Cara Menetapkan Tujuan Hidup Agar Karir Makin Berkembang

“Bagaimana rasanya menjadi orang yang tidak punya tujuan hidup?”

Jadi ingat kejadian beberapa hari lalu ketika Kak Niken sedang berselancar di Quora dan menemukan pertanyaan seperti itu. Kemudian salah seorang perempuan berinisial SN mengatakan, “Hidup segan mati tak mau. Sejalannya takdir hidup aja deh.”

Dalam jawabannya, SN juga menuliskan, “Dibutuhkan ya membantu, tidak dibutuhkan ya diam. Tak ada greget untuk berjuang.”

Pernahkah kita berpikir, apa sih sebenarnya tujuan kita hidup di dunia ini? Lalu bagaimana cara menetapkan tujuan hidup? Apakah setting goal kita bisa membuat masa depan lebih tertata? Dan sekian banyak pertanyaan lainnya yang cukup mengusik Kak Niken.

Pada Rabu, 14 September 2022 lalu, setengah pertanyaan diatas akhirnya bisa terjawab. Melalui acara webinar FWD Bebas Berbagi #FWDPressPlay, dengan Tema “It’s Time to Press Play to your Dreams, Life, and Good Money Management”.

Turut hadir pada acara kali ini, Muara Makarim, sebagai Self-Love and Purpose Life Coach serta Mada Aryanugraha, sebagai Financial Consultant, Co-Founder & CEO @Sipundi.id.

Dalam obrolan seru kali ini, Muara Makarim menekankan pada pentingnya setting goal dalam hidup. Karena hal mendasar dalam diri manusia adalah memiliki tujuan hidup. Sekecil apapun tujuan yang akan dicapai tersebut.

Walau nggak dipungiri, banyak orang yang ternyata masih kebingungan mencari tujuan dan bagaimana setting goal dalam kehidupannya.

Cara setting goal dalam hidup dibutuhkan oleh setiap orang agar tujuannya lebih terarah. Ini merupakan kunci dalam mewujudkan target serta impian. Hal ini dibutuhkan supaya hidup kita tidak berjalan seperti air yang mengikuti arus, namun punya tujuan yang pasti.

Goal dalam hidup dan bagaimana cara menetapkan tujuan hidup ini penting bagi kita yang mungkin saat ini sedang merasakan hidup seolah-olah tidak punya arah. Kebutaan dalam berkarir, dapat diatasi dengan cara membuat target atau tujuan yang ingin dicapai. Sehingga, dalam kehidupan Anda punya skala prioritas yang jelas.

Setting goal dalam hidup
Setting goal dalam hidup

5 Cara Menetapkan Tujuan Hidup Dalam Karir

Cara setting goal dalam hidup khususnya di bidang karir, sangat diperlukan dan pasti akan memberikan dampak yang positif. Berikut ini adalah sejumlah tahapan untuk membuat dual setting khususnya di pekerjaan Anda yang bisa dipraktekkan.

1. Menetapkan Tujuan Bekerja

Sebelum Anda memulai karier, sebaiknya punya tujuan kenapa harus bekerja di sana. Buatlah tujuan serta visi jangka panjang yang bisa membuat Anda semangat bekerja tanpa harus fokus mengejar gaji semata.

Dengan menetapkan tujuan ini, maka dalam bekerja tidak akan bermalas-malasan yang mungkin akan membuat kehidupan kacau. Mulai sekarang, cobalah untuk memikirkan apa tujuan hidup serta tujuan bekerja di tempat sekarang ini apa?

2. Menggunakan Konsep SMART

Cara menetapkan tujuan hidup selanjutnya yaitu dengan menggunakan konsep SMART. Mungkin bagi sebagian dari kita, ini tidak asing lagi dan berikut penjelasannya:

  • Specific. Buatlah tujuan Anda sejelas mungkin dan detail agar mudah untuk diwujudkan. Hal tersebut juga untuk memastikan apa yang Anda lakukan tidak melebar dan bisa fokus ke target.
  • Measurable. Selanjutnya, buat lah juga standar tolak ukur untuk ketercapaian tujuan. Ini penting dilakukan supaya Anda tahu apakah tujuan yang ingin dicapai tersebut tercapai atau belum. Ini juga bisa menjaga motivasi Anda tetap tinggi.
  • Realistic. Anda dapat membuat setting goal yang wajar dan terukur, artinya sesuai dengan kemampuan sekarang ini. Bersikap realistis ini seperti tujuan kecil yang akan menjadi anak tangga dalam mencapai tujuan yang lebih besar.
  • Timely. Berikutnya, tentukan pula tenggat waktu atau deadline untuk mencapai tujuan yang dibuat tersebut. Contohnya, dalam waktu 1 minggu, satu bulan, atau 1 tahun. Dengan membuatnya, Anda bisa lebih fokus dan serius untuk meraih tujuan tersebut serta tidak menunda-nunda pekerjaan.

3. Membuat Rencana dalam Mencapai Tujuan

Buatlah perencanaan yang detail dan jelas sehingga dapat dipakai untuk menggapai tujuan. Ini menjadi acuan bagi kita supaya tidak bingung ketika mengimplementasikannya. Dengan adanya rencana ini, kita juga akan tetap terjaga motivasinya.

Baca juga: Program HERoic, Saling Dukung Antar Sesama Perempuan

4. Menyusun Target Tertulis

Segala hal yang ditulis, akan selalu ada dan menempel di pikiran. Namun, jangan hanya sekedar ditulis saja akan tetapi berikan kata-kata yang bisa meningkatkan semangat. Misalnya, dalam waktu 1 bulan harus bisa mengejar target penjualan dalam jumlah tertentu. Tuliskanlah dan tempel di dinding supaya semakin memotivasi Anda.

5. Praktek dan Evaluasi

Cara setting goal dalam hidup berikutnya adalah melakukan praktek dan evaluasi. Kalau semuanya sudah disusun dengan baik dan rapi, hal yang paling penting juga tentu mengaplikasikannya. Jangan lupa juga, untuk berdoa supaya dalam melaksanakannya diberikan kelancaran.

Kita juga tetap perlu melakukan evaluasi pada goal setting ini. Lakukan evaluasi secara berkala supaya terlihat mana langkah yang belum terlaksana atau mengalami kendala. Evaluasi tersebut juga harus berkesinambungan supaya tujuan lebih cepat tercapai.

Menurut Muara Makarim, menulis goal itu ada caranya. Kita bisa melakukannya dengan target dan tujuan yang lebih jelas dan terarah.

3 Kunci Membuat Goal Setting ala Muara Makarim

  1. Simple. Karena goal atau tujuan kita harus dibuat simple dan mudah dilakukan.
  2. Spesifik. Harus ada angkanya, tanggal atau waktu kapannya, ada bayangan hidup kita akan seperti apa saat goal achieve.
  3. Achievable. Harus fleksibel sama goal kita. Jangan perfeksionis. Karena akan kebanyakan dan demotivated.

Pada akhirnya, “Focus on making 1% progress. Not the end of result. Sekecil apapun cek progressnya.” ujar Muara Makarim di akhir sesi webinar siang hari itu.

FWD Insurance
FWD Insurance

Cara menentukan tujuan hidup yang sudah dijelaskan, bisa menjadi acuan kita untuk menggapai karir yang lebih baik. Salah satunya juga dengan melakukan manajemen keuangan.  Karena “It’s Time to Press Play to your Dreams, Life, and Good Money Management”.

Ya, pengelolaan keuangan juga harus bisa diatur sedemikian rupa.  Jangan sampai kita mengabaikan keamanan keuangan karena mementingkan kenyamanan keuangan.

Maka untuk menunjang berkembangnya karir yang sedang kita lakukan, perlu adanya proteksi. Diantaranya Asuransi kesehatan  atau asuransi jiwa melalui FWD Insurance. Untuk lebih jelasnya mengenai program keuangan apa saja yang tersedia di FWD Insurance, silahkan langsung klik website FWD Insurance.

Dengan mempraktekkan cara menetapkan tujuan hidup, diharapkan karir makin berkembang. Sehingga memiliki kehidupan masa depan yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment