Cara Memulai Bisnis Sukses Dengan Website Toko Online

Banyak orang mengira kalau memulai bisnis online adalah hal yang mudah. Cukup dengan membuat website toko online, lalu mengharapkan pembeli datang dengan sendirinya. Padahal, memulai bisnis yang sukses seringkali membutuhkan kerja keras dan kesabaran.

Di samping itu, peningkatan jumlah pelaku bisnis online juga membuat tingkat kompetisi semakin ketat. Karena itu, pebisnis online perlu lebih cermat dan kreatif dalam menyusun strategi bisnis. Jika Anda menjalankan bisnis melalui website, ada beberapa kiat sukses yang bisa Anda terapkan.

Kiat Sukses Bisnis dengan Website Toko Online

Sebagai pemilik bisnis, tentu saja Anda berharap supaya bisnis Anda bisa lebih menonjol dibandingkan dengan pesaing. Untuk itu, keberadaan website toko online yang profesional akan sangat membantu.

Namun, Anda juga harus melakukan beberapa kiat lainnya agar bisnis Anda bisa mendatangkan banyak pelanggan. Berikut ini adalah beberapa kiat sukses membangun bisnis online yang bisa Anda terapkan:

1. Kenali Target Konsumen dan Perilakunya

Bisnis yang potensial pastilah mengetahui target konsumen spesifik yang disasar. Pada awalnya, Anda mungkin berpikir kalau bisnis yang bagus adalah bisnis yang bisa menyasar banyak orang. Sayangnya, Anda salah.

Semakin spesifik dan tersegmentasi, maka akan semakin baik bagi bisnis Anda. Artinya, kalaupun bisnis yang Anda miliki memang bisa diterima banyak orang, buatlah menjadi lebih spesifik. Setelah itu, kenali perilaku dan kebiasaan yang dimiliki target konsumen Anda.

Jadi, kalau target konsumen Anda terbiasa menggunakan ponsel untuk mengakses internet, pastikan website toko online Anda cukup nyaman untuk diakses melalui ponsel. Baik secara tampilan, kecepatan, ataupun faktor pendukung lainnya.

Mengetahui target konsumen dan perilakunya juga akan membantu proses pengembangan produk. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan strategi atau peluncuran produk baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan target konsumen Anda.

2. Tunjukkan Keunggulan dan Nilai Tambah Produk

Selanjutnya, Anda juga harus bisa menunjukkan keunggulan atau nilai tambah produk yang Anda punya. Keunggulan ini bisa berupa harga, kualitas, layanan, ataupun fitur unggul lainnya. Anda juga bisa menunjukkan keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

Akan lebih baik lagi kalau Anda bisa menyampaikan keunggulan tersebut sebagai solusi dari masalah calon konsumen. Biasanya, konsumen akan lebih tertarik terhadap produk yang dapat membantu mereka dibandingkan fitur yang dimiliki produk tersebut.

3. Berikan Informasi yang Lengkap

Banyak penjual online yang lupa memberikan informasi produk yang lengkap. Padahal, kelengkapan informasi membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional. Selain itu, menyampaikan informasi secara lengkap dan detail juga dapat memberikan pengalaman belanja langsung kepada konsumen.

Selain informasi produk, Anda juga bisa menyampaikan informasi lain yang perlu diketahui pelanggan. Termasuk bahan dan material, cara pemakaian, ukuran, spesifikasi, jam operasional, kontak, alamat, dan lain sebagainya.

Kelengkapan informasi bukan hanya memberikan kesan bisnis yang profesional. Tapi juga membuat waktu lebih efisien. Dengan adanya informasi lengkap, kemungkinan munculnya pertanyaan berulang bisa lebih diminimalisir.

4. Terapkan Strategi SEO

SEO adalah salah satu kunci sukses bisnis online. Dengan penerapan strategi SEO di website toko online, calon pembeli bisa menemukan bisnis Anda dengan lebih mudah. Sehingga, kemungkinan pembelian juga akan semakin meningkat.

5. Pelajari Analisis Data

Dunia online adalah dunia yang mementingkan data. Jika Anda mampu menganalisis data dengan baik, maka bisnis Anda juga akan ikut berkembang. Sebagai permulaan, Anda bisa mulai dengan mempelajari data penjualan, produk paling laris, puncak penjualan, dan berbagai data lain yang masih berkaitan.

Dengan menggunakan data tersebut, Anda bisa melakukan analisis dan evaluasi. Selanjutnya, hasil analisis dan evaluasi tersebut bisa Anda gunakan untuk meningkatkan strategi penjualan agar menjadi lebih baik lagi.

6. Sediakan Metode Pembayaran yang Praktis

Banyak orang memilih untuk berjualan via marketplace. Berjualan melalui marketplace memang terasa lebih mudah dan santai. Akan tetapi, algoritma marketplace memungkinkan calon pembeli berpindah ke toko yang lebih murah dengan sangat mudah.

Kondisi tersebut tentu saja cukup merugikan. Khususnya jika Anda menjual produk dengan kualitas terbaik atau nilai tambah yang menarik. Karena itu, berjualan melalui website toko online masih menjadi pilihan yang menarik.

Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan layanan dan proses pembayaran yang Anda gunakan. Proses pembayaran yang mudah dengan berbagai opsi cenderung lebih disukai. Pembayaran yang mudah juga membuat pembeli merasa lebih aman saat berbelanja.

Baca juga : 6 Cara Memilih Hosting Berkualitas dan Tepat

7. Website Toko Online yang Responsif

Terakhir, dan yang paling penting, website toko Anda harus responsif. Website toko yang tidak responsif dapat membuat calon pelanggan merasa malas dan enggan melanjutkan proses belanja. Selain itu, perhatikan juga navigasi pada website. Pastikan toko Anda memiliki navigasi yang mudah dipahami oleh calon pelanggan.

Langkah Mudah Bangun Website Toko di Zyro

toko online zyro
Toko online Zyro

Membangun website toko pertama memang bisa cukup membingungkan. Apalagi kalau Anda tidak memahami coding-an. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena di Zyro, proses membuat website toko online bisa sangat mudah.

Anda cukup membuat akun Zyro, kemudian coba buat website toko online secara gratis di Zyro. Ada banyak template siap pakai yang bisa Anda pilih dari ratusan template buatan desainer yang tersedia. Kalau Anda merasa kurang pas, Anda juga bisa menyesuaikan dengan fitur drag and drop.

baca juga : Cara Meningkatkan Traffic Blog Dengan Mudah

Selanjutnya, tambahkan produk yang akan Anda jual. Optimalkan website Anda dengan tools pendukung lainnya. Termasuk tools pendukung untuk mengelola iklan, pengiriman, bahkan pembayaran. Zyro telah mendukung lebih dari 70 metode pembayaran utama.

Setelah semua persiapan selesai, pilih paket e-commerce dan luncurkan toko online Anda. Sekarang website toko online Anda sudah siap dan bisnis Anda siap berjalan!

Leave a Comment