Audit Website dengan Screaming Frog, Agar Website Ramah SEO

Penasaran nggak sih yang lagi happening beberapa waktu belakangan ini? Mengenai audit website dengan screaming frog, agar website lebih ramah SEO. Ah….. Kalau ngobrolin seputar dunia blogging, sejujurnya bikin Kak Niken menangis. Ada perjuangan dan air mata tertumpah di sana. Meskipun masih ada aja orang yang meremehkan profesi ini, namun nggak perlu khawatir. 

Kebetulan, beberapa waktu lalu ngobrol sama suami. Kami berdua termasuk yang sering melakukan refleksi diri mengenai pencapaian hingga saat ini. Dari yang nggak ngerti sama sekali apa itu SEO? Hingga perlahan-lahan mencoba mempelajarinya dan menerapkannya. 

Ya, karena seperti quote berikut ini….

“Your first blog posts won’t be perfect, but you just have to do it. You have to start somewhere.” – Shane Barker

Dalam artikel ini mungkin akan cukup panjang kali lebar bercerita mengenai dunia blogging dan spoiler audit website dengan Screaming Frog. Duh… ilmu apa lagi itu ya? Haha.. don’t worry, kita nanti akan belajar bareng ya. 

Let’s start!

Hmm… terjun pertama kali untuk memulai kembali dunia blogging ini pertengahan tahun 2019. Dimulai dengan tangisan dan air mata. Tsahh…. Oiya, sebenarnya alasan menulis blog sudah pernah Kak Niken ceritakan di artikel sebelumnya. Silahkan klik aja judul artikel Alasan Menulis Blog ini. 

Kami datang ke Kota Malang, tanpa ada kenalan teman, kolega atau saudara. Kalau dibilang dengan tangan kosong, ya seperti itulah. Modalnya hanya sedikit keahlian yang Kak Niken miliki, yaitu : menjahit, playdate event organizer, menulis (yah… ini pun masih amburadul), dan master ceremony for kids.  

Pertama kali ikut event untuk liputan salah satu restoran Korea di malang. Dari situlah mulai menulis kembali setelah belasan tahun off. Alhamdulillah, blog mulai diisi dan nggak bersarang semut lagi. 

  • Bagaimana Cara memulai Ngeblog?

Pastinya dimulai dengan bismillah ^.^ Jangan lupa akhiri dengan alhamdulillah. Cara memulai ngeblog menurut Kak Niken, tentukan dulu platform tempat kalian mau menulis. 

Silahkan menulis di blog yang gratis atau berbayar. Tapi kalau Kak Niken akan pilih langsung blog berbayar. Kenapa? Walau hanya mampu beli domain yang murah, seperti kakniken.web.id ini, tapi ada “kewajiban” yang harus dibayar setiap tahunnya. Sehingga mau nggak mau harus lebih semangat membangun blog tersebut. 

Tapi, jika kalian mau nulis di instagram juga bisa, biasanya dinamakan microblog. Pastikan tulis aja yang mau kalian tuangkan. Keluarkan aja apa yang ada dalam pikiran dan tuliskan. Karena setelah Iqro, bacalah. Lalu Nun, tuliskan!

  • Apa Niche Blog Anda? Mengapa Memilih Niche Tersebut?

Pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan oleh teman-teman yang ingin memulai menulis blog. Apa itu niche blog? Niche blog adalah tema atau topik khusus pada blog. Biasanya kalau hanya memilih satu niche blog, maka kita hanya perlu membuat konten-konten dalam satu topik yang sama. 

Sebenarnya kita bebas saja mau mengisi dengan konten seperti apa. Nggak ada larangan kok, jika tujuan awalnya adalah menumpahkan isi hati. Ehh… Haha. Namun, jika kalian sudah mulai lebih memahami dengan dunia blogging ini, maka fokus pada satu topik tentu lebih baik. Misalnya keuangan, kuliner, kecantikan, teknologi, parenting, dan lainnya. 

Untuk blog kakniken.web.id ini memang blog gado-gado alias niche lifestyle. Kedepan jika mau memiliki blog lainnya, kita bisa mencari niche blog paling mengundang trafik dan populer. 

  • Bagaimana Menjaga Konsistensi dalam Menulis?

Jujur saja, saat ini Kak Niken masih keteteran untuk konsisten menulis. Seperti biasa (yang sebenarnya no excuse ya) karena kesibukan sebagai ibu rumah tangga dan mengelola bisnis atau alasan lainnya.  

Seorang penulis, blogger, atau content writer dituntut untuk selalu membuat konten yang menarik. Tapi nggak dipungkiri kok, kalau ada juga yang masih bingung bagaimana caranya untuk menjaga konsistensi dalam membuat konten.

“Every time you post something online, you have a choice. You can either make it something that adds to the happiness levels in the world—or you can make it something that takes away.” ~Zoe Sugg

Lalu bagaimana caranya agar tetap konsisten menulis? Tentukan tujuan atau set goal, hindari objek pengganggu (seperti smartphone yang biasanya bisa bikin kita kepo mau buka chat atau media sosial), sering membaca buku dan latihan menulis tanpa beban. 

  • Apa saja langkah Anda dari Menulis Hingga Publish?

Biasanya Kak Niken menulis ketika sedang ingin menulis. Hal apapun yang terlintas dalam pikiran, tentu bisa menjadi bahan tulisan.

Memang masih ada PR besar buat Kak Niken dalam mengolah kalimat untuk menjadi storytelling yang baik dan enak dibaca. Pengetahuan dan membaca buku menjadi kunci untuk kita bisa menulis dengan alur yang enak untuk dibaca. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan tentu proses preparing dengan memilih topik yang ingin disampaikan, lakukan riset dan buat daftar referensi, kemudian buat kerangka artikel. Setelah itu lanjutkan dengan cara membuat artikel. 

  • Bagaimana Pendapat Anda tentang Blog Etalase?

Apakah itu blog etalase? Sepertinya ini hanya sekadar ungkapan dari sebagian orang. Menurut Kak Niken nggak ada yang namanya blog etalase. 

Karena semua yang ditulis kemudian di publish pada website atau blog masing-masing merupakan pengetahuan atau informasi yang bisa dibaca oleh masyarakat luas. Kita isi blog dengan konten, mendapatkan pemasukan hingga memenangkan lomba. 

So, nggak ada yang namanya log etalase! Iya benar, etalase informasi. Tinggal kalian pilih aja yang sesuai kebutuhan untuk dibaca. 

  • Pandangan Anda tentang Dunia Blogger di Indonesia saat ini?

Dunia blogger selalu berkembang. Bekerja di dunia ini ternyata perlu memiliki skill. Selain keahlian menulis, belajar apa itu SEO?, hingga audit website dengan Screaming Frog

Profesi ini bersifat mobile. Karena kita nggak perlu berada di satu tempat yang sama terus-menerus. Selama jaringan internet lancar, dimana saja dan kapan saja kita bisa mengerjakan pekerjaan blogging ini. 

Any way, setiap orang tentu berbeda dan memiliki pandangan masing-masing. Asalkan mereka berkembang sesuai dengan ilmu yang baik dan tepat, insyaallah dunia Blogger akan semakin berkembang. 

  • Apakah Blogger Masih Bisa Bertahan dengan adanya Youtuber? 

Kalian pilih menjadi blogger atau youtuber?

Dunia digital berkembang sangat pesat. Saat ini tak dapat dihindari kalau konten berbentuk video memang sedang digandrungi oleh masyarakat. Kak Niken sendiri juga punya youtube, tapi sampai sekarang belum terlalu diseriusi seperti blog ini. 

Mau pilih blog atau youtube sebenarnya sama-sama membutuhkan skill untuk membuat konten yang menarik dan berbobot bagi masyarakat luas. Blogger tentunya masih bisa bertahan hingga beberapa tahun kedepan. Karena setiap orang butuh membaca. 

Masing-masing platform tidak ada yang lebih hebat karena sama-sama memiliki keuntungan atau bahkan kekurangan masing-masing. Penting bagi kita untuk memahami kemampuan diri masing-masing untuk memilih yang sesuai. 

Jadilah yang ahli pada platform atau bidang yang dipilih, bukan sekadar setengah-setengah karena semua mau di hajar bleh!

Pelatihan Site Audit Blogger
Pelatihan Site Audit Blogger
  •  Siapakah Anda di Dunia Blogger?

Media sosial menjadi salah satu platform hits yang saat ini banyak dikunjungi ketika orang tersambung dengan jaringan internet, termasuk blog. Apa sih yang bisa kita bagi pada lebih banyak orang? 

Cerita yang menarik!

Memang diluar sana banyak blogger keren dan lebih mengalir dalam hal penulisan. Kak Niken mengakui itu, karena diri ini masih sangat jauh dari kata sempurna. Hihihi. 

Aku bukanlah siapa-siapa. Hanya ingin belajar dan menjadi lebih baik untuk kehidupan secara pribadi maupun keluarga. Semoga kedepan jadi lebih baik lagi kehidupan kami sekeluarga berkat ngeblog. 

  • Perlukah Blogger Paham SEO?

Baru saja kemarin malam Kak Niken ngobrol bareng suami. Sehingga di akhir obrolan kami, “Nggak ada kata berhenti untuk belajar SEO,” begitu kata suami. Mengingat algoritma Google selalu berubah maka strategi SEO pun perlu selalu diperbaharui. 

Karena  tujuan utama memahami SEO agar blog atau website kita mudah ditemukan oleh mesin pencari. Tentunya sesuai dengan keyword yang dituju. Minimal kita mengetahui konsep dasar SEO. 

Tentunya akan banyak sekali manfaat jika para blogger paham SEO. Salah satunya trafik blog. Wkwk waduh receh banget ya Aku. Eh tapi bisa juga lho meningkatkan performa bisnis kita terutama yang mengandalkan Google dan SEO. 

  • Sejauh mana pemahaman Anda tentang SEO?

Bagi kita yang sedang berkecimpung di dunia blogging, digital marketing, dan sejenisnya maka penting sekali untuk mengetahui seluk beluk SEO. Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal SEO merupakan tindakan optimasi website yang dilakukan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian. 

Kalau website atau blog kita berada di posisi halaman teratas, maka akan lebih berpotensi mendapatkan trafik organik. Namun, untuk mendapatkan website yang ramah SEO, maka perlu melakukan audit website dengan screaming frog.

Any way, Kak Niken masih awam banget sama dunia SEO dan belun punya pengalaman ngeblog yang mumpuni. So, kalau mau tanya lebih detail, silahkan  belajar pada ahlinya. Seperti saat ini kami sedang berusaha untuk bisa belajar mengenai Optimasi SEO dengan screaming frog. Wkwkkw. 

  • Menurut Anda, Apa itu Site Audit?

Menu apa lagi itu site audit? Wkwkkw

Duh serius deh, Kak Niken punya blog yang lebih diseriusi itu baru 2 tahun belakangan. So, kadang membaca atau mempelajari berbagai istilah dalam dunia blogging itu sangat perlahan sekali. 

Ketika ditanya oleh seorang teman untuk kesediaannya ikut belajar, otomatis mau aja dong. Nah,kali ini diajak belajar site audit. Kalau yang Kak Niken baca-baca, site audit itu proses evaluasi terhadap kualitas website atau blog kita. 

Agar lebih maksimal dan sesuai dengan target yang sedang dibangun, maka perlu melakukan SEO audit. Karena SEO jadi salah satu kunci utama untuk marketer atau pengembang website agar mampu berada di peringkat teratas mesin pencari. 

  • Apa yang Perlu diperbaiki pada Blog Anda?

First off all sih di masalah kecepatan atau loading, image, halaman error, juga internal link yang belum sempurna. Kemudian juga konten yang kalau jargonnya kan “Content is the King”

Performa website kakniken.web,id juga sebenarnya masih belum baik. Kadang bagus, tak jarang juga down. Haha. Ya begitulah, karena kalau kata suami, “SEO is never ending.”

Penting juga bagi Kak Niken untuk belajar strategi konten agar mendapatkan trafik organik. Karena ini juga salah satu kunci blog kita itu sehat dan memang dibaca oleh lebih banyak orang. So, semakin butuh nih audit website dengan screaming frog

  • Bagaimana Cara Menaikkan Traffik?

Disadari atau tidak, masih banyak blogger yang melupakan beberapa hal ini : Mengabaikan jumlah PV/traffic blog, bingung cara meningkatkan jumlah pengunjung, dan fokus pada authority tapi lupa optimasi. 

Jangan lupa bahwa beberapa pemberi kerja dalam dunia blog, sudah banyak yang memakai parameter page view atau traffic. Itu menjadi syarat blog layak untuk diajak kerjasama. 

Sejauh ini yang dilakukan Kak Niken baru sekadar share ke media sosial, ke grup whatsapp, ikutan blog walking, dan sedikit optimasi. 

  •  Kenapa Anda Harus Ikut Pelatihan Site Audit ini?

Kenapa oh kenapa? 

Audit website dengan screaming frog adalah mainan baru bagi Kak Niken. Sebenarnya website audit ini penting juga bagi kita yang memang menggunakan strategi digital dalam pemasarannya. 

Kita juga perlu lho untuk melakukan analisa alasan belakangan ini pengunjung website menurun. That’s why perlu ikutan kelas site audit. Supaya traffic dan konversi pengunjung blog bisa menjadi lebih optimal lagi.

Sehingga kita bisa mendapatkan informasi apa saja masalah yang terjadi dalam website kita. Supaya performa blog semakin baik dan akhirnya cuan mengalir. Ehhh…. Wkwkwk

Bismillah, yuk semangat ikutan kelas audit website ini supaya makin ramah SEO. 

Leave a Comment