Apa Itu SEO? Sebuah Pengalaman Membuat Blog Berpenghasilan

Apa itu SEO? Kak Niken seringkali mendapat pertanyaan dari beberapa teman mengenai hal tersebut. Mereka excited melihat perkembangan blog Kak Niken dalam 1,5 tahun belakangan ternyata cukup mengalami peningkatan. Setelah dua tahun sebelumnya mati suri. 

Jangankan ngomongin jumlah pengunjung, blog kakniken.web.id aja nggak pernah ada di page muda. Gimana orang-orang bisa berkunjung? Belum lagi struktur tulisan yang berantakan dan tidak memperhatikan kaidah SEO. 

Jadi ingat pada bulan Mei 2020, pertama kalinya Kak Niken memberanikan diri untuk belajar SEO. Jujur saja, ada rasa khawatir tidak bisa mengikuti kelas belajar SEO. Karena seperti yang sudah-sudah, setiap ikut belajar secara online hasilnya hanya demi memenuhi buku catatan saja.

Eits…. Tapi alhamdulillah belajar optimasi SEO kali ini berhasil naik satu level. Alias Kak Niken bisa mengikuti dan menerapkan hasil belajarnya (walau masih secuil sih…haha). Alhamdulillah, perlahan tapi pasti. 

Tak hanya mengalami peningkatan dalam dunia blogging, ternyata ngeblog juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Lumayan kan kalau perbulan bisa mendapatkan penghasilan minimal setara dengan UMR kabupaten Malang? 

Uwo… makin banyak deh yang tertarik. Apalagi dengan kemudahan teknologi masa kini, semua bisa dilakukan dari rumah saja. Sehingga beberapa member di komunitas parenting yang Kak Niken ikuti akhirnya mulai membuat blog pribadi. 

Seiring perkembangan dunia teknologi, hal tersebut tentu membawa angin segar dalam dunia blogging. Eh tapi kalau kalian membuat blog tapi nggak mau mempelajari tentang apa dan bagaimana SEO bekerja, ya akhirnya nggak akan mendapatkan apa-apa. 

Bagi kalian yang penasaran apa dan bagaimana SEO dalam dunia blogging, simak penjelasan berikut ini. 

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan SEO yang jika dialihbahasakan ke bahasa Indonesia bermakna pengoptimalan mesin pencari. dengan tujuan agar artikel atau website mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. 

Biasanya, dengan mendapatkan peringkat terdepan di mesin telusur maka memiliki potensi untuk mendapatkan lebih banyak organik trafik. Contohnya artikel Kak Niken dengan tema “Teknik Bermain Sepatu Roda” sejak Juni 2020 hingga saat ini masih bertahan di halaman pertama Google.  

Tak hanya soal ranking, tapi dengan optimasi SEO mampu meningkatkan kuantitas dan juga meningkatkan kualitas trafik yang dimiliki oleh blog atau website kita. Penting banget bagi kita mengetahui tujuan SEO itu untuk apa. 

Tentunya untuk bisa mendapatkan pencarian organik yang tinggi sesuai target, kita harus mengikuti kaidah yang sudah ditetapkan mesin pencari. Dalam hal ini biasanya oleh Google, Yahoo, dan lainnya. 

cara membuat blog dengan mudah
cara membuat blog dengan mudah

Apa Manfaat SEO?

Nah ini dia, artikel Kak Niken yang bertema Sepatu Roda merupakan salah satu penyumbang trafik terbanyak secara organik. Tak hanya itu saja, ada juga manfaat lainnya, seperti: 

  • Memudahkan audiens menemukan website

Pernah nggak kalau lagi browsing suka malas untuk scroll ke halaman kedua, ketiga, atau bahkan kesepuluh? Dengan Search Engine Optimization akan memungkinkan blog atau website kita berada di halaman pertama Google. 

Dengan begitu, audiens akan menemukan atau jadi alasan membaca blog kita terlebih dahulu dibandingkan yang lainnya.

  • Membangun brand awareness

Yuk kita berbicara sebagai pemilik brand. Saat kita ingin mengenalkan produk maka penting sekali produk kita bisa tampil di halaman muka Google. Karena seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat akan mencari informasi produk melalui Google.  So, dari situlah kita membangun brand awareness.  

  • Mendapatkan leads berkualitas

Pengalaman Kak Niken dalam optimasi SEO untuk casakreatif.com dengan kata kunci  jasa press release, terbukti. Karena sebagian besar orang mencari sesuai dengan kebutuhan atau ketertarikan. 

Ketika mereka mencari melalui search engine dan bertemu dengan blog atau website kita maka konversi closing rate-nya juga tinggi daripada melalui media sosial. Eits… tapi di titik ini butuh keahlian dalam hal komunikasi ya. 

  • Meningkatkan konversi bisnis

Salah seorang teman pernah bercerita mengenai pengalamannya naik bus double decker dari Malang ke Jakarta. Karena artikelnya ada di halaman pertama Google, maka Ia seringkali di hubungi oleh pembaca untuk membeli tiket bus.  

Disinilah dengan optimasi SEO bisa menghasilkan banyak pelanggan untuk bisnis kita. Terlebih lagi saat ini eranya internet dan hampir sebagian besar mengacu pada mesin pencari Google. 

Sudah tahu apa itu SEO dan manfaatnya, bukan? Pasti semua setuju deh kalau Search Engine Optimization merupakan solusi yang tepat untuk mengoptimalkan halaman blog atau website kita. Seperti pengalaman Kak Niken dan beberapa teman lainnya yang mulai melakukan optimasi sebagaimana yang dilakukan oleh para pakar SEO

Di era serba digital seperti ini, makin banyak perempuan yang melek teknologi. Akhirnya memutuskan untuk membuat web bisnis atau blog pribadi. Sudah banyak literasi yang menceritakan mengenai cara membuat blog dengan mudah. Silahkan cari saja ya. Selamat meraup pundi-pundi rupiah!

1 thought on “Apa Itu SEO? Sebuah Pengalaman Membuat Blog Berpenghasilan”

Leave a Comment