Cara Pintar Memilih Keju Cheddar Melalui Kampanye #KejuAsliCheck

Event memilih keju cheddar melalui kampanye bertajuk #KejuAsliCheck dari KRAFT bikin Kak Niken ingat kejadian satu tahun lalu. 

“Bunda, adik kangen kastengel buatan eyang.” ujar anak kedua Kak Niken menjelang lebaran tahun lalu. “Adik mau minta dibuatkan kastengel sama eyang. Kita kapan main ke rumah eyang di Yogya?” tanyanya kemudian. 

Sudah dua kali lebaran, kami batal mudik menemui orangtua di kampung. Kondisi pandemi ini membuat kami mengurungkan niat untuk pergi silaturahmi di saat Idul Fitri. 

Tiba-tiba air mata ini mengalir, teringat ketika dahulu ibu (eyangnya anak-anak) seringkali bilang, “Kalau bikin kastengel, kasih aja keju KRAFT. Rasa kejunya lebih enak.” Ya… Momen masak bersama dan saling berbagi resep itulah yang membuat kami kangen. 

Dalam hati, Kak Niken berkata, “Ok, Aku harus lebih sering mengajak anak-anak ikut dalam kegiatan masak-memasak bersama.” Hingga suatu hari Kak Niken berkata pada adik Kay, “Dik, kita coba bikin macaroni cheese yuk?” 

“Emangnya Bunda bisa?” tanyanya heran. “Oh iya, kita kan bisa lihat resepnya di Google bun.” katanya sambil nyengir. Anak satu ini memang mengerti kalau bundanya nggak hobi masak. Kalau masak biasanya sambil buka handphone untuk nyontek resep masakan. Mulai dari bikin bubur ayam hingga kue rambutan tanpa oven juga hasil nyontek di website khusus resep masakan ^.^

Akhirnya kami membuat masakan macaroni cheese bersama, karena mudah dibuat dan salah satu bahan keju cheddar dari Kraft juga sudah tersedia di rumah. 

Komposisi keju cheddar KRAFT
Keju cheddar

Fakta Produk Keju Cheddar

Seperti yang kita tahu bahwa keju merupakan olahan susu yang banyak digemari. Selain lezat dan memiliki cita rasa yang unik, keju juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. 

Keju biasanya disajikan bersama dengan makanan lain sebagai pelengkap ataupun sebagai bahan utama masakan. Saat ini olahan keju makin bervariasi mulai dari kue, salad, nasi goreng, dan masih banyak olahan lainnya. Maka tak heran jika peminat keju tidak pernah sepi.

Wow…. segitu larisnya. Namun, membuat Kak Niken semakin penasaran. Apakah mereka terbiasa melihat label pangan pada kemasan? Apakah para ibu itu tahu bagaimana cara memilih keju cheddar yang baik?

Berdasarkan siaran press “Dukung Pemenuhan Nutrisi Buah Hati, KRAFT Luncurkan #KejuAsliCheck”, terungkap fakta menarik. Berdasarkan hasil survey keju cheddar KRAFT pada 50% responden ibu-ibu. Mereka mengonsumsi keju antara 1 hingga 7 kali per minggu.

Namun terdapat 61% ibu yang tidak tahu bahwa tidak semua produk keju cheddar yang beredar di pasaran berbahan utama keju cheddar asli. “Ada 48% ibu tidak tahu bagaimana cara membaca label komposisi dengan baik.” kata Dian Ramadianti, Senior Marketng Manager KRAFT.  

Maka sebagai Ibu pintar, kita butuh panduan untuk memilih produk keju cheddar berkualitas dengan komposisi yang tepat. Agar para ibu dapat memastikan kandungan gizi yang tepat dan optimal untuk proses tumbuh kembang anak-anaknya. 

Keju asli check dari KRAFT
Keju asli check dari KRAFT

Cara Memilih Keju Cheddar Yang Baik

Jika kita ingin membeli keju, pastikan memilih keju dengan kualitas yang baik dan juga sesuai dengan kebutuhan. Kampanye Keju Asli Check dari KRAFT membagikan tips pintar untuk memilih produk keju cheddar yang benar, yaitu : 

  • Pastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung)

  • Memiliki klaim nutrisi pada kemasan

Wow…. hanya dengan 2 kunci utama diatas, keju cheddar KRAFT sudah memenuhi kebutuhannya. Karena komposisi pertama keju cheddar KRAFT ini terbuat dari bahan utama keju asli New Zealand sebagai sumber nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, serta sumber protein dan Vitamin D.

Selain 2 cara diatas, Kak Niken juga mau menambahkan tips untuk memilih keju cheddar, diataranya : 

  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Keju memiliki banyak sekali jenis. Mulai dari keju untuk bahan makanan biasa, campuran kue, campuran roti, minuman dan banyak lagi. Oleh karena itu, sebelum memilih keju pastikan kita mengetahui kegunaan dari jenis keju tersebut. 

  • Perhatikan Tekstur Keju

Cara memilih keju berikutnya adalah dengan memperhatikan tekstur keju. Setiap varian keju memiliki tekstur yang berbeda-beda. Pastikan kita mengetahui teksur asli dari jenis keju yang diinginkan. Dengan begitu, kita dapat meneliti apakah keju yang akan dibeli memiliki tekstur yang wajar sesuai yang seharusnya. Apabila teksturnya tidak wajar, kita dapat menghindari untuk membelinya.

  • Cek Warna Keju

Pada umumnya keju memiliki warna  kuning. Keju yang berkualitas baik biasanya memang memiliki warna kuning, namun bukan kuning tua. Kita juga harus memastikan bahwa bagian bawah keju tidak berwarna hitam. Keju yang berwarna hitam berarti telah basi dan berjamur. 

Keju memang rentan berjamur apabila cara penyimpanannya tidak tepat.  Meski begitu, tidak semua keju yang berwarna hitam adalah keju yang berjamur. Ada jenis keju yang memang memiliki warna dengan variasi bintik-bintik hitam. 

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencari tahu warna asli keju yang kita inginkan sebelum membelinya. Dengan begitu kita bisa langsung mengenali kualitas keju berdasarkan warna aslinya. Seperti halnya keju cheddar yang malah memiliki warna asli kuning tua dan keju mozzarella yang malah memiliki warna asli pucat. 

  • Cek Tanggal Kadaluarsa Keju

Tidak hanya keju, sebenarnya sebelum membeli apapun ada baiknya untuk mengecek tanggal kadaluarsa produk yang ada pada kemasan. Meskipun keju masih memiliki warna dan tekstur yang baik, namun apabila sudah mencapai tanggal kadaluarsanya pastikan kita tidak membelinya. Keju yang sudah kadaluarsa dapat dipastikan tidak layak dikonsumsi.

  • Cek Aroma Keju

Cara memilih keju yang terakhir adalah dengan mengecek aromanya. Keju dengan kualitas baik memiliki aroma yang khas sebagaimana keju pada umumnya. Apabila kita hendak membeli keju, namun aroma yang dikeluarkan tidak sedap maka hindarilah untuk membelinya. Aroma tidak sedap yang berasal dari keju biasanya disebabkan oleh jamur ataupun bakteri. 

Kemasan dan label Keju KRAFT
Kemasan dan label Keju KRAFT

Rahasia Nutrisi dan Kelezatan KRAFT Cheddar

Dengan mengetahui tips memilih keju diatas memudahkan kita untuk memilih keju cheddar. Keju cheddar dari KRAFT juga memiliki rasa lezat dengan rasa gurih keju yang khas. Paling penting nih, keju cheddar KRAFT tanpa perisa tambahan.

Nggak salah sih kalau para ibu mengajak keluarganya untuk mengonsumsi keju cheddar KRAFT secara rutin. Klaimnya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Juga sebagai sumber vitamin D dan protein untuk menunjang tumbuh kembang anak. 

Badan POM juga memberikan apresiasi terhadap kampanye #KejuAsliCheck dari KRAFT. “Jadilah Konsumen yang cerdas dengan tidak lupa checklist, Cek kemasan, Cek label, cek izin edar dan cek kadaluarsa,” kata Dra. Indriemayatie Asri Gani, Apt selaku Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Konsumen Badan POM

So, keju cheddar KRAFT merupakan pilihan tepat bagi Ibu pintar untuk menyajikan hidangan lezat penuh nutrisi bagi keluarganya. Bagi Ibu-ibu yang penasaran ada resep masakan aja dari keju KRAFT, berikut ini Kak Niken rekomendasikan dari website resminya, www.bundakraft.com. 

Olahan Makanan Keju Cheddar dari KRAFT

Di website bundakraft.com kita bisa mendapatkan rekomendasi menu pembuka, menu utama, menu penutup serta kue. Mulai dari olahan nasi, puding, cake, kue-kue hingga minuman juga ada. Salah satu contoh menu utama yang kami buat yaitu Macaroni KRAFT, ini dia resepnya : 

cara memilih keju cheddar
cara memilih keju cheddar

Macaroni Cheese KRAFT

Bahan : 

40 gram makaroni rebus, tiriskan

1 sdt mentega

50 gr sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil (jagung, wortel, dan buncis)

100 ml susu

45 gr KRAFT cheddar, diparut

Sedikit merica dan garam

Cara Membuat : 

  • Lumerkan mentega. Masukkan sayuran, makaroni, aduk lalu tuangkan susu, garam, merica, dan KRAFT cheddar. Aduk rata hingga kental kemudian angkat. 
  • Taburi keju cheddar KRAFT yang sudah diparut pada bagian atasnya. Lalu hidangkan. 

Nyam…. Anak-anak suka banget Macaroni KRAFT ini, apalagi kalau banyak topping kejunya. Masih banyak lagi ide masakan sehari-hari lainnya seperti : Japanese Cheese Cake KRAFT, Saju Keju KRAFT Cadbury, Bakwan Bihun KRAFT, Es Kopyor KRAFT, Puding Biskuit Vla Keju KRAFT, Nasi Ayam Jamur KRAFT, dan masih banyak kreasi menu lainnya. 

Itulah ulasan mengenai cara-cara memilih keju yang baik serta olahan menu mengunakan keju KRAFT cheddar. Semoga artikel ini membantu para Ibu pintar untuk mendapatkan keju dengan kualitas baik dengan membaca label kemasan. Bagi kami, makan olahan dari keju juga mengingatkan pada momen kebersamaan dengan keluarga yang penuh kehangatan. Kreasi sajian spesial keluarga, KRAFT-in aja!

 

Video Youtube by. Kejumoo KRAFT

17 thoughts on “Cara Pintar Memilih Keju Cheddar Melalui Kampanye #KejuAsliCheck”

  1. Ibu bijak selalu pintar memilih barang yang dibeli, termasuk keju..
    Selain padat nutrisi, keju KRAFT cheddar rasanya gurih lezat, disukai semua usia. Semoga kampanye keju asli check ini diperpanjang ya…

  2. Bun, lagi-lagi saya dapat resep lagi nih. Hehe … izin save ya mana tahu bisa recook suatu hari nanti. Memang kalau suka ngebaking nih kudu mesti tau ya kan mana aja bahan berkualitas. Salah satunya dengan pemilihan keju.

  3. Jadi inget eyangnya anak-anak yang sudah nggak ada. Ibu memang tahu segala yang terbaik, ya. Sejak dulu tahu kalau KRAFT itu mengandung keju cheddar sebagai bahan utama, bukan air atau tepung.

  4. Keju Kraft Cheddar itu selain membuat makanan lebih enak, bahan utamanya juga benar-benar dari keju cheddar bukan air atau tepung. Jadi kita bisa memenuhi kebutuhan kalsium buah hati.

  5. hmmmm kayaknya macaroni cheese nya enak nih…. apalagi kalau dibuatin dan saya tinggal makan aja hihihihi….. yang jelas apapun kalau diparutin keju cheddar Kraft jadi enaaaak ya mba. berkualitas soalnya nih keju asli bukan kaleng kaleng

Leave a Comment