Cara Jitu Menjaga Cat Mobil Tetap Mengkilap Agar Selalu Terlihat baru

Menjaga penampilan mobil sebenarnya sama pentingnya dengan perawatan mesin mobil. Melalui aplikasi bengkel mobil, kamu bisa menjadwalkan perawatan apapun yang mobilmu butuhkan. Dengan menjaga cat mobil tetap mengkilap, mobil kesayanganmu akan memiliki nilai estetika yang lebih baik dibandingkan dengan mobil yang tampak kusam.

Bila penampilan mobil selalu mengkilap, rasa percaya diri saat menggunakannya juga akan bertambah dan tentunya akan membuat kamu lebih nyaman bepergian ke manapun. Namun, apakah kamu sudah tahu hal-hal apa saja yang perlu dilakukan jika kamu ingin menjaga cat mobil agar tetap mengkilap? Ini dia tipsnya!

Tips Ampuh Menjaga Cat Mobil Tetap Mengkilap Meski Sering Digunakan

Beriku ini Kak Niken kasih informasi bagaimana cara merawat mobil yang jarang dipakai atau juga sering dipakai agar awet, diantaranya:

  • Memilih Sabun Pembersih Mobil yang Tepat

Hal pertama yang paling wajib kamu perhatikan untuk menjaga cat mobil tetap mengkilap adalah memilih sabun pembersih khusus yang tepat sesuai dengan kebutuhan mobilmu sendiri. Penggunaan sabun yang memang tidak diformulasikan secara khusus untuk mobil, seperti misalnya deterjen, sabun cuci piring, atau sabun mandi, justru bisa menyebabkan permukaan cat mobil menjadi kusam dan mengalami penurunan warna. 

Jadi, sediakan sabun pembersih mobil yang memang mengandung bahan khusus yang dapat membersihkan sekaligus melindungi permukaan cat mobil agar tetap berkilau. Dan, jangan lupa untuk rutin mencuci mobil setidaknya satu kali dalam seminggu.

  •  Rajin Membersihkan Seluruh Bagian Body Mobil Secara Teratur

Mencuci seluruh permukaan body mobil secara rutin merupakan rutinitas yang wajib dilakukan untuk menjaga cat mobil tetap mengkilap. Namun, perlu diingat agar selalu terlebih dahulu membasahi menyiram dan mambasahi seluruh body mobil sebelum kemudian membersihkannya.

Mengapa demikian? Karena jika kamu mengelap permukaan mobil yang masih dalam kondisi kering, hal itu justru dapat menimbulkan bekas goresan halus dan baret pada permukaan cat mobil. Goresan tersebut bisa jadi disebabkan oleh partikel kecil berbentuk runcing yang masih menempel pada body mobil.

  • Selalu Mencuci Mobil Segera Setelah Mobil Kehujanan

Ketika musim hujan, mobil tentu akan sering terkena hujan. Beberapa pemilik mobil membiarkan mobil yang terkena hujan begitu saja untuk bepergian lagi. Padahal, mobil yang terkena air hujan wajib dibersihkan demi menjaga cat mobil agar tetap mengkilap. 

Kandungan asam yang terdapat dalam air hujan dapat merusak lapisan cat mobil sehingga membuat warna mobil menjadi pudar. Bahkan, bercak sisa air hujan yang mengering dapat menimbulkan jamur pada permukaan body mobil. Karena itu, jangan menunda untuk segera membilas seluruh permukaan mobil dengan air bersih dan bila perlu mencuci mobil jika mobil kehujanan.

  • Memilih Tempat Parkir yang Tidak Terpapar Sinar Matahari Langsung

Memarkirkan mobil di tempat yang cukup teduh dan tidak terkena terik matahari secara langsung juga merupakan cara menjaga cat mobil supaya tetap mengkilap. Pengaruh suhu panas dan sinar ultraviolet yang berasal dari cahaya matahari langsung secara terus-menerus dapat merusak komposisi warna pada cat mobil, bahkan juga dapat membuat kaca mobil menjadi kusam.

Oleh sebab itu, persiapan yang baik sebelum bepergian adalah dengan turut membawa cover penutup mobil untuk mengantisipasi kesulitan mendapatkan tempat parkir yang teduh.

  • Jangan Sembarangan Menggunakan Kain Lap Saat Membersihkan Mobil

Untuk menjaga cat mobil tetap mengkilap, kamu perlu hati-hati saat menggunakan kain yang akan dipakai untuk membersihkan mobil. Gunakan hanya kain yang berbahan lembut dan halus seperti microfiber. Kain jenis ini memiliki serat tinggi agar tidak menimbulkan baret dan garis halus pada permukaan cat.

  • Gunakan Sarung Mobil Pada Malam Hari

Meski kelihatannya tidak penting, faktanya memasang sarung mobil pada waktu malam hari juga berfungsi menjaga pewarna mobil supaya tetap mengkilap. Ternyata, air embun yang menempel di permukaan mobil saat malam hari dapat mempengaruhi ketahanan cat mobil. Sehingga membuat cat semakin memudar hingga menyebabkan retak halus pada cat mobil.

Jika kita memiliki mobil tua, maka penting juga lho untuk rutin menutup permukaan mobil menggunakan sarung. Melindunginya dari paparan sinar merupakan salah satu cara merawat mobil tua.

  • Memberikan Perlindungan Tambahan Pada Cat Mobil

Dengan memberikan perlindungan ekstra terhadap cat mobil akan menjaga cat mobil tetap mengkilap hingga jangka waktu yang lebih lama. Untuk melakukan tips yang terakhir ini, kamu bisa membawa mobil kesayanganmu ke bengkel mobil profesional. Biasanya juga menyediakan pelayanan jasa proteksi terhadap cat mobil.

Saat ini, ada berbagai jenis bahan pelindung yang sering digunakan untuk menjaga ketahanan warna cat mobil. Antara lain seperti wax, sealant, dan juga bahan nano ceramic. Untuk menentukan perlindungan yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan mobil dan tentunya budget keuanganmu sendiri, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik yang telah berpengalaman di bidang cat mobil.

Jangan lupa untuk membuka Otoklix jika kamu ingin mencari bengkel mobil terpercaya dan berpengalaman di bidang coating mobil. Selain praktis, kamu juga berkesempatan mengikuti program GoGoKlix, promo gratis ganti oli selama satu tahun! Yakin mau dilewatkan begitu saja?

Baca juga yuk https://mypertamina.id/cara-menjaga-cat-mobil-agar-mengkilap-dan-tahan-lama/

Leave a Comment