Asuransi Kendaraan Bermotor untuk Kesejahteraan Anda

Dua minggu lalu kami mendapat kabar dari saudara yang mengalami kecelakaan laka lantas. Kondisi kendaraan roda dua yang ditungganginya mengalami kerusakan cukup parah. Dari kejadian tersebut kami menyadari betapa pentingnya perlindungan dari berbagai bentuk resiko.

Semua orang pasti tidak asing dengan istilah asuransi kendaraan.  Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan asuransi kendaraan bermotor itu? Asuransi atau pertanggungan kendaraan merupakan jenis asuransi yang dikhususkan untuk kendaraan. Maksudnya, resiko yang mungkin bisa terjadi ketika berkendara dialihkan kepada perusahaan asuransi.

Asuransi kendaraan sendiri merupakan asuransi yang akan memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan pada kendaraan maupun hilang. Tidak hanya itu, asuransi ini juga berguna untuk pengganti kerusakan dari huru-hara, bencana alam ataupun banjir.

Asuransi ini tidak hanya diperuntukkan oleh kendaraan roda empat saja, akan tetapi juga diperuntukkan oleh jaminan kendaraan motor roda dua. Meskipun Anda telah mendaftar asuransi, Anda tetap harus berhati-hati terhadap kemungkinan lain yang bisa terjadi.

asuransi kendaraan lifepal
Pict by Malang-post.com

Mengenal Asuransi Kendaraan

Setelah mengetahui apa itu asuransi kendaraan bermotor, sebenarnya siapa saja sih yang membutuhkan asuransi? Mendaftarkan diri di perusahaan asuransi merupakan hal yang sangat penting. Siapa saja yang memiliki kendaraan bermotor dianjurkan untuk memiliki asuransi. Nah, ini poin penting yang perlu dicatat!

Jenis asuransi ini juga bisa diartikan sebagai asuransi yang akan memberikan manfaat dalam bentuk ganti rugi atas kerusakan kendaraan bermotor. Kerusakan-kerusakan tersebut meliputi:

  1. Laka lantas/Tabrakan/Terperosok
  2. Kelalaian orang lain
  3. Kebakaran
  4. Pencurian

Meskipun begitu, terdapat pengecualian perlindungan hukum apabila terjadi suatu kerusakan. Pengecualian tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kerusakan kendaraan bermotor tersebut terjadi karena kesengajaan pemiliknya.
  2. Telah melanggar rambu lalu lintas.
  3. Melakukan kegiatan yang bisa membahayakan pengendara yang lain, seperti balapan, karnaval ilegal dan tindakan kejahatan.
  4. Tidak memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi).
  5. Pengendara berada di bawah pengaruh minuman keras atau obat-obatan terlarang.
  6. Kendaraan yang dikemudikan telah rusak dan dikemudikan secara paksa.
  7. Perlengkapan tambahan seperti kunci, STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) tidak disebutkan dalam polis.

Baca juga : Berburu Mobil Impian Online, Toyota Camry Pilihan Tepat

Banyak sekali manfaat pertanggungan kendaraan yang akan Anda dapatkan. Mendaftarkan kendaraan di asuransi terbaik memang merupakan langkah penting. Sebelum melakukan pendaftaran, alangkah baiknya jika Anda kenali terlebih dahulu jenis asuransi kendaraan yang ada agar sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

asuransi kendaraan bermotor terbaik
Pict by Glints.com

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor

Anda harus mengetahui jenis-jenis pertanggungan kendaraan agar tidak salah dalam memilih asuransi. Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi kendaraan:

1.     All-Risk

Asuransi jenis all-risk merupakan jenis pertanggungan kendaraan yang menjamin segala resiko buruk yang terjadi. Terlebih untuk kendaraan baru.

2.     Total Loss Only (TLO)

Asuransi TLO merupakan jenis asuransi yang juga akan memberikan jaminan atas keseluruhan kerusakan yang terjadi di kendaraan Anda. Akan tetapi, klaim ini dikhususkan bagi kendaraan yang mengalami “kehilangan secara total”.

3.     Asuransi Collision Coverage

Asuransi jenis ini merupakan asuransi yang dikhususkan untuk membiayai kecelakaan tunggal.

4.     Asuransi Liability Insurance

Asuransi jenis ini juga sama dengan asuransi collision coverage, perbedaannya asuransi liability insurance akan memberikan jaminan tambahan, seperti tagihan medis.

5.     Personal Injury Projection

Personal Injury Projection atau PIP merupakan asuransi perlindungan yang dikhususkan bagi pengemudi yang mengalami kecelakaan tunggal. Asuransi jenis ini juga akan memberikan biaya tambahan atas insiden kecelakaan yang menimpa, baik pengemudi maupun penumpangnya.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan di Masa Sulit Dengan Mudah

Itulah jenis-jenis asuransi yang bisa Anda pilih dengan bijak. Jika Anda menginginkan manfaat asuransi yang lebih lengkap seperti, variasi pilihan rumah sakit yang lebih banyak, pelayanan cepat, fleksibel, proses klaim mudah, maka memiliki asuransi kesehatan swasta sebagai pelengkap BPJS adalah pilihan yang tepat.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) telah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak asuransi swasta melalui program CoB (Coordination of Benefit). Beli asuransi kendaraan mudah bisa Anda dapatkan di Lifepal.

Ternyata melakukan transaksi untuk asuransi di Lifepal bisa Anda lakukan secara online. Pengurusan asuransi kendaraan bisa Anda lakukan hanya dengan bermodalkan smartphone. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan asuransi pelengkap BPJS termurah hanya di Lifepal. Yuk daftar asuransi kendaraan bermotor terbaik di Lifepal!

 

Leave a Comment