Aplikasi Kelas Pintar: Solusi Bimbingan Belajar Online Terpercaya

Bimbingan Belajar Online? – Kapan bisa masuk sekolah lagi? Pertanyaan tersebut mungkin sudah sering dilontarkan oleh anak-anak kepada orangtuanya. Tak terasa sudah dua semester ini, pemerintah memberlakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah (school from home). 

Banyak hal yang telah mengubah gaya hidup masyarakat termasuk dampaknya dalam dunia pendidikan. Karena selama pandemi covid-19, kegiatan belajar mengajar secara daring menjadi pilihan agar sekolah tidak menjadi klaster penularan virus tersebut.  

Nggak perlu ditanya lagi bagaimana struggle-nya para orangtua untuk menunaikan misi menemani bimbingan belajar online anaknya. Hampir setiap hari kita “berjuang” untuk tetap waras menghadapi anak yang “mungkin” enggan dengan cara sekolah online.

Coba perhatikan, dalam satu minggu berapa kali keluar “tanduk” karena gemas dengan tingkah anak saat PJJ? Baru 5 menit join google meet, eh… ketika di tengok sudah nggak ada di kursinya, alasannya mau makan dulu, mau ke toilet dan lain sebagainya. 

Tak jarang kita dapati mereka biasanya sibuk main atau melakukan kegiatan lainnya. Ini menjadi tantangan bagi berbagai pihak untuk menyelenggarakan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. 

Bisa ditilik dari metode mengajar yang bervariasi, gaya belajar yang menyenangkan, penggunaan media dan sumber belajar, pola interaksi serta variasi dalam pembelajaran. 

Ibarat makanan, kalau setiap hari disajikan dengan menu yang sama tentu kita akan bosan. Nah, daripada kita sebagai orangtua selalu rungsing dan mencoba mendisiplinkan mereka dengan ancaman, lebih baik mencari jalan lain dengan cara memuji perilaku baik yang pernah dilakukan. 

Serta tak lupa untuk mendukung proses belajar dan membantu anak agar lebih berkonsentrasi. Dibawah ini Kak Niken berikan tips untuk melatih konsentrasi anak.

Kelas Pintar apk
Belajar menyenangkan (pict by Kelas Pintar)

Tips Melatih Konsentrasi Anak Selama Sekolah Online

  • Terapkan rutinitas dan lakukan evaluasi bersama. 

Kak Niken jadi ingat saat dulu mendalami metode Montessori, bahwa anak suka dengan keteraturan. Mereka berkembang dengan rutinitas dan jadwal yang terstruktur. Tak lupa untuk mengajak anak diskusi dan evaluasi tentang perubahan yang diinginkan.

  • Eliminasi distraksi. 

Penting bagi orangtua mengetahui tipe belajar anak. Karena ada anak yang bisa belajar walau sambil mendengarkan musik, ada yang butuh ketenangan. Di Satu sisi, distraksi kerap datang dari gawai yang digunakan anak untuk keperluan belajar.

  • Sediakan waktu istirahat.

Ini yang biasanya diminta oleh anak, waktu istirahat. Karena istirahat secara teratur akan membantu meningkatkan konsentrasi anak, konsolidasi informasi dan meningkatkan fungsi otak. Jangan lupa tetapkan waktunya sesuai kesepakatan bersama. 

  • Sediakan makanan sehat.

Siapa yang kalau lagi online, anaknya sambil ngemil? Perhatikan camilan rendah gula dan karbohidrat agar mereka tidak mengalami kenaikan gula darah mendadak. Karena bisa membuat anak cepat mengantuk dan sulit fokus.

  • Pasang timer.

Solusi belajar online yaitu hadirkan suasana mirip sekolah offline. Pasang alarm sebagai penanda waktu, istirahat atau mulai belajar kembali, dibuat semirip mungkin dengan Kelas Pintar reguler. 

  • Belajar mengungkapkan perasaan

Berlatih untuk mengutarakan bagaimana perasaannya dan ajak anak mencari solusinya. 

Penting sekali bagi orangtua memahami situasi dengan melihat dari berbagai sisi dan mencari solusi yang tepat. Karena pada dasarnya masalah pemahaman terhadap materi yang disampaikan, tergantung pada tingkat penyerapan dari masing-masing anak. 

Kemampuan anak menyerap pelajaran terbagi dalam beberapa tipe. Ada anak yang cepat memahami materi yang disampaikan, ada juga yang sedang. Tak jarang pula yang membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru. 

Hal tersebut terkait soal gaya belajar anak yang pastinya akan berbeda pada setiap individu. Ditambah lagi sektor pendidikan belum sepenuhnya melakukan digitalisasi. 

Maka, perlu adanya sistem yang bisa membantu di semua lini untuk mengejar ketinggalannya perihal menggunakan teknologi. Agar kendala dalam belajar online bisa diatasi. 

Bimbingan belajar online
Bimbingan belajar online

Maraknya Aplikasi Bimbingan Belajar Online

Tidak bisa dipungkiri, semenjak pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, berbagai aplikasi bimbel online mulai digemari oleh para siswa. Bimbel online memberikan solusi kepada para siswa dengan opsi pembelajaran yang jauh lebih efektif dan variatif. 

Dalam aplikasi bimbingan belajar online, siswa dapat memilih materi apa saja yang ingin dipelajari. Mereka dapat mengakses materi dengan mudah, kapanpun dan dimanapun tanpa perlu takut tertinggal materi.

Namun, bimbingan online terbaik tentu saja harus menampilkan keunggulan program yang mereka tawarkan agar mampu mendapatkan pangsa pasar peserta didik. Salah satu solusi belajar online di rumah bisa didapatkan melalui Kelas Pintar. 

Apa itu Kelas Pintar?

Sebagai ibu yang memiliki anak usia sekolah dasar, pastinya sering berselancar di dunia maya untuk mencari referensi tempat belajar online terbaik bagi anaknya. Kak Niken akhirnya menemukan satu platform bernama Kelas Pintar.  

Kelas Pintar merupakan platform pendidikan berbasis teknologi yang melihat ekosistem pendidikan sebagai satu kesatuan dengan metode pintar, personal dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa. 

Fokus utama Kelas Pintar adalah untuk menguatkan dan mensinergikan peran guru, sekolah dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa melalui sebuah platform yang terintegrasi. 

Solusi belajar online
Solusi belajar online (pict. by Kelas Pintar)

Bimbingan belajar online dengan Kelas Pintar didukung oleh berbagai inovasi teknologi terkini termasuk teknologi Big Data dan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Menariknya Kelas Pintar ini menggunakan pendekatan secara personal. Bagaimana caranya? 

Menggunakan metode penyampaian materi yang disesuaikan dengan berbagai karakter siswa, baik itu melalui Visual, Audio maupun Kinesthetic (V.A.K). Nah ini yang Kak Niken suka, sesuai gaya belajar anak. 

Kelebihan Kelas Pintar

  • Belajar dimana saja dan kapan saja.

  • Sistem belajar terintegrasi.

  • Total learning solution. Learn, practice, test. 

  • Belajar sesuai karakter (visual, audio, kinestetik). 

Temukan solusi belajar terintegrasi di dalam fitur yang tersedia, diantaranya: kelas pintar, tanya, soal dan guru. Dan untuk memastikan kurikulum pendidikan di Indonesia bisa diserap oleh siswa, Kelas Pintar menggunakan metode pembelajaran PINTAR yang menggunakan pendekatan Learn, Practice dan Test.

Bisa digunakan untuk anak usia Sekolah Dasar hingga SMA. Walau Add on Guru untuk privat belum tersedia bagi siswa kelas 1-3, tapi secara keseluruhan sudah mencukupi untuk pembelajaran hariannya.

Aplikasi kelas pintar
Aplikasi kelas pintar

Solusi Belajar Online di Rumah

Nggak perlu panjang lebar, Kak Niken langsung kepoin bagaimana cara menggunakan aplikasi Kelas Pintar yang bisa kita unduh di playstore atau bisa melalui websitenya di Kelaspintar.id. Yeayyyy bisa nih stimulasi anak dengan cara seperti ini. 

Cocok nih buat kita yang mau coba dulu sistem dan metode dari aplikasi Kelas Pintar gratis ini. Iya gratis, karena Kelas Pintar memberikan layanan free trial untuk siswa yang ingin mengikuti dan mencoba pembelajaran selama 7 hari. Untuk paket berbayar tentu berbeda lagi fasilitasnya ^.^.

Akses Kelas Pintar ini mudah sekali. Jangan lupa untuk registrasi dulu untuk nantinya diarahkan agar bisa mendapatkan layanan free trial tersebut. Dan…. Yuhu…. Ternyata menyenangkan sekali, sekolah dengan cara menarik

Gagal fokus nih, karena tampilan aplikasi Kelas Pintar ini sangat colorful dan menarik sekali. Bikin anak betah belajar online, namun tetap batasi penggunaan gadgetnya ya ^.^

Apakah benar Kelas Pintar bisa jadi solusi sebagai bimbingan belajar online? Ya! Beberapa kali kakak Kalila praktek ternyata dia bisa lebih paham dengan apa yang disampaikan. Menarik dan interaktif. 

Plusnya lagi, bimbingan belajar online ini mendapat apresiasi dari pelaku industri sebagai ‘Best Education Platform’ di ajang penghargaan Selular Award ke-17 pada 19 Agustus 2020. Wow!

Belajar asyik bareng Kelas Pintar, solusi belajar online terpercaya di masa kini.

28 thoughts on “Aplikasi Kelas Pintar: Solusi Bimbingan Belajar Online Terpercaya”

  1. aku jadi tertarik nih sama bimbingan belajar online dengan menggunakan aplikasi kelas pintar ini karena bisa memudahkan anak, orangtua serta guru juga. happy deh belajar dari rumah dengan aplikasi kelas pintar

    Reply
  2. aku jadi tertarik nih sama bimbingan belajar online dengan menggunakan aplikasi kelas pintar ini karena bisa memudahkan anak, orangtua serta guru juga. happy deh belajar dari rumah dengan aplikasi kelas pintar ini. harganya pun bisa dipilih sesuai kebutuhan

    Reply
  3. Salah satu tantangan orang tua di masa pandemi sekarang adalah mendampingi si kecil untuk bisa belajar di rumah ya mbak. Beruntunglah sekarang sudah banyak bermuncukan bimbingan belajar online yang terpercaya 🙂

    Reply
  4. wiihhh. solusinya pas banget buat situasi sekarang ya kak. belajar nya tetap masuk ke anak, dan kita juga bisa tau gimana perkembangannya . layaknya belajar di sekolah cuma via online ya kak. tetap dapet ke anaknya juga

    Reply
  5. Haduh dari awal pandemi sampe sekarang jadi berasa banget bagaimana proses anak belajar, sebelumnya hanya terima beres dia belajar di sekolah… tapi belum pernah coba pakai aplikasi online semacam ini,,

    Reply
  6. Senangnya itu kita orang tua bisa melihat raport anak di Kelaspintar ini ya. Jadi bisa memantau sejauh mana perkembangan anak dalam pembelajarannya…

    Reply
  7. Salfok dengan metode yang bisa menyesuaikan si Anak. Jadi bentuk pelajarannya bsia dipilih gitu ya Mbak? Mau lebih ke visual, audio atau kinestetik?

    Reply
  8. Bimbel online gini nih bisa jadi bahan pertimbangan belajar untuj anak bagi orangtua. Kan lumayan sebagai pengganti guru belajar di sekolah.

    Reply
  9. karena masanya belajar onlen2 makanya aplikasi les online juga banyak bermunculan ya mbak
    Salah satu yang aku tahu bagus kata tmn2ku yg anaknya udah kelas besar emang Kelas Pintar, katanya gampang dimengerti gtu penjelasannya.

    Reply
  10. Wah setuju sih kak sama tips-tips yang disebutkan diatas, intinya belajar online pun harus nyaman dan punya waktu untuk istirahat dan makan makanan yang cukup.

    Reply
  11. Makin banyak pilihan aplikasi belajar. Dan itu beneran ngebantu banget buat anak-anak. Di saat ortu ngga bisa selalu dampingin mereka belajar, ada aplikasi belajar yang nemenin.

    Reply
  12. Anak belajar mengungkapkan perasaan memang penting banget untuk perkembangannya.

    Senangnya Kelas Pintar hadir sebagai sarana bimbingan belajar online untuk bantu anak dan orangtua di masa sekarang ini ya, Kak.

    Reply
  13. Nah, kalau pasang timer ini belum konsisten nih Mbak, soalnya anaknya suka brenti sebelum waktu kl ngerjain PR, katanya anggap aja cepet2an selesain tugas biar cepet main lg, hihi… Kelas Pintar top deh, noted, tfs ya

    Reply
  14. Salah satu tantangan orang tua di masa pandemi gini tuh mendampingi anak untuk bisa belajar di rumah. Beruntunglah sekarang sudah bermuncukan bimbingan belajar online yang terpercaya, thanks juga infonya mba, coba nanti aku rekomendasikan ke adik kelas pintar ini

    Reply
  15. Kebijakan belajar online ini memang bikin otak tegang, bukan hanya anaknya, tapi juga emaknya. Untunglah ada aplikasi bimbingan sekolah online seperti kelas pintar yang membantu

    Reply
  16. Sekarang banyak banget ya aplikasi buat belajar. Gak ada alasan buat malas2an di rumah. Gak berangkat sekolah bukan berarti gak belajar

    Reply
  17. Anaknya lebih dari dua, keluar tanduknya berapa kali yaaaa? Aku tu dah niat banget jangan keluar tanduk, jangan marah, jangan naikin intonasi, jangan begini jangan begitu

    Ada kalanya lempeng, ada kalanya nyante, ada kalanya juga tu intonasi naik. Duh belum sabar aku yaaa. Untung sekarang ada kelas pintar ya, kak, pilihan bimbingan online untuk anak-anak

    Reply
  18. Kelas pintar benar2 bikin pintar ya kak. Bukan cuma si anak sebagai murid yang jadi pintar tapi ortu dan guru juga bisa jadi pintar kalau mendampingi bimbel online ini.

    Reply

Leave a Comment