Profil Alpha JWC Ventures, Salah Satu Best Venture Capital In Southeast Asia

Pada setiap negara, pergerakan ekonomi selalu bergejolak hampir setiap harinya. Tentunya pergerakan ekonomi tersebut bisa mempengaruhi banyak hal dan termasuk pada kehidupan masyarakat. Salah satu cara untuk menggerakan ekonomi ini adalah dengan membangun usaha seperti UMKM atau perusahaan startup.

Meskipun begitu, tetap saja para pengusaha startup ini membutuhkan biaya untuk jalannya operasional. Di sinilah Venture Capital atau Modal Ventura hadir sebagai salah satu solusi terbaik. Alpha JWC Venture merupakan satu dari best Venture capital in southeast asia saat ini. Maka dari itu, jika kamu tengah mencari perusahaan yang bersedia memberikan modal usaha dengan cepat, Alpha JWC Ventures bisa menjadi pilihan menarik.

Apa Itu Venture Capital ?

Tentunya hampir semua orang masih bingung dengan apa itu Venture Capital. Pengertian dari dana atau modal ventura adalah sebuah investasi yang bentuknya berupa pembiayaan dan penyertaan modal ke dalam sebuah perusahaan swasta.

Kemudian hal itu dijadikan sebagai rekan atau pasangan usaha pada jangka waktu yang sudah ditentukan. Modal yang diberikan bisa berbentuk uang tunai. Lalu, nantinya dapat ditukarkan ke dalam sejumlah saham dan ditukarkan kembali ke perusahaan pasangan usaha tersebut.

Ventura sendiri berasal dari kata venture yang memiliki arti sesuatu mengandung risiko tinggi. Dengan begitu, investasi ini termasuk ke dalam risiko yang tinggi. Meskipun begitu, nilai timbal baliknya juga sama tingginya. Saat menawarkan dana investasi, investor yang tergabung dalam dana ventura tahu bahwa perusahaan startup tersebut mempunyai risiko yang tinggi.

Bahkan, pada dasarnya tidak memiliki syarat standar perusahaan terbuka untuk bisa mendapatkan modal pinjaman dari perbankan. Contohnya saja adalah perusahaan startup itu sendiri. Sangat sedikit sekali perusahaan startup yang bisa merasakan pinjaman modal dari perbankan. Hal ini dikarenakan risikonya cukup tinggi. Dengan mendapatkan pembiayaan dari pemodal ventura, maka ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Profil Alpha JWC Venture

Setelah memahami arti dari Venture Capital, maka selanjutnya adalah mengetahui seperti apa profil dari Alpha JWC Venture tersebut.  Pada dasarnya Alpha JWC Venture merupakan pemegang saham minoritas di Goola, yakni sebagai pemilik saham terbesar sekaligus pendiri perusahaan modal tersebut.

Alpha JWC Venture sudah pernah berinvestasi ke sejumlah startup ternama seperti Lemonilo, Bobobox, Kredivo, Zenius, Kopi Kenangan dan masih banyak lainnya. Sampai saat ini sudah ada 57 perusahaan yang masuk dalam portofolionya Alpha JWC Venture.

Bisa dikatakan bahwa Alpha JWC Venture merupakan salah perusahaan pemilik modal ventura yang fokus berinvestasi pada perusahaan startup berbasis teknologi di Indonesia. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau nama Alpha JWC Venture ini dikenal oleh para pengusaha di seluruh Asia, khususnya Asia Tenggara.

Sejarah JWC Venture

Pada dasarnya, Alpha JWC Venture pertama kali didirikan sejak tahun 2015. Dana awal dimulainya usaha ini adalah sekitar USD 50 Juta. Uang tersebut diluncurkan pada tahun 2016 sebagai dana modal ventura tahap awal independen dan sekaligus institusional pertama di Indonesia.

Setelah bertahun-tahun, Alpha JWC Ventures sudah membangun reputasi yang sangat kuat dan jelas posisinya di pasar. Alpha JWC dikenal sebagai perusahaan Venture terbesar dan terkemuka dengan jaringan yang sangat luas.

Pada tahun 2019, dana ditutup pada kedua perusahaan sebesar USD 123. Kemudian untuk dana ketiga ditutup dengan nominal USD 433 sekaligus ditutup pada tahun 2021. Hal itu adalah kelebihan permintaan maupun dukungan dari mitra terbatas daerah Asia, Amerika Serikat dan Eropa.

Alpha JWC Venture juga merupakan perusahaan yang saat ini mengelola dana tahap awal terbesar di Asia Tenggara. Bahkan sampai sekarang sudah ada 60 perusahaan yang portofolionya aktif dan hampir ada di seluruh Asia Tenggara.

Daftar Portofolio Alpha JWC Ventures yang Terkenal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Venture Alpha JWC Venture memiliki banyak perusahaan rekanan yang menggunakan dananya. Beberapa portofolio perusahaan yang sudah bekerja sama dengan Alpha JWC Venture antara lain sebagai berikut.

1.      Lemonilo

Pertama ada Lemonilo yang bisa dikatakan dikenal masyarakat. Lemonilo ini merupakan perusahaan startup yang fokus menjual produk makanan sehat. Contohnya seperti mie instan alami, daging ayam probiotik, hingga suplemen kesehatan. Perusahaan tersebut telah didirikan sejak tahun 2015 oleh seorang wanita bernama Shinta Nurfauzia.

Lemonilo resmi berdiri dengan mengusung konsep gaya hidup sehat. Pada September 2017, Lemonilo secara resmi meluncurkan produk pertamanya bernama Lemonilo Mi Instan Rasa Mie Goreng pada platform online, lemonilo.com.

2.      Kopi Kenangan

Nama selanjutnya ada Kopi Kenangan yang cukup melambung setelah menjadi perusahaan startup Unicorn. Kopi Kenangan sendiri didirikan sejak tahun 2017 oleh Edward Tirtanata, James Pranoto, dan Cynthia Chaerunnisa. Jenis kopi yang dipasarkan di Indonesia adalah celah antara kopi premium dengan kopi instan di warkop. Nama menu Kopi Kenangan digunakan dengan  mengusung tema-tema asmara seperti kenangan mantan.

Baca juga: Review Aplikasi Stockbit Investasi Saham

3.      Ajaib

Ajaib yang berada dibawah naungan PT Ajaib Sekuritas Asia (produk saham) dan PT Takjub Teknologi Indonesia (produk reksa dana) merupakan salah salah platform dalam bidang investasi. Keunikan yang dimiliki perusahaan ini membawa jenis investasi sekaligus dalam satu aplikasi yaitu investasi reksa dana dan trading saham.

Platform ini memberikan sebuah rekomendasi portofolio yang dipersonifikasi sesuai dengan tujuan masing-masing individu. Lalu Ajaib membantu memberikan rekomendasi profil risiko investasi yang berbeda. Aplikasi ini memungkinkan pembukaan akun untuk tabungan dan investasi, memanfaatkan manajer keuangan yang memiliki lisensi. Nantinya Secara otomatis semua portofolio tersebut diawasi oleh pihak Ajaib.

Demikian profil Alpha JWC Ventures sebagai salah satu best Venture Capital in Southeast Asia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment