Bahaya Asam Lambung Jika Tidak Segera Ditangani

Banyak masyarakat yang hingga saat ini masih meremehkan penyakit asam lambung. Mereka seringkali kurang peduli pada bahaya asam lambung yang menyerang tubuh. Penyakit tersebut memang sering diabaikan karena dinilai bisa mereda dengan sendirinya. Padahal sebenarnya penyakit asam lambung tersebut jika dibiarkan tanpa adanya penanganan akan berkembang menjadi kondisi yang jauh lebih serius. Seperti contohnya luka di saluran pencernaan ataupun kerongkongan.

Asam lambung adalah cairan yang terdapat di dalam lambung, di mana di sini berfungsi untuk memecah makanan. Saat jumlahnya sudah terlalu berlebihan, asam lambung bisa naik ke dalam kerongkongan dan mengakibatkan gejala yang kurang nyaman. Ada banyak sekali hal yang bisa memicu naiknya asam lambung tersebut, bisa dari konsumsi makanan pedas dan makanan berlemak.

Penyakit asam lambung tersebut sering juga dikenal dengan istilah maag yang seringkali diabaikan oleh karena dinilai bisa mereda dengan sendirinya.padahal kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan jika terlalu sering kambuh. Maag yang sering kambuh tersebut merupakan pertanda penyakit asam lambung.

Apa Bahaya Asam Lambung Jika Tidak Segera Ditangani?

Penyakit asam lambung yang terus saja dibiarkan tanpa adanya penanganan akan berkembang menjadi kondisi yang semakin parah. Kondisi tersebut antara lain meliputi:

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Yaitu merupakan sebuah kondisi dimana asam lambung tersebut naik ke bagian kerongkongan dan mengiritasi lapisan yang terdapat di kerongkongan.

Ulkus Peptikum

Merupakan kondisi yang terjadi oleh karena asam lambung tersebut mulai menggerogoti lapisan perut, sehingga hal tersebut akhirnya menyebabkan ulkus atau luka.

Esofagitis

Esofagitis tersebut ditandai oleh karena terjadinya peradangan pada lapisan kerongkongan, pendarahan, iritasi dan juga luka pada kerongkongan.

Barrett Esophagus

Kondisi tersebut merupakan komplikasi yang serius oleh karena diakibatkan paparan pada asam lambung yang terjadi secara berulang. Paparan pada asam lambung tersebut mengakibatkan perubahan pada jaringan dan sel yang melapisi kerongkongan serta berpotensi untuk berkembang menjadi sel kanker.

Striktur

Kerusakan yang ditimbulkan oleh asam lambung bisa mengakibatkan luka, sehingga hal tersebut akhirnya membuat pengidapnya sulit sekali dalam menelan makanan.

Oleh karena bahaya yang bisa diakibatkan oleh asam lambung, maka disini Anda perlu segera melakukan pencegahan. Untuk melakukan tindak pencegahan, Anda bisa melakukan tips sebagai berikut.

Tips Mencegah Asam Lambung

Asam lambung bisa dicegah dengan beberapa cara betikut ini, diantaranya :

Makan dengan Porsi Sedikit

Untuk Anda yang mengidap asam lambung sebaiknya makan dengan porsi yang sedikit namun sering. Karena jika Anda makan dengan banyak porsi sekaligus, itu akan menyebabkan perut Anda terasa penuh. Selain itu, hal tersebut bisa memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Dengan makan porsi sedikit, mengakibatkan pencernaan Anda tidak harus bekerja dengan terlalu berat. Ini juga cara efektif untuk mengontrol berat badan Anda.

Hindari Minuman dan Makanan Tertentu

Terdapat beberapa jenis minuman dan makanan yang sebaiknya Anda hindari disini. Seperti contohnya minuman berkarbonasi dan beralkohol, makanan pedas, makanan berlemak, kopi, coklat dan teh. Minuman dan makanan tersebut dinilai bisa memicu naiknya asam lambung.

Jangan Tidur Setelah Makan

Banyak orang yang sering kali melakukan kebiasaan tersebut. Bagi Anda yang mengidap penyakit asam lambung, maka sebaiknya hindari tidur setelah makan. Hal itu dikarenakan tidur setelah makan akan membuat sistem pencernaan Anda jadi berat.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Anda tentunya bertanya-tanya hubungan rokok dengan asam lambung, ternyata zat kimia yang terkandung di dalam rokok utamanya di sini nikotin akan memicu naiknya asam lambung bahkan membuatnya semakin parah. Maka dari itu, Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang.

Untuk mengatasi asam lambung, Anda bisa mengonsumsi Mosehat, jamu tetes herbal alami yang sudah terbukti!

Leave a Comment