Apa itu Cuti Berbayar? Perlukah Memproses Cuti Karyawan dengan Aplikasi?

Kini, teknologi yang berkembang pesat membuat segala proses perusahaan manual sudah mulai ditinggalkan. Seperti aplikasi Talenta, yang menghadirkan salah satu fitur untuk mempemudah proses cuti karyawan. Mulai dari pengajuan, persetujuan, perhitungan, hingga transparansi jatah dan sisa cuti karyawan dapat dilihat dalam aplikasi melalui gawai karyawan. Namun, sebelum mengenal lebih jauh Talenta, mari ketahui sekilas tentang cuti berbayar.

Apa itu Cuti Berbayar?

Cuti berbayar adalah kebijakan cuti karyawan ketika perusahaan memberikan hari libur bagi karyawannya, yang tidak mengurangi gaji mereka. Hal ini mempertimbangkan berbagai alasan-sakit, pernikahan, berkabung, liburan, atau terkadang, bahkan waktu pribadi. Karyawan dapat memanfaatkannya atas kebijakan mereka sendiri jika diperlukan.

Cuti berbayar dianggap sebagai salah satu manfaat utama yang ditawarkan oleh perusahaan kepada karyawannya. Kebijakan istirahat yang bertindak sebagai nilai tambah utama bagi perusahaan yang ingin merekrut orang-orang berbakat.

Cuti Berbayar dengan aplikasi
Jenis cuti karyawan (pict by. Uprint.id)

Menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk menyediakan kebijakan cuti yang baik kepada karyawannya yang mematuhi segala aturan dan peraturan hukum ketenagakerjaan. 

Baca juga: Staycation asyik di Be Five Holiday Villa

Terdapat beberapa jenis cuti berbayar yang umum dijadikan kebijakan oleh perusahaan dan sebagiannya memang diwajikan oleh pemerintah yang tercantum dalam Undang Undang. Berikut beberapa contohnya.

  • Cuti Sakit

Jenis cuti paling umum yang diberikan kepada karyawan agar mereka dapat menggunakan jatah cuti ini ketika mereka sakit. Biasanya, cuti diajukan berikut dengan surat keterangan sakit dari dokter atau rumah sakit. 

  • Cuti Liburan

Sejumlah hari yang diberikan kepada karyawan agar mereka dapat menggunakan waktu ini untuk liburan. Namun, jika karyawan ingin mengajukan cuti liburan dalam jangka waktu cuku lama di hari yang sibuk, mereka dapat menginformasikan terlebih dahulu kepada divisi masing-masing.

  • Cuti Pribadi

Cuti yang diberikan untuk hal pribadi karyawan seperti menghadiri pertemuan dan kepentingan pribadi lainnya dalam hidup mereka. 

  • Cuti Duka

Cuti yang diberikan kepada karyawan untuk digunakan selama masa-masa berduka seperti kematian orang terdekat..

  • Cuti Hamil

Cuti yang diberikan kepada seorang wanita yang akan melahirkan. Biasanya, perusahaan memberikan jatah waktu selama 3 bulan dengan pembagian waktu yang ditentukan oleh karyawan itu sendiri. 

  • Cuti Besar

Cuti besar diberikan kepada karyawan yang sudah menunjukkan loyalitasnya kepada perusahaan. Biasanya, cuti besar dapat diajukan oleh karyawan dengan minimum lama kerja yakni 6 tahun. Jatah cuti besar tak mengurangi jatah cuti tahunan karyawan.

Baca Juga :

Sulit Mengelola Kebijakan Cuti Berbayar di Perusahaaan Anda?

Tenang, dengan aplikasi cuti online di Talenta, Anda dapat membuat kebijakan cuti hanya dalam hitungan menit. Talenta memungkinkan Anda membuat kebijakan, menerapkan alur kerja, melacak, dan mengelola semua cuti berbayar karyawan dalam satu aplikasi terpusat. Tampilan sederhana dan intuitif yang mudah digunakan dan dipelajari oleh semua orang di perusahaan.

Aplikasi cuti online di Talenta
Aplikasi Talenta

Pertama-tama, Anda dapat menyiapkan sistem cuti berbayar. Talenta memberikan rekomendasi cuti apa saja yang biasanya umum dibuat sebagai kebijakan, sehingga membantu Anda membuat kebijakan menjadi lebih mudah. Talenta juga memungkinkan Anda membuat beberapa kebijakan khusus untuk lokasi cabang berbeda, shift berbeda, dan tim berbeda jika memang diperlukan.

Komunikasikan pedoman, prosedur, dan batasan waktu cuti perusahaan kepada karyawan. Hal yang segalanya harus diketahui karyawan dan manajer sebelum melamar atau menyetujui cuti. 

Kemudian, Anda dapat menerapkan alur kerja persetujuan untuk berbagai kebijakan yang akan diotomatisasikan setiap prosesnya. Dengan kehadiran employee self service, karyawan dapat mengajukan cuti yang langsung diteruskan ke manajer dan HR sehingga langsung dapat disetujui atau ditolak.

Selain itu, dasbor Talenta juga menghilangkan kebutuhan Anda terhadap kalender dan excel untuk catatan dan perhitungan cuti karyawan. Anda dapat mengakses permintaan baru yang menunggu, menyetujui atau menolak permintaan, menerapkan cuti untuk Anda sendiri, memantau tren cuti karyawan lain, segalanya dalam satu dasbor terpusat.

Aplikasi cuti online di Talenta, memenuhi segala kebutuhan Anda. Kelola cuti karyawan dan integrasikan ke sistem penggajian Talenta dengan mudah. Mulai coba demo gratis aplikasi cuti online Talenta. Proses cuti yang nyaman sudah dalam genggaman. 

Baca juga:

 

6 thoughts on “Apa itu Cuti Berbayar? Perlukah Memproses Cuti Karyawan dengan Aplikasi?”

  1. Kalau kerja, cuti emang hal yang ditunggu2. apalagi cuti berbayar wow alangkah senangnya uyyyy
    Wah ada aplikasi cuti online, baru tau. info yang penting bgt nih khususnya yang berkecimpung di bidang HR yaaa

    Reply
  2. ini info menyenangkan buat karyawan, bisa mengajukan cuti via aplikasi, untuk perusahaan juga enak, semua bisa terdata dan menjadi satu dalam database

    Reply
  3. waah keren nih ya kak kalau digunakan di perusahaan.
    sayangnya untuk tenaga kontrak di pemerintahan seperti aku nggak ada sih cuti ini dan itu. pokoknya semua disebut “izin” kalau di kantor ku. hehehe

    Reply

Leave a Comment