Cara Memilih Domain Untuk Blogger Pemula

Bagaimana cara memilih domain? – Saat itu kak niken masih minim banget pengetahuan tentang membuat blog. Pernah beberapa kali memiliki blog namun hanya untuk posting foto-foto hasil pekerjaan dan berkomentar di blog teman-teman lainnya.

Tahun 2019, mulai mendapatkan pekerjaan sampingan untuk melakukan publisitas sebuah produk melalui sosial media instagram. Namun melihat persaingan antar influencer mulai ketat, maka harus lebih kreatif nih.

Akhirnya memberanikan diri bertanya “apa sih media yang tidak hilang oleh tren?” ternyata blog adalah media yang dari awal tahun 2000-an hingga saat ini masih banyak dibutuhkan.

Awal Mula Memiliki Blog dengan Nama Domain Sendiri

Blog bisa berfungsi sebagai media informasi online dengan bebagai macam topik, sebagai catatan harian serta media publikasi. Biasanya juga digunakan sebagai sarana review jujur bagi pemilik brand, kita mereview produk dan menuliskan hasil review kita.

Serta sebagai salah satu metode optimasi website SEO offpage, memberikan backlink ke website klien.

Akhirnya cerita ke suami kalau ingin membuat sebuah blog yang lebih mumpuni. Singkat cerita suami bantu untuk melakukan proses pembelian hosting dan cari cari domain paling murah, lahirnya kakniken.web.id ^.^ Karena saat itu suami masih belum percaya kalau Kak Niken bisa dan mampu untuk mengelola blog.

Sebetulnya suami pernah memiliki sebuah blog dari tahun 2003 dan di tahun 2008 namun karena pekerjaan di dunia perbankan, maka semua aktivitas ngeblog dan pengelolaannya di hentikan.

Balik lagi nih cerita Kak Niken memiliki blog, yang saat itu tahunya hanya menulis, publish artikel lalu sudah. Ya, sekadar begitu saja. Saat itu artikel yang ditulis dalam sebulan juga maksimal hanya 3.

Bagaimana dengan kegiatan optimasi SEO onpage, offpage dan lainnya? Jangan ditanya, nggak paham sama sekali! Hiks…

Cara memilih domain
Cara memilih domain

Sebagai blogger pemula, pertengahan tahun 2020 ikut kelas belajar cara menaikkan DA dimana kita diajari cara membaca “permasalahan” blog, optimasi SEO onpage dan offpage. Alhamdulillah dari situlah Kak Niken mulai memahami sedikit demi sedikit soal dunia blogging.

Dengan kolaborasi bareng suami, walhasil di akhir tahun 2020 ini kami memiliki beberapa blog yang mulai dikelola, diantaranya: bundapedia.com, kulinermalang.com, casakreatif.com.

Sebenarnya domain apa yang paling bagus? Mengelola blog dengan nama domain .com, .id, .org, .net dan lainnya tentu disesuaikan pada kebutuhan masing-masing.

Alasan Butuh Domain Sendiri

  •         Membangun kepercayaan agar terlihat profesional

Adanya nama domain dapat membangun image dan awareness personal branding diri kita. Profesional dalam hal berkomunikasi dan melayani para pengunjung sebuah situs agar dapat meningkatkan reputasi diri kita. Ini salah satu cara membangun kepercayaan walaupun tidak bertatap wajah secara langsung.

  •         Untuk investasi

Punya nama domain tentu bisa jadi investasi blog atau situs kita. Dengan cara memilih  domain dan melakukan pengelolaan yang baik, suatu saat ada yang berminat membeli domain kita, maka nama domain bisa dihargai tinggi. Artinya menjadi investasi dimasa akan datang.  

  •         Meningkatkan peringkat di mesin pencari

Uhuy…. Siapa yang nggak mau kalau artikel yang kita publish ternyata bisa nangkring di page muda? Dengan menggunakan nama domain artinya dapat meningkatkan personal branding blogger di mesin pencari sehingga mampu menarik lebih banyak orang untuk berkunjung.

  •         Mudah dikenali

Kurang lebih 9 bulan ini nama blog Kak Niken mulai di cari-cari oleh lebih banyak orang. Cieee… GR euy. Artinya, brand diri kita mulai memiliki identitas yang mudah dikenali, sehingga dalam proses pencarian di internet maupun platform media social data dengan mudah ditemukan.

Sudah tahu kan alsan kenapa kita butuh nama domain? Disisi lain, masih banyak juga teman-teman yang baru mau nyemplung di dunia blogging, belum memahami bagaimana membeli domain terpercaya.

Nah, langkah pertama membuat blog tentunya memilih nama domain. Kita bisa langsung cek domain pilihan dan membeli paket hosting yang sesuai. Namun memilih nama domain tentu tak semudah yang ada dalam bayangan kita.

Cara Memilih Domain, Begini Tipsnya!

Memilih domain tidak boleh asal-asalan. Hindari memberi nama domain yang sulit dieja karena akan membuat pengunjung enggan mendatangi blog kita. Cara cek domain yang tersedia bisa dilakukan dengan beberapa tahap. Berikut ini tips bagaimana cara memilih domain:

  •         Tentukan nama yang mudah diingat, jelas dan singkat

Bebas kok mau pilih nama domain apa saja, namun perlu diingat yang tidak terlalu panjang, maximal 3 kata. Hindari penggunaan angka, tanda hubung dan ejaan tidak baku pada nama domain (contoh: kak-niken30.com).

  •         Selipkan kata kunci atau nama brand

Nah ini menarik, setelah Kak Niken coba pelajari maka ketika membuat blog kedua dan seterusnya, sambil meletakkan kata kunci penting di bisnis kita (contoh: kulinermalang.com).

Dengan begitu produk atau layanan yang kita suguhkan akan lebih dikenal dan dipercaya oleh masyarakat.

  •         Gunakan ekstensi yang sesuai

Maksunya huruf yang ada pada bagian belakang seperti .com, .id, .org dan lainnya. Masing-masing memiliki fungsi tersendiri, misalnya .org biasanya digunakan oleh organisasi/lembaga, .net digunakan untuk situs yang berkaitan dengan teknologi.

Pernah lihat situs perusahaan? Biasanya menguanakan .co. Untuk .biz digunakan sebagai situs bisnis, .info baisanya yang bersifat informatif sedangkan .me digunakan untuk blog pribadi. Ada juga .xyz, .site dan lain sebagainya.

  •         Pastikan cek domain dan belum digunakan oleh pihak lain

Beberapa kali Kak Niken mau cari domain dengan akhiran .com ternyata sudah banyak yang ambil apalagi kalau kata kuncinya sama. Oleh karena itu untuk penting sekali untuk cek nama domain. Kemudian memilih nama domain bisa menggunakan tool cek domain.

Dengan tool ini kita hanya perlu mengetikkan keyword domain yang diinginkan dan hasil domain check akan muncul otomatis. Coba aja buka web domainesia.com lalu dibagian pencarian ketikkan nama domain yang kita inginkan.

Kalau sudah lakukan cek domain yang cocok dan tersedia sesuai yang kita inginkan, maka segeralah klik daftar domain. Supaya nggak disabet orang lain. Heu…heu…

cek domain
Cara cek domain (pict by domainesia)

Domainesia menawarkan segala kemudahan untuk membeli paket hemat domain dan hosting dengan harga terjangkau dan terpercaya. Juga menyediakan add ons seperti DNS Zone Manager yang bisa kita dapatkan secara gratis.

DNS kepanjangan dari Domain Name System merupakan sistem yang digunakan sebagai tempat penyimpanan informasi nama host atau domain pada jaringan komputer. Maka DNS terbaik tentunya yang bisa membantu para pengguna mengakses website dengan cepat saat diperlukan.

Memilih nama domain membutuhkan beberapa pertimbangan dan waktu yang tidak singkat. Namun jika sudah memiliki nama domain sendiri tentu lebih menyenangkan. Selanjutnya tinggal kita isi artikel dengan konten menarik dan unik. 

Kemudian bagikan kepada masyarakat, share ke media sosial agar lebih banyak pengunjung dan meningkatkan trafik blog kita. Karena dengan mengetahui cara memilih domain yang baik maka kita akan mendapat banyak manfaat sebagai blogger.  

 

13 thoughts on “Cara Memilih Domain Untuk Blogger Pemula”

  1. Pilih ekstensi dan nama domain yang tepat, jadinya sekaligus membranding diri ya kak agar mudah dikenali dan diajak kerjasama dengan brand

    Reply
  2. Tahun 2007 lalu aku pakai domain langsung pakai nama sendiri kaena memang bingung pilih nama domain. Memilih penyedeia domain juga harus pilih-pilih ya, lebih asyuk kalau lagi promo ya harganya kaya di Domanesia

    Reply
  3. Saya jadi ngakak sendiri, Mbak Niken. Soalnya pas buat domain sendiri, saya itu tidak paham apa-apa. Makanya saya pakailah nama saya ditambah nama bapak saya. Makanya domain saya panjang kayak kereta. dan saya kesulitan kalau membuat hyperlink hahaha.
    Maknya kalau buat domain kedua, saya harus jeli lagi. Dan tips ini keren, Mbak.

    Reply
  4. Dulu aku bingung milih nama domain. Aku nggak tau harus keselip kata kunci biar mudah diingat. Domainku sekarang aku rasa agak norak theamazingjasmi hahahaha. Padahal dulu merasa paling keren. hihihi

    Reply
  5. Samma aku pun bingung pilih nama domain. Akhirnya pakai nama sendiri aja. Ternyata kalau mau diulik, ada aja nama domain lucu-lucu dan ngebranding banget. Domainesia mayan ya promonya. Kayaknya review kecepatan hosting juga mayan…

    Reply
  6. Yuni milih nama domain berdasarkan nama sih. Kayak blog Yuni Bint Saniro misalnya. Atau blog Journal Yuni. Pokoknya nggak jauh dari nama sih. Yang nyeleneh ya Filia Suka Nulis. Hehehehe

    Reply
  7. Saya termasuk gak kreatif, jadinya pas pilih domain ya pakek nama sendiri karena gampang diingat. Selain itu biar jadi brandinglah, khusus untuk blog pertama. nanti kalau punya blog lagi penginnya pakek nama domain yang sedikit unik biar punya ciri khas.

    Reply

Leave a Comment