, tapi sekarang aku seneng nulis hal-hal yang aku suka intinya pengen sharing gitu dan aku pun masih perlu belajar banyak juga nih seputar SEO dll

    Reply
  18. Daku kadang menerapkan teknik tersebut, tapi kebanyakan enggak nya hahah karena lupa. Jadilah itu si DA masih segitu aja. Kudu SemangatCiee nih meningkatkannya

    Reply
  19. Aku nulis blog awalnya iseng sih mbak, pengen sharing tentang skincare yang aku pakai dan pengen banget membantu banyak orang dengan review-reviewku.

    Reply
  20. aku lagi nyari formula yg tepat nih kak untuk blog aku supaya makin produktif.. intinya aku gak mau asal2an nulis artikel, diusahakan bermanfaat dan sudah pernah saya aplikasikan juga juka berupa tips supaya tidak terkesan menggurui..

    Reply
  21. Mbak Niken sejak kaoan masuk ke dunia blogging dan komunitas blogging? Selama d RBM kok kita ngga ketemu yaa hehe.

    Alasanku kurang lebih sama kayak Mbak Niken, juga untuk mencatat kenangan suoaya bisa dibaca anak cucu, hehe

    Reply
  22. Buat aku menulis blog itu ekspresi diri dan melatih kita menulis juga. Alhamdulillah udah 4 tahun bisa menulis blog walaupun masih belum konsisten hehehe. Berbagi tipsnya juga ya mbak, gimana biar bisa terus meningkatkan kualitas blog kita.

    Reply
  23. awal aku ngeblog karena ingin membuat diary online dan sekedar sharing cerita, syukur syukur dulu kalau ada yang baca, karena sepertinya waktu awal ngeblog dulu juga jarang banget yang ngeblog
    semakin kesini, semakin ngerti seluk beluk dunia blog dan apa yang bisa didapatkan dari ngeblog

    Reply
  24. Hello There. I discovered your weblog the usage of msn. This is a very neatly
    written article. I’ll make sure to bookmark it and return to
    read more of your useful information. Thank you for the post.
    I’ll certainly return.

    Reply

Leave a Comment