Cara Menaikkan Domain Authority Termudah

Cara menaikkan Domain Authority termudah ini wajib dipelajari. Terutama sebagai emak blogger. Apalagi kalau punya tujuan monetisasi blog.

Setahun belakangan kalau memperhatikan blog kak Niken kok rasanya ngenes banget. Sementara orang lain bisa punya Domain Authority diatas 15, blog kak Niken tetap setia di angka 1. Nggak naik sama sekali, mak! Sedih.

30 hari DA naik gelombang 1
30 hari DA naik gelombang 1

PERSIAPKAN DIRI UNTUK DI GEMBLENG

Untuk belajar tentang SEO ini butuh mental dan niat kuat untuk belajar lho. Karena naik atau turunnya Domain Authority atau spam score itu tergantung kalian. So, persiapkan diri kita untuk di gembleng ilmu.

Alhamdulillah selama satu bulan ini kak Niken nyemplung di kelas “30 Hari DA Naik Gelombang 1”. Kelas yang diinisiasi oleh mas Irwin Andiyanto dan mas Punto Wicaksono  ini ternyata asyik banget dan jauh dari kata “menegangkan”. Kok bisa?

Karena biasanya info sejenis cuma bikin kak Niken mumet dan nggak ada kemajuan sama sekali. Akhirnya nulis blog ya hanya sekadar nulis aja. Tanpa tahu tekniknya. Tapi kalau dipikir lagi, masa mau begini terus blognya?

Padahal kalau dikembangkan lebih baik lagi tentu lebih banyak mendatangkan manfaat. Apalagi kalau mampu mendatangkan pundi-pundi rezeki. Salah satunya dengan memiliki Domain Authority yang tinggi.

SEPUTAR DOMAIN AUTHORITY

Pernah dengar istilah Domain Authority? Bagi anda yang kesehariannya terbiasa berkutat dengan Search Engine Optimization atau SEO, tentu tak asing lagi dengan istilah ini. Tapi bagi emak-emak yang baru nyemplung dalam dunia blogging tentu masih meraba-raba dengan istilah itu.

Domain Authority atau disingkat DA merupakan ukuran yang menunjukkan tingkat kepercayaan pada sebuah situs yang dikembangkn oleh Moz. Ukuran tersebut didapat berdasarkan mesin pencari dan pengguna.

Semakin besar nilai DA sebuah situs, berarti semakin tinggi pula tingkat kepercayaan pengguna terhadap situs tersebut. Tentu akan berpengaruh juga pada page rank. Gimana cara mengukurnya? Dengan cara menaikkan Domain Authority.

Mak, kalian kudu baca sampai habis nih gimana teknik menaikkan Domain Authority yang sedang aku pelajari.

Baca juga : Silaturahmi Menggunakan Internet

KUNCI SUKSES CARA MENAIKKAN DOMAIN AUTHORITY

 1. Temukan masalah blogmu

Pernah cek kesehatan blogmu? Kalau belum pernah, lakukan sekarang! Gunakan SEO audit dengan cara klik di Seoptimer https://www.seoptimer.com/ lalu masukkan url blognya. Lihat apa masalah yang ada di blogmu secara lebih rinci. Mulai dari SEO, Usability, Performance, Social dan Security. Hasil analisa pada blogku selama sebulan ini, dari B- menjadi A-. Yeay….Lumayan daripada lumanyun kan.

Seoptimer Taktik Bikin Domain Authority Naik
Seoptimer Taktik Bikin Domain Authority Naik

Hasil dari Seoptimer tidak bisa di percaya 100%. Kita bisa gunakan pendapat kedua dengan menggunakan Moz Pro. Cara audit di Moz Pro : pilih Moz Pro >> Campaign >> New Campaign. Lalu masukkan url blog dan ikuti stepnya. Informasi yang ditampilkan sangat detail dan terperinci. Kalian bisa gugling aja untuk lebih memahaminya.

Jangan lupa koneksikan blog ke Google Search Console (GSC) dan Google Analytic (GA). Sebelum optimasi kita harus tahu apa fungsi GSC dan GA. Keduanya berfungsi untuk menampilkan grafik pada traffik blog. Agar tahu masalah blog kita di mata Google itu seperti apa.

Setelah menulis artikel baru dan mempostingnya, lanjutan dengan memasukkan inspect url artikel tersebut ke GSC. Salah satu tujuannya agar artikel cepat terindeks oleh google.

cara menaikkan domain authority dengan temukan masalah blog
cara menaikkan domain authority dengan temukan masalah blog pict by. cleanpng

2. Isi Kualitas Konten dengan Keyword

Nulis blog itu ternyata nggak hanya nulis aja lho. Ada caranya supaya blog kita bisa tampil di mesin pencarian dan tulisannya berkualitas. Caranya? Lakukan keyword research. Ini adalah salah satu cara menaikkan Domain Authority blog kita.

Keyword research adalah teknik paling penting dan paling dasar dari membuat konten. Mengapa demikian? Karena dengan kita melakukan research, akan tahu ada atau tidak orang yang akan mencari artikel kita.

Kalian bisa coba tools gratis dari Neil Patel, Ubersuggest. Ubersuggest ini akan memberikan data yang bisa dibilang cukup untuk emak blogger seperti kita.

Diawali dengan gunakan kata kunci sesuai idemu, lakukan pencariannya Indonesia. Baca nilai search volume yang tertera dan scroll ke bawah unuk hasilnya. Akan ditemukan kata kunci turunannya.

cek ubersuggest untuk cara menaikkan Domain Authority
cek ubersuggest untuk cara menaikkan Domain Authority

Nah dari kata kunci itu kita bisa mengulasnya di blog. Ingat, semakin banyak jumlah pencariannya maka akan semakin banyak saingan. Sebaiknya perhatikan pada baris SD (tingkat kesultan SEO). Saran mas Irwin, carilah yang warnanya hijau dan angkanya dibawah 20.

Mengapa? Karena berpengaruh pada kompetisi dengan yang lain. Dengan web yang lebih besar. Gunakan taktik ya mak supaya DA bisa naik.

3. Terapkan SEO Onpage

Seberapa penting SEO Onpage dalam artikel kita? Sangat penting sekali! Kamu nggak boleh ketinggalan untuk belajar yang satu ini mak! Ada 18 point yang dibahas an bikin ter wow…wow…wow….

Point SEO Onpage

Keyword. Dalam satu artikel gunakan minimal satu keyword utama dan lakukan keyword turunan sebagai penunjang.

Search Volume. Data ini bisa diambil dari keyword research untuk mengetahui banyaknya pecarian pada keyword tersebut. Bisa gunakan ubersuggest, dan lainnya.

Kompetisi (check Allintitle). Untuk mengecek seberapa banyak keyword kita berkompetisi dengan artikel sejenis lainnya. Caranya, buka browser lalu tulis “allintittle:keyword” (tanpa tanda petik ya). Contoh allintitle:cara menaikkan domain authority.

KEI (Keyword Effectiveness Index). Perhitungan KEI seperti ini: (Sv*Sv)/allintitle. Usahakan gunakan yang nilainya diatas 1. Namun semakin tinggi nilainya maka semakin berat persaingan.

Ada Keyword di 55 karakter.  Kata kunci ada di judul dan sebaiknya taruh diawal. Total tak lebih dari 55 karakter.

Keyword di Permalink. Sebaiknya ada keyword di permalink, maximal 75 karakter. Ini sudah termasuk http://…..

Keyword di Deskripsi. Pastikan ada keyword di 155 karakter meta deskripi. Minimal ada satu maksimal diulang hanya 2 kali.

Keyword di 150 Karakter Paragraf awal. Pernah lihat nggak pada pencarian yang muncul bukan deskripsi, justru paragraf awalnya?

Jumlah kata lebih dari 600 karakter. Ini nggak usah dijelasin lah ya. Semakin banyak karakter tulisan dalam artikelmu tentu lebih baik lagi saingannya.

Link Internal ke Kategori. Jangan lupa perbandingannya antara link internal ke kategori yang sama atau kalau tidak punya artikel yang sejenis lebih baik link ke home page blogmu aja.

Ada H1, H2 dan H3. H1 untuk judul, H2 untuk bab dan H3 untuk sub bab.

Keyword di Nama Image. Penting banget nih, jangan sampai image kamu tuliannya kode-kode. Ya nggak akan kebaca dunk ya kan. Alias nggak akan ada di mesin pencarian dan nggak kebaca. Sayang banget.

Title atau Alt Image/Video. Alt jangan dilupakan ya. Karena google nggak bisa baca gambar.

Max 2 External Link. Ya masa link keluar lebih banyak dari kedalam? Kan blogmu butuh optimasi, bukan blog orang lain.

Share di Media Sosial. Jangan malas share ya. Keseluruh media sosial kamu. Penting dan wajib!

Submit Google Search Console. Itulho yang inspect url. Besoknya bisa cek di google apakah link artikelmu sudah terindex? Caranya dengan ketik “site:https://……” (tanpa pakai tanda petik ya). Jika sudah terindex artinya sudah siap SEO OFF Page. Yeayyy.

Kalau mau DA naik tentu harus tahu tentang teknik menerapkan SEO yang tepat. Sehingga akan berimbas pada peningkatan pageview blog kita.  Untuk lebih terperinci maksudnya bagaimana, nantikan kelas ini di gelombang selanjutnya. Karena kalau dijelaskan dalam artikel ini semua, jariku keriting ngetiknya. Wkwkwk….. Stay tune terus aja mak.

Sosial media sharing
Sosial media sharing pict by cleanpng

4. Lakukan SEO Offpage

Salah satu metode naikin Domain Authority yaitu ngubek SEO Offpage. Kalau sebelumnya kita sudah ngubek-ubek soal daleman blog kini saatnya offpage, keluar. Offpage adalah langkah optimasi yang dilakukan diluar konten atau website.

Macam-macam offpage :

  1. Share di media sosial
  2. Google my bussiness
  3. Listing bisnis terarah
  4. Brand mention di media online
  5. Review/Testimoni
  6. Link Building

Dan lain sebagainya.

Setiap link tentu memiliki kualitas yang berbeda. Biasanya diukur dengan DA dan PA (Page Authority). Semakin berkualitas domain-domain yang ada akan mempengaruhi dan menambah nilai pada blog kita mak.

SEO Sebagai Metode Naikin DA
SEO Sebagai Metode Naikin DA Pict by. CleanPNG

Baca juga : Cara Dapat Duit Dari Medsos

KELAS CARA MENAIKKAN DOMAIN AUTHORITY GRATIS RASA JUTAAN  

Rasanya bisa masuk dalam kelas gratis 30 Hari DA Naik Gelombang 1, itu luar biasa. Padahal awal diundang mas Irwin untuk masuk kelas whatsapp grupnya, masih mikir. Serius nih gw mau nyemplung belajar SEO, DA, dll?

Bisa nggak ya gw? Sampai akhirnya kelamaan mikir dan link whatsapp-nya sudah broken. Lalu memberanikn diri minta link whatsapp karena broken. Alhamdulillah dikasih ulang. Rezeki maakk. Cuzzz masukkk….

Akhirnya 30 hari digembleng belajar tentang blog bikin mataku terbuka lebar. Bahwa ternyata belajar SEO itu nggak se-menyeramkan yang ada dalam bayangan.

Disini diulas detail dan diberi waktu untuk mencoba langsung. Teori >> praktek, hands on. Bagi-bagi ilmunya juga nggak tanggung-tanggung. Hampir semua dikeluarin oleh mas Irwin dan mas Pewe.

Kenapa hampir semua? Karena akan ada kelas lanjutan bagi yang tahan banting. Tentunya dengan ilmu yang “daging banget”. Alhamdulillah walau saya termasuk yang pergerakannya selow, tapi dalam sebulan ini DA bisa naik. ASYEEEKK…..

Memang lebih terasa ilmunya saat bisa sedikit-sedikit menerapkan metode naikin DA ini di blog kak Niken. Buat emak blogger kayak saya, kuncinya tarik ulur. Saat kepala sudah mulai ngebul berhenti sejenak, refresh mengerjakan hal lain. Kalau sudah, bisa kembali lagi ke laptop.

Karena akan merugi sekali kalau tidak memanfaatkan ilmu cara menaikkan Domain Authority yang sudah di berikan. Gile aja…. kelas lain dibanderol dengan harga juta-jutaan, disini gratis! Kedua coach juga nggak pelit berbagi ilmu. Walau kadang juga mereka nge-test kita untuk gugling informasi yang dibutuhkan.

Hasil 30 hari belajar untuk naikkin DA
Hasil 30 hari belajar untuk naikin DA

So far, dibawain dengan santai jadi materinya lebih meresap dan cukup mudah untuk di aplikasikan. Coachnya buaikk banget. Mau nanya dan ditanya. Haha. Intinya nggak ada yang instan. Perlu kerja keras dan niat yang kuat. Jika dipelajari sungguh-sungguh pasti ada hasilnya.

Sampai jumpa dikelas selanjutnya.

 

Hosting Unlimited Indonesia

61 thoughts on “Cara Menaikkan Domain Authority Termudah”

      • iya aq juga masih belajar mba, duh belajarnya dari nol banget nih karena setelah cek banyak banget masalahnya di blog aq, hihihi

        Reply
    • Aku awalnya juga ragu mau ikutan mom. Pas diundang mas Irwin, aku jawabnya Ok doang. Karena bagi akutu kepala bisa pusing banget pasti. Ternyata pertama kali kelas disapa2, lho kok ada yang berbeda. Wkwkwkwwk. Cuzzz lanjtkan

      Reply
  1. aku padamu mbak. huhuhu…. aku termasuk yang selow banget di kelas. blm nyerap ilmunya sama sekali. Semoga bisa ya. nyusul… hiks

    Reply
    • Aq newbie juga mba. Diaat sebelum nyemplung di ke kelas ini, aku paling oon soal blog diantara teman-teman blogger Malang khususnya. Maluuuu karena nggak ngerti sama sekali. Sekarang agak ngerti dikit-dikitlah ya. Merangkak juga wkwkwk

      Reply
    • Mbaakkk.. kamu pasti bisa. Lha wong kayak aku aja bisa berproses kok (walau pelan-pelan sajaaaa…auto nyanyi). Ada perbaikan sedikit dari kita yang sebelumnya, alhamdulillah yaaaa…wkwkwkwkw

      Reply
  2. Wah, sama mak. Aku juga lagi belajar SEO masih pelan” karna baby suka ga bisa di taro
    Semoga ilmunya nyangkut dan berguna banget ya mak

    Reply
  3. Terima kasih kak niken penjelasannya. Saya baru 1 bulan ini mulai blogging. Masih awam banget dengan istilah-istilah itu. Salam kenal ya kak!

    Reply
  4. Ya ampun, aku buta bgt nih soal beginian, enaknya mah praktik langsung didampingi gt yaa, aku ga paham euy, padahal udah baca pelan2 ‍♀️

    Reply
  5. Pengen ikutan kelasnya dong, aku DA makin turun makin turun aja. Dari 30-24-22-21-18 dan sekarang 16 hiks hiks

    Reply
  6. Makasih kak Niken atas ilmunya.. daging banget buat aku pemula yang lagi belajar SEO ini..
    Jadi langsung cus ke seoptimer nie.. kalo tahu nilai DA dari mana ya kak?

    Reply
  7. domain authority aku stuck kak hahhaa segitu aja.. meski melakukan beberapa hal teknis dalam blog, mungkin emang jarang post ya hahaha mestinya sih rutin ya

    Reply
  8. Huaaah beruntung banget Mbak Niken ikutan kelas ini. Kemarin aku juga daftar tapi ngga kepilih huhu. Padahal 7 tahun nge log tapi ngga paham paham sial DA, hehe. Btw aku baru tau soal SEOptimer ini emang bener sih harus temukan masalah dulu.

    Reply
  9. Ini infonya kepake bgt buat aku, DA bukannya naik malah makin merosot aja, jadi semangat buat naikin DA dgn kiat-kiat diatas

    Reply
  10. Aku pernah ikutan kelas momacademy nya @mominfluencer, tp belum sampe beginian baru dasar” nya doang, ini kelasnya ada lg kapan? Di tunggu infonya yaa thx u

    Reply
  11. Makasih banyak infonya mba. Sangat berguna untuk para blogger. Btw gimana cara ikut kelasnya mba jadi penasaran juga pengen ikutan. Hehe

    Reply
  12. Huwah aki juga klo udah denger kata SEO udah auto down bisa ga ya, bisa nyambung ga ya. Kayak suatu hal yg menakutkan. Terimakasih udah sharing pengalaman ya kak. Jujur aku masih agak takut. Tapi berkat pengalaman kakka. Aku tak sendiri

    Reply
  13. Ilmu banget. Aku jadi makin tertarik memperdalam ilmu SEO. Selama ini sih nulis ya nulis aja, gak pake teknik dan gak rutin juga. Hehe harus dicoba nih.

    Reply
  14. Memang harus rajin dan konsisten ya untuk menaikkan DA, aku masih kurang rajin nih… anyway terima kasih sharingnya mbak, InshaAllah bermanfaat banget, momen dirumah aja saat ini bisa jadi waktu yang tepat naikin DA nih

    Reply
  15. sebagai blogger newbie amat sangat bermanfaat mbak, makasih yaa udah bahas ini meskipun aku belum paham bgt mengenai perbloggeran, hal ini cukup ngebantu buat lebih semangat bikin konten juga.

    Reply
  16. Kak Niken, terima kasih banget penjelasannya. Sebelumnya aku gak paham banget masalah gini-ginian dan cuek aja gitu, tapi setelah baca ini kok jadi pengen ngecek meskipun gak paham. Btw, pas aku cek pakai Moz Pro sama Seoptimer kok beda banget ya? Yg di Moz Pro, blogku bagus nilainya, kalo di Seoptimer jeblok parah

    Reply
  17. waktu awal ngeblog, aku ga ngurusin DA PA. hahaha
    trus lihat kok job butuh DA gede barulah cari-cari gimana cara naikinnya.
    Sekarang aku di level pasrah aja, puyeng mak puyeeeeng

    Reply
    • Kalau kata pak Baha, boleh tahu ilmunya tapi bukan mendewakan supaya DA bisa naik. Selowww aja yang penting dinikmati. wkwkwk. baikaahhhh…. aku nurut. Aku kan newbie banget. wkwkwk

      Reply
  18. Wah beruntung banget kak niken bisa ikutan acara bermanfaat yang gratis ini. Pembicaranya aku tau tuh.. mereka emang master yang gamblang banget kalo jelasi hehe beneran ga pelit ilmu sama sekali

    Reply
  19. Waah…gmna cara ikut kelasnya mba?lgi semangat2 nya bljar blog krn newbie bgt dan bgt mulai dri Mana, begitu ngecek eh dpet B tpi masih blom paham baca resultsnya di

    Reply
  20. Kak aku belum lama ini mengalami penurunan DA:( dan kayanya ini pas banget ya ilmu banget belajar tentang CEO kaya gini. Tapi ya gitu memang agak ketat dan sepertinya ga mudah ya kak

    Reply
  21. Makasih mbak sharingnya, bermanfaat banget. Ini nih yang aku butuhin, selama ini aku baru cuma nulis aja, pantes DA ku lambat banget naiknya, hihi.. Next aku terapin ilmunya ah..

    Reply
  22. Mbakkk, aku padamuu… Sering-sering yaa berbagi ilmu begini. Yah walau kadang aku dalam menerapkannya masih terseok-seok (pantesan masih begini-begini aja yaa), tapi seneng gitu belajar ilmu baru, berusaha menjalankan sedikit demi sedikit. Makasih yaa.

    Reply
  23. Ya ampun aku aja tutup muka nih kak. Malu DA aku kecil banget. Ma kasih kak buat Sharing nya. Aku jadi lebih tahu nih biar bisa naikin DA . Bismillah bisa yah

    Reply
  24. Waw seru banget materinya, kak! Secara, Domain Authority ini jadi standartnya seorang blogger saat akan bekerja sama atau menuai job-job besar. Selain itu, dari aku simak materi di atas, emang intinya meningkatkan DA adalah memperbaiki kualitas blog kita baik dari aspek content sampai perintilan sistem di belakangnya ya…

    Reply
  25. Sepertinya aku udah praktekin semua tipsnya. Tapi mungkin belom maksimal. Tapi, aku punya satu trik yang gak ada di semua referensi. Dan Alhamdulillah manjur untuk blog aku. DA blogku stabil beberapa bulan ini di 28, walopun MOZ update, walopun aku lagi jarang BW, walopun aku kadang jarang nulis, dan walopun blog temen-temen lagi pada turun. Tapi aku malu nyebutinnnya. Takut diprotes para master deh. Ngawur soalnya. Wkwkwkwk…

    Reply
  26. Wah wah wah Saya Gak berhenti mangab, ini harus tak baca berulang ulang. Sudah kubintangin nih. Utk yg cek kesehatan blog Belum Saya lakukan. Offpage Dan onpage , hahah semuanya belom

    Reply
  27. Wah asik banget yah bisa belajar sama pakarnya, duh jadi mupeng juga ingin belajar langsung. Thanks sharingnya.

    Reply
  28. Kemarin waktu DA masih naik turun 11/12 pengen banget ikut kelas ini. Tapi kayaknya formku ditolak wkwk. Karena di atas 10 kan ya hehe. Padahal seneng kalau ada ilmu gini

    Reply
  29. Jadi Kemarin waktu DA masih naik turun 11/12 pengen banget ikut kelas ini. Tapi kayaknya formku ditolak wkwk. Karena di atas 10 kan ya hehe. Padahal seneng kalau ada ilmu gini

    Reply
  30. Aku jadi pengin ikutan kelasnya! Huhuhu. Semoga bisa ikutan kelas berikutnya
    Setiap baca soal SEO dan DA ini selalu bikin pusing karena kelihatannya seperti ribet gitu #plakk
    Tapi kok baca tulisan kak Niken ini, nggak ada pusingnya sama sekali ya. Mungkin karena penulisannya enak dibaca dan mudah dimengerti? Hahaha.

    Oke, mulai benahi blog aku sedikit demi sedikit deh. Kalau langsung semua dioprek sih, pusing juga
    Terima kasih sudah berbagi ilmu ya kak!

    Reply
  31. bagus sekali, kamu membuat beberapa poin yang sangant bagus di sana. Saya melakukan pencarian tentang topik tersebut dan menemukan bahwa kebanyakan orang akan setuju dengan poin poin di atas.

    Reply

Leave a Comment