Cara Merawat Mobil Tua Yang Benar dan Mudah

Cara merawat mobil tua itu sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang apabila kamu tahu dan paham mengenai mesin dan akan susah jika kamu malas-malasan untuk merawatnya meskipun hanya sekedar mencucinya.

Pengalaman Kak Niken dan suami pernah punya mobil tua, keluaran tahun 1995. Secara fisik dan body sih menurut kami nggak ada tandingannya. Kokoh dan awet. Namun memang untuk sparepart ada beberapa yang cukup sulit kalau mau cari aslinya sehingga biasanya kami menggunakan produk rekanan.

Memang benar untuk mobil tua butuh penanganan khusus. Karena mobil tua yang dirawat dengan baik justru nilainya semakin tinggi daripada mobil umumnya, sebab mobil tua itu sangat langka. Selain itu, mobil yang dinyatakan sudah tua, biasanya memiliki nilai historis dan jarang untuk dijual oleh si pemiliknya.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki mobil tua bahkan sudah bertahun-tahun di garasi rumah, ada baiknya rawat dan jaga mobil tersebut. Masih bingung cara merawatnya? Tenang! Kali ini akan membahas seputar merawat mobil tua yang benar, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Merawat Mobil Tua
Pict by thebalance.com

Inilah Cara Merawat Mobil Tua yang Benar dan Mudah Agar Lebih Awet

Biasanya pemilik mobil tua adalah mereka yang tidak memandang kendaraan tersebut dari teknologinya, namun dari segi tampilan dan keunikannya. Pasalnya, mobil tua itu membutuhkan perawatan yang khusus dan tidak sama layaknya mobil masa kini.

Sehingga kita tidak boleh sembarangan dalam melakukan perawatan mobil tua tersebut. Sebab, jika terdapat kesalahan yang fatal justru akan membuat mobil tua tersebut memiliki nilai yang semakin menurun.

Meskipun mobil tua sudah tidak diproduksi lagi, namun teknologi ini masih menjadi salah satu primadona tersendiri bagi sebagian orang. Mobil tua sangat langka adanya sehingga memiliki nilai historis tinggi sehingga cara merawat mobil tua itu sangat penting.

Kamu merasa bingung? Otoklix jawabannya, ini merupakan sebuah platform yang berfokus di automotive aftermarket domain. Otoklix bukanlah tempat service mobil, melainkan sebuah platform yang berguna untuk booking service.

Di Otoklix memiliki pelayanan terbaik dalam merawat maupun memperbaiki segala jenis mobil dengan mudah. Perawatan tersebut seperti service berkala, ganti ban, oli, sampai cuci kendaraan.

Bahkan Otoklix juga bermitra hingga lebih dari 1000 bengkel umum pilihan di wilayah Jabodetabek dengan harga lebih hemat. Menariknya lagi saat kamu melakukan service, kamu bisa melakukan pembayaran melalui bengkel mitra.

Cek Mobil Secara Rutin

Cara merawat mobil tua yang pertama adalah rajin-rajinlah kamu untuk melakukan pengecekan mobil secara berkala. Ini bertujuan supaya bisa memastikan performa mesin tidak turun drastis.

Maklum saja, sebab mobil tua lebih rentan berhenti di tengah-tengah jalan dan terkadang tidak mau menyala ketika akan digunakan. Oleh karena itu, perawatan yang tepat adalah kamu harus melakukan tune up.

Selain itu, juga dengan mengganti komponen mesin yang sudah mengalami kerusakan dan harus segera diganti. Sehingga kamu bisa langsung mengganti komponen mesin tersebut apabila sudah tidak layak untuk dipakai.

Cek Bagian Eksterior

Apabila mobil tidak pernah dirawat sama sekali, maka kondisinya semakin lama akan terlihat kotor dan semakin tua. Oleh sebab itu, kamu harus bisa merawatnya secara teratur dari kotoran yang menempel.

Perhatikan pada bagian kaca depan, kaca pintu, dan kaca bagian belakang mobil, pasti akan ada debu yang menempel banyak jika tidak dibersihkan. Sehingga kamu harus mencucinya dengan menggunakan shampo khusus dan kain lap agar debu tidak menempel. Perhatikan juga bagian velg dan ban. Jika velg sudah berkarat, segera ganti.

Bersihkan Bagian Dalam Mobil

Cara merawat mobil tua selanjutnya selain hanya bagian luarnya saja, sekarang pindah ke bagian dalam atau interior mobilnya. Kamu bisa membersihkan jok mobil secara teratur supaya terhindar dari debu dan kotoran menempel yang bisa menyebabkan pudar warna.

Lebih baik gunakan cover jok supaya bisa menjaga kondisinya agar lebih awet serta terhindar dari kotoran seperti debu dan bakteri. Jangan lupa bersihkan kaca bagian dalam menggunakan kain agar debu yang menempel bisa hilang.

Ganti Oli Secara Berkala

Kamu harus bisa merawat kendaraan dengan cara mengganti oli, sebab mobil tua lebih boros dan cepat mengental. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bisa mengganti oli dengan jenis yang memiliki tingkat kekentalannya SAE 10-40 W.

Oli sekental ini memang sangat diperlukan terutama mobil tua karena bagian rongganya lebih jauh supaya tidak mudah aus. Sehingga keberadaan oli ini sangat penting karena berhubungan dengan kinerja mesin mobil tersebut.

Mengingat karena usianya yang sudah tua tentunya akan lebih rentan dan tidak seperti pada jenis mobil-mobil masa kini. Sehingga kamu selalu perhatikan oli tersebut. Jika perlu diganti, sebaiknya langsung ganti saja.

Gantilah Timing Belt

Pada kendaraan mobil ada yang namanya Timing Belt atau sering disebut sebagai Timing Chain, sehingga cara merawat mobil tua ini sebaiknya gantilah Timing Belt tersebut. Pasalnya, komponen ini akan menghubungkan camshaft dan crankshaft supaya katup-katup mesin dapat membuka dan menutup pada waktu yang tepat.

Selain itu, Timing Belt ternyata juga dapat putus. Jika hal ini terjadi, maka akan berpengaruh pada katup atau klep menjadi bengkok dan rusak. Apabila sudah demikian, maka mobil akan mulai turun bagian mesinnya.

merawat mobil tua yang benar
Pict by HSR Wheel

Menangkan Hadiah di Otoklix

Ada kabar terbaru nih untuk kamu, jika kamu suka menulis dan tahu mengenai bidang otomotif bisa langsung menyalurkan hobi maupun kreasimu di dalam Blog Competition by Otoklix. Kamu berkesempatan untuk memenangkan hadiah uang puluhan juta, voucher service, dan voucher jajan dari Otoklix.

Kontes ini sudah mulai dibuka sejak tanggal 1 Maret sampai dengan 30 Juni mendatang. Untuk pengumuman kemenangan akan berlangsung pada 14 Juli 2021.

Caranya cukup mudah, kamu wajib memiliki website pribadi dan mendaftar melalui akun resmi Otoklix. Ikuti pula akun Instagram dan Facebook mereka. Tema dalam kontes ini adalah Otoklix sebagai partner service dan perawatan mobil terpercaya.

Cara merawat mobil tua cukup mudah bukan? Kamu bisa melakukannya mulai dari sekarang agar mobilmu tetap awet dan memiliki nilai historis tinggi karena untuk berburu mobil impian saat ini harus dipertimbangkan dengan baik. Jangan lupa untuk ikutan kontes blog di Otoklix.

 

Leave a Comment