Cara Meningkatkan Traffic Blog Dengan Mudah

Pentingnya belajar cara meningkatkan traffic blog semakin diminati para blogger pemula. Tentu mereka menginginkan agar blognya memiliki pertumbuhan pengunjung yang bagus. Untuk itulah mereka berusaha membuat konten yang memiliki daya tarik untuk mendatangkan traffic.

Dua tahun lalu blog Kak Niken mati suri. Setelah membeli domain dengan nama kakniken.web.id, blog teronggok begitu saja di pojokan. Berdebu dan tak tersentuh. Kalau lagi ingat, ya dua bulan sekali diisi. Saat nggak ingat, hmm… nggak perlu dihitung deh ya. Xixi.

Akhirnya setahun lalu mulai menulis lagi di blog. Walau baru diisi sebulan sekali. Hmm.. kira-kira jika seperti itu, siapa yang mau baca? Apalagi saat itu belum memelajari bagaimana cara optimasi blog untuk menaikkan traffic. Boro-boro tahu traffic, paham apa itu kepanjangan dari DA, PA juga nggak.  Miris!

Menaikkan Page View Blog
Pentingnya Menaikkan Page View Blog

Masalah Para Blogger Yang Biasa Terjadi

Sebenarnya bagi sebagian blogger, meningkatkan traffic menjadi tantangan tersendiri. Coba bayangkan, untuk ngoprek daleman blog aja butuh belajar sana-sini, belum lagi mempelajari tentang SEO Onpage, SEO Offpage dan lain sebagainya. Banyak yang harus dibenahi, kalau kamu mengaku sebagai seorang blogger.

Karena penuh dengan tantangan, tak sedikit blogger yang tidak tahan dengan prosesnya.  Penting untuk kita ketahui bahwa kunci dari aktifitas nge-blog dan traffic yang tinggi ada pada konten. Jika kita memiliki konten yang bagus maka peluang untuk mendatangkan PV (page view) secara organik juga tinggi.

Malam tadi Kak Niken ikutan Marathon Coaching bersama tim dari Growthing.id dan BRT Network. Kebetulan temanya pas banget dengan yang saat ini dibutuhkan, tentang PV. Kak Niken  kecolek banget nih saat mbak Rini Novitasari pemilik blog Celoteh Dini Hari-salah satu narasumber, menyampaikan materinya. Ternyata masih ada lho blogger yang seperti ini:

  1. Banyak blogger yang mengabaikan jumlah PV/traffic blog
  2. Apa manfaatnya menaikkan PV?
  3. Bingung bagaimana meningkatkan PV
  4. Fokus ke Authority tapi lupa optimasi

Padahal saat kita sudah mulai melakukan monetisasi blog yang tak lain tujuannya untuk mendapatkan penghasilan, maka memelajari bagaimana PV (page view) bertumbuh dan menghasilkan, sangat penting dilakukan. Bagaimana cara mendatangkan traffic?

Tentang Page View

Kini semakin banyak pemilik usaha, brand atau agency yang berpatokan pada syarat jumlah pengunjung blog, bukan lagi pada DA atau PA untuk pekerjaan menulis. Maka PR selanjutnya sebagai blogger yaitu bagaimana cara meningkatkan traffic blog atau PV.

Page view (PV) merupakan jumlah halaman dari blog yang dibuka, baik itu oleh visitor manusia maupun visitor bot. PV juga merupakan tantangan halaman yang muncul di browser setiap pengunjung meng-klik satu tautan tertentu (dalam halaman yang dibuka).

Baca juga: Alasan Menulis Blog Bagi Perempuan

Meningkatkan traffic blog
Pentingnya meningkatkan traffic blog

Pentingnya Manaikkan Traffic/PV BLog

  1. PV tinggi harapan semua pejuang adsense
  2. Meningkatkan conversion rate
  3. PV tinggi menandakan blog dan konten berkualitas
  4. Meningkatkan ratecard (harga kita)
  5. Memperbesar peluang mendapat tawaran kerjasama

Biasanya beberapa pemberi kerja melakukan penawaran langsung melalui email atau whatsapp. Dari sana kita bisa memberi screen shoot performance satu bulan kebelakang. Kita juga bisa saling berkomunikasi dengan pemberi job tersebut.

Karena pemberi kerja, agency atau advertiser kini banyak memakai parameter PV atau traffic sebagai syarat blog yang layak diajak untuk kerjasama. Lalu, darimana sumber traffic?

Sumber traffic bisa didapatkan dari Google Analitik. Cek saja di bagian analitik > akuisisi > ringkasan. Dari situ bisa dilihat bahwa ada 4 bagian teratas sumber traffic yaitu: organic search, direct, social dan referral.

Organic search adalah sumber terbaik pada mesin pencari. Sedangkan direct yaitu saat ada orang lain yang membuka browser atau mengetik nama blog kita. Kalau direct kita tinggi, bisa jadi karena mereka ingat dengan nama blog kita atau memang kita sudah punya branding diri.

Untuk social, menandakan seberapa aktif kita share link di sosial media. Sedangkan referral biasanya karena pemasangan backlink atau guest post di blog oranglain.

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Cara meningkatkan traffic blog
Cara meningkatkan traffic blog
  1. Riset Keyword

Beberapa blogger perempuan akan menggunakan intuisi lebih dahulu. Ini terjadi jika kita ingin menulis sesuai keinginan, tak terpatok dengan tema tertentu. Kita juga bisa menggunakan google keyword planner seperti: keyword-planner, keywordtool.io, keywordfinder.io, atau Neil Patel.

Masukkan prediksi keyword, lihat seberapa banyak volume pencariannya. Penting untuk diingat, jangan mencari keyword yang search volumenya 0. Cari yang volume pencarian antara 100-1000 per bulan. Saat menggunakan volume pencarian kecil sebaiknya perbanyak artikel sejenis, kuantitas menjadi penting.

  1. Menulis artikel SEO dan Human Friendly

Untuk penjelasan ini sudah pernah kak Niken tulis di artikel sebelumnya. Bisa di cek pada judul artikel, Cara Menaikkan Domain Authority. Diulas lengkap disana. Oh iya, patut untuk diingat jika kita memasang eternal link, jika bentuknya bukan kerjasama berbayar, maka diharapkan memasang link dari Wikipedia atau sejenisnya.

  1. Link Building

Link building adalah sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link (tautan) menuju website kamu. Karena kualitas dan jumlah link yang menuju website kita merupakan salah satu faktor penting.

  1. Membuat Artikel Viral

Ini salah satu yang juga bisa kita lakukan. Biasanya artikel viral akan mendatangkan banyak traffic. Namun sebaiknya saat memutusakan menulis artikel viral, konsisten dilakukan. Agar pengunjung blog kita setia. Kita bisa cek di google trend untuk mencari berita apa yang sedang viral saat ini.

  1. Blogwalking

Biasanya dilakukan oleh para blogger dengan cara mengunjungi blog orang lain. Ini bisa jadi budaya agar terjalin interaksi dan silaturahim antara sesame blogger.

  1. Optimasi Pagespeed

Pernah nggak blog kamu loadingnya lama? Tentu bikin kesal ya. Ternyata memang pengguna internet di Indonesia akan meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik. Maka untuk memberikan user experience yang baik pada pengunjung blog, kita harus menyediakan blog dengan kecepatan loading tinggi.

Ada beberapa tools yang dapat digunakan untuk pengecekan, Pingdom, Geek Flare, GTMetri, WebPageTest dan Google Page Speed Insight.

  1. Desain Blog yang Menarik dan Navigasi yang Jelas

Biasanya pemilik blog perempuan akan mengedepankan estetika. Tentu tak ada salahnya. Asalkan terstruktur dan rapi dengan navigasi yang jelas.

  1. Kulik Search Console

Google Search Console (GSC) merupakan tool yang dikeluarkan oleh Google dengan tujuan memantau lalu lintas dan perkembangan sebuah website atau blog. Kita bisa cek, misalnya artikel sudah muncul di hlm 1, pada rank 10 namun yang klik hanya sedikit. Analisis yang bisa kita lakukan, mungkin saja artikel kita kurang menarik.

Bisa dari judul, meta description atau lainnya. Bagaimana cara memperbaikinya? Bisa lakukan perubahan judulnya atau klik bait bahkan memodifikasi artikel dan dibuat yang lebih menarik.

  1. Kulik Google Analytics

Pastikan kita sudah mendaftarkan blog di Google Analytics (GA)agar bisa di cek lebih detail. Kembangkan artikel yang paling banyak traffic dengan membuat related article. Caranya, buka Analytics > Behavior > Site Content > All Pages.

Ehh… ngomongin GA, ada yang tahu apa itu GA? Nah di sesi Marathon Coaching oleh mas Bahrul Ilmi, dibahas nih tentang GA. Google Analytics merupakan tools gratis dari google untuk memantau pergerakan trafik blog kita.

Sumber Traffic Kak Niken 1 bulan
Sumber Traffic Kak Niken 1 bulan

Kenapa Harus Pasang Google Analytics?

  1. Mengetahui trafik blog
  2. Mengetahui sumber trafik
  3. Evaluasi konten
  4. Memahami audiens

Beberapa menu wajib Google Analytics untuk blogger diantaranya: realtime, audience, acquisition, behavior dan insight.

Tujuan kita membuat blog adalah menjaring lebih banyak pengunjung dengan mengetahui cara meningkatkan traffic blog. Agar tulisan kita juga bisa bermanfaat bagi banyak orang. Pageviews yang tinggi tandanya kita sukses menarik perhatian pembaca dengan konten yang berkualitas.

Alhamdulillah Kak Niken perlahan belajar optimasi blog dan tak lupa mengisi konten dengan artikel  secara rutin, maka pengunjung semakin bertambah tiap bulannya. Tentu pencapaian ini sudah naik satu tingkat bagi blog Kak Niken. Semoga terus bertumbuh.

 

 

 

25 thoughts on “Cara Meningkatkan Traffic Blog Dengan Mudah”

  1. Sharingnya bagus banget. Naikin traffic juga masih pr buat saya. Banyak hal yang harus dibenahi jika pengen jadi blogger yang sesungguhnya. Dulu saya ngeblog juga cuman nulis aja. Nggak peduli sama DA PA hehe. Makasih Kak Niken :))

    Reply
  2. wah terima kasih tipsnya mbak niken
    saya termasuk orang yang kurang perhatian dengan traffic
    tapi kalau ingat membangun blog itu juga dengan susah payah
    akhirnya jadi semangat lagi deh

    Reply
  3. Resumenya lengkaaaaap banget. Berasa kayak udah ada di supermarket. paket lengkap. Nice sharing kak Niken. Btw aku jg masih kendala di riset keyword, baru tahu artinya CPC dan volume pencarian itu ternyata ngefek banget.

    Reply
  4. Nah. Ini yang aku tunggu-tunggu. Haha. Malam pertama Marathon Coaching gak bisa ikut padahal pas materinya esensial banget: pageviews. Terima kasih, Kak Niken.
    Salam kenal dari akuh, Muna Fitria a.k.a @mamahfaza

    Reply
  5. Targetku sejak awal bulan ini nih, PV. Minimal 5k sebulan tapi ini masih otw. Aku suka banget materi optimasi artikel, terutama artikel lama, ternyata ngefek banget ya. Dan merasa rugi juga udah di WP tapi PV masih cetek padahal ada plugin yang memudahkan optimasi

    Reply
  6. GSC dan Google Analytics saya bermasalah hiks, ga bisa diakses Akhirnya cuma mengandalkan statistic dari blogspot. Lumayan lah

    Reply
  7. PV tinggi adalah impian semua blogger. awal2 aja ngomongnya yg penting nulis, dibaca org sdh hepi. apalagi pas lolos adsense, langsung pengin page 1. uhuy!

    Reply

Leave a Comment