5 Cara Mengatur Pendapatan Bulanan Yang Efektif

Masih menunggu gajian? Tiba-tiba bulan ini pengeluaran jadi lebih besar dari sebelumnya? Tergoda flash sale online shopping? Merasa nggak sih kalau gaji sering cepat habis? 

Gajian adalah salah satu momen yang paling Kak Niken tunggu-tunggu ketika masih berstatus sebagai karyawan. Biasanya nih, dua minggu sebelum gajian sudah bikin list keperluan apa saja yang mau di beli ^.^

Apalagi kalau ada iming-iming sale di akhir atau awal bulan. Hmm.. mulai deh lapar mata. Keinginan untuk membeli keperluan sekunder semakin tak terbendung. Alhasil, baru terima gaji beberapa hari lalu eh uang di ATM sudah menipis lagi. 

Itulah sebabnya kita perlu mengetahui cara mengatur pendapatan bulanan agar lebih efektif. Itu semua terlepas dari besar-kecilnya penghasilan. Apalagi saat sudah tidak bekerja kantoran dan kini lebih memilih untuk membuka usaha sendiri. 

Pendapatan bulanan tentu jadi tidak rutin. Bisa jadi bulan ini berlebih, namun bulan depan pas-pasan atau sebaliknya. Maka kita perlu menghindari kejadian-kejadian tak terduga dengan mengelola pendapatan bulanan secara bijak. 

Cara Mengatur Pendapatan Bulanan

Menurut M.Kharisma, seorang Independent Financial Planner dan Co-Founder Sipundi.id, begini cara mengelola gaji bulanan: 

1. Gunakan metode 50-30-20 

Dalam pengelolaan pendapatan atau gaji bulanan bisa menggunakan metode 50/30/20. Merupakan salah satu metode budgeting yang dapat membantu kita dalam pengelolaan gaji bulanan. 

Masing-masing gaji dialokasikan sebesar 50% untuk keperluan, 30% untuk gaya hidup, dan 20% untuk tabungan jangka panjang. Dengan metode ini, kita bisa membagi secara ideal pengeluaran untuk keperluan sehari-hari sambil menabung. 

Menggunakan metode ini juga perlu dilakukan secara konsisten agar menjadi kunci keberhasilan pengelolaan gaji. Pastikan metode ini tak hanya kamu terapkan pada bulan pertama, melainkan dipertahankan pada bulan-bulan berikutnya. 

  1. Buat Anggaran Bulanan 

Penting sekali untuk selalu merencanakan anggaran bulanan. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian.

Untuk kebutuhan primer seperti makan, transport, tagihan listrik, biaya sekolah anak, cicilan-cicilan  dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran entertainment.  

cara mengatur pendapatan bulanan
Cara mengelola pendapatan bulanan
  1. Atur Pengeluaran 

Pengeluaran adalah pasti! maka cara mengelola gaji atau pendapatan bulanan yaitu dengan memperhatikan dan cek kembali kesehatan pengeluaran yang selama ini telah kamu lakukan. Tanda keuangan sehat adalah jika pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan. Mengatur uang memang tidak mudah karena tergantung dari diri kita sendiri. 

Biasanya akan ada banyak godaan promo setelah gajian saat ini. Ditambah dengan semakin menjamurnya gratis ongkir, paylater, dan sejenisnya. 

Catatan penting yang harus digaris bawahi yaitu : mengatur pengeluaran dengan baik bukan berarti kita nggak bisa menikmati pendapatan yang sudah diperjuangkan. 

Semua itu tentu harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing personal. Membeli peralatan sesuai kebutuhan, bukan sekadar keinginan dan gengsi semata. 

  1. Miliki Asuransi 

Cara mengatur pendapatan bulanan selanjutnya yaitu dengan memiliki asuransi. Kita bisa memproteksi keadaan finansial saat hal-hal tak terduga terjadi. Ada beragam jenis asuransi, salah satunya, dengan perlindungan dari FWD Insurance kamu bisa #BebaskanlangkahBerani untuk kejar passion-mu tanpa perlu khawatir. 

Tersedia asuransi kesehatan, jiwa atau kecelakaan diri. O iya lagi ada diskon langsung premi/kontribusi 30% jika kita melakukan pembelian produk Asuransi FWD Insurance saat ini juga. 

Khusus untuk pembelian/kepesertaan produk asuransi : FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, Asuransi Bebas Handal & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) di ifwd.co.id. 

Akan mendapatkan nomor undian #ProteksiOn Lucky Draw untuk setiap kelipatan Rp 100.000,00 dari premi/kontribusi yang dibayarkan pada saat periode program “Promo Flash Sale 9.9” tanggal 9 September – 10 September 2021. Info lebih lanjut silahkan mengunjungi website ifwd.co.id. 

  1. Investasi 

Setelah kita sudah menyisihkan untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari. Ada baiknya menggunakan dana tersebut untuk investasi dengan mengikuti Asuransi, Reksa Dana, maupun membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi. Salah satu yang Kak Niken lakukan yaitu investasi Logam Mulia.

 Investasi berbeda dengan menabung. Kita bisa mulai berinvestasi melalui asuransi. Aktifkan FWD #ProteksiOn Lucky Draw! Siapkan perlindungan dengan beli produk asuransi FWD yang termasuk dalam program dari 26 Juli-31 Desember 2021.

Kita berhak meraih kesempatan menang Grand Prize Mobil Toyota Raize, Sepeda Brompton, iPhone 12 Pro, exclusive Workshop/Class with Expert serta hadiah menarik lainnya! 

Dapatkan 1 nomor undian untuk nasabah baru dan 2 nomor undian untuk nasabah existing di setiap Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) premi/kontribusi yang dibayarkan (berlaku kelipatan). 

Tentunya harus dilakukan selama periode kegiatan 26 Juli – 31 Desember 2021. Pilih produk asuransi dari FWD Insurance sesuai kebutuhan kamu melalui jalur Keagenan: FWD Critical Armor, Asuransi Bebas Rencana Optimal, FWD Legacy Protection dan Asuransi Bebas Handal. Cari tahu syarat & ketentuan program di sini https://www.fwd.co.id/proteksion. 

Jika kita sudah melakukan perencanaan keuangan dengan memperkaya literasi keuangan, jangan lupa untuk bersyukur. Tetaplah bijak mengelola pendapatan. 

Cara mengatur pendapatan bulanan ini wajib di praktekan agar kondisi finansial kita bisa lebih stabil. 

1 thought on “5 Cara Mengatur Pendapatan Bulanan Yang Efektif”

  1. penting banget untuk mempunyai asuransi. bisa disebut juga sebagai “investasi jangka panjang” juga
    aku sendiri sampai sekarang juga masih berusaha untuk nerapin rumus rumus pengeluaran keuangan, supaya ga bablas juga

    Reply

Leave a Comment