Begini Cara Ajari Anak Jalan, Bunda!

Cara ajari anak jalan apakah sulit? Dianugerahi buah hati ditengah-tengah pernikahan Anda tentu membuat pernikahan Anda terasa lebih lengkap. Setelah melahirkan, Anda pasti tidak sabar untuk mengikuti perkembangan motorik buah hati Anda. Dari tahun pertama hingga tahun kedua, bayi Anda akan mengalami perkembangan yang sangat signifikan.

Perkembangan motorik ini berupa dari awalnya bayi Anda bisa tengkurap, merangkak, duduk, lambat laun bisa berdiri kemudian berjalan. Untuk ayah dan bunda pasti juga tidak sabar melihat sang buah hati bisa berjalan sendiri bahkan hingga mencari info mengenai cara mengajari anak jalan untuk mendukung sistem motorik anak Anda dalam berjalan.

Alasan Bayi Terlambat Berjalan

Biasanya bayi Anda akan terlihat memulai langkah pertamanya di umur 9- 15 bulan. Namun, sekali lagi perkembangan motorik bayi tidak bisa disamakan satu sama lain, karena pada dasarnya akan berbeda-beda. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yaitu :

  • Sistem motorik yang berbeda-beda pada bayi, semisal bayi lebih fokus pada perkembangan kemampuan lain seperti aktif berbicara dan mendengarkan. Sehingga saraf motoriknya dalam berjalan menjadi lebih lambat
  • Adanya kebiasaan bayi yang lebih betah berbaring atau merangkak, sehingga malas untuk berjalan
  • Postur tubuh bayi yang ramping dan lebih aktif akan membuat bayi lebih cepat berjalan dibanding bayi yang bersifat kalem, karena ia akan lebih hati-hati dalam mengambil langkah.
  • Faktor adanya gangguan kelainan sejak lahir yang patut Anda perhatikan apabila bayi Anda terlihat lambat sekali dalam mengambil langkah. Karena kelainan ini akan mempengaruhi otot dan kekuatan kaki yang bertujuan untuk menopang tubuh bayi Anda.
  • Adanya faktor pemberian nutrisi pada bayi Anda. Biasanya bayi yang sehat dan mempunyai gizi yang cukup akan lebih aktif dalam perkembangan sistem motorik dibanding yang kekurangan nutrisi. Apabila kekurangan nutrisi, tentunya tubuh bayi Anda akan terasa mudah lemas dan susah menopang tubuhnya sendiri.

Cara Ajari Anak Jalan

Ayah dan bunda tidak perlu khawatir jika bayi Anda terlihat belum begitu aktif dalam memulai langkah pertamanya untuk berjalan. Berikut ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk melatih sang buah hati berjalan.

  1. Belajar untuk mengangkat diri

Setelah 6 bulan bayi Anda bisa duduk tanpa bantuan, di usia 8 bulan bayi Anda akan mulai merasa penasaran dengan berbagai hal, ditambah dengan otot-otot tubuh yang mulai menguat. Maka dari rasa penasaran dengan barang-barang yang ada disekitar ini, bayi Anda akan mulai mengangkat tubuhnya untuk mencoba meraih barang tersebut.

Pada saat ia mulai mengangkat tubuhnya, maka Anda bisa memulai dengan mengajari keseimbangan. Misalnya dengan menarik tubuhnya saat ia mulai siap untuk posisi berdiri. Jangan lupa untuk mengajari bayi Anda menekuk lutut saat ia ingin kembali duduk. Karena ini akan mengurangi resiko bayi Anda jatuh saat ia mulai bisa berjalan.

Baca juga : Belajar English Class di Kreasa, Sekolah Kreativitas Berbasis Online

  1. Melatih sang bayi dengan keseimbangan

Mungkin awalnya Anda bisa bantu memegangi tangan bayi Anda hingga melepasnya perlahan namun tetap dalam jarak dekat. Waspada kalau bayi Anda tiba-tiba akan terjatuh. Kemudian, mengajari sang bayi untuk berpegangan sendiri dalam keadaan berdiri pada tembok, meja, ataupun tiang. Dengan satu tangan Anda yang masih menggandeng sang bayi.

Cara ajari anak jalan setelah 11 bulan, biasanya bayi Anda akan bisa berdiri sendiri tanpa pegangan selama 2 detik. Sehingga menginjak 13 bulan, Anda akan melihat bayi Anda mulai berjalan perlahan tanpa berpegangan apapun.

mengajari anak jalan
Pict by promise
  1. Menuntun sang bayi dengan menggandeng lengannya

Mencoba untuk menggandeng lengannya dari belakang, dengan posisi sang bayi Anda berjalan di depan Anda. Lakukan perlahan, jangan terburu-buru, dan posisikan lengan Anda dengan benar agar tidak menyakiti lengan si kecil.

Baca juga : Tips Parenting Anak Usia 1 tahun Yang Harus Di Ketahui

  1. Memuji langkah pertama sang buah hati

Ketika si kecil sudah mulai bisa berjalan maka jangan lupa untuk memotivasinya. Yaitu dengan cara apabila ketika ia tiba-tiba terjatuh duduk, maka Anda tidak perlu panik. Anda harus berusaha tenang, dan memancing anak Anda untuk bisa berdiri lagi sendiri kemudian berjalan ke arah Anda misalnya.

Anda bisa memancing dengan membawakan mainan atau benda kesukaannya , sehingga si kecil bisa bersemangat berjalan kembali menemui Anda.

Nah, bunda bisa mencoba ya cara ajari anak jalan seperti diatas. Tentunya bunda juga perlu kesabaran dalam membimbing si kecil. Agar motoriknya juga bisa mengalami perkembangan dengan baik.

Baca juga : Manfaat Dongeng Sebelum Tidur Bagi Anak-Anak

Leave a Comment