Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh ala Resep Sehat JSR

Menerapkan cara meningkatkan daya tahan tubuh tak bisa lagi dianggap sepele. Karena saat ini kasus Covid semakin melonjak dan kini virus pun bermutasi. Maka menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh adalah hal mutlak bagi setiap orang. 

Seminggu belakangan ini, setiap hari Kak Niken mendengar kabar ada teman atau keluarganya yang meninggal akibat virus Covid varian ‘India” Delta. Menerima kabar di whatsapp grup bahwa teman dan keluarganya sedang berjuang melawan virus dan disatu sisi ada juga yang terdampak secara ekonomi karena usahanya lagi-lagi harus gulung tikar. 

Sedih? Sudah pasti. Apalagi kami masih punya orangtua yang tinggal di kampung dan memiliki usaha ATK yang sedang sepi serta kami juga masih memiliki anak-anak usia sekolah. Rasanya sudah tak mampu membayangkan bagaimana pandemi ini kedepannya. 

Namun yang pasti bisa kita lakukan saat ini yaitu menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan mental dengan cara meningkatkan imunitas. Caranya juga bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti yang sudah banyak digunakan diluar sana. Lakukan 5M, memperhatikan asupan makanan, menerapkan pola hidup sehat, dan berolahraga.

cara meningkatkan daya tahan tubuh
sehat dan bugar

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh     

Perbanyak makan sayur dan buah

Mengonsumsi makanan tinggi serta serta mengandung antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Maka konsumsi sayur dan buah berwarna-warni sangat dianjurkan, misalnya: kiwi, apel, anggur, jeruk, bawang putih, aneka jamur, biji-bijian, dan lainnya. Ini juga seperti yang sering diungkapkan dalam buku resep sehat JSR. 

Cukup istirahat

Kita sering begadang? Maka mulai sekarang kurangi hal tersebut. Lakukan tidur berkualitas agar imunitas tetap terjaga. Karena tubuh yang terlalu letih rentan terhadap resiko penyakit.  

Rutin olahraga

Tak perlu berlama-lama olahraga, hanya butuh waktu sekitar 30 menit setiap hari dan rutin dilakukan itu sudah cukup. Lakukan dibawah sinar matahari pagi.

Menjaga kebersihan makanan

Masak makanan sendiri tentu lebih bisa menjaga tingkat higienitasnya. Mulai dari membersihkan, pengolahan makanan hingga menghidangkannya. 

Hindari stress

Sudah makin nggak betah di rumah aja akhirnya bikin jadi stress? Tapi tetap harus dilakukan. Gimana dong? Kita bisa melakukan berbagai hobi baru selama di rumah aja. Ini juga bagian dari relaksasi agar tidak mudah stress. 

Konsumsi suplemen

Pilih suplemen yang bisa meningkatkan imunitas tubuh dan memang cocok bagi kita.

Konsumsi Makanan atau Minuman Hangat

Makanan atau minuman hangat yang mengandung leboih banyak air wajib di konsumsi. Tujuannya agar dapat meningkatkan imunitas dan juga memperbaiki selaput lendir pada bagian dinding saluran pernafasan. 

Sebenarnya kesembuhan merupakan hak Allah SWt secara mutlak. Namun kita sebagai manusia wajib berusaha, diantaranya dengan konsumsi bahan-bahan alami yang memang sudah disediakan oleh alam. 

Kita tentu mengetahui tentang Jurus Sehat Rasulullah, dr. Zaidul Akbar, yang booming sekitar 5 tahun belakangan ini. Ada banyak resep yang beredar di internet untuk bisa sehat ala JSR. 

Disini Kak Niken mau kasih bocoran beberapa resep sehat ala Rasulullah yang di gaungkan oleh dr. Zaidul Akbar, yang disadur dari buku Resep Sehat JSR, 200 Resep Menyehatkan dr. Zaidul Akbar. Kebetulan banget beberapa bulan lalu baru aja launching lho ^.^.  Ini dia resep sehat untuk menjaga daya tahan tubuh kita.  

cara meningkatkan daya tahan tubuh
Buku Resep Sehat JSR

Resep Untuk Daya Tahan Tubuh

The Power of Six

Bahan:

  • 1 ruas jahe seukuran ibu jari orang dewasa
  • 1 batang serai
  • 1 ruas kunyit seukuran kelingking orang dewasa
  • Temu lawak ½ ibu jari orang dewasa
  • Kencur ½ kelingking orang dewasa
  • Kayu manis ¾ kelingking orang dewasa
  • 300 ml air
  • Madu
  • Jeruk nipis

Cara Membuat:

Rebus semua bahan sampai aromanya keluar. Setelah itu angkat dan tunggu sampai agak hangat. Setelah hangat tambahkan madu dan sedikit jeruk nipis. 

Ultimate Kunyit

Bahan:

  • 2 ruas kunyit seukuran kelingking orang dewasa
  • 2 ruas jahe seukuran ibu jari orang dewasa
  • ½ buah jeruk nipis lokal
  • Madi secukupnya
  • Seujung sendok garam nonrafinasi
  • 300 ml air

Cara Membuat: 

Geprek jahe dan kunyit kemudian rebuslah kedua bahan ini. Jangan sampai mendidik, cukup sampai tercium aroma wangi dan warna airnya sedikit berubah. 

Kemudian matikan kompor dan tunggu hingga agak hangat. Setelah hangat, bisa tambahkan madu, garam nonrafinasi, dan perasan jeruk nipis. Minumlah selagi hangat. 

Ramuan caara meningkatkan daya tahan tubuh ini selain dapat menguatkan tulang, insyaallah dapat memperbaiki sistem pencernaan. 

Jeruk Nipis Madu

Bahan: 

  • 1 buah jeruk nipis
  • Madu secukupnya

Cara Membuat: 

Cucu bersih dan potong-potong jeruk nipis. Kemudian campurkan perasan jeruk nipis dengan madu. Aduk hingga tercampur rata lalu ramuan siap diminum. 

Btw ini bisa untuk diet juga nggak ya? ^.^

Kopi Biji Kurma

Bahan:

  • Beberapa biji kurma

Cara Membuat:

Cuci bersih biji kurma dengan cara menggosok menggunakan tangan kemudian merendam beberapa kali dengan air panas. Setelah bersih, jemur biji kurma di bawah sinar matahari antara 7-10 hari, keringkan dan dinginkan, lalu giling. Setelah halus, kopi biji kurma siap dikonsumsi. 

Asam amino pada biji kurma sangat baik untuk meningkatkan imunitas serta metabolisme, asam dekanoat, miristat, palmitat, dan stearat.

Khasiat biji kurma diantaranya: memperbaiki gula darah, pencahar, melembutkan selaput lendir, dan meningkatkan nafsu makan. O iya sebagai catatan, untuk ibu hamil yang usia kandungannya 3 bulan, disarankan untuk tidak mengonsumsinya.

Resep Sehat JSR untuk anti virus
Resep Sehat JSR untuk anti virus

Menaikkan Imun dan Antivirus

Bahan:

  • 1-2 ruas kunyit seukuran telunjuk orang dewasa
  • 1 ruas lengkuas seukuran ibu jari orang dewasa
  • 5-7 lembar kayu secang
  • ½- 1 jeruk nipis
  • 1-2 sdm madu
  • Sedikit garam nonrafinasi
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

Iris tipis kunyit dan lengkuas. Kemudian rebus kedua bahan tersebut dan tambahkan kayu secang. Waktu untuk merebus tidak perlu terlalu lama atau bahkan air mendidih, cukup 2-3 menit saja. 

Diamkan hingga terasa hangat lalu tambahkan jeruk nipis, madu, dan garam nonrafinasi. Minumlah ramuan ini  1-2 kali sehari dalam keadaan perut kosong. 

Resep ini cocok juga untuk anti radang, antibiotik alami, dan lainnya. 

Beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh ala Resep Sehat JSR diatas sudah Kak Niken coba ikuti. Bagaimana dengan kamu? 

Leave a Comment