Apa Perbedaan Hosting, Server, dan Domain?

Tadi siang ada salah seorang teman bertanya mengenai membuat website. “Mom, bisa nggak sih bikin website atau blog untuk usaha tapi yang gratis?” katanya di whatsapp group. 

Beberapa teman lainnya menyarankan untuk membuat website berbayar. Dengan membeli domain dan hosting di beberapa penyedia layanan tersebut. Hmm…tak perlu panjang lebar, Kak Niken rekomendasikan saja hosting dari Niagahoster dan VPS murah bulanan terbaik yang dimilikinya.

Sebenarnya, perbedaan hosting dan server adalah hal yang harus kita ketahui ketika ingin membuat sebuah blog. Blog diperlukan untuk berbagai jenis kegiatan, salah satunya adalah pemasaran atau digitalisasi marketing. Tentu blog harus dibuat oleh tenaga profesional agar tidak mudah terserang virus.

Apa saja perbedaan server, domain dan hosting yang harus diketahui?

Server, domain, dan hosting adalah istilah yang pernah membuat Kak Niken bingung. Wkwkwk. So, yuk ketahui dulu perbedaan hosting, server dan domain berikut ini. 

Apa itu Server dan Fungsi?

Server adalah salah satu hal yang berguna dalam blog untuk menyimpan data. Server merupakan sebuah sistem komputer, sistem ini adalah sistem yang menyediakan layanan tertentu dalam jaringan. Fungsi dari server adalah untuk menjalankan fungsi perangkat lunak yang mengontrol akses, agar bisa masuk ke dalam jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya.

Server tentu harus disimpan di sebuah data center yang didukung oleh fasilitas lengkap. Tujuannya adalah agar mesin server bisa bekerja optimal dan diakses dari seluruh dunia, dan tidak mudah rusak sehingga bisa bertahan lama.

Server akan bekerja ketika terdapat permintaan dari client. Klien yang dimaksud adalah saat kita mengakses internet melalui browser.

Apa itu Domain dan fungsi?

Domain adalah nama yang telah ditentukan dan diatur oleh sebuah badan pengelola nama. Domain adalah alamat rumah yang menggantikan letak geografis dalam konteks menggantikan alamat IP.

Contohnya: kakniken.web.id, bundapedia.com, iniblogtekno.com, wartajakarta.co.id, dan lainnya. Perlu diketahui, bahwa nama domain tidak bisa dibeli begitu saja. Sebab, kita perlu membayar sewa yang harus diperbarui setiap tahunnya.

Hosting dari Niagahoster & vps murah bulanan terbaik
Hosting dari Niagahoster & vps murah bulanan terbaik

Apa itu hosting dan fungsi?

Hosting adalah sebuah tempat sebagai penyimpanan data yang ada pada website. Sebuah hosting tentu disimpan di dalam sebuah server. Perlu diketahui, bahwa hosting dan server sama-sama menampung data, walau terdapat perbedaan antara hosting dan server.

Server sendiri mempunyai hardisk, RAM hingga prosesor, yang mana mempunyai bentuk dan ukuran untuk disesuaikan dan disimpan di dalam rak server. Tentu berbeda dengan hosting, hosting sendiri mempunyai beberapa jenis yang harus kita pahami, dua diantaranya adalah shared hosting dan cloud hosting.

Shared hosting adalah jenis hosting dengan harga yang terjangkau, dan digunakan oleh beberapa website sekaligus. Hosting yang kita gunakan nantinya berada pada server yang akan digunakan oleh orang lain, sehingga kecepatan website terbagi-bagi oleh para pengguna lainnya.

Adapun jumlah server yang digunakan bisa lebih dari satu server, sehingga ketika terjadi masalah maka server lain bisa menjadi cadangan sementara.

Fungsi utama dari hosting adalah tempat penyimpanan data, yang mana hosting berbeda dengan server. Biasanya hosting yang digunakan adalah hosting berbasis internet alias cloud hosting sehingga kita bisa mendapat jaminan website hingga 100%.

Nah, sudah mulai paham bukan apa saja perbedaan hosting dan server serta domain? ^.^

Apa saja Manfaat Membuat Website?

Punya website atau blog di zaman yang serba digital ini tentu memiliki banyak keuntungan lho. 

Website mempunyai fungsi utama untuk menyediakan informasi, sehingga orang bisa menemukan info tertentu dengan mudah. Nantinya mereka akan merespon informasi dan berubah menjadi aksi yang akan kita inginkan nantinya.

Membuat Portofolio Online

Website mempunyai fungsi untuk membuat portofolio online. Apabila kita memiliki hobi menulis, maka kita bisa mengisi situs dengan naskah novel, cerpen, atau ulasan produk. Jika suka mendesain sebuah website, maka kita bisa upload contoh tema buatan kita agar disukai oleh banyak orang.

Dengan membuat portofolio online pada website, tentu akan membuat personal branding menjadi meningkat. Keadaan ini tentu dibutuhkan oleh freelance atau siapa saja yang berencana melamar pekerjaan atau membangun bisnis digital sendiri. Sebab, kemampuan dan nilai kita akan semakin terlihat dengan website yang dimiliki.

Baca juga: Cara Memilih Domain Untuk Blogger Pemula

Membagi Pengalaman Pribadi

Website adalah salah satu tempat yang mempunyai fungsi untuk membagikan pengalaman pribadi seperti travelling, wisata kuliner, berburu pengalaman seru dan menulis. Kegunaan website sangat tepat untuk mencurahkan pikiran kita, sehingga blog adalah salah satu hal yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

Website membebaskan kita untuk menyulam desain blog menjadi buku harian atau tampilan sesuai dengan minat. Isi dalam website yang kita miliki juga bisa diatur dengan mudah, tentu juga bisa diatur sesuai dengan keinginan yang kita miliki.

Mengenalkan Company Profile

Company profile adalah informasi yang harus disediakan oleh setiap perusahaan tertentu. Salah satunya adalah melalui website resmi perusahaan, yang memang harus menggunakan website. Website company profile mampu memperluas jangkauan promosi sehingga bisa meningkatkan brand awareness.

Ketika kita ingin pelanggan yang kita miliki mencari informasi perusahaan lewat Google, tentu situs tersebut akan muncul dengan sendirinya. Orang-orang juga lebih mudah mengingat dan mempelajari profil serta gambaran umum perusahaan yang kita miliki.

Baca juga: Cara Mengatasi Redirect 301 dan 302 di WordPress

Website company profile tidak membutuhkan spek terlalu rumit, karena yang terpenting adalah daya tampung grafik yang cukup besar dengan hosting gampang dikelola. Kami sarankan menggunakan layanan web hosting bisnis atau simple wordpress niagahoster.

Kesimpulan

Setelah kita mengetahui perbedaan hosting dan server maka ketika membuat website atau blog tentu akan lebih mudah dipahami. Karena website sangat penting untuk digunakan dalam berbagai bidang.  

Sekarang juga nggak perlu bingung memilih hosting dari Niagahoster dan VPS murah bulanan terbaik . Ketahui lebih lanjut mengenai layanan terlengkap dengan harga VPS termurah di Indonesia melalui Niagahoster.

Leave a Comment