Cara Mudah Mengontrol Berat Badan Tanpa Diet

Anda mempunyai kesulitan untuk mengontrol berat badan? Berkali-kali diet namun tak membuahkan hasil? Ya… Mengatur berat badan merupakan masalah umum bagi semua orang. Apalagi seorang wanita. Banyak melakukan diet ketat agar berat badannya tetap ideal. Tetapi banyak yang kurang puas hasil diet ketat mereka.

Namun, tahukah Anda ada berbagai cara yang mudah dan sehat untuk mengontrol kelebihan berat badan? Menerapkan pola hidup sehat juga bisa menjadi hal utama untuk menjaga kesehatan.

Selain hal itu, mencegah risiko penyakit berbahaya akibat penumpukkan lemak juga sangat penting. Anda bisa mengontrol makan makanan yang sehat. Namun, tidak perlu menerapkan diet ketat yang dapat menyiksa tubuh Anda.

Karena pada kenyataannya hal itu tidak efektif. Dalam mengatur berat badan, Anda hanya perlu komitmen dan disiplin dalam melakukannya. Tidak lupa juga niat, karena tanpa niat Anda akan mudah tergoda oleh sesuatu yang dapat membuat berat badan Anda menambah.

Menurunkan berat badan baik untuk remaja maupun dewasa memiliki beberapa cara.  Semua perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Ketahui bagaimana cara mengontrol berat badan Anda. Simak baik-baik!

Cara Mudah Dan Sehat Mengontrol Berat Badan

1.    Olahraga

Olahraga adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan menjaga berat badan Anda. Olahraga dapat menjaga bentuk tubuh ideal Anda, membuat tubuh menjadi segar bugar, dan membakar kalori. Anda juga dapat membangun kekuatan otot dengan latihan setiap hari.

Luangkan waktu Anda setidaknya 10 menit untuk berolahraga, atau 3 kali dalam seminggu. Ikutilah latihan olahraga seperti gym, yoga, senam, angkat beban atau olahraga yang lain. Jika Anda sedikit malas pergi terlalu jauh dari rumah, Anda bisa jogging, melakukan peregangan badan di rumah, lari di sekitar rumah, menari, dan lainnya.

baca juga : Sehat dengan Modal Minim, Tanpa Harus Pergi ke Gym

2.    Jaga Pola Makan

Hal yang paling penting setelah olahraga adalah menjaga pola makan. Anda harus memilih makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda, seperti protein, lemak, karbohidrat, dan serat. Batasi makan makanan yang mengandung gula tinggi, tinggi kolesterol dan tinggi lemak.

Makanlah makanan yang sehat seperti, sayuran, buah, sereal gandum, makanan yang mengandung serat tinggi agar tidak mudah lapar, atau oatmeal. Ketika ingin makan camilan juga pilihlah camilan yang sehat, seperti yogurt, kacang-kacangan, salad buah, jus buah, dan lain-lain.

Selain makanan diatas, beberapa orang juga mengkonsumsi multivitamin. Ini dikarenakan salah satu kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam multivitamin dapat mengimbangi pola makan kita yang kurang sehat.

3.    Sarapan

Sarapan mampu meningkatkan energi pada pagi hari. Mengurangi keinginan Anda untuk memakan cemilan yang tidak sehat. Membantu Anda agar tidak kelaparan di siang hari. Dampaknya, mengurangi mengkonsumsi makanan berlebihan saat siang hari.

Menu sarapan yang sehat dan mudah dibuat adalah oatmeal, roti gandum, telur, atau buah-buahan. Hal ini dapat mengontrol berat badan Anda.

Baca juga : Herbamuno+, Tradisi Dengan Teknologi Untuk Imun Kuat Indonesia Sehat

Mengontrol berat badan
pict by lifepack.id

4.    Tidur Cukup

Selain menjaga pola makan, Anda juga perlu menjaga waktu tidur dengan baik. Tubuh Anda membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Ketika waktu tidur berkurang, produksi hormon ghrelin dapat merangsang nafsu makan meningkat.

Efeknya, Anda tidak dapat mengontrol makan Anda dan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Tentunya itu merusak pola makan Anda.

Baca juga : Tips Tidur berkualitas untuk Meningkatkan Produktivitas Perempuan

5.    Jaga Porsi Makan

Jaga porsi makan Anda. Jangan berlebihan makan dan juga tidak perlu terlalu sedikit. Anda dapat menggunakan piring, piring, atau gelas kecil untuk mengurangi porsi makan yang berlebihan. Bisa juga Anda menggunakan sumpit untuk mengingat porsi makan yang sesuai.

Selain yang disebutkan diatas ada juga nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya vitamin C. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C  tak hanya digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh tapi bisa juga untuk meurunkan berat badan.

Karena dengan jumlah vitamin C yang cukup ternyata dapat mengoksidasi 30% lemak lebih banyak saat kita rutin olahraga. Vitamin C ini diperlukan untuk proses metabolisme tubuh yang berhubungan dengan pembakaran lemak.

Baca juga : Melangsing Bersama Pome Apple Cider Vinegar Gummy

Itulah 5 cara dalam mengontrol berat badan tanpa diet yang menyiksa. Kuncinya adalah Anda harus disiplin dan istiqomah dalam menjaga pola makan dan porsi makan. Olahraga yang rutin juga sangat membantu, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

2 thoughts on “Cara Mudah Mengontrol Berat Badan Tanpa Diet”

Leave a Comment