Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas Portable Saat Camping

Pernah mengalami kebingungan cara memasak nasi dengan kompor gas saat berkemah? Bagi keluarga pemula dalam hal berpetualang di alam, masak nasi mungkin jadi hal yang merepotkan. Tidak adanya dapur yang memadai jadi alasan untuk memilih panganan instant.

Jadi teringat saat pertama kali pindah domisili ke kota Malang. Kami sibuk merencanakan destinasi wisata alam yang bisa di eksplore bareng anak-anak. Karena kami sekeluarga suka berpetualang. Kesempatan bersentuhan dengan alam secara langsung ini tak akan disia-siakan.

Sebulan pasca pindahnya kami ke Malang, ada tawaran menarik dari salah satu teman yang sudah lama dikenal melalui media sosial. Acara Family Eco Camp di Pinus Jungle Camp, Prigen, Jawa Timur. Wowww… Ini merupakan tantangan pertama bagi kami sekeluarga.

Sejujurnya kami memang belum pernah camping dengan formasi lengkap sekeluarga. Biasanya hanya Kak Niken, anak-anak dan teman-teman saja yang pergi camping karena suami sibuk bekerja. Akhirnya pengalaman di Malang ini jadi pertama kalinya kami pergi sekeluarga.

Cara memasak nasi dengan kompor
Cara memasak nasi dengan kompor (pict by Scouting Magazine)

Tips Persiapan Memasak Saat Camping

Bicara soal berkemah, biasanya kita kalau makan pastinya ada menu nasi putih sebagai pilihan utama dong ya? Hmm… akan tetapi lokasi kita kemah belum tentu tersedia penjual nasi putih bukan? Mau nggak mau kita harus masak sendiri.

Jika kita punya rencana camping bersama keluarga tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pastikan membawa bahan dan alat masak serta perlengkapan berkemah lainnya. Ketahui juga ilmu cara memasak nasi pakai kompor gas agar aman saat di lokasi nanti.

Dengan berbekal pengetahuan trik memasak saat berkemah kita dapat dengan mudah mengonsumsi panganan yang lebih sehat.

  1. Pilih lokasi yang tepat

Biasanya kita akan memilih lokasi yang cukup kering, bebas rerumputan, debu atau puing-puing batu dan akar pohon. Hindari berdekatan dengan sesuatu yang mudah terbakar. Beri jarak sekitar 5-10 meter dari didirikannya tenda.

  1. Sediakan kompor gas portable

Kegiatan outdoor akan lebih pas jika kita membawa kompor gas portable untuk proses memasak. Desainnya lebih simple, praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Sebenarnya bisa juga kita gunakan kompor paraffin atau kayu bakar, namun besar kecilnya api tak bisa diatur. Sehingga, cukup merepotkan ketika proses menanak nasi.

Cara memasak nasi dengan kompor gas
Cara memasak nasi dengan kompor gas
  1. Gunakan perkakas yang tepat

Pilih perkakas memasak yang memang dirancang khusus untuk keperluan memasak diluar ruangan. Bagi kita yang sering berkemah atau mendaki gunung tentu sudah tahu alat bernama nesting.

Alat multifungsi ini menyerupai panci ukuran kecil yang bisa digunakan memasak air, menanak nasi, bahkan menggoreng lauk. Nesting sangat mudah ditemukan karena tersedia di toko perlengkapan outdoor.

  1. Ketahui apa yang ingin dimasak

Hindari memasak makanan yang digoreng atau menggunakan minyak. Pilih makanan sehat yang dikukus atau rebus lebih aman. Agar kegiatan memasak bahan pangan dan menanak nasi manual mudah dilakukan.

  1. Bersihkan kembali

Segera berihkan area tempat memasak. Jika ada makanan matang yang bersisa, simpan dalam kantong kedap udara agar terhindar dari tamu yang tak diundang.

Kak Niken ingatkan kembali bahwa memilih peralatan masak yang tepat saat kemah bersama keluarga itu penting. Ditunjang dengan pengetahuan cara memasak nasi dengan kompor gas portable dan nesting.

Dua peralatan ini biasa dipakai untuk kegiatan outdoor. Bahannya terbuat dari campuran aluminium. Bentuknya persegi dan terdapat kuping pegangan di dua sisinya, biasanya tersusun seperti rantang. Bentuknya juga nggak makan tempat, sangat cocok buat dimasukin ke Carrier.

Cara memasak nasi manual
Masak Nasi dengan Kompor (Pict by. DPRD Kab. Tasikmalaya)

Persiapan Memasak Nasi

Nah, setelah mengetahui tips persiapan apa saja sebelum  memasak, kini Kak Niken mau membahas mengenai bagaimana cara memasak nasi menggunakan kompor gas portable dan nesting. Berbekal pengetahuan trik memasak, pastikan kita membawa peralatan bahan dan alat masak, seperti:

  1. Beras, secukupnya
  2. Air, secukupnya
  3. Nesting
  4. Kompor gas portable
  5. Gas kalengan

Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas Portable dan Nesting

Pertama. Siapkan nesting, kompor gas portable, gas, dan air. Jangan lupa, sediakan beras secukupnya. Jika anggota keluarga terdiri dari ayah, ibu dan dua anak maka sediakan sekitar 200-250gram beras (sesuaikan dengan kondisi masing-masing keluarga)

Nasi cepat matang
Masak nasi

Kedua. Kita akan menanak nasi secara manual, maka masukkan beras ke dalam nesting. Biasanya di tempat berkemah tidak tersedia air yang berlimpah. Maka, cukup cuci beras 1-2x setelah itu bisa tambahkan air untuk persiapan memasak. Takaran air memasak nasi dengan perbandingan beras : air = 1 : 2.

Ketiga. Jika beras sudah bersih, segera panaskan air dengan perbandingan seperti di poin nomor 2. Masukkan beras ke dalam air tersebut, lalu masak dengan api agak besar selama 15 menit. Cara ini dilakukan agar nasi cepat matang. Pastikan, air itu benar-benar mendidih sebelum dimatikan kompornya.

Keempat. Aduk-aduk beras yang ada di dalam nesting berulang kali. Pengadukan ini bertujuan agar air lekas menyatu dengan beras.

Kelima. Kemudian proses menanak nasi. Tutup nesting yang berisi beras dan tambahkan air. Lalu, kecilkan api sampai kira-kira 15 menit. Jenis beras juga menentukan lamanya waktu memasak.

Keenam. Buka tutup nesting dan aduk nasi menggunakan sendok. Pastikan, tekstur nasi sudah tanak atau tidak basah saat diaduk. Setelah diaduk rata, diamkan beberapa menit sebelum disantap.

Itulah cara memasak nasi dengan kompor gas menggunakan nesting saat kita sekeluarga pergi berkemah. Jika memiliki cara memasak nasi yang menarik lainnya, silahkan share di kolom komentar.

Selamat berpetualang!

 

 

24 thoughts on “Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas Portable Saat Camping”

  1. Cukup mudah ya memasak nasi dengan nesting. Kalo ada acara outdoor atau camping, makan nasi putih trus pake lauk sederhana seperti telur rebus, abon, dan sambal, wah rasanya luar biasa enak

    Reply
  2. Udah lama banget nggak camping nih, compor portable emang sangat dibutuhkan saat kita camping. Apalagi masaknya ramai-ramai, seru juga hehehe

    Reply
  3. Aku baru tahu lho, nesting itu. Dasar engga pernah kamping…hehe…Ternyata mudah ya memasak dengan nesting. Cukup pulen kayaknya.
    Kalau di rumah sih, sebelum pake rice cooker, ya diaron di panci lalu dikukus di dandang.

    Reply
  4. Wah, saya belum pernah nih kak kemping dan memasak di tempat kemping hehehe. Pernah sih ngantar muridku kemah tapi yang masak mereka dan alat masaknya lengkap, hehehe. Bisa jadi referensi jika suatu saat nanti aku ke gunung nih, hehehe

    Reply
  5. Kompor gas portable peralatan yang wajib bawa kalau pas bepergian, soalnya pas tujuan perginya ke alam bebas gitu, lumayan bisa buat masak makanan sederhana atau sekadar bikin air panas. Kebetulan punya udah lama banget karena aku termasuk picky soal makanan pas lagi jalan-jalan.

    Reply
  6. Nah, tips seperti ini kelihatan sederhana tapi pastinya membantu sekali apalagi yang memang belum punya pengalaman campaign sebelumnya atau belum pernah coba masa nasik dengan kompor gas portable

    Reply
  7. terakhir kemping ke cibodas 2 tahun lalu, haduu jadi kangen kemping lagi 🙂 sekarang di tempat kemping banyak yang jajain jual makanan, waktu itu kami masak nasi juga, tapi ada baso kentreng kentreng deket tenda akhirnya tetep beli juga haha

    Reply
  8. Sudah beberapa waktu saya masaknya gini lho…pakai kompor gas. Selain lebih sehat hemat listrik juga. Ini gara2 magic com di rumah rusak dan blm sempat nyari lagi. Kekurangannya nasi ga bisa tersedia dalam kondisi selalu panas. .hihi…

    Reply
  9. Huaaa jadi inget pas ndaki gunung, dulu asal bawa saja dan begitu d atas bingung dan butuh waktu lama. Nah skrg rasanya tiap mau camping atau apapun itu hrs belajar dulu sebelum berangkat, checking dan lainnya biar nggak kejadiam lg hal2 nggak mengenakkan haha

    Reply
  10. Baca tulisan tentang memasak nasi dengan kompor gas portable ini jadi ingat masa-masa kami sekeluarga saat berkemah bersama. Kami termasuk yang sering kemping dan masak memakai kompor gas portable. Lebih praktis digunakan

    Reply
  11. Baru beberapa camping dan rasa nya nagih banget. Pertama Camping krna gak mau ribet kami beli lontong 2 bungkus. Wktu itu blm punya nesting. Nah sekarang udh punya nesting, tapi berhubung mau puasa jadi Camping nya di pending dulu setelah lebaran. Gak sabar…

    Reply

Leave a Comment