3 Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup Bagi Fresh Graduate

Daftar Riwayat Hidup, Pentingkah? Bagi Kak Niken sangat penting, karena ini adalah batu loncatan dari karir kita selama hidup sebagai manusia.  Bagi beberapa orang yang kreatif mereka bisa mendesain CV-nya dengan sangat apik dan penuh dengan sertifikat yang bertumpuk tumpuk. Namun ada beberapa orang yang kebingungan bagaimana cara membuat CV yang baik.

Dewasa ini sudah tidak jarang kita mengetahui banyak sekali job seeker yang bekerja diluar dari basic akademisi mereka. Contohnya Sarjana Pertanian bekerja di Perbankan, D3 Teknik Mesin bekerja sebagai Marketing Properti dan banyak lagi contoh gap antara dunia kerja dan dunia akademisi. Eh… Kak Niken pun sebagai lulusan Tata Busana, tapi saat bekerja menjadi Wartawan. Hehe.

Bagi Anda para fresh graduate, dengan membuat daftar riwayat hidup lamaran kerja yang baik, rapih dan lengkap tentu saja akan sangat mudah untuk dilirik oleh HRD. Hal itu akan membuat kesempatan Anda semakin besar untuk diloloskan ketahap berikutnya seperti interview atau proses lainnya. Menyenangkan bukan?

Daftar riwayat hidup
Daftar riwayat hidup BikinCV.com

Baca Juga : Pentingnya Fasilitas Data Center Indonesia

Berikut 3 Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Benar

  • Memuat informasi Mandatori

Nama, Alamat, Tempat Tinggal, Tanggal Lahir, Alamat Email dan Nomer Telpon yang bisa dihubungi. Pastikan data yang diisi valid yah. Karena data ini digunakan tim rekrutmen untuk menghubungi kita.

Jika kita memiliki media sosial, boleh ditambahkan beberapa link media sosial kita untuk menjadi daya tarik tersendiri. Please jangan tmpilkan media sosial kalian yang alay-alay gitu. Bagus juga kalau kita memiliki sebuah website yang berisi keahlian softskill kita selama kuliah atau berorganisasi.

  • Tersedia kolom informasi pendidikan yang kita tempuh

Pilih status sekolah Anda mulai dari SD hingga pendidikan terakhir Anda. Lengkapi Dengan Nama Instansi (Sekolah/Universitas), Bulan dan Tahun Masuk serta Bulan dan Tahun Lulus Anda. Cek list pada “Saya masih belajar di sini” apabila Anda belum lulus di Instansi tersebut.

  • Mencantumkan tentang pengalaman Organisasi dan Achievement kita

Deskripsikan diri Anda, apa yang menjadi motivasi Anda untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan tersebut. Ceritakan bakat dan prestasi yang Anda miliki untuk menunjang karakter Anda. Gunakan bahasa yang positif dan optimis agar mencerminkan kepribadian Anda yang baik.

Isi jabatan yang pernah Anda geluti, Nama Perusahaan, Lokasi Perusahaan, Bulan dan Tahun mulai bekerja serta Bulan dan Tahun Anda selesai bekerja. Bikin cek list pada “Saya masih bekerja di sini”. Apabila Anda masih/belum selesai bekerja di perusahaan tersebut.

Isi Kemampuan (Skill) yang Anda miliki dan Tingkat Kemampuan (Level) berdasarkan Kemampuan (Skill). Misalnya: Kemampuan (Skill) “Bahasa Inggris” dengan Tingkat Kemampuan (Level) “Pemula/Menengah/Ahli/Sangat Ahli”. Klik “Tambah Lagi” Apabila Kemampuan Yang Anda Miliki Lebih Dari Satu.

Baca Juga : Ide dan Tips Partisi Kantor yang Sesuai dengan Kebutuhan

Kesalahan pengisian Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riwayat Hidup
Pict by. BikinCV

Biasanya untuk fresh graduate mengalami kebingungan tentang apa saja yang perlu di cantumkan ke Daftar Riwayat Hidup. Malah pernah di suatu job fair ada pencari kerja yang membawa CV 10 lembar. Wow…^_^

HR over informed… Biasanya untuk fresh graduate yang dicari adalah mental YES I CAN, YES I WILL LEARN. Karena sudah jelas antara dunia akademisi dan dunia kerja memiliki jurang kompetensi. Apalagi jika kita berada di jurusan yang kurang di cari oleh dunia kerja.

Curriculum Vitae (CV) itu sejatinya adalah brosur/flyer kita untuk tim rekrutmen. Jadi perlakukan sebagai brosur terbaik kita. Informasikan apa bisa kita berikan untuk tim rekrutmen, berfokus pada apa yang mereka butuhkan.

Kak Niken ada rekomendasi sebuah website untuk bikin CV hanya dalam waktu 15 menit. BikinCV hadir sebagai salah satu platform pembuatan CV secara online. Hanya dengan beberapa langkah, pengunjung sudah dapat mengunduh CV yang baru saja dibuat.

Hasil Curriculum Vitae dari website cukup menarik, karena kita bisa memilih tema sesuai dengan karakter kita. Tentunya hal ini akan menjadi pertimbangan tertentu bagi tim rekrutmen saat melihat CV kita menarik. Anda juga bisa merubah data jika terdapat kesalahan pada CV dengan login ke halaman dashboard.

Contoh Template Daftar Riwayat Hidup
Contoh Template Daftar Riwayat Hidup

Beberapa keunggulan dari bikinCV

  • Cepat, Mudah, Murah
  • Banyak Pilihan Design CV
  • Edit Dimana Saja, Kapan Saja
  • User Friendly Design

Bagaimana cara kerja BikinCV.com? Mudah sekali ternyata. Anda tinggal isi data, pilih desain yang sesuai dengan karakter dan kepribadian Anda lalu download CV-nya. Sangat mudah bukan? Hanya dalam waktu 15 menit, sudah jadi CV yang sangat menarik.

Curriculum Vitae harusnya bisa di buat dengan  sangat cepat, mudah, murah, bisa diedit dimana saja, kapan saja, memiliki banyak pilihan design CV dan user friendly design. Satu satunya yang bisa mengakomodir adalah www.bikincv.com.

 

25 thoughts on “3 Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup Bagi Fresh Graduate”

  1. Jaman sekarang semua serba mudah
    Di tunjang teknologi canggih
    Kirim lamaran lewat email dan bisa di desain semenarik mungkin
    Kalau saya dulu masih harus kirim lewat pos…tapi seru juga sih hehehe

    Reply
  2. Biasanya untuk fresh graduate yang dicari adalah mental YES I CAN, YES I WILL LEARN.
    Ini well noted banget Kak.
    Karena memang, dibutuhkan semangat “Mau Belajar dan Berusaha” untuk para fresh graduates ya

    Reply
  3. Tambah keren dan mudah aja bikin CV ya
    Saya setuju, kalo ngurusin penerimaan staf baru yang dilihat foto, pendidikan terakhir dan ketrampilan
    Orang yang punya ketrampilan selain kemampuan akademis biasanya punya EQ Dan AQ yang bagus

    Reply
  4. Jadi makin mudah, praktis & cepat ya ka, jaman sekarang bikin apa” udh bisa lewat internet. Jd inget dulu pas sekolah belajar ttg surat menyurat, bikin cv&lamaran pekerjaan gitu haha

    Reply
  5. Sepakat CV penting untuk dibuat dan diupdate ya sekalipun aku ngga pernah kerja formal hehe. Inovasi BikinCV ini menarik dan kreatif deh. Sepertinya bakal banyak peminatnya

    Reply
  6. Informasi yang sangat bermanfaat untuk fresh graduate nih. Pengalaman waktu baru lulus kuliah duluu, saya masih meraba – raba format CV yang efektif. Akhirnya kadang bikin cv yang panjang lebih dari selembar

    Reply
  7. Untuk membuat CV saat ini sangat mudah sekali dan penuh warna. Dulu butuh kreativitas yang ekstara. Sekarang sudah ada pula jasa pembuatan CV yang bisa dipilih sesuai selera

    Reply
  8. Jadi inget dulu bikin desain riwayat hidup rasanya gimana gitu susahnya. Sekarang masih kepake sih buat portfolio blogger hehe. Eh ternyata ada jasa bikin cv gitu ya. Lumayan enggak capek jadinya

    Reply
  9. Aku dulu sampai minta refrensi dari mas.
    Dan dikasihlah CV model peneliti. Karena dipikir, aku juga ingin bekerja di bidang akademisi.
    Heuheu~
    Harus menyesuaikan tempat kita melamar juga, tenyata…

    Reply

Leave a Comment