Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi

“Suatu saat Aku meninggal, kamu sudah punya pegangan mau melakukan kegiatan apa.” Begitu jelas suami sejak awal kami menikah. Ia memang lebih suka istrinya bekerja dan berkarya. Bentuk pekerjaannya bisa berupa apapun, misalnya memiliki bisnis yang bisa dikelola dari rumah atau pekerjaan freelance lainnya yang bisa dilakukan bagi seorang perempuan khususnya ibu rumah tangga.

Mengaca dari kejadian meninggalnya bapakku 17 tahun silam, saat ibu tidak punya pegangan kegiatan yang menghasilkan uang untuk biaya hidup kami, disatu sisi kami sebagai anak masih harus menyelesaikan pendidikan di sekolah formal. Hal tersebut jadi pelajaran berharga.

Maka “jiwa” untuk bertahan hidup muncul. Jualan atau membuka usaha bidang jasa jadi pilihan bisnis sampingan ibu rumah tangga.

Seorang ibu rumah tangga yang berjiwa womenpreneur, tak hanya berhenti pada status saja untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi dengan dukungan perkembangan zaman yang bisa memudahkan siapa saja termasuk kita dalam mewujudkan impian meski hanya di rumah saja. Jika kita ingin menjadi seorang womenpreneur, inilah ulasan tentang berbagai usaha sampingan ibu rumah tangga

Meskipun hanya berstatus sebagai ibu rumah tangga, kita masih bisa melakukan banyak hal untuk mendapat penghasilan tambahan. Anda bisa mengembangkan skill dengan membuka berbagai bisnis sampingan. Kira–kira apa saja ya bisnis sampingan yang bisa dikerjakan oleh para ibu rumah tangga di rumah? Yuk simak ulasan berikut ini mengenai berbagai macam usaha sampingan yang mudah!

Berbagai Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga

Untuk informasi lebih jelasnya mengenai apa saja usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga, berikut ulasan selengkapnya untuk Anda. 

  • Menjadi penulis

Semua sudah serba digital. Jadi nggak perlu heran kalau kita lihat banyak website, aplikasi, dan media sosial bermunculan dengan fitur terbarunya. Semua pasti membutuhkan content writer. Maka kita bisa memanfaatkan bidang ini untuk meraup pundi-pundi rupiah dengan kemampuan yang dimiliki.

Kemampuan untuk membuat tulisan mengenai sebuah produk agar lebih dikenal oleh masyarakat luas juga sangat diperlukan. Perkaya portofolio dan bergabunglah dalam komunitas atau tawarkan jasa yang  kita miliki pada situs-situs freelance. Jasa ini nyaris tanpa modal atau biaya.

Untuk usaha dalam bidang penulisan biasanya juga bisa terkait dengan digital marketing dan sejenisnya. Sepereti content writer untuk jasa publikasi media atau centang biru instagram.

  • Bisnis Berbagai Kerajinan Tangan

Untuk kita yang memiliki jiwa seni dan suka dengan kreatifitas maka sangat cocok jika membuka usaha kerajinan tangan. Dalam bisnis kerajinan tidak tidak membutuhkan modal yang terlalu besar hanya saja kita harus mampu mengolah barang–barang menjadi kerajinan tangan berkualitas dan bernilai tinggi. Dengan begitu maka kita akan mendapatkan peluang dan keuntungan yang besar. 

Hasil dari kerajinan tangan tersebut diantaranya berupa, souvenir untuk berbagai acara penting, hiasan penghantar seserahan pernikahan, dan bahkan berbagai macam hampers untuk hari – hari yang spesial. Selain akan bisa mengembangkan bakat, bisnis kerajinan tangan akan menambah kreatifitas Anda. Tidak hanya itu Anda pasti mendapatkan keuntungan yang besar tentunya. 

  • Membuka Jasa Katering

Membuka jasa katering di masa pandemi sangat membantu. Apalagi bagi masyarakat yang sedang melakukan pemulihan kesehatan. Bagi kita yang suka berkuliner atau hobi memasak membuka bisnis jasa katering adalah hal yang paling tepat. Tidak masalah jika tidak memiliki sebuah restoran, jadi kita hanya cukup melayani jasa katering atau pemesanan berbagai hidangan masakan dari rumah saja. 

Kita juga bisa mengembangkan bisnis di bidang kuliner tersebut lewat internet atau di berbagai media sosial. Untuk memulainya kita bisa melayani pemesanan paket nasi box, nasi tumpeng, kebutuhan prasmanan dalam suatu acara tertentu, hingga pesanan kue basah ataupun kering. Namun kita juga harus memperbanyak relasi agar bisnis kuliner tersebut cepat berkembang. 

  • Bisnis Tanaman

Akhir–akhir ini tanaman hias menjadi populer keberadaannya, bahkan banyak dari mereka yang hanya sekedar mengoleksi dengan harga yang mahal dan untuk berbisnis. Maka dengan begitu Anda sebagai pecinta tanaman hias memiliki peluang untuk membuka bisnis berbagai tanaman hias. Memang dengan adanya tanaman hias membuat suasana rumah menjadi lebih asri dan lebih sejuk. 

Salah satu bisnis sampingan ibu rumah tangga ini bisa Anda lakukan dengan memasarkannya melalui offline maupun online di media sosial atau berbagai marketplace. Karena semakin langka dan unik tanaman tersebut maka akan memiliki nilai harga yang tinggi. Hal tersebut akan menjadi peluang yang besar untuk Anda dalam mendapatkan keuntungan. Mudah bukan untuk dilakukan meski hanya dirumah saja. 

Bumbu siap pakai Chalarasa
Pict by Chalarasa
  • Bumbu siap pakai

Sejak pandemi, semua serba dilakukan di rumah. Mulai dari sekolah anak, kerjaan dan lainnya. Terkadang kita nggak sempat untuk membuat bumbu masak sendiri. Maka, ini salah satu peluang bisnis sampingan ibu rumah tangga di masa pandemi yang cocok.

Apalagi saat ini semua dituntut untuk disajikan secara cepat. Bumbu siap saji jadi salah satu alternatif untuk urusan dapur karena lebih fungsional dan bisa jadi peluang bisnis dari rumah. Kita bisa membantu ibu lainnya agar momen memasak jadi semakin praktis dan memudahkan dalam penyajian makanan untuk keluarga.

Nah itulah berbagai macam bisnis sampingan ibu rumah tangga yang bisa kita coba lakukan meski hanya dirumah saja. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan selamat mencoba. 

2 thoughts on “Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi”

Leave a Comment