Apakah Boleh Olahraga Saat Puasa, Ini Jawabannya!

Baca status suami di Facebook yang di posting beberapa hari lalu, “Berenang bikin puasa batal nggak sih?” 

Cukup banyak yang berkomentar, eh tapi bukan komentar solusi tapi candaan. Wkwkw. Hmm…. Kak Niken penasaran juga sih sebenarnya, apakah boleh olahraga saat puasa? Atau lebih baik cari kegiatan lain selain olahraga? 

Jadi ingat ada salah satu hadis populer mengenai keutamaan orang yang berpuasa, bahkan tidurnya pun dianggap ibadah.  

“Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni,” (HR Baihaqi).  

Namun kenyataannya hadits ini seringkali dijadikan pembenaran oleh sebagian masyarakat. Mereka justru bersikap malas-malasan dan banyak tidur saat menjalankan puasa di bulan Ramadhan. 

Padahal masih banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan ketika kita sudah merasa cukup untuk beristirahat (tidur). Kita bisa melakukan ibadah lain seperti tadarus atau mendengarkan ceramah, membuat camilan kekinian, membuat kerajinan tangan, atau melakukan olahraga ringan. 

Apakah Boleh Olahraga Saat Puasa?

Ketika sedang berpuasa, maka tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Sehingga menjadi lebih rentan dehidrasi. Oleh karena itu, aktivitas berat dalam olahraga seringkali  dihindari. Padahal melatih otot saat berpuasa juga memiliki manfaat tersendiri lho.

Para ahli menyarankan agar kita yang sedang menjalankan puasa masih berolahraga setidaknya 150 menit per minggu atau 30 menit setiap hari. 

Olahraga Saat Puasa Bersama STRONGBEE
Olahraga Saat Puasa Bersama STRONGBEE

Kenali Dulu Manfaat Olahraga Saat Puasa

Punya banyak lemak tubuh? Puasa saatnya kamu bergerak! 

Pada umumnya makanan yang masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi lemak. Tetapi jika kita termasuk orang yang jarang sekali bergerak, maka lambat laun akan tertimbun menjadi lemak. 

Berbeda halnya saat puasa, dengan tidak adanya asupan makanan maka tidak ada pula penimbunan lemak di perut. Sehingga olahraga yang kita lakukan akan menjadi lebih efisien untuk membakar lemak. 

Apalagi jika kita termasuk orang yang sering tidur larut malam. Dengan melakukan olahraga sewaktu puasa maka waktu biologis otot dan otak kita akan berubah dan kembali seperti semula, lebih teratur. 

Pencernaan juga menjadi lebih lancar. Karena sistem pencernaan di tubuh kita ikut beristirahat dengan tidak adanya asupan makanan atau minuman selama beberapa jam. Dengan melakukan kegiatan olahraga ringan sirkulasi darah di dalam tubuh kita akan tetap lancar.

Hasilnya? Tubuh terlihat lebih bugar dan berenergi. Bonusnya bisa menurunkan berat badan jika dilakukan dengan cara yang tepat. Ini dia yang Kak Niken butuhkan, mengecilkan lingkar pinggang akibat lemak perut berlebih. Wkwkwk.

Waktu yang tepat untuk olahraga

Sudah tahu kan apa saja manfaat puasa saat Ramadhan? Sudah siap dong untuk berolahraga saat puasa Ramadhan? Eits…. Tunggu dulu. Kita juga butuh penyesuaian agar tubuh nggak terlalu kelelahan dan menjadi dehidrasi. So, olahraga saat puasa sebaiknya kapan? 

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga saat puasa ramadhan, yaitu:

  • Sebelum berbuka puasa
  • Setelah berbuka puasa
  • Olahraga sebelum sahur

Jadi, apakah boleh olahraga saat puasa? Daripada kebawa mager alias males gerak ketika bulan Ramadhan, lebih baik melakukan kegiatan olahraga ringan. Karena puasa bukan suatu halangan, benar bukan? 

Bagi kita yang ingin melakukan kegiatan olahraga atau baru akan memulainya, ada lho aplikasi olahraga yang bisa diakses dengan mudah. Namanya STRONGBEE.

Aplikasi Olahraga STRONGBEE
Aplikasi Olahraga STRONGBEE

Aplikasi Olahraga STRONGBEE

STRONGBEE adalah aplikasi olahraga yang dapat memberikan berbagai layanan aktivitas olahraga. Aplikasi ini mampu memberikan akses dan informasi kepada kita sebagai customer secara kredibel ke beberapa fasilitas fitness. 

STRONGBEE didirikan pada tahun 2018 oleh Farah Shanti Suraputra, akan tetapi aplikasi ini baru diluncurkan pada tahun 2019. Layanan STRONGBEE juga memberi akses bagi para profesional trainer yang sudah tersertifikasi untuk bertemu langsung dengan klien baru. 

Dilansir dari Republika.co.id, Farah Shanti Suraputra mengatakan, “Strongbee menjadi yang pertama dalam menyediakan layanan menyeluruh untuk mengakses berbagai macam aktivitas olah raga lewat berbagai fitur yang dimilikinya, seperti on demand booking, directory app, dan online booking.”

Fitur Aplikasi STRONGBEE

Aplikasi olahraga STRONGBEE menawarkan berbagai fitur dan sudah memiliki lebih dari 500 kelas virtual yang per harinya yang bisa kita pilih kapan saja dan dimana saja. Terdapat fitur BPASS yang dapat di top up sehingga bisa digunakan sebagai metode pembayaran untuk pemesanan kelas. 

Fitur sosialisasi atau BFF yang dapat memudahkan pelanggan untuk saling berinteraksi melalui kolom komen dan icon like antar sesama pelanggan atau teman. 

Servis yang bisa kita dapatkan melalui Aplikasi STRONGBEE, diantaranya: classes, gym/studios, trainers, events, courts & pools, for raffles, mental health, dan physiotherapy. Sedangkan kelas yang bisa dipilih, yaitu: martial art, poundfit, yoga, zumba class, dan barre

Uwow… ternyata ada zumba class nih. Pas banget Kak Niken memang sedang mencari kelas olahraga yang memadukan kombinasi tarian dengan gerakan aerobik. 

Keunggulan Aplikasi Olahraga STRONGBEE
Keunggulan Aplikasi Olahraga STRONGBEE

Zumba Class di STRONGBEE

Selain ritmenya yang menyenangkan, senam zumba juga bisa untuk menurunkan berat badan dan baik juga untuk kesehatan. Karena zumba penggabungan unsur kebugaran kardio, pengkondisian otot, keseimbangan, dan fleksibilitas. 

Apakah boleh olahraga saat puasa, terutama senam Zumba? Seperti yang sudah Kak Niken tulis diatas, ada beberapa waktu yang direkomendasikan jika kita ingin melakukan olahraga. Untuk mengikuti kelas senam zumba, bisa dilakukan pada malam hari (jika dilakukan saat bulan Ramadhan). 

Oiya, untuk harga satu sesi kelas zumba di STRONGBEE antara Rp 35.000 – Rp 75.000. Tergantung dari studio dan kelasnya masing-masing. 

Cara Daftar STRONGBEE

Semakin tertarik untuk mendaftar di STRONGBEE? Silahkan unduh aplikasi STRONGBEE melalui Google Play Store ataupun App Store. Lakukan pendaftaran kemudian kita bisa mulai melakukan pemesanan kelas olahraga atau pelatih profesional. 

Yuk ubah hidup kita menjadi lebih sehat dan bugar dengan tetap berolahraga saat puasa dan bergabung bersama STRONGBEE!

32 thoughts on “Apakah Boleh Olahraga Saat Puasa, Ini Jawabannya!”

  1. Iya nih mbak,
    Aku kadang juga mikir klo Puasa baik ga sih olah raga gtu,
    Wah StrongBee emang keren,
    Bisa Olah raga secara teratur dan kita juga lebih Bugar

    Reply
  2. kemarin kipas angin di kamar rusak, aku gak punya AC. asli tuh, serasa olahraga pas tarawih! ahaha. sekarang apa2 bisa online ya, segala hal jadi mudah termasuk olahraga. asal niat.

    Reply
  3. Olahraga saat puasa yang biasa saya lakuin sih cuma beres-beres. Kebetulan saya adalah anak kos, jadi gak punya rutinitas lain selain beres-beres dan nonton. wkwkkw

    Reply
  4. Mengecilkan lingkar pinggang ini juga impian saya mbak. Selama ini olahraga paling jalan kaki aja di pagi hari. Ngikuti gerakan sambil lihat youtube juga kadang-kadang.

    Kalau ada aplikasi untuk olahraga dan ada kelas-kelas yang bisa diikuti gini, bisa lebih terarah ya olahraganya. Apalagi bayar, jadi kan sayang kalau nggak ikut. Ini bisa jadi solusi juga bagi yang ingin ikut kelas olahraga tapi nggak bisa ninggalin rumah untuk ke sanggar olahraga/gym

    Reply
  5. Wah menarik, nih. Pernah cari-cari aplikasi olahraga tapi biayanya huhu mahal. Strongbee menawarkan harga yang lebih terjangkau. Kuakui selama bulan puasa ini lebih mager dari biasanya. Jadi kalau mau olahraga boleh ya sebelum buka puasa, setelah buka puasa atau sebelum sahur. Terima kasih infonya Kak Niken 🙂

    Reply
  6. Ternyata boleh yah kak, asal mengikuti stepnya, menarik banget nih app Strongbee, kalau mw ke gym bisa booking online yah

    Reply
  7. wah ada aplikasi buat olahraga yg terjangkau ya. aku tahunya yg ala2 bule gitu. tp ga puas makenya. mau ahhh nyoba pake strongbee… makasi infonya mba 🙂

    Reply
  8. Aplikasi olahraga spt ini memudahkan ya. Sebelum bulan puasa sempat liat anak-anak sama suami olahraga pake aplikasi tp ga merhatiin aplikasi apa

    Reply
  9. Ga puasa aja mager olahraga apalagi pas puasa. Paling beberes rumah atau bersih2 kebun anggep aja itu olqhraga ya hahahah

    Reply
  10. Kalau menurutku emang boleh deh, tapi mungkin disini porsinya yang dikurangi atau bukan olahraga yang emang memerlukan ekstra tenaga. Karena biarpun lagi menjalankan ibadah puasa, olahraga tetap jalan.

    Reply
  11. Wah menarik nih aplikasi Strongbee ini ada kelas-kelasnya gitu ditambah harganya yang terjangkau. Ternyata olahraga saat puasa itu boleh ya asal yang ringan-ringan saja. Baru tahu nih sama aplikasi ini

    Reply
  12. biasanya aku berenang tapi selama puasa istirahat dulu. gampang capek sih apalagi masih busui, laper juga, haha.
    makasih ya mbak rekomendasi strongbee ini hal baru untukku, bisa ikut kelas online dengan biaya terjangkau.

    Reply
  13. Kak Niken selalu bugar ternyata rahasianya aktif berolahraga ya. Aku tuh lagi nyari buat face yoga gitu loh Kak, nanti aku explore ah fiturnya.

    Reply
  14. Menarik nih ada aplikasi Strongbee yang bisa memfasilitasi buat geral fisik. Suka ada zumbanya. Bikin semangat kalau susah goyang zumba ini.

    Setuju, puasa bukan alasan mager.. Justru kudu beraktivitas biar tetap bugar, salah satunya olahraga

    Reply
  15. Strongbee ini memudahkan sekali mba. Apalagi ada kelas zumba. Olahraga ini bisa banget buat menurunkan berat badan. Pas dengan yang aku cari. Aku sudah download aplikasi ini mba.

    Reply
  16. Kayaknya pilihan waktu olah raga saat Ramadhan yang paling pas buatku tu saat habis berbuka. Dari pada habis buka jadi ngantuk mending olah raga sih. Apalagi sekarang cari kelas olah raga juga mudah dengan adanya aplikasi strong bee ini.

    Reply
  17. Dulu saya mikirnya masa iya sih bisa kuat olahraga padahal lagi puasa? Nah terus saya alami sendiri, tepatnya pas puasa tahun lalu. Kayaknya sebulan penuh tuh saya rutin olahraga. Masya Allah..manfaatnya terasa banget. Berasa lebih produktif juga, karena setelah shalat shubuh dan mengaji, waktunya gak habis buat tidur. Melainkan diisi dengan aktivitas olahraga. Terus gimana puasa tahun ini? Olahraga gak? Hihihi gak, malasnya nongol lagi.

    Reply
  18. Kayaknya aku kudu install biar semangat olahraganya duh ini ga puasa aja males ampun apalagi puasa. Doakaaan yaaa bisa olahragaa

    Reply
  19. Kalau olahraga nya terukur dan sistematis wah malah bagus ya. Apalagi ada semacam instruktur yang bisa kita ikuti melalui aplikasi strongbee ini. Hasilnya pasti memuaskan

    Reply
  20. Aktivitas di rumah aja ini bikin aku cepet ngos-ngosan…karena cenderung mager. Solusinya memang kudu tetap olahraga. Biar semangat, memilih bantuan dengan menginstal aplikasi STRONGBEE. Ini kabar baik sekali.

    Reply
  21. gak ada kata malas lagi buat olah raga ya sekarang, bahkan udah ada aplikasi yang membantu mewujudkan impian mengecilkan lingkar pinggang

    Reply
  22. Ya ampun aku merasa tertampar. Terus terang semenjak ramadan aku ga olahraga. Kecuali pas pindahan olahraga beberes. Dan skrg olahraga naik turun tangga udah gembrobyos. Keren ada strongbee kudu coba nih aku biar semangat olahraga lagi

    Reply
  23. Aku coba olahraga jelang berbuka puasa nih Mbak, coba sepeda statis ternyata seru juga dan nggak bikin haus..harus konsisten deh..bagus aplikasinya ya kita bisa dapat guru yang kita inginkan..

    Reply
  24. Kalau puasa diam aja malah bawaannya ngantuk dan lemas, Kak. Mendingan memang olahraga sih, tinggal menyesuaikan jenisnya, asal paham dasar dan tujuannya. Kalau aku baru tahu ini soal app STRONGBEE, bisa dicoba untuk menginstal dan berolahraga sesuai minat dengan panduan dari para profesional. Mantul!

    Reply
  25. Keren maaaak. Aku rada males gerak :”)
    Tapi anakku tetep olahraga buat lomba soale latihan tiap hari. Enak ini bisa dipake dari rumah biar ttp suehaaaat

    Reply
  26. install ah, supaya saya termotivasi olah raga lagi

    sebelum pindah, saya olah keliling kompleks, sedang puasa atau tidak

    semenjak pindah, kondisi rumah gak memungkinkan

    jadi harus disupport dengan aplikasi

    Reply
  27. kalo aku olahraganya biasa setelah subuh kak, sebelum matahari terbit aku kadang olahraga lari, jadi gak terlalu panas,

    tapi paling seneng tuh olahraga menjelang buka puasa, begitu selesai lari langsung terbayarkan rasa haus pas buka hehe

    Reply
  28. Hadiirr..
    Aku suka banget dengan Zumba Class, tapi karena pandemi, biasanya aku langganan kelas online di ZIN-ku.
    Mau banget cobain Zumba Class di STRONGBEE.

    Reply
  29. Sudah lama aku tidak olahraga. Rasanya badan berat semua, pengen olahraga setelah baca artikel ini. Apalagi puasa sekarang ini punya waktu lebih banyak.
    Moga bukan sekedar niatan

    Reply
  30. Di strongbee suka ada penilaian dari yang udah pernah ikutan kelasnya ga sih mba?
    Jadi bisa tau yang trainernya ok yang mana gitu, pengen order disana tapi takut zonk gitu hehehee.

    Reply
  31. Aku banget nih kalo puasa jarang banget olahraga. Tapi antisipasinya aku pilih waktu menjelang berbuka atau setelah buka puasa.

    Reply

Leave a Comment