Kenali Kegunaan dan Cara Memakai Beauty Blender Untuk Pemula

Banyak kaum perempuan yang penasaran bagaimana cara memakai beauty blender bagi pemula. Apakah dipakai dalam keadaan kering atau basah? 

Bagi para pecinta make up, beauty blender sudah jadi barang wajib yang ada di dalam beauty kit. Padahal, jauh sebelumnya, untuk meratakan foundation di area wajah, para perempuan biasanya menggunakan ujung-ujung jarinya. Namun seiring perkembangan zaman, busa spons tersebut kini menjadi barang favorit yang wajib ada.

Sebenarnya beauty blender itu merupakan nama sebuah merek, umumnya benda ini disebut dengan make up spons. Dengan menggunakan spons ini, maka bintik hitam bahkan jerawat bisa tercover alias tertutup dengan sempurna ^.^  

Kak Niken juga punya beberapa aplikator makeup berbentuk spons ini karena memang cukup mudah digunakan. Tapi permasalahannya, kalau pakai spons berbentuk mata air ini, akan menyerap alas makeup seperti foundation, bb cream atau primer ke dalam pori-porinya. Alias produk yang dipakai jadi nggak hemat. Ehh… ^.^ 

Yuk kita kenalan dengan beauty blender dan fungsi serta bagaimana cara membersihkannya dengan tepat. 

beauty blender
Pict by Pikiran Rakyat Bekasi

Apa itu Sponge Beauty Blender?

Beauty blender adalah aplikator yang digunakan untuk mengaplikasikan make up dasar seperti foundation, primer, concealer dan sejenisnya. Biasanya memiliki ukuran sebesar telur dan menyerupai bentuk tetesan air atau yang lebih inovatif lainnya dengan warna-warni ceria.  

Lho… memangnya ada berapa ukuran beauty blender? Ada seukuran telur biasa disebut beauty blender, telur ayam ukuran kecil beauty blusher, dan paling kecil seperti telur puyuh yaitu beauty blender micro mini

Umumnya kita menggunakan spons ini untuk produk dengan tekstur cair atau bubuk karena ingin hasil makeup yang flawless dan merata pada permukaan wajahnya. 

Saat ini beredar di pasaran dengan berbagai ukuran dan bentuk, namun kalau menurut penilaian sejumlah beauty blogger, beauty blender original lah yang paling pas digunakan. 

Baca juga:

ZAP Photo Facial Glow
Glowing dengan Korean Glass SKin dari Ella Skincare
Klinik Kecantikan di Malang Terbaik

Kegunaan Beauty Blender

Kalau kamu ingin mencoba menggunakan beauty blender, cek dulu beberapa kegunaanya berikut ini:

Mengaplikasikan make up 

Bagi pemula, penekanan untuk meratakan foundation menggunakan ujung jari tentu berbeda-beda, maka dengan bantuan makeup spons ini mampu memberikan hasil coverage-nya lebih sempurna .

Mengaplikasikan bedak

Tak punya kuas bedak di rumah? Bisa menggunakan beauty blender untuk mengaplikasikan bedak. Karena menggunakan spons dalam kondisi lembab akan membuat bedak lebih menempel pada kulit. 

Mengaplikasikan blush on

Kak Niken termasuk salah satu orang yang menggunakan spons untuk mengaplikasikan blush on pada tulang pipi. 

Mengaplikasikan produk perawatan kulit

Ternyata hasil dari yang Kak Niken baca literasinya, beauty blender juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan produk perawatan kecantikan atau skincare kita lho. Misalnya untuk pelembab wajah. Hehe…. tapi kalau ini belum pernah dicoba langsung oleh Kak Niken. 

Menghapus make up

Cara memakai beauty blender untuk bagian ini, yang dimaksud yaitu sisa makeup yang kelebihan atau misalnya mbeleber (eh apa ya bahasanya ^.^) Karena tetap untuk membersihkan sisa makeup perlu mencuci wajah dengan cara yang lebih tepat. 

cara memakai beauty blender
Pict by Kawaii Beauty Japan

Kekurangan beauty blender dibandingkan kuas aplikator biasa

Karena lebih banyak menyerap bahan makeup yang terbuang percuma maka harus diganti setiap 1-3 bulan sekali. Namun jika kita selalu membersihkannya setelah beberapa kali penggunaan maka bisa awet sekitar 6 bulan. Berbeda dengan penggunaan kuas yang lebih awet bertahun-tahun. 

Sebenarnya untuk waktu pengaplikasian tergantung masing-masing keahlian kita ^.^ Bisa jadi lebih lama dibandingkan dengan yang menggunakan kuas atau ujung jari. 

Cara Memakai Beauty Blender 

Agar riasan wajah kita terlihat maksimal, maka perlu mengetahui cara pakai beauty blender yang benar. 

Basahi. Setelah diberi air jangan lupa untuk di peras ya. Lakukan hal ini hingga 8x putaran atau sesuai kebutuhan. 

Gunakan dalam keadaan lembab untuk hasil yang maksimal. Karena beauty blender yang lembab akan mengembang dan lebih lembab sehingga mampu membuat produk yang diaplikasikan pada wajah kita lebih “menempel” sempurna. 

Gunakan. Oleskan produk alas make up pada bagian wajah kitalalu tepuk-tepuk dengan beauty blender secara perlahan. Hindari menggosok atau menyapu spons karena akan membuat hasil riasan kurang sempurna. 

Baca juga:

Urutan menggunakan skincare

Cara membersihkan beauty blender 

Penting bagi kita untuk selalu rajin membersihkan beauty blender untuk meminimalisir sarang kuman dan bakteri. Cara membersihkan beauty blender yaitu:  

Siapkan air sabun

Isi mangkuk atau wadah berukuran sedang berisi air hangat kemudian tambahkan beberapa tetes sabun cair atau sampo. Aduk rata.

Basahi beauty blender

Basahi lebih dulu beauty blender dengan air mengalir dan tekan-tekan. 

Mencuci beauty blender
Pict by kamani.id

Cuci dan bilas beauty blender

Setelah dibasahi lalu masukkan spons ke dalam air sabun kemudian diamkan kurang lebih 20-30 menit sambil ditekan-tekan. Dan kita bisa lakukan sampai proses ini beberapa kali hingga beauty blender bersih.  Lalu bilas dengan cara meremasnya. 

Keringkan

Setelah diperas hingga tidak ada air yang menetes lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan. 

Berapa harga beauty blender? Harganya memang variatif kisaran puluhan ribu rupiah. Berikut ini rekomendasi beauty blender yang bagus, diantaranya:Fanbo perfect bounce beauty blender, Watson Blender Foundation Sponge Wow Me Out, Beauty Gum Beauty Blender, Lamica Beauty, atau Mad for Makeup. 

Demikian serba-serbi si aplikator cantik ini mulai dari fungsi serta cara memakai beauty blender untuk pemula. Selamat mencoba!

Leave a Comment