Cara Mengatasi Pilek Pada Anak dengan Langkah Mudah

Moms, pastinya bingung ya kalau anak tiba-tiba batuk pilek atau flu. Sebenarnya bagaimana sih cara mengatasi pilek pada anak kita?

Rata-rata seorang anak akan mengalami flu atau pilek setidaknya 6 kali dalam setahun. Anak-anak tersebut seringkali terjangkiti pilek karena memang tubuh mereka masih belum mampu dalam membangun sistem imunitas pada banyak virus, sehingga menyebabkan mereka lebih rentan mengalami pilek.

Namun seiring dengan bertambahnya usia, hal itu akan secara bertahap mampu membangun sistem kekebalan tubuh terhadap perilaku itu sendiri. Lalu kira-kira bagaimanakah cara mengatasi pilek atau flu pada anak? Untuk mengetahuinya, Anda perlu membaca ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Bagaimana Cara Mengatasi Pilek Pada Anak?

Pilek atau disebut juga dengan flu, biasanya terjadi oleh karena disebabkan virus. Terdapat kurang lebih 200 jenis virus yang bisa mengakibatkan pilek ini. Virus penyebab pilek menyebar serta menular melalui batuk, bersin dan juga kontak langsung dengan seorang pengidap. Sementara untuk sistem imunitas tubuh anak bekerja dalam melawan virus flu. Nantinya Anda dapat membantu dalam mengatasi pilek pada anak dengan cara mudah, yaitu:

  • Menjaga Agar Anak Anda Tetap Terhidrasi

Cara tersebut akan membantu dalam mengurangi gejala pilek atau flu dan juga membuatnya jadi lebih baik. Anda perlu mengetahui bahwasannya demam bisa mengakibatkan dehidrasi. Anak Anda mungkin tidak merasa seperti biasanya, tapi bisa juga tenggorokan mereka mungkin akan merasakan sesuatu yang kurang nyaman ketika minum. Asupan cairan harian bagi tubuh anak memang harus tetap terpenuhi.

  • Membantu dalam Melegakan Hidung Tersumbat

Semprotan hidung menggunakan obat tidak dianjurkan diberikan pada anak Anda. Sebagai gantinya disini Anda bisa memakai humidifier untuk membantu dalam mengatasi lendir yang ada pada hidung. Pilihan lainnya yaitu Anda bisa memakai tetes hidung salina atau semprotan yang membuat lendir tipis jadi lebih mudah untuk dikeluarkan atau dihembuskan.

  • Memperbanyak Istirahat

Istirahat extra bisa membantu anak Anda jadi cepat pulih. Anak Anda di rumah mungkin akan merasa sangat panas karena mengalami demam, maka sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang benar-benar nyaman untuk mereka dan hindari memakai selimut tebal ataupun pakaian yang berlapis secara berlebihan.

Karena hal tersebut akan membuat mereka jadi merasa lebih panas. Untuk membuat tubuh jadi lebih dingin, Anda bisa memandikan mereka dengan air hangat dan membuat rileks sebelum mereka tidur malam atau tidur siang hari.

  • Memberikan Minuman dan Makanan Hangat

Cara berikutnya agar Anda bisa mengatasi flu atau pilek pada anak yaitu dengan memberikan mereka minuman dan makanan yang hangat. Hal tersebut nantinya akan membantu dalam melegakan tenggorokan serta bisa membuat tubuh mereka jadi lebih nyaman.

  • Berikan Mereka Air Madu

Cara selanjutnya yaitu dengan memberikan mereka air madu. Madu memang memiliki banyak sekali khasiat, terlebih untuk sistem kekebalan tubuh. Namun penting untuk Anda ketahui sebaiknya menghindari pemberian madu untuk anak yang berada di bawah usia 1 tahun.

Ada banyak sekali gejala pilek yang terjadi pada anak. Dan masing-masing anak akan memiliki gejala yang bervariasi namun umumnya mereka menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut, antara lain yaitu:

  • Seringkali Bersin
  • Hidung yang berair atau tersumbat
  • Sakit telinga dan sakit tenggorokan
  • Mata yang merah
  • Sakit kepala
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Demam

Beberapa anak seringkali mengalami hilang nafsu makan, bahkan mungkin beberapa dari mereka juga merasa muntah ataupun mual. Tubuh akan terasa begitu tidak nyaman. Moms juga bisa mengoleskan minyak telon di tubuh si kecil agar merasa lebih hangat dan nyaman.

Gejala pilek umumnya berlangsung dari beberapa hari, bahkan hingga beberapa minggu. Namun kondisi demikian seringkali dapat pulih sepenuhnya tanpa ada masalah.

Namun sekalipun begitu, Anda perlu waspada dengan resiko terjadinya komplikasi. eperti radang tenggorokan, infeksi telinga, infeksi pada saluran nafas bawah, seperti pneumonia ataupun bronkitis. Jadi jika gejala pilek pada anak tidak kunjung reda, maka Anda dapat segera bertanya dan mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter.

Itu dia cara mengatasi pilek pada anak yang bisa kita lakukan Moms. Selamat mencoba!

Leave a Comment