Cara Membuat Desinfektan Sendiri yang Pastinya Lebih Ekonomis

Walaupun masyakarat sudah melakukan vaksinasi tapi bukan berarti bebas berkeliaran sesuka hati. Karena pemerintah dan masyarakat tetap perlu melakukan berbagai upaya untuk memutus rantai penularannya. Selain menaati prokes dan meningkatkan imun tubuh, membersihkan lingkungan sekitar dengan desinfektan perlu juga dilakukan.

Pernah suatu kali harga desinfektan sangat mahal dan diluar akal sehat kita. Tentu masyakarat kalangan menengah kebawah jadi khawatir dengan harga desinfektan mahal. Tenang, ada cara membuat desinfektan yang murah meriah, lho!

Dibandingkan dengan pembersih biasa, desinfektan memang lebih efektif membunuh virus atau bakteri penyebab penyakit. Salah satu alasannya, karena desinfektan memiliki bahan aktif yang dapat membunuh mikroorganisme. Sehingga untuk menjaga kebersihan lingkungan Anda dan keluarga, bisa dilakukan dengan memanfaatkan kegunaan desinfektan ini.

Mudah Kok, Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri

Semakin banyak dicari, semakin mahal pula harganya. Begitulah kiranya lagu pasar yang sudah bisa dihafal. Termasuk, ketika menyebut cairan pembersih ini. Akan tetapi, dibandingkan harus menuruti harga pasar, membuat desinfektan sendiri bisa menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran.

Membuat desinfektan sendiri bisa dikatakan cukup mudah. Sebab tidak memerlukan alat-alat alat dan bahan khusus. Dirangkum dari berbagai sumber informasi terpercaya, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membuatnya:

Bahan yang diperlukan

Sederhananya, untuk membuat desinfektan hanya memerlukan dua bahan utama, yakni air (H2o) dan cairan pemutih atau pembersih lantai. Tentunya kedua produk pembersih yang akrab digunakan oleh rumah tangga ini tidak sulit dicari, bukan?

Kandungan sodium hipoklorit dalam dua bahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat desinfektan sendiri. Meski begitu, bahan aktif yang dikandung kedua bahan ini konsentrasinya berbeda. Sehingga dalam proses pengenceran, perbandingan antara air dan cairan pemutih/pembersih lantai berbeda pula.

Cara membuat desinfektan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yang perlu dilakukan untuk membuat desinfektan adalah dengan mencampurkan air pada cairan pemutih atau pembersih lantai. Akan tetapi, mengingat kandungan bahan aktifnya yang berbeda, takaran antara kedua bahan utama desinfektan ini pun berbeda.

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa produk rumah tangga serta takarannya yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat desinfektan sendiri:

No.Nama ProdukBahan aktifTakaran
1Bayclin lemonSodium hypochlorite 5,25 %20 ml per 1 liter air
2Dettol Antiseptic LiquidChloroxylenol 4,8%25 ml per 1 liter air
3Proclin pemutihSodium hypochlorite 5,25 %20 ml per 1 liter air
4Soklin pemutihSodium hypochlorite 5,25%20 ml per 1 liter air
5Wipol pembersih lantai sereh & jerukEthoxylated alcohol 3%

Benzalkonium chloride 1,25%

50 ml per 1 liter air

Sumber: kompas.com

Perlu digaris bawahi, cara pembuatan desinfektan ini bisa menggunakan air ledeng atau air biasa. Namun, Anda tidak disarankan menggunakan air panas untuk proses pengenceran ini, ya. Sebab tindakan itu hanya akan menghilangkan kegunaan sodium hipoklorit yang dikandung cairan pemutih atau pembersih lantai ini.

Sementara itu, untuk menetralisir aroma cairan pemutih ini, Anda bisa memanfaatkan pewangi alami seperti sereh maupun lemon. Sehingga selain bisa secara efektif membersihkan virus maupun bakteri penyebab penyakit, Anda dan keluarga tidak akan terganggu dengan aroma menyengat dari karbolnya.

membuat desinfektan di rumah
Pict by rumah123.com

Cairan desinfektan yang sudah jadi ini bisa langsung digunakan untuk membersihkan hunian maupun lingkungan Anda. Caranya, yakni dengan menyemprotkannya pada permukaan yang sering disentuh. Seperti gagang pintu, kran, wastafel, kunci kendaraan, dan lain sebagainya.

Tidak sulitnya cara membuat desinfektan dari produk rumah tangga memungkinkan siapapun bisa membuatnya sendiri. Karenanya, kita tidak harus mengandalkan keberadaannya di pasaran yang seringkali langka justru ketika sedang sangat dibutuhkannya.

Meski begitu, sekali lagi perlu dicermati betul-betul kandungan bahan aktif dan takaran pembuatannya, ya! Yuk kita sama-sama jaga daya tahan tubuh dan tetap perhatikan protokol kesehatan.

 

 

1 thought on “Cara Membuat Desinfektan Sendiri yang Pastinya Lebih Ekonomis”

  1. Ternyata nggak susah-susah amat ya buat desinfektan. Kupikir selalu mesti beli ni. Kalau rajin bisa buat sendiri aja ya sebenarnya. Makasih tipsnya Kak Niken.

    Reply

Leave a Comment