Alasan Mulai Ngeblog Yang Tidak Banyak diketahui Orang

Alasan mulai ngeblog sudah pernah Kak Niken bahas di artikel beberapa bulan lalu. Saat itu menuliskan alasan ngeblog bagi perempuan masih secara umum. Hmm… kali ini Kak Niken akan tulis dengan jujur, apa sebenarnya alasan di balik kegiatan ngeblog yang satu setengah tahun belakangan dilakukan. 

Kalau bagi sebagian orang cerita di artikel ini “seperti membuka aib sendiri” ya tidak mengapa juga sih. Bebas aja, pikiran kalian mau seperti apa, karena Kak Niken hanya mencoba bercerita alias menumpahkan isi hati ^_^ Tsaahh….

Dunia Blogging Bagi Blogger

Dunia blogging bisa jadi sangat berharga bagi sebagian orang dengan berbagai alasannya masing-masing. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat dari blog baik itu untuk pribadi, profesional, bahkan jika mampu menghasilkan uang sendiri atau berbisnis dari blogging. 

Blogger adalah seseorang yang membuat dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif mereka ke pembaca secara online baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Siapapun bisa menjadi blogger. 

Walau kamu belum pandai menulis dengan baik sesuai puebi, namun keterampilan menulis bisa diasah. Intinya jika melakukan terus proses dalam dunia blog tentu seiring berjalannya waktu akan terasa lebih mudah. Sehingga kata kata yang ditulis seorang blogger akhirnya akan mengalir dengan sendirinya.

Alasan Ngeblog
Alasan Ngeblog

Awal Mula Ngeblog

Lalu bagaimana awal mula Kak Niken punya blog? Tahun 2008 saat multiply dan Kompasiana semakin menjamur di Indonesia, Kak Niken punya akun yang cukup sering diisi untuk sekadar bercerita alias curhat tentang keseharian. 

Lambat laun, karena disibukkan dengan pekerjaan sebagai karyawan, akhirnya dunia tulis menulis mulai ditinggalkan. Pada 2016, ketika mengikuti kelas belajar online di komunitas Ibu Profesional, mau nggak mau harus mengerjakan tugas dalam bentuk tulisan. 

Maka, akun Kompasiana diaktifkan kembali. Mulai sering diisi sebulan sekali walau tujuannya hanya untuk mengumpulkan tugas saja. heu…heu… Akhirnya awal tahun 2019, ditantang suami untuk membuat blog dengan domain TLD. Eh tahu nggak, suami membelikan domain dengan harga yang murah. 

Blog TLD Harga Murah

Ia tahu kalau istrinya moody. Menurutnya, daripada buang uang untuk blog TLD dengan harga yang wow dan belum tentu diisi sebulan sekali (emang nggak pernah mikir nantinya akan menghasilkan), maka Ia buatkan blog kakniken.web.id dengan harga murah. Haha…. Pelit?!

Eh tapi….setelah punya blog pribadi, jadi rajin nulis? Nggak juga gaes! Karena sok sibuk dengan kegiatan mengurus aktivitas harian anak-anak, berkecimpung di dunia Event Organizer Playdate Little Kunang lain sebagainya, maka blog pun terlantar ^_^ Diisi artikel dua bulan sekali aja udah bagus banget. 

Hingga akhirnya terjadi perubahan besar-besaran pada keluarga kami yang menyebabkan harus bisa mencari penghasilan dari dunia tulis-menulis. 

Inilah alasan mulai ngeblog Kak Niken    

Di artikel ini bukan menceritakan soal tips trik alasan untuk kamu belajar ngeblog, melainkan cerita bagaimana akhirnya Kak Niken harus ngeblog. 

Alasan mulai ngeblog
Alasan mulai ngeblog

Pindah Domisili, Penghasilan O

Seumur-umur tinggal di Kota Jakarta, baru di pertengahan tahun 2019 itu pindah domisili ke Jawa Timur. Nggak pernah terbayangkan akan meninggalkan kota kelahiran, Jakarta. Kebayang gimana sedihnya berpisah dengan teman-teman, sahabat, saudara dan kolega yang ada di wilayah Jabodetabek. 

Pekerjaan sambilan menjadi EO, MC dan lainnya yang biasa dilakukan di Jakarta pun dilepas. Walau bisa dilakukan secara daring tapi tetap saja, ruhnya hilang karena memonitor pekerjaan EO melalui online butuh tantangan. Penghasilan pun lambat laun berkurang, hingga akhirnya Zero alias 0. 

Nggak hanya penghasilanku yang zero tapi juga suami, karena “terpaksa resign” dari kantornya karena satu dan lain hal. 

Tidak Memiliki Kenalan di Perantauan

Siapa aku di kota ini? Tak ada yang kenal siapa Kak Niken, kecuali 2-3 orang teman karena pernah satu komunitas. Namun apakah itu cukup? Sedangkan aku akan tinggal di kota ini dan harus bersosialisasi. 

Alhamdulillah, karena suami dulunya domisili di kota ini, akhirnya Ia mencoba kontak dengan teman lamanya yang seorang blogger. Darisitu, Kak Niken dikenalkan oleh salah seorang yang baik banget dan diajak bergabung ke whatsapp grup teman-teman blogger Mlg. Inilah salah satu alasan mulai ngeblog yang akhirnya bikin Kak Niken bahagia karena punya saudara baru. 

Butuh Penghasilan

Tinggal di kota kecil dan mencoba untuk membangun EO ternyata tak mudah. Tantangan cukup besar terutama pada keinginan untuk membayar lebih sesuai dengan effort yang di dapatkan. Mencoba meneruskan usaha mainan edukasi yang sempat dilakukan saat di jakarta, ternyata juga belum berhasil. 

Akhirnya, pertama gabung di whatsapp grup teman-teman blogger, eh dua minggu kemudian ada undangan untuk liputan ke salah satu penginapan dan rumah makan bernuansa Korea. Dengan rasa sok PD Kak Niken ikutan. Sebenarnya nggak tahu juga kalau ternyata akan dapat fee untuk menulis artikel liputan tersebut di blog. 

Tujuan ikut serta saat itu hanya untuk menambah teman dan berkenalan langsung dengan beberapa penghuni grup whatsapp tersebut. Alhamdulillah, ternyata dari situ semakin menyadari bahwa nulis artikel di blog dan berkecimpung di dunia digital marketing bisa mendapatkan penghasilan yang cukup. 

Mengapa Kamu Harus Ngeblog dan Apa Tujuannya? 

Pada akhirnya setiap individu punya tujuan masing-masing dan alasan mulai ngeblog dan usaha mendatangkan trafik pada blog yang dikelolanya. Tak dipungkiri kita bisa bertemu dengan orang baru, belajar hal baru, bersosialisasi, bukti dan eksistensi diri, saling membagikan cerita dan lain sebagainya. 

Semua sah-sah saja asalkan sesuai dengan prinsip pribadi masing-masing dan sesuai jalur atau norma yang berlaku. Apalagi di masa pandemi seperti ini kita juga harus pandai mendapatkan penghasilan dan menabung serta berjejaring. Banyak Hal positif dari ngeblog. Selama berkarya dan saling mendukung! 

 

2 thoughts on “Alasan Mulai Ngeblog Yang Tidak Banyak diketahui Orang”

Leave a Comment