Dukung Kemerdekaan Anak Indonesia Melalui Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan

Dukung Kemerdekaan Anak Indonesia Melalui Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan – Indonesia masih banyak PR! Menjadi negara berkembang dengan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi namun tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonominya. 

Mengapa saya bisa bilang seperti itu? Suatu kali saya pernah membentuk tim bersama teman-teman  untuk memberikan kegiatan metode pembelajaran dengan CD Interaktif bagi anak usia dini di sekolah non formal. 

Kami mencari sekolah yang lokasinya berada di sekitar pasar dan terminal bus. Setelah mendatangi beberapa sekolah non formal tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada faktor yang berpengaruh terhadap kompetensi anak-anak. 

Baca-baca beberapa literasi, ternyata memang ada 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan. Hal tersebut karena kondisi sosial ekonomi. Dimana letak kemerdekaan anak Indonesia? Ayo tunjuk tangan, siapa yang bisa menjawab!

Anak Indonesia Berhak Merdeka

Kondisi yang dimaksud meliputi beberapa hal, diantaranya nutrisi, akses pendidikan, hingga kemampuan orangtua untuk menyekolahkan anak-anaknya. 

Padahal sebagai aset bangsa, setiap anak Indonesia berhak memperoleh kemerdekaannya. Merdeka dalam mendapatkan akses untuk kemajuan pendidikan dan nutrisi yang optimal demi masa depan yang lebih baik. 

Seperti yang tertera pada alinea pertama UUD 1945,

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa .…”

Lanjut pada pasal 31 ayat 1 UUD 1945, bahwa,

“Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.”

Maka untuk mendukung tumbuh kembang maksimal anak-anak Indonesia sebagai generasi maju melalui akses pendidikan dan nutrisi, ada program menarik dari SGM Eksplor. 

Bertepatan dengan momen memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, SGM Eksplor mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan kontribusi terbaiknya. 

Gerakan #ayotunjuktangan
Gerakan #ayotunjuktangan

Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan

Untuk mendukung visi pemerintah Indonesia, SGM Eksplor berinisiatif meluncurkan gerakan sosial #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia. Wow… seperti apakah itu? 

SGM Eksplor meluncurkan gerakan ini pada 16 Agustus 2021 melalui platform zoom. Dengan cara mengundang para wartawan dan blogger,  Aktor Reza Rahardian, artis Alyssa Soebandono, serta Pemerhati dan Sahabat Anak Indonesia, kak Seto Mulyadi. 

Yeay…. So proud deh dengan program yang bisa saling dukung dan berkolaborasi seperti ini. Karena sama-sama memiliki tujuan untuk mendukung pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan bagi seluruh anak-anak Indonesia untuk menjadi menjadi generasi maju.

Salah satu upaya pemenuhan nutrisi untuk anak-anak, SGM Eksplor menghadirkan inovasi produk susu pertumbuhan di awal tahun 2021 lalu. Hal ini untuk mendukung pemenuhan nutrisi lengkap dan seimbang bagi anak berusia di atas 1 tahun.

Reza Rahardian,  seorang aktor dan aktivis sosial mengatakan bahwa, “Kesuksesan anak-anak Indonesia, bukan hanya di tangan para orang tua mereka, tapi juga di tangan kita generasi muda.”

“Oleh karena itu, mari kita bersama-sama untuk turut berperan aktif dalam membuka kesempatan untuk anak-anak Indonesia agar bisa berprestasi dan mencapai impian mereka.” Jelasnya. 

Alyssa Soebandono, seorang Aktris dan Ibu dari dua anak mengatakan, “Saya percaya bahwa gerakan sosial #AyoTunjukTangan, dapat membantu para Ibu lainnya untuk memastikan kebutuhan nutrisi dan pendidikan anak-anak mereka terpenuhi demi kemajuan dalam setiap tahapan kehidupannya.”

“Maka itu marilah bersama-sama berpartisipasi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan demi mempersiapkan SDM unggul untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.” tambahnya pada siaran press release yang diterbitkan oleh tim SGM Eksplor. 

#ayotunjuktangan SGM Eksplor
#ayotunjuktangan SGM Eksplor

Cara Ikutan Gerakan #AyoTunjukTangan

Bagaimana sih caranya bisa ikutan gerakan #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda majukan Indonesia? 

Kita bisa mulai aksi dukungan kita melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan dimana setiap partisipasi kita akan disalurkan langsung untuk pemenuhan akses nutrisi dan edukasi anak-anak Indonesia demi kemajuan masa depan mereka. 

Caranya dengan mengunjungi website Generasi Maju dan kita bisa langsung saja memilih jenis donasi yang ingin didukung.  Setiap partisipasi dari berbagai pihak akan didonasikan dalam beberapa bentuk paket program. 

Kolaborasi SGM Eksplor untuk Kemerdekaan Anak Indonesia

Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.  Maka program ini perlu adanya kolaborasi berbagai pihak. Tak hanya mengajak masyarakat Indonesia, SGM Eksplor menggandeng beberapa pelaku industri. Inilah bagian yang juga sangat menarik menurut Kak Niken. 

Salah satunya Telkomsel, perusahaan telekomunikasi digital terdapat di Indonesia dan CAKAP sebagai platform pembelajaran online dengan pengajar profesional dan metode yang interaktif. Serta beberapa perusahaan retail dan e-commerce lainnya. 

Bantuan program yang digulirkan pada anak-anak Indonesia berupa: 

  • Paket nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun
  • Paket beasiswa pendidikan online
  • Perbaikan fasilitas belajar bagi anak-anak Indonesia yang membutuhkan. 

Sehingga diharapkan dengan adanya kolaborasi ini akan semakin banyak anak Indonesia bisa mendapatkan tumbuh kembang yang optimal. 

Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh
Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh

Generasi Maju Untuk Tumbuh Kembang Maksimal 

Pemerhati dan sahabat anak Indonesia serta Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), kak Seto Mulyadi mengatakan, “Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia dapat menjadi momentum yang tepat untuk menggugah terwujudnya kepedulian serta jaminan kemerdekaan terhadap hak-hak anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.”

Maka, penting sekali bagi kita untuk mendukung kemajuan anak-anak Indonesia dengan perannya masing-masing untuk mewujudkan Indonesia maju di masa depan. Disini jugalah komitmen SGM Eksplor untuk terus mendukung anak Indonesia melalui pemenuhan nutrisi dan akses pendidikan untuk mencapai kemerdekaannya. 

“Kami percaya, kebutuhan nutrisi dan pendidikan saling berkaitan untuk tumbuh kembang maksimal anak, sehingga mereka nantinya ikut berkontribusi dalam menentukan kemajuan masa depan Indonesia.” Jelas Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo.

Kak Niken jadi membayangkan jika anak-anak di seluruh pelosok negeri mendapatkan akses pendidikan yang sama, maka Indonesia akan semakin berkembang. Anak-anak semakin kritis dan cerdas dalam norma-norma kehidupan. Masyaallah….

Tentu akan banyak bermunculan para scientist, ilmuwan, dan lain sebagainya yang mampu memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa di masa depan nanti. Inilah yang sedang dilakukan gerakan sosial #AyoTunjukTangan oleh SGM Eksplor. Selamat berpartisipasi untuk kemerdekaan anak Indonesia ya Bunda ^.^

#AyoTunjukTangan #GenerasiMaju #SGMEksplor

22 thoughts on “Dukung Kemerdekaan Anak Indonesia Melalui Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan”

  1. selalu suka dengan gerakan sosial dari sgm deh kak niken, setiap tahun selalu memberikan hal baru dalam campaignnya sehingga terus dapat mengedukasi kepada masyarakat dengan hal-hal baru. aku dukung gerakan ayo tunjuk tangan

    Reply
  2. Acara yang nambah insight deh ya webinar ini. Alhamdulillah berkesempatan ikutan. Tapi ya gitu, sedih dengan pemaparan fakta bahwa 9 anak dari 10 anak Indonesia masih susah memenuhi akses nutrisi dan pendidikan. Semoga deh, dengan adara gerakan Ayo Tunjuk Tangan ini bisa ada peningkatan. Dan semogaaaaa banyak yang ikutan. Yuk dukung!

    Reply
  3. SGM Eksplor sangat berkomitmen sekali dengan nutrisi dan kesehatan anak-anak di Indonesia. Banyak sekali gerakan sosial yang dibuat seperti Ayo Tunjuk Tangan Ini. Semoga anak-anak Indonesia dapat tumbuh dengan optimal dan mewujudkan generasi emas penerus bangsa.

    Reply
  4. gerakan #AyoTunjukTangan dari SGM ini dapat membantu para Ibu lainnya untuk memastikan kebutuhan nutrisi dan pendidikan anak-anak agar mereka bisa menggapai impiannya lebih tinggi lagi

    Reply
  5. Penting nih buat para mommies untuk memastikan kebutuhan nutrisi dan pendidikan anak-anak mereka terpenuhi demi kemajuan dalam setiap tahapan kehidupannya. Yang pasti gizinya harus seimbang ya

    Reply
  6. Nggak ada habisnya SGM ini bikin inovasi baru. Semoga dengan adanya gerakan ini bisa mendukung tumbuh kembang maksimal anak-anak Indonesia biar akses pendidikan dan nutrisinya terpenuhi secara merata ya mbak.

    Reply
  7. Semoga kolaborasi ini membantu anak2 mendapatkan haknya baik atas pendidikan maupun nutrisi yang baik ya mbak? Soalnya emang kalau hanya mengandalkan pemerintah saja tu susah.
    Nanti coba aku ikutan liatin websitenya ya makasih infonya

    Reply
  8. Setuju, nutrisi yang tepat dan mencukupi gizi harian itu penting untuk tumbuh kembang anak, juga jalan mewujudkan mimpinya. Aku salut deh sama campaign SGM ini, dulu sempet lihat iklannya yang di TV ada anak-anak dari berbagai daerah, terus ada yang main angklung juga, keren

    Reply
  9. semoga dengan adanya program ini anak-anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam pemenuhan nutrisi dan juga pendidikan karena ini adalah hak bagi seluruh rakyat.
    senang banget kemarin bisa ikut hadir di launching #AyoTunjukTangan dan tentu saya juga mendukung penuh doong program ini 🙂

    Reply
  10. Merdeka!
    Yuk teruskan perjuangan para pahlawan mba, dengan merawat dan menjaga anak bangsa dimulai dari pertumbuhan anak sendiri ya. Keren nih programnya. Sehat selalu sekeluarga ya Mbak.

    Reply
  11. Program yang keren yah, memang sih untuk mewujudkan kesamaan pemenuhan nutrisi dan pendidikan itu perlu sinergi dari banyak pihak.

    Reply
  12. Subhanallah, aura nya Reza Rahadian gak main-main ya. Pakai baju merah gitu makin berkharisma.

    Duh, kok malah ngomongin reza sih. Ketahuan banhet nih kalau officialpilarez

    Reply
  13. Saya juga dong udah tunjuk tangan dukung kemajuan anak Indonesia. Salut dengan program SGM Eksplor ini. Semoga banyak bunda2 lain juga yang tergerak ikut gerakan sosial ini

    Reply

Leave a Comment