Berbagai Contoh Buzz Marketing Yang Wajib Diketahui Pebisnis !

Buzz marketing sekarang tengah menajadi trend pemasaran yang paling relevan untuk berbagai jenis bisnis, baik itu produk ataupun jasa (layanan). Para pebisnis ini harus banyak memahami segala sesuatu tentang buzzer dan dampaknya dalam dunia marketing, misalnya saja seperti berbagai contoh buzz marketing baik dalam bentuk brand atau jenis – jenisnya.

Contoh Buzz Marketing Berdasarkan Kategori Strateginya

Contoh – contoh buzz marketing yang pertama, adalah berdasarkan kategori pengunaan strateginya. Pemasaran dengan menggunakan buzzer atau kekuatan media sosial, biasanya memiliki 3 strategi seperti berikut :

Jasa Buzzer Twitter, Trending Topic, Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok. (casakreatif.com)
Jasa Buzzer Twitter, Trending Topic, Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok. (casakreatif.com)
  1. Strategi Support: Memberikan Citra Yang Positif

Strategi supporting adalah bentuk strategi yang paling umum digunakan untuk memperkenalkan produk yang baru diluncurkan. Contohnya peluncuran produk, peluncuran jasa, ataupun peluncuran album.

Suatu produk, karya, atau layanan yang baru saja dirilis, pasti belum meninggalkan kesan baik ataupun buruk pada orang – orang, itu sebabnya akan lebih mudah untuk memunculkan citra yang baik bagi sesuatu yang baru.

  1. Strategi Defensif: Klarifikasi Untuk Memulihkan Citra

Strategi defensif merupakan upaya untuk mempertahankan kepercayaan audien terhadap poduk atau layanan. Disini, buzzer akan berupaya membuat citra produk kembali bagus, ketika citra yang sebelumnya sempat dijatuhkan oleh kelebihan dari pesaing.

Strategi seperti ini biasanya paling banyak digunakan dalam pemasaran produk ataupun dalam keperluan politik. Contohnya persaingan iklan antar merk air minum kemasan.

  1. Strategi Offensive: Menjatuhkan Citra Dari Pihak Pesaing

Strategi offensive hampir sama seperti defensif, bedanya strategi ini akan membuat buzzer justru menjadi pihak yang akan menjatuhkan lawan dengan memanfaatkan fakta dari investigasi terhadap produk pesaing.

Strategi semacam ini biasanya digunakan antar bisnis produk atau layanan. Bahkan strategi ini juga sering dipakai buzzer untuk urusan politik. Contohnya persaingan iklan sabun cuci pakaian.

Sebelum melaksanakan penting untuk mengenali Kelebihan dan kekurangan Buzz Marketing yang sudah kami ulas di artikel sebelumnya.

Contoh Buzz Marketing Berdasarkan Taktik Kampanye

Tugas buzzer adalah melakukan semacam promosi atau kampanye di dunia media sosial. Berikut ini beragam contoh taktik kampanye buzz yang perlu anda ketahui :

  1. Taboo

Buzzer menggunakan subjek yang kontroversial untuk membuat orang –orang ikut bereaksi terhadap buzz dengan berbicara. Contohnya seperti pengguna theme song dalam 9 bahasa yang berbeda, pada brand minuman cola beberapa tahun yang lalu.

  1. Outrageous

Menghasilkan konten buzz dengan membuat audien terkejut. Contohnya seperti iklan BlandTec yang memadukan konten kampanyenya dengan youtube, dimana dalam tayangan konten tersebut ada adegan pria yang memblender beragam barang mulai dari action fiture hingga iPhone.

  1. Hilarious

Konten buzz yang mampu membuat audien tertawa. Contohnya seperti iklan asuransi Allestate, dimana Mayhem man menghancurkan properti pribadi untuk menunjukan mengapa berasuransi itu sangat diperlukan.

  1. Secret

Buzz menarik minat audien dengan memancing rasa penasaranya. Dalam hal ini, buzzer bisa membuat konten dengan menujukkan potongan – potongan sebagai informasi yang eksklusif terhadap produk yang akan dirilis. Contohnya seperti iklan produk smartphone.

Contoh Brand Yang Sukses Besar Berkat Buzz Marketing

Ada beberapa contoh nyata brand internasional yang sukses besar berkat buzz marketing seperti beberapa brand berikut :

  1. Apple

Brand Apple merupakan suatu perusahaan yang berfokus pada berbagai jenis gadget seperti smartphone ataupun laptop yang berteknologi tinggi.

Buzz yang digunakan untuk pemasaran brand Apple pada era Stave Jobs adalah tagline yang terkenal, yaitu kalimat “satu hal lagi..” yang diucapkannya setelah presentasi perusahaan.

Hanya dengan kalimat tersebut, orang – orang mulai berfikir kejutan apalagi yang akan diluncurkan oleh perusahaan ini. Banyak orang memberikan reaksi demikian, karena semua produk Apple sangat dinantikan, terutama serian smartphone miliki mereka.

  1. Starbucks

Starbucks menjadi brand lain yang juga sukses dengan buzz marketing. Starbucks selalu menjaga kualitas produknya, serta memberikan layanan yang terbaik.

Cara pelayanan yang khas dari stabucks adalah dengan menuliskan nama pelanggan pada cup  mereka, serta menambahkan kata – kata penyemangat sebagai pemanis pada cup kopinya. Tradisi inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai buzz marketing yang baik.

Banyak contoh buzz marketing dari beragam aspek yang perlu diketahui. Mulai dari contoh pemasaran buzz berdasarkan strateginya yang meliputi support, defensif serta offensive. Ada juga buzz berdasarkan aspek taktiknya seperti Taboo, Outrageous, Hilarous dan Secret. Untuk contoh nyata brand yang sudah sangat sukses melalui pemasaran buzz, tentu saja ada starbucks dan Apple.

Jika anda membutuhkan buzzer mungkin jasa buzzer bisa menjadi salah satu solusi yang tepat!

Leave a Comment