Bepergian Selama Pandemi: 5 Tips Aman untuk Anda

Di awal tahun 2020, dunia ini menghadapi perubahan besar dalam menjalani kehidupan. Covid-19 menulari semua negara di seluruh dunia, efeknya hal-hal dasar dalam keseharian kita terpaksa berubah.

Jika dulu mencuci tangan menjadi aktifitas jika sempat atau jika bertemu tempat cuci tangan. Saat ini semua orang wajib mencuci tangan sesering mungkin mereka bisa.

Tentu bepergian juga mengalami perubahan besar. Bepergian bagi sebagian orang di masa pandemi ini mungkin terasa tidak mungkin.

Namun saat pemerintah akhirnya membuka masa transisi maka banyak hotel, restoran dan tempat wisata dibuka untuk umum. Inilah tanda masuk era new normal untuk bepergian.

“Apa mungkin bepergian dengan aman selama pandemi?” Tentu jawabannya ya, namun dengan plan yang benar dan terukur.  Tentu ada kebebasan yang harus kita perhatikan secara seksama.

Ini tidak hanya untuk memastikan kesehatan dan keselamatan Anda selama bepergian, tetapi juga untuk memastikan bahwa orang yang Anda cintai juga aman.

Nah, dalam artikel ini ada 5 Tips Aman Bepergian Selama Pandemi. Semoga dengan tips ini anda dapat bepergian dengan aman dan nyaman.

bepergian selama pandemi
bepergian selama pandemi

Tips Aman Bepergian Selama Pandemi

Gunakan Kendaraan Transportasi Yang Paling Sesuai

Dulu, para pelancong dapat memilih berbagai moda transportasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mulai dari pesawat, kereta api, hingga bus – pilihannya hampir tak terbatas. Meski ketiga transportasi umum tersebut masih beroperasi di era normal baru, tentu banyak kebijakan baru yang harus diterapkan.

Sebelum pandemi, para traveler dengan mudah dapat memilih moda transportasi apapun sesuai kebutuhan mereka. Bus, Kereta Api, Pesawat, dan banyak lagi pilihan lainnya. Walau ketiga pilihan transportasi diatas masih beroperasi, tentu banyak kebijakan yang tetap berlaku untuk menjaga protokol kesehatan.

Dari salah satu situs traveling terbesar di dunia didapatkan bahwa, mobil pribadi adalah alat transportasi pilihan di era new normal. Tentu perjalanan dengan mobil pribadi memastikan kita berada di lingkungan aman dari penyebaran Covid-19.

Atau kita bisa menyewa mobil untuk melakukan perjalanan jauh. Seperti layanan rental mobil dari TRAC  To Go yang sudah menerapkan SMART Protocol, yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan dengan desinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan.

Serta memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang

Tentu tidak ada larangan untuk menggunakan kendaraan umum untuk mencapai tujuan. Meski beberapa hal penting perlu diperhatikan.

Seperti menjaga kebersihan tangan dengan hand sanitizer dan mencuci dengan sabun.

Lakukan tes sebelum dan setelah perjalanan

Ini adalah bagian terumit dalam perjalanan, namun waspada lebih baik. Tentu tes diagnosis penting dilakukan untuk berbagai alasan.

Salah satunya, mengurangi resiko penyebaran Covid-19 di transportasi umum dan kota yang akan dikunjungi.

Cari hotel yang menerapkan protokol kesehatan ketat

Sebelum pandemi mencari tempat menginap sangat mudah. Namun saat ini ekstra waspada lebih baik. Pastikan hotel anda telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Juga pastikan kebersihan kamar yang akan Anda tempati. 

Buat itinerary secara terperinci

Dari 3 tips di atas sekarang saatnya membuat daftar rencana perjalanan untuk liburan Anda. Mengingat bahwa kita bepergian di situasi pandemi, tentu akan sangat berbeda. Penting bagi kita untuk memastikan semua terencana dengan baik.

Bawa new normal essentials di dalam tas Anda

Sebelum bepergian pastikan semua peralatan sudah tersedia. Masker, hand sanitizer, tisu, anti bakteri, semprotan desinfektan dan face shield sudah tersedia. 

Pastikan masker yang dipakai adalah masker medis atau masker kain dengan standar medis.

TRAC To Go Experience
TRAC To Go Experience

TRAC To Go Experience

Kak Niken sendiri saat bepergian ke luar kota pernah menggunakan aplikasi TRAC To Go. Dulu pemesanan kendaraan bisa diakses hanya melalui website. Namun sekarang sudah ada aplikasi TRAC To Go di ponsel yang dapat di unduh gratis melalui playstore dan appstore.

Nah, pada aplikasi TRAC To Go terdapat fitur baru yaitu TRAC To Go Experience dimana kita bisa memilih paket wisata yang disediakan oleh setiap cabang TRAC To Go yang ada di Indonesia, seperti Bali, Malang, Jogjakarta dan lainnya.

Pada fitur Experience juga terdapat beragam pilihan akomodasi seperti mobil penumpang berkapasitas empat orang hingga Bus dengan kapasitas hingga 45 penumpang. Apalagi TRAC To Go juga sudah bekerja sama dengan berbagai pihak seperti hotel bintang 4 dan 5, tempat wisata hingga restoran.

Tentu dengan dukungan dari Astra Group, aplikasi TRAC To Go pasti sudah lulus: 5 Tips Aman Bepergian Selama Pandemi. Informasi lebih lengkap bisa cek https://www.trac.astra.co.id

Untuk lebih memudahkan, yuk download aplikasi Trac To Go di Google Play Store atau Apple Appstore. Lalu nikmati perjalanan Anda!

 

1 thought on “Bepergian Selama Pandemi: 5 Tips Aman untuk Anda”

Leave a Comment