Bisnis Parcel Dengan Aplikasi Kasir, Diam-Diam Bisa Menghasilkan

Tahun 2012 ada kakak sepupu yang akan menikah. Saat itu Kak Niken memang suka bikin parcel atau hantaran untuk acara tertentu sesuai pesanan. Alhasil kakak sepupu minta dibuatkan parcel untuk acara pernikahannya.  

Parcel mungkin tipikal jenis usaha yang jarang dilihat belakangan. Kak Niken membuat parcel atau hantaran memang sekadar menyalurkan hobi dan bukan kerjaan utama saat itu. Alhamdulilah ternyata saat itu bisa menghasilkan pendapatan. 

Memang wajar sih, mengingat kebanyakan orang biasanya mengasosiasikan parcel dengan sebuah event atau kejadian. Misalnya Lebaran, Natal, atau tahun baru. 

Padahal parcel sebenarnya bisa diberikan untuk berbagai momen, tidak terbatas hanya tanggal-tanggal penting saja. Parcel bisa untuk kado ulang tahun, ucapan selamat, bahkan sebagai penyemangat mereka yang sakit.

jasa pembuatan parcel
jasa pembuatan parcel
pict by media center Bengkulu Selatan

Walaupun terlihat mudah, namun menekuni bisnis parcel punya tantangannya sendiri. Khususnya apabila kita membuatnya sendiri, bukan dibuatkan oleh seseorang kemudian dijual. Ada banyak hal yang mesti diperhatikan ketika ingin terjun ke bisnis ini. Saat itu jadi pengalaman seru bagi Kak Niken

5 Ide Usaha Parcel

  1. Parcel camilan. Belakangan parcel jenis camilan semakin booming. Banyak anak muda yang memilih parcel jenis ini. Bentuknya juga bisa bermacam-macam dan isinya bisa disesuaikan dengan kesukaan si penerima parcel.
  2. Parcel alat sholat. Mau memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk kolega kerja atau teman? Bisa coba bikin rangkaian parcel alat sholat ini. Apalagi menjelang ramadhan, hari idul fitri atau idul adha.
  3. Parcel peralatan dapur. Waaahh ini biasanya kesukaan para ibu-ibu seperti kita. Siapa ih yang nggak mau kalau dikasih parcel isinya peralatan dapur? Hehe. Menarik bukan?
  4. Parcel kue. Salah satu yang lazim diberikan jika kita ada acara tertentu. Kue-kue jadi hal yang paling banyak disukai juga dan mudah untuk membelinya.
  5. Parcel set sarung bantal dan taplak meja. Setiap orang ingin rumahnya tampak menarik. APalagi untuk acara tertentu. Kita bisa menawarkan jasa membuat parcel set perlangkapan sarung bantl dan taplak meja ini.

Dari 5 ide diatas, yang mana pilihannmu?

aplikasi kasir bisnis parcel
aplikasi kasir bisnis parcel

Cara Memulai Usaha Parcel

Hal yang paling penting tentu mencari supplier barang-barang yang kita jadikan isian parcel. Usahakan mencari penjual yang harga-harganya agak di bawah pasar. Tujuannya tentu agar margin bisa semakin banyak. 

Biasanya selalu ada supplier yang seperti ini, apalagi kalau kita berlangganan dan membeli dengan kuantitas yang banyak. Supplier di sini juga termasuk para pengrajin yang biasanya membuatkan wadah untuk parcel.

Setelah mencari supplier, selanjutnya tentu adalah mulai belajar bagaimana cara membungkus parcel dengan cantik. Kemasan parcel yang menarik tentu jadi daya tarik selain isinya. 

Untuk mempelajari teknik membungkus parcel sebenarnya ada kursusnya. Namun jika dirasa memiliki banyak waktu, tidak ada salahnya dengan melihat berbagai tutorial yang ada di platform digital seperti Youtube.

Modal supplier dan keahlian membungkus sudah dimiliki, sekarang saatnya promosi. Caranya bisa dengan memposting hasil karya lewat media sosial. Atau jika ingin mendapatkan efek word of mouth alias promosi dari mulut ke mulut, kita bisa memberikan parcel gratis sebagai awal mula kepada mereka yang potensial. 

Jika suka, mereka akan secara tidak langsung mempromosikan parcel karya kita. Penggunaan e-commerce juga disarankan sebagai cabang lain untuk menarik pembeli.

Walaupun parcel sebenarnya tidak terbatas momen, tapi memang dalam event tertentu permintaannya bisa naik cukup drastis dengan harga yang lumayan. Nah, jika baru mulai usaha parcel, tidak ada salahnya memilih tanggal yang pas. Misalnya saat Lebaran atau Natal.

Aplikasi kasir post app
Aplikasi kasir post app

Pentingnya Aplikasi Kasir untuk Usaha Parcel

Ketika semua sudah berjalan dan dirasa cukup ramai, mungkin saatnya menggunakan apps pendukung seperti aplikasi kasir. Aplikasi kasir merupakan program kasir yang berbasis cloud untuk membantu proses transaksi penjualan bisnis kita. 

Mampu menggantikan posisi mesin kasir konvensional, fungsi utama dari aplikasi kasir adalah membantu proses pembayaran menjadi terintegrasi. Melalui aplikasi ini kita bisa melakukan pencatatan secara digital untuk semua hal. 

Mulai dari barang dan jumlahnya, penjualan atau pembelian, hingga data customer. Tak sampai situ, aplikasi kasir ini umumnya juga memiliki fitur laporan di mana dari sini kita bisa melihat bagaimana bisnis berjalan, apakah sudah menguntungkan atau sebaliknya.  

Kini kita tak perlu repot lagi mengelola bisnis. Gunakan saja perangkat aplikasi kasir yang terpercaya. 

Baca juga:

 

Leave a Comment