Belajar English Class di Kreasa, Sekolah Kreativitas Berbasis Online

Hari itu Kak Niken mendaftarkan anak pertama untuk ikut kelas online, belajar English class di Kreasa. Sebenarnya, Kak Niken merasa deg-degan saat mendaftarkan Kakak Kal untuk ikut kelas secara daring. Pasalnya, anak tipe kinestetik visual ini model pembelajaran tak bisa hanya mendengarkan satu arah saja dan duduk diam sepanjang sesi belajar. 

Apalagi kalau dalam satu sesi terdapat belasan atau puluhan anak dengan sistem yang kurang teratur sehingga menimbulkan noisy. Bagi Kakak Kal, hal itu sangat mengganggunya sehingga (biasanya) ia akan memilih untuk mematikan video, melakukan kegiatan yang lain, tidur-tiduran di kursi, atau meninggalkan sesi belajar ^_^

Ini tantangan baru bagi kami! Berhasilkah? 

online class Kreasa
Online class by Kreasa

Kemajuan Teknologi dan Pembelajaran Online 

Namun dengan adanya kemajuan teknologi yang pesat, pembelajaran online menjadi bagian dari penawaran kursus banyak institusi di seluruh dunia. Maka dari itu sistem pendidikan Indonesia harus dapat menyiapkan anak-anak agar mampu kolaborasi dan tidak tersisih di era globalisasi ini. 

Salah satu caranya dengan menyelenggarakan pembelajaran kreatif untuk anak usia dini dan para milenial. Pas banget Kak Niken dapat rekomendasi dari salah seorang teman mengenai kelas online di Kreasa. Apa itu kreasa? 

Kreasa, Sekolah Kreativitas Berbasis Online

Kreasa adalah sekolah kreativitas berbasis online dengan sistem fun learning yang menyediakan berbagai program belajar bagi anak-anak. Yes…. pembelajaran kreatif dan inovatif memang diharapkan dapat memberikan bekal yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dan masalah dalam hidup yang tak menentu.

Kreasa didirikan dan dikelola oleh para tenaga berpengalaman dan profesional dibidang pendidikan dan teknologi. Sehingga setiap materi yang diberikan memang sudah melalui tahap trial and error. 

Memiliki tagline “Where kids creativity will be born”, Kreasa diharapkan dapat menjadi tempat untuk menumbuhkan fitrah kreatif dan inovatif anak-anak Indonesia sesuai perkembangan zaman. 

Pilihan Program di Kreasa

Kreasa memberikan pilihan program dengan kurikulum non formal yang menyenangkan agar minat, bakat dan kreativitas anak-anak terus tumbuh dan terasah melalui materi komprehensif yang terintegrasi digital secara fleksibel dan personal.  

Pas Kak Niken cek ricek ternyata ada banyak sekali program menarik yang ditawarkan Kreasa, diantaranya: 

Animation. Kelas belajar membuat animasi atau gambar bergerak menjadi sebuah cerita petualangan atau game yang menarik. Beberapa kali Kakak Kal coba ngutak-atik scratch junior, hmm… menarik nih kalau bisa ikut kelas animasi dengan tutor.

Design. Kelas belajar membuat desain atau ilustrasi gambar dengan menggunakan berbagai teknik menarik.

Comic. Kelas belajar membuat karya komik dari mulai ide cerita, karakter hingga menjadi sebuah cerita bergambar. Sebenarnya ini pilihan Kak Niken pertama kali saat ingin mendaftarkan Kakak Kal. Hehe.

STEAM. Kelas belajar berbagai ilmu pengetahuan (science, teknologi, engineering, art, mathematics) dengan pendekatan berbagai metode pendidikan.

Writing. Kelas belajar membuat karya tulis berupa cerita panjang yang sesuai dengan kaidah penulisan yang baik.

Montessori. Kelas anak usia dini dengan aktivitas pembelajaran menggunakan metode Montessori. Menarik nih kalau Adik KAy bisa ikutan kelas Montessori ^.^

Baking. Kelas belajar membuat kue dengan teknik dan resep yang telah teruji kelezatannya.

Tahfidz. Kelas belajar hafalan dan perbaikan bacaan surat-surat dalam Al-Quran

Arabic. Kelas belajar dengan fokus pada peningkatan kosakata dan tata bahasa yang benar.

English. Kelas belajar bahasa Inggris dengan fokus pada peningkatan kosakata dan tata bahasa yang benar. Belajar english class di Kreasa ini jadi salah satu pilihan untuk Kakak Kal.

French. Kelas belajar bahasa Perancis dengan fokus pada peningkatan kosakata dan tata bahasa yang benar.

Waste Management. Kelas belajar pengelolaan sampah dan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Wow dengan banyaknya pilihan program, tentu para orangtua nggak perlu khawatir lagi untuk memilihkan yang dibutuhkan oleh anak-anak. 

Kreasa English Class
Kreasa English Class

Fasilitas Yang ditawarkan Kreasa

Walaupun belajarnya dilakukan secara daring, Kreasa tetap mendorong anak-anak dapat berkegiatan secara aktif dan belajar menjadi individu yang kreatif. Dengan didukung oleh beberapa fasilitas yaitu: online meeting, video recording, module, certificate, progress report, documentation, dan video illustration. 

Harga Program

Dengan beberapa fasilitas yang ditawarkan, Berapa harga program masing-masing kelas di Kreasa? Harga untuk English Class Rp 375.000 per bulan untuk 8 sesi/pertemuan. Kelas dilakukan melalui platform zoom meeting. Tutor juga akan membantu anak-anak jika ada yang merasa kesulitan saat mengikuti kegiatan selama satu jam. 

Sedangkan untuk Animation Class Rp 275.000 perbulan untuk 3 sesi/pertemuan. Jadi setiap kelas memang berbeda-beda untuk biayanya.

Pengalaman Belajar English Class di Kreasa

Menjawab tantangan di atas, ternyata……kekhawatiran Kak Niken tidak terbukti. Alhamdulillah satu sesi belajar diisi maksimal 5 anak sehingga lebih privat. Dengan dipandu oleh Miss Sella sebagai tutor kelas English, Kakak Kal bisa mengikuti kegiatan belajarnya. Dilakukan seminggu dua kali pada hari senin dan rabu siang (tergantung pilihan masing-masing orangtua). 

Kreasa mampu mengemas metode pembelajarannya dengan cukup kreatif dan atraktif. Bahkan untuk sesi Kakak Kal yang dilakukan di jam-jam kritis dan saat puasa Ramadan pula kan, alias jam 13.00-14.00 wib, tidak menyurutkan semangat anak-anak ikut kelasnya miss Sella (kecuali saat bundanya kelupaan, udah kelewatan waktunya baru join) ^.^

Kalau yang Kak Niken perhatikan, setiap 10 menit sebelum mulai kelas, akan diputar lagu anak-anak berbahasa Inggris, ini menjadi reminder bagi anak-anak untuk kelas sebelumnya tentang pengenalan kosa kata. Ada juga membaca gambar dan menyebutkan namanya. Cukup memanjakan mata secara visual

Ya, memang yang diajarkan untuk tahap awal ini seputar kosakata atau phonic, kemudian berlanjut pada tema animal body part, shapes, dan my school things. Setiap sesi diselingi dengan kegiatan, bernyanyi, interaktif dua arah dan evaluasi. 

Progress Selama Belajar English Class di Kreasa

Nggak perlu basa-basi, jadi yang membedakan belajar bahasa Inggris di Kreasa dengan di sekolah, yaitu di Kreasa setiap anak selalu mendapat giliran untuk berbicara atau menjawab pertanyaan. Ini poin penting buat Kak Niken. Karena Kakak Kal juga pemalu dan kalau ditanya, akan dijawab dengan suara kecil banget. 

Kreasa fun learning
Kreasa fun learning

Di Kreasa, semakin hari Kakak Kal semakin berani untuk berbicara. Bahkan kini sehari-harinya Kakak Kalila makin sering berusaha bicara menggunakan bahasa Inggris (walau masih ada beberapa kata yang salah diucapkan) Tapi ini progress yang baik dari sebelumnya. 

“Aku senang sekali karena, semakin berani untuk ngomong dengan bahasa Inggris. Aku suka musiknya dan gurunya juga baik.” – Kalila

Setiap hari selalu bertanya, kapan kelas bahasa Inggris dimulai? Anaknya nggak sabar untuk masuk kelas (bundanya yang suka kelupaan sama waktu haha). Over all, dari yang Kak Niken amati. Kakak Kal sangat menikmati setiap sesinya. Di akhir sesi ada evaluasi-nya dan walau Kakak Kal sempat terlambat mengumpulkan exercise (lagi-lagi karena alasan bunda sibuk. hiks…) Tapi alhamdulillah nilainya sangat baik. Yeayy thankyou miss Sella. 

Itu dia pengalaman kami mengikuti kelas bahasa Inggris di Kreasa. Ada banyak kelas yang bisa dipilih. Yuk daftarkan ananda untuk ikut kelasnya. Informasi lebih lanjut bisa cek di sini ya moms. 

Whatsapp 0815 977 4559
Website: www.kreasa.id
Instagram: www.instagram.com/kreasaid
Facebook: www.facebook.com/kreasaid
Youtube: https://bit.ly/kreasa_youtube

 

2 thoughts on “Belajar English Class di Kreasa, Sekolah Kreativitas Berbasis Online”

Leave a Comment