BARDI Smart Home Indonesia Bikin Rumah Jadi Pintar

BARDI Smart Home Indonesia bikin Rumah jadi Pintar, setuju nggak? Kalian sudah pernah nonton film I.T (2016) yang dibintangi Pierce Brosnan? I.T mengisahkan tentang seorang pengusaha sukses pemilik perusahaan IT, Mike Regan. 

Kesuksesan karier Mike juga diimbangi dengan keharmonisan keluarga kecilnya bersama sang istri, Rose Regan (Anna Friel), dan anak remajanya, Kaitlyn Regan (Stefanie Scott). Mereka hidup di sebuah rumah mewah dengan teknologi modern dan canggih.

Begitu mewah rumah dengan teknologi modern ini sehingga semua perangkat bisa di akses dengan menggunakan internet dan diatur dengan perintah suara. Menyalakan lampu, mengatur suhu AC, membuka tirai, menyalakan musik, membuka pintu hingga sistem alarm bisa dilakukan. 

Ternyata saat ini tidak perlu menjadi pengusaha IT sukses untuk mendapatkan semua fasilitas rumah pintar modern dan canggih.

Mengenal BARDI Smart Home Indonesia

BARDI adalah perusahaan lokal yang didukung oleh Tuya. Tuya adalah platform pengembangan AI+IoT dan platform suara AI terkemuka di dunia. Layanan cloud, hardware, dan kapabilitas pengembangan aplikasi yang disediakan Tuya telah dijual ke hampir 190 negara.

Bardi Smarthome Indonesia
BARDI Smart Home Indonesia

BARDI Smart Home Indonesia menyediakan semua produk yang mendukung smart home system. Yang artinya semua fitur rumah pintar bisa didapatkan dari produk-produk BARDI. 

Seperti yang kita lihat di film I.T (2016) kecanggihan penggunaan produk BARDI bisa dilakukan dengan smartphone dan perintah suara. Keren banget kan!. 

Anda bisa menggunakan perintah suara melalui Alexa, Google Assistant dan Siri. Kak Niken sendiri memiliki 3 produk BARDI yaitu BARDI Smart Bulb, BARDI Smart IP Camera dan BARDI IR Remote.

Review BARDI Smart Bulb 9W-RGBWW

Lampu Pintar yang bisa ganti warna sesuka hati. Itu yang pertama kali kita lihat pada saat membuka situs resmi BARDI di bardi.co.id.

Smart Light Bulb ini salah satu produk BARDI yang bikin Kak Niken jatuh hati. Karena warna-warna yang dihasilkan Smart Light Bulb ini smooth banget. Tidak terlalu terang di mata dan tidak terlalu gelap. 

BARDI Smart Bulb
BARDI Smart Bulb

Apalagi jika dipasang di kamar tidur, bisa kita pasang sesuai mood yang kita inginkan dengan fitur scene

  • Night, lampu berwarna kuning lembut
  • Read, lampu terang putih lembut untuk membaca
  • Working, lampu terang putih 
  • Leisure, lampu berwarna kuning lembut hangat
  • Soft, lampu berwarna hijau dengan gradasi 
  • Colorful, lampu berganti warna
  • Dazzling, lampu berganti warna agak cepat
  • Gorgeous, lampu berganti warna dengan lambat

Dan menu ini tuh ter-love deh, karena bikin kamar tidur anak-anak jadi adem banget saat kita atur pencahayaan sesuai kegunaan.

Review Bardi Smart Bulb
Review BARDI Smart Bulb

Dalam kemasannya ada petunjuk manual pemasangan dengan bahasa Indonesia. Namun Kak Niken butuh 3 kali percobaan untuk berhasil. Percobaan pertama gagal karena password WiFi salah input sehingga tidak berhasil terdetect dalam aplikasi BARDI. 

Percobaan kedua gagal saat menggunakan metode lain yang disarankan. Percobaan ketiga baru berhasil karena kembali ke percobaan pertama dengan Internet nyaman dan password WiFi yang benar. Secara garis besar bisa Kak Niken sederhanakan cara setting BARDI Smart Light Bulb seperti ini. 

Step 1 : Unduh BARDI App

Step 2 : Registrasi akun (hanya perlu 1 kali registrasi untuk semua produk BARDI ya)

Step 3 : Tambah Perangkat (disini kita bisa menambahkan semua produk BARDI yang kita miliki)

Step 4 : Pasang Perangkat (sebelum ini ada perintah untuk mengkoneksikan Wifi pastikan benar yah. Lalu lakukan add device sesuai dengan petunjuk yang ada di manual penggunaan)

Step 5 : Kontrol Perangkat (hore… akhirnya perangkat BARDI kita sudah terkoneksi dengan BARDI App, tinggal digunakan sesuai keinginan)

Banyak fitur yang bisa kita explore di BARDI App ini. Mulai dari atur jadwal hidup dan mati lampu, kecerahan dan lain-lain. Happy explore yah!

Review BARDI Smart Indoor Static IP Camera

Nah ini juga produk BARDI yang keren pisan, BARDI Smart IP Camera. Kamera pintar yang dapat menyalurkan video berikut suara pada smartphone dan suara dari smartphone.

BARDI Indoor Static IP Camera
BARDI Indoor Static IP Camera

Manual pemasangan tidak berbeda dengan BARDI Smart Light Bulb. Namun kita tinggal menambahkan perangkat saja, karena pengunduhan app dan register sudah Kak Niken lakukan sebelumnya. Berikut ini langkah setelah mengunduh BARDI App-nya:

  • Tambah perangkat – Indoor Static IP Camera, biasanya membutuhkan waktu 2 menit
  • Pasang perangkat, gunakan kamera untuk scan QR code di smartphone. Ketika kamera mengeluarkan suara “dong dong dong” pencet tombol “Heard the beep” dan menunggu konfigurasi selesai.
  • Kontrol perangkat, bisa gunakan screenshoot mode, speak, record, playback, cloud storage dan alarm.

CCTV ini paling berguna banget saat Kak Niken bepergian keluar rumah, baik sebentar maupun agak lama. Terhentinya pengawasan secara langsung terhadap anak-anak kadang bikin deg-degan juga. 

Pernah satu ketika Kak Niken dan suami sedang belanja agak jauh dan cukup lama. Karena anak-anak tidak dibekali HP maka kami agak khawatir apakah keadaan rumah aman? 

Sejak pakai BARDIi Smart Indoor IP Static Camera, Kak Niken bisa memantau rumah secara live 24 jam hanya dari smartphone. Wow! Secanggih apa kameranya? Berikut review-nya.

Perlukah saya pasang kamera pengawas di rumah? Untuk alasan apa Kak Niken menggunakannya? Mewaspadai kejahatan? Atau sekadar mengawasi anak-anak?

Tampilan layar Indoor Static IP Camera
Tampilan layar Indoor Static IP Camera

Saya bukan ibu pekerja yang setiap hari pergi ke kantor meninggalkan rumah. Punya 2 anak dengan usia 7 tahun dan 4 tahun, secara usia mereka sudah cukup besar dan mandiri. 

Namun seperti yang Kak Niken sampaikan diatas kadang saat meninggalkan anak2 sendirian di rumah ada kekhawatiran apalagi anak-anak tidak kami bekali dengan HP.  

Nah BARDI Smart Indoor IP Static Kamera ini bisa menjadi alat komunikasi dengan anak2 saat kita berada jauh dari rumah dan tidak ada alat komunikasi lainnya. 

Kita bisa berkomunikasi dengan anak-anak melalui BARDI Smart Indoor IP Static Camera. Menanyakan bagaimana kondisi rumah dan memastikan mereka semua aman. 

Tentunya selain memastikan keamanan anak-anak Bardi Smart Indoor IP Static Camera juga bisa digunakan saat ada orang asing yang masuk ke rumah tanpa izin. Kita bisa melakukan peringatan dengan suara untuk mengagetkan orang asing ini. 

Oya BARDI Smart Indoor IP Static Camera juga dilengkapi dengan night vision (pandangan malam) jadi siapapun orang asing tersebut pasti akan terekam. Wajib beli ya Moms ^.^

Review BARDI IR Remote 10M-BLK

Terakhir produk BARDI yang Kak Niken miliki adalah BARDI IR Remote. Ini adalah solusi hilang remote. Pasti pernah bertemu dengan skenario saat kita ingin menyalakan TV dan remotenya tidak ketemu. 

Bisa juga saat ingin mengubah suhu AC remotenya entah kemana. Atau saat kita ingin menyalakan dvd player remotenya sudah rusak jadi mainan anak. 

BARDI Smart IR Remote
BARDI Smart IR Remote

BARDI IR Remote ini solusinya, selama remote tersebut menggunakan IR (infrared) sebagai pemancarnya maka bisa kita koneksikan dengan smartphone. Saat ini AC tidak lagi kami gunakan karena suhu di daerah kami cukup dingin disaat siang hari. Jadi kami lebih sering menggunakan Bardi IR Remote sebagai pengganti remote TV. 

 

Oya dengan bentuk bulat pipih bukan artinya BARDI IR Remote sebagai pengganti remote yah. Namun BARDI IR Remote ini sebagai pemancar untuk mengakses peralatan rumah tangga yang menggunakan IR. 

Kenapa Kak Niken infokan lagi, karena ada beberapa kawan yang bertanya “ini remote kok ga ada tombolnya?” hehe.

Oya, untuk mengoperasikan produk BARDI tentunya harus selalu terkoneksi dengan wifi. Instalasinya juga cukup mudah:

  • Unduh aplikasi Smart Life BARDI dan registrasi
  • Tambah perangkat – lainnya – kemudian klik remote control universal
  • Sambungkan remote pintar ke listrik dengan adaptor yang sudah ada bersama paket produk
  • Tekan tombol reset yang ada di bagian bawah remote selama 5 detik, hingga lampu indikator berkedip.
  • Ikuti petunjuk dan pastikan koneksi wifi lancar jaya
  • Setelah terkoneksi, tambahkan remote, lalu pilih perangkat yang kita gunakan. Misalkan, remot TV LG,  dan lain sebagainya.
Percobaan Smart IR Remote
Percobaan Smart IR Remote

Produk BARDI Smart Home Indonesia

Masih banyak lagi produk BARDI yang bisa kita explore. Seperti Google Nest, Smart Wall Socket, LED Strip, On Off Breaker, Light Wall Switch, Door Lock, Door Sensor, Outdoor Camera, Fish Feeder, WiFi Siren Alarm, Water Fountain, Pet Feeder, Vacuum Camera dan masih banyak lagi lainnya. 

Tentu jika memang kita ingin memiliki rumah canggih nan modern seperti di film I.T (2016) bisa kita wujudkan dengan produk-produk BARDI Smart Home Indonesia. Produk BARDI yang mendukung smart home system tersedia dengan beberapa tipe dan jenis.

Dengan segudang manfaat dan kecanggihan yang ditampilkan, berapa harga produk BARDI? Ternyata teknologi  dalam satu genggaman ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari 100ribuan saja lho. Semua produknya bisa dibeli di beberapa marketplace BARDI shop online.

Untuk mengenal setiap produk dengan maksimal, kita bisa memanfaatkan layanan virtual showroom dan berbicara langsung dengan tim BARDI. Bisa cek aja di BARDI Smart Home. 

Nah, itu dia review BARDI Smart Home Indonesia bikin rumah jadi pintar ala Kak Niken. Semua dikelola serba digital bukan? So, yang mana BARDI pilihanmu? 

 

20 thoughts on “BARDI Smart Home Indonesia Bikin Rumah Jadi Pintar”

  1. Wow.. zaman now zamannya smart home ya, Mbak Niken. Dan ini memang sudah saya lihat diterapkan di apartemen dan sejenisnya. Dan ini semua perangkatnya keren-keren. Lampunya itu bisa ganti-ganti warna. kameranya bisa pantau rumah, dan remote itu bikin tidak ada drama cari remote sampai pusing. bahkan saya sering bergumam, harusnya remote itu bisa dimiscall hahaha.

    Reply
  2. Ya ampun untuk lampu juga udah bisa diatur semau kita pencahayaannya.. semua udah ada applikasinya.. memang jaman digital ini buat kita menjadi lebih banyak tau hal hal baru dan bisa kita wujudkan untuk kenyamanan dirumah

    Reply
  3. Belum lama ini aku menulis soal smart home, tapi itu produk luar. Wah ternyata di tanah air sudah ada produk-produk BARDI Smart Home Indonesia. Lengkap dan canggih, sangat sesuai dengan kebutuhan keluarga modern masa kini. Enggak cuma sisi keamanan, tapi juga kepraktisan serta hemat energi. Apalagi Bardi IR Remote bisa dipakai buat ganto remote TV, pas banget remote TV kami udah sering error. Makasih infonya ya, langsung deh cus ke website Bardi. Keren!

    Reply
  4. Beberapa kali lihat film-film yang punya lampu canggih kaya bardi gini ya, meskipun lagi bepergian tapi ada yang bisa mengontrol jarak jauh juga. Jadi pingin punya lampunya buat di rumah apalagi bisa dikendalikan lewat smartphone jadi praktis

    Reply
  5. Aku juga pakai lampu dan remot ir nya bardi. Anak anakku juga seneng banget, soale lampunya bisa warna warni dan aku, gak bingung bingung lagi nyari remot tv yang kadang tiba tiba aja raib tak berbekas wkwkwk..

    Reply
  6. Yaampun naksir aku sama bardi smart light bulbnya, bisa digunakan miltifungsi ya mau penerangan untuk belajar, atau bahkan warna utk lampu tidur. Produk2 Bardi ini membantu sekali juga ya dlm keamanan rumah

    Reply
  7. Aku sudah beberapa kali baca artikel tentang BARDI smart home ini. Beneran tertarik buat punya BARDI smart home di rumahku nanti. Karena sekarang masih ngekos, mungkin disimpan aja dulu buat nanti kalau sudah punya rumah sendiri.

    Reply
  8. Aku sudah beberapa kali baca artikel tentang BARDI smart home ini. Beneran tertarik buat punya BARDI smart home di rumahku nanti. Karena sekarang masih ngekos, mungkin disimpan aja dulu buat nanti kalau sudah punya rumah sendiri. Semoga terwujud, Aamiin.

    Reply
  9. Jadi impian banget ya si bardy ini buat jagain rumah kita. Kalo semua bisa dikendalikan jarak jauh gini bikin kita gak was2 lagi ninggalin anak di rumah sendiri. Di rumah, ibuku nih sering banget eyel2an ama si bontot gegara dia suka nyembunyiin remote TV. Rebutan ama neneknya. Wkwkwk

    Reply
  10. Lampu Bardi ini memang modern banget ya, cocok buat gaya hidup masa kini yang sangat akrab dengan smart home. Remotenya juga menarik. Balada di rumah suka rebutan remote, atau enggak remote suka hilang akhirnya berantem saling tuduh, hehe. Emang hidup jaman now butuh piranti cerdas kayak Bardi begini.

    Reply
  11. Bardi smart home ini canggih ya, lampunya pun bisa disetting sesuai kemauan ya, bisa dikendalikan dengan remote dan aplikasi lagi, bikin auto mupeng

    Reply
  12. Kalo pake produk bardi, rumah kita bakal lebih kece nih kayanya yaaa.. naksir banget sama lampu pinternyaaaa.. jadi kalo dah asik rebahan, ga perlu berdiri lagi buat matiin lampu yaaaa.. cukup pake ponsel aja ya kaaaannn.. hihi

    Reply

Leave a Comment