Cara Verifikasi Akun Instagram Untuk Mendapatkan Centang Biru

Saat ini salah satu sosial media yang telah mencapai pengguna aktif sebanyak 1 milyar user dari seluruh dunia dalam periode bulanan adalah Instagram. Tentu user dari sosial media Instagram ini tidak hanya banyak digunakan kalangan artis/selebriti, tokoh terkenal, public figure namun juga pejabat negara dan top manajemen perusahaan.  

Tentu dimana ada kerumunan maka ada potensi terjadi pemalsuan identitas dengan menyerupai atau membuat akun palsu yang mengatasnamakan tokoh terkenal. Seringkali akun palsu ini digunakan untuk menyebarkan berita bohong, menipu dan kejahatan lainnya. 

Tentu pihak provider dalam hal ini Instagram memberikan sebuah fitur sebagai solusi resiko diatas. Namanya fitur logo centang biru, atau lencana biru, atau juga sering disebut verified badge. Dengan adanya fitur ini , maka si pemilik akun tidak akan khawatir lagi akan keberadaan akun-akun palsu. 

Sebagai pengguna Instagram tentu menjadi sebuah keamanan saat mereka dapat mengetahui akun resmi personal atau brand kamu. Tidak menjadi sebuah masalah akan tipu muslihat akun-akun palsu. 

Cara Verifikasi Akun Instagram

Tentu cara verifikasi akun Instagram sangat mudah sekali dilakukan. Bisa dilakukan melalui aplikasi resmi Instagram. Tentu pastikan bahwa akun anda sudah memenuhi segala prasyarat yang di minta oleh Instagram. 

  1. Login Akun Instagram Melalui Smartphone, lakukan login biasa melalui akun Instagram yang anda miliki
  2. Masuk Halaman Profil, silahkan masuk ke halaman profil akun yang ingin ada request verifikasi
  3. Pilih Menu Logo Garis Tiga, di bagian pojok kanan atas ada logo 2 garis yang bisa kalian klik untuk masuk menu pengaturan.
  4. Pilih Menu “Pengaturan”, jika dalam bahasa inggris “Settings” biasanya di wakili oleh logo roda gigi.
  5. Pilih Menu “Akun”,  jika dalam bahasa inggris “Account” biasanya di wakili oleh logo profil.
  6. Pilih Menu “Ajukan Verifikasi”,  jika dalam bahasa inggris “Request Verification”.
  7. Isi Data Pada Formulir yang sudah di sediakan oleh Instagram dan klik
  8. Kirim atau Submit
  9. Selesai dan Tunggu

Step by Step Verifikasi Akun Instagram Beserta Gambarnya

  1. Login Akun Instagram

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah untuk masuk ke dalam akun Instagram kamu melalui aplikasi Instagram.

  1. Buka Bagian Halaman Profil

Selanjutnya, buka bagian halaman profil dengan cara ketuk logo di bagian kanan bawah aplikasi Instagram.

  1. Ketuk Logo Garis Tiga

Lalu ketuk logo garis tiga di kanan atas bagian halaman profil akun kamu.

  1. Ketuk Pengaturan

Setelah itu, silakan ketuk pengaturan yang berada di paling bawah dengan logo roda bergigi.

  1. Ketuk Akun

Pada bagian pengaturan, silakan ketuk tulisan ‘Akun.’

  1. Ketuk Minta Verifikasi

Pada bagian akun, silakan ketuk tulisan ‘Minta Verifikasi.’

  1. Isi Formulir

Silakan isi data-data dengan lengkap pada formulir yang telah disediakan oleh pihak Instagram.

  1. Ketuk Kirim

Jika sudah selesai mengisi data-data pada formulir sebelumnya, silakan ketuk tulisan ‘Kirim.’

  1. Selesai dan Tunggu

Langkah terakhir adalah kamu harus menunggu ajuan verifikasi kamu diperiksa oleh pihak Instagram.

4 Syarat Untuk Verifikasi Instagram

Instagram memiliki kententuan dan syarat-syarat untuk memverifikasi akun tersebut. Berikut ini adalah syarat yang harus dilakukan sebelum mengajukan verifikasi Instagram.

Tentu untuk mendapatkan lencana verifikasi ada beberapa persyaratan yang diminta oleh Instagram. Melalui situs resminya Instagram memberikan 4 syarat utama yang harus dipenuhi. 

Autentik 

Akun harus mewakili orang, bisnis, atau entitas terdaftar yang nyata.

Unik

Akun harus secara unik mewakili keberadaan orang atau bisnis terkait. Hanya satu akun untuk setiap orang atau bisnis yang bisa diverifikasi, kecuali akun dengan bahasa tertentu. Instagram tidak memverifikasi akun minat umum (misalnya: @puppymemes).

Lengkap

Akun harus bersifat publik dan memiliki bio, foto profil, serta minimal satu postingan. Profil juga tidak bisa mencantumkan tautan “tambahkan saya” ke layanan media sosial lainnya.

Terkenal

Akun harus mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari. Instagram meninjau akun yang ditampilkan di berbagai sumber berita dan tidak mempertimbangkan konten berbayar atau promosi sebagai sumber peninjauan.

Syarat lainnya dari Instagram

Public Figure, Tokoh Terkenal, atau Perusahaan Ternama, disini makna ternama agak bias, karena kita tidak bisa menghitung nilai ketenaran. Namun Instagram sudah memiliki standart nya sendiri dalam konsep terkenal menurut mereka.

Dari Head Of Instagram, Adam Mosseri, dia secara eksplisit dalam beberapa kali event resmi antara Instagram dan Creator menyatakan. Konsep terkenal yang dipakai oleh instagram adalah. Terdapat artikel ulasan dari situs terpercaya mengenai personal atau brand perusahaan kamu.

Untuk artikel dari situs terpercaya bisa anda pesan di Jasa Press Release Terpercaya dengan budget minimal anda akan mendapatkan coverage media dari 40 media online nasional terpercaya seperti detik, tribun, kompas, suara dan masih banyak lagi lainnya. 

Akun Harus Autentik/Asli, ini terkadang jadi dilema juga. Jika akun kita telah melakukan ganti username apakah akan tetap authentic? Hingga saat ini saya belum menemukan solusi jika akun IG telah mengalami perubahan username. Segera saat saya menemukan solusi dari case ini akan saya update di artikel terpisah.

Akun Instagram Dalam Keadaan Publik, saat pengajuan pastika akun instagram anda dalam settingan publik. 

Tidak Melanggar Aturan Instagram, semua peraturan instagram bisa di baca pada fitur help instagram. 

  1. Tokoh atau Perusahaan Terkenal

Hey, jika kamu dan brand kamu tidak terkenal, jangan berharap Instagram akan memberikan verifikasi centang biru yah

  1. Artikel Dari Situs Terpercaya

Tentu nama kamu dan brand kamu wajib sudah di mention di situs-situs terpercaya. Minimal 5 artikel untuk personal dan 25 artikel untuk brand. Pesan di Jasa Liputan Media Online Nasional Indonesia yah. 

  1. Autentik

Akun Instagram harus autentik, asli. dan jelas, yang berarti akun bukan berasal dari tokoh fiksi atau tidak nyata. Untuk beberapa case, akun fiktif bisa di verifikasi Instagram dengan nama brand. Contoh : @dagelan 

  1. Akun Bersifat Publik dan Lengkap

Akun Instagram harus bersifat publik dengan foto profil dan tulisan bio yang lengkap. Selain itu tidak mencantumkan tautan yang berisi ajakan untuk add friend, follow, like, atau sejenisnya ke sosial media lain.

  1. Mengikuti Ketentuan Penggunaan dan Panduan Komunitas

Jika tidak memenuhi ketentuan penggunaan dan panduan komunitas yang dibuat oleh Instagram, maka besar kemungkinan pengajuan verifikasi akan ditolak.

Kenapa Pengajuan Saya Ditolak Instagram?

Tidak Termasuk Tokoh atau Perusahaan Terkenal

Tidak Memiliki Banyak Artikel yang Ditulis Oleh Situs Terpercaya

Tidak Akuratnya Pengisian Formulir

Tidak Memenuhi Aturan Instagram

Akun Tidak Autentik

Akun Dalam Keadaan Private

  1. Bukan Tokoh atau Perusahaan Terkenal

Penolakan pengajuan verifikasi akun Instagram yang sering adalah kamu atau perusahaan kamu tidak terlalu terkenal di masyarakat. Sehingga pihak dari Instagram tidak dapat menemukan artikel mengenai kamu atau perusahaan kamu.

  1. Kurangnya Artikel Dari Situs Terpecaya

Pihak Instagram akan menolak pengajuanmu jika kamu atau perusahaan kamu tidak mempunyai banyak artikel yang ditulis oleh situs-situs terpercaya.

  1. Kesalahan Pada Pengisian Formulir

Kesalahan kecil ini juga berdampak pada penolakan pengajuan kamu. Pastikan pengisian formulir pengajuan sudah tepat dan baik.

  1. Melanggar Peraturan Instagram

Jika akun kamu atau perusahaan kamu memiliki konten yang dilarang oleh Instagram, maka pengajuan kamu akan besar kemungkinan ditolak.

  1. Tidak Autentik

Akun yang tidak autentik atau palsu juga akan ditolak pada saat pengajuan verifikasi akun Instagram.

  1. Akun Private

Akun kamu atau perusahaan kamu pada saat pengajuan tidak boleh dalam keadaan private atau rahasia.

Apakah Jasa Verifikasi Instagram di Internet Aman?

Jika kalian mencari jasa verifikasi akun Instagram di internet lalu kalian menemukan situs yang menyediakan jasa tersebut, kalian bisa mengecek portofolio yang sudah dikerjakan oleh jasa tersebut. Jasa Pembuatan Centang Biru Instagram Terpercaya

Kebanyakan dari jasa-jasa tersebut pasti melakukan analisa awal akan akun instagram yang ingin kita lakukan verifikasi, karena memverifikasi akun Instagram bukan hal yang mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang.

Penutup

Sekian artikel tips dan trik tentang cara verifikasi akun Instagram, semoga dapat membantu kamu yang ingin memverifikasikan akun Instagram. Semoga pengajuan verifikasi kamu dapat diterima dengan mengikuti artikel ini.

Jika kamu masih belum mengerti dan butuh bantuan, silakan komentar melalui kotak komentar di bawah artikel ini. Komentar kamu akan dibalas secepatnya.

Note : salah satu syarat untuk mendapatkan centang biru instagram adalah memiliki publikasi di media nasional. Rekomendasi jasa publikasi media nasional bisa coba di CasaKreatif.com.  

Baca Juga :

Leave a Comment