6 Cara Memilih Hosting Berkualitas dan Tepat

“Blog kamu bagus deh tampilannya, isinya informatif”.

“Eh… kamu pasang adsense sejak kapan? Sudah dapat penghasilan berapa?”.

“Blog kamu banyak, ternak blog ya? Pakai hosting apa untuk blog? Gimana sih cara memilih hosting berkualitas?”

Kira-kira percakapan diatas seringkali kita dengar dikalangan blogger. Bagi sebagian orang, membuat website atau blog tentu memiliki tujuan berbeda. Ada yang menjadikannya sebagai wadah untuk menumpahkan hobi menulisnya atau sebagai diary digital.

Banyak juga yang membuat website atau blognya dengan tujuan untuk mengumpulkan pundi-pundi dolar dari Ads atau iklan. Namun ada juga yang menjadikannya sebagai media untuk menunjukkan portfolio hingga untuk bisnis online.

Pertama kali Kak Niken membuat blog tujuannya untuk menuliskan kisah harian seputar kegiatan parenting. Saat itu belum terpikir akan dikelola secara profesional. Maka, saat membeli domain, theme dan hosting minta bantuan suami. Pokoknya terima beres dan harga terjangkau ^.^

Sebenarnya ketika memilih hosting terbaik Indonesia yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kita masing-masing. Karena jenis website atau blog menjadi salah satu faktor untuk menentukan jenis hosting seperti apa yang akan digunakan. 

Nggak salah kalau ada slogan, “Tidak hanya memilih pasangan, memilih dan membeli nama domain dan hosting juga tidak bisa asal-asalan, harus cocok dan sesuai.” Eaaaa….

cara memilih hosting terbaik
Cara memilih hosting terbaik

Tentang Hosting 

Hosting dan domain merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia internet. Domain merupakan alamat sebuah website atau blogn misalnya: kakniken.web.id, kulinermalang.com atau bundapedia.com. 

Domain inilah yang akan menuntun para pengunjung untuk menuju ke lokasi blog kita. Nah, lokasi di mana blog ditempatkan inilah disebut Hosting. Hosting atau web hosting adalah tempat untuk menyimpan berbagai data yang ada di website kita. 

Penyimpanan tersebut berupa file seperti gambar, video, dokumen dan lainnya. Berbagai data ini dapat diakses oleh audiens website kita melalui internet. Sedangkan perusahaan yang memiliki server dan menyewakannya disebut dengan provider hosting.

Bagi blogger perempuan apalagi pemula tentu masih mengalami kebingungan dalam  memilih hosting yang tepat untuk blognya. Memang cukup banyak faktor pertimbangan dalam memilih hosting. Karena beda provider hosting, beda pula fitur yang ditawarkan. 

Namun nggak perlu khawatir, karena Kak Niken akan kasih tahu memilih hosting berkualitas agar kita bisa memilih yang tepat.

Cara Memilih Hosting Berkualitas 

  • Kualitas performa server

Performa server merupakan hal utama yang perlu kita perhatikan. Jangan sampai tampilan blog kita sudah kece badai tapi jadi terhambat hanya karena website yang sulit diakses, atau segudang permasalahan teknis layanan hosting lainnya.

Salah satu parameter yang bisa dilihat misalnya dari lokasi server. Lokasi terbaik yaitu di negara tempat kita berada. Jika kita tinggal di Indonesia maka lebih baik menggunakan server yang juga berada di Indonesia.

  • Customer support 24 jam

Enak kankalau curhat bisa kapan saja? Eh… maksudnya begini, idealnya tim Customer Support layanan hosting kita tersedia dalam 24 jam. Artinya, mereka selalu siap sedia kapanpun kita mau curhat alias membutuhkan bantuan teknis. 

Tidak hanya siap sedia, mereka juga harus mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik. Biasanya mereka menyediakan banyak cara komunikasi seperti tiket bantuan, email, live chat, maupun panggilan telepon.

  • Garansi 

Siapa sih yang nggak mau kalau ada fasilitas garansi uang kembali? Uwow….ini penting banget sih bagi Kak Niken. Artinya, si penyedia layanan hosting menjamin kepuasan kita sebagai pelanggan. 

Tapi jangan asal minta garansi juga kali! Cari tahu dulu sebab akibat permasalahan yang ada. Cek juga ketentuan layanan yang tidak menyesatkan. Misalnya: jumlah nominal penggantian, sistem pengembalian uangnya atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses garansi tersebut. 

Hendaknya Anda memilih layanan dengan syarat serta ketentuan yang tidak menyesatkan. Setidaknya Anda harus mengetahui:

  • Harga terjangkau dan unlimited

Dapat penawaran harga terbaik itu udah pasti menarik. Harga yang kita bayarkan idealnya sesuai dengan paket maupun layanan. Harga murah memang paling menggiurkan, tapi tidak selamanya lebih baik. 

Untuk apa harga murah tapi kualitas layanan tidak memuaskan? Apalagi kalau ternyata berkedok penipuan dengan promo harga murah. Maka pastikan mendapatkan harga terjangkau dan layanan hosting terbaik.

  • Fitur tambahan (keamanan)

Beberapa waktu lalu ada teman yang kehilagan akun blognya. Padahal dia membangun itu semua dari nol dan kini sudah semakin besar plus terkenal. Namun, ternyata apes aja saat server-nya kena hacker dan kena imbas ke blog-nya. 

Maka perlu memasang tool pengaman dari serangan botnet, malware, maupun hacker. Tanpanya, website kita lebih rentan terhadap serangan.

  • Kapasitas hosting 

Faktor pertimbangan dalam memilih layanan hosting dilihat dari besaran kapasitas penyimpanan dalam web hosting. Biasanya mulai dari 500MB hingga 1TB. Namun berdasarkan pengalaman Kak Niken kapasitas paling kecil tidak akan cukup untuk menunjang blog pribadi kita yang selalu konsisten diperbarui.

Tips memilih hosting untuk pemula, pilihlah paket hosting harga terjangkau dengan penyimpanan minimal 1GB. Karena selain digunakan untuk menampung file postingan dan aneka macam system, nantinya kita akan butuh space jika ingin melakukan backup data secara manual.

Layanan Hosting Hoster.co.id

Memilih paket hosting yang tepat memang seperti memilih jodoh. Perlu ekstra hati-hati dan selektif agar tidak salah ketika menentukan pilihan. Beberapa poin cara memilih hosting berkualitas di atas bisa kita jadikan sebagai pertimbangan. 

Kebetulan Hoster.co.id mengkaver hal tersebut. Hoster merupakan salah satu jasa penjualan hosting yang belum lama ini hadir di Indonesia. Layanan utama dari Hoster tentu adalah HOSTING. 

Namun, bukan berarti perusahaan ini tidak menyediakan layanan lainnya. Misalnya migrasi hosting, membeli domain dengan berbagai ekstensi seperti com, net, id, org, dan lain-lain. 

Setelah mempelajari tentang Hoster.co.id ternyata produk yang ditawarkan berbiaya murah dengan kualtias dan bantuan support terbaik. Sehingga mampu menghasilkan Hosting Super Cepat Menggunakan Konfigurasi Dual Xeon E5 Multi Core Server dengan kecepatan per core 2Ghz atau lebih. 

Storage dengan SSD RAID, apalagi adanya kontrol panel terbaik dari cPanel dan Enterprise LiteSpeed Web Server. 

Hosting terbaik Indonesia
Spesifikasi dan harga Hoster.co.id

Unlimited SSD Hosting dari Hoster.co.id

Hoster memiliki tiga pilihan unlimited SSD hosting yang bisa dipilih oleh calon pelanggan, yaitu:

  • LittleOne. Paket hosting ini paling murah karena bisa didapatkan dengan harga  Rp. 299.000 per tahun. Eits, mumpung sekarang masih ada promo nih, jadi cuma Rp 199.000 per tahun. 
  • HosterOne. Paket hosting kedua yang bisa kita pilih ini seharga Rp. 499.000. Dengan harga segitu tentu memiliki spesifikasi yang juga lebih OK. Psst….lagi ada promo juga, cuma Rp 199.000 
  • MonsterOne. Nah ini dia hosting terbaik Indonesia yang paling lengkap dan spesifikasinya melimpah. Kak Niken sudah coba paket MonsterOne ini lho. Dibanderol dengan harga Rp 799.000 per tahun. Dengan harga promo yang menggiurkan, jadi cuma Rp 399.000 per tahun. 
Layanan terbaik Hoster.co.id
Layanan terbaik Hoster.co.id

Kenapa Memilih Hoster.co.id?

  • Harga termurah. Harga hosting termurah dikelasnya. 
  • 30 Hari garansi. 30 hari garansi uang kembali.
  • Layanan 24/7/360. Layanan 24/7/360 Teknikal support.
  • Server Indonesia. Datacenter server lokal lebih cepat.

Meskipun belum setenar penyedia hosting lainnya, kualitas layanan Hoster.co.id tidak perlu diragukan lagi, baca aja review teman-teman lainnya ^.^. Harganya terjangkau dan spesifikasi yang ditawarkan juga tak kalah menariknya dengan para seniornya. 

Setelah membaca bagaimana cara memilih hosting berkualitas, kini tentukan pilihanmu dan jangan lupa tingkatkan traffic blog kita!

19 thoughts on “6 Cara Memilih Hosting Berkualitas dan Tepat”

  1. Setuju, Kak Niken, memilih hosting gak bisa sembarangan seperti memilih pasangan *eeaaa
    Aku punya pengalaman gak enak dulu karena memilih jasa provider cuma berdasar harga promo aja. Alhamdulilah sekarang sudah menemukan yang pas di hati.
    Btw, Hoster. co.id boleh juga ini paket tahunannya, bikin pengen pindah ke lain hati. *uhhuk

    Reply
  2. Memang bener Kak, hosting yang jozz mendukung kinerja blog kita. Aku akhir tahun kemarin dapet tuh promo dari Hoster.id untuk blog satu lagi. Lah, pe-er deh sekarang, update blog terus dan jangan lupa tingkatkan traffic.

    Reply
  3. Terima kasih atas sarannya. Selama ini saya masih bertahan di Google soalnya. Namun mana tau kapan kapan saya butuh pakai jasa hosting untuk pekerjaan saya yang lainnya. Senang bisa berkunjung ke blog Kak Niken.

    Reply
  4. bener banget poin tentang layanan. paling penting memang layanan CS yang ramah dan cepat kak.
    setidaknya saat ada masalah kita nggak menunggu lama

    Reply
  5. Aku baru banget mau belajar wp nih. Jadi mau belajar juga apa n bagaimana memilih hosting.

    Maklum, pake yang sebelah ga mikir hosting, hehe…

    Reply
  6. Aduh, eaa.. eaa.. Pilih hosting tuh kayak pilih jodoh yak. Cocok2an. Haha.. Apalagi untuk yg emang pingin dimonetize kudu bener2 dipilih yg sesuai di hati. ngoprek blog adalah pekerjaan sepanjang masa.

    Reply
  7. Yeay, aku salah satu pengguna hoster.co.id. Layanan CS nya gercep banget. Jadi kalau servernya down atau tempo hari aku pernah bermasalah dengan update php, langsung bisa diselesaikan saat itu juga ^^

    Reply
  8. WOwww ku salfok domainnya kak niken udah beranak pinak 🙂 teruskan makk…
    ALhamdulillah menemukan artikel ini juga ada beebrapa orang bahas ini, aq aq arahkan ksini aja kalo nanya2 ttg hosting yaaa

    Reply
  9. akan menjadi nilai plus ketika penyedia hosting tersebut pelayanannya super cepat, ini yang aku senang. Soalnya aku tipe orang yang suka eksperimen sendiri hahaha tau-tau eror aja hahaha

    Reply

Leave a Comment