Lifestyle Parenting and Traveling

Pentingnya Fasilitas Data Center Indonesia

pusat data indonesia
Pusat data Indonesia

Kalau bicara tentang teknologi informasi kita pasti tidak asing lagi dengan istilah, flashdisk, hard disk, google drive dan macam-macam media penyimpanan. Beberapa penyimpanan data portable memiliki resiko berpindah tangan kepada pihak yang tidak berkepentingan. Atau ada resiko data corrupt/rusak dalam waktu tertentu.

Maka dari itu diperlukan media yang memiliki kemampuan dan keamanan maksimal untuk data tertentu dengan yang confidential. Biasanya digunakan lembaga/instansi pemerintahan, perusahaan swasta dan multi nasional.

data center indonesia
Data center Indonesia (pict by Nex data center)

Istilah pusat data atau data center bagi kebanyakan orang awam mungkin masih asing dan tidak banyak diketahui. Namun, tidak dengan para pelaku bisnis atau orang-orang yang sehari-hari berkutat dengan teknologi informasi. Data, informasi dan aplikasi penting yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau instansi tentu membutuhkan tempat penyimpanan dengan tingkat keamanan tinggi.

Untuk itulah dibutuhkan sebuah infrastruktur IT yang bernama pusat data atau data center. Data center Indonesia pun dibangun dengan memenuhi persyaratan dan standar pembuatan tinggi untuk menjamin keamanannya.

baca juga ; laptop bisnis terbaik

Mengapa Data Center Dibutuhkan dalam Infrastruktur IT

Pusat data atau data center sendiri merupakan sebuah fasilitas yang di dalamnya berupa ruang penyimpanan data serta sistem dan jaringan komputer. Fasilitas ini biasanya dimanfaatkan oleh instansi tertentu atau perusahaan untuk mengelola, mengatur, menyimpan, memproses hingga menyebarluaskan data tersebut dalam skala yang besar.

Dalam sebuah infrastruktur TI, data center Indonesia ini memiliki peran yang sangat penting. Berkaitan dengan peran tersebut, berikut adalah alasan mengapa data center ini berperan penting.

pusat data indonesia
Pusat data Indonesia
  1. Keamanan (Security) Tingkat Tinggi

Dalam penyimpanan, pengelolaan dan penyebaran data tentu dibutuhkan tempat penyimpanan yang aman untuk menjaga data tersebut. Inilah mengapa pusat data atau data center Indonesia ini menjadi sangat penting. Data center ini memiliki sistem keamanan tingkat tinggi yang menjadi fitur paling penting bagi klien. Akses fisik akan dikontrol sepenuhnya, identitas pun akan dikonfirmasi melalui biometrik. Belum lagi setiap aktivitas dipantau dengan video-login.

  1. Sumber Daya Listrik Terjamin Aman

Sebuah fasilitas pusat data yang baik akan selalu dilengkapi dengan power supply yang baik pula, sehingga apabila terjadi pemadaman listrik, data center tetap terjamin aman dan tidak mengalami gangguan daya listrik. Inilah pentingnya pusat data berikutnya, yaitu power supply yang aman.

Ketika pemadaman, akan ada fasilitas bernama battery bank yang fungsinya menyediakan data sampai generator diesel masuk. Inilah yang menjamin pusat data tidak pernah terjadi gangguan daya listrik. Hal tersebut juga menandakan bahwa data center tersebut memiliki uptime servernya tinggi.

Baca juga: Aplikasi SehatQ, Asisten Kesehatan Keluarga Anda

  1. Tersedianya Fitur untuk Memenuhi Kebutuhan Bandwidth

Fasilitas data center Indonesia kebanyakan dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Perkembangan bisnis online yang terus meningkat, membuat kebutuhan akan bandwidth juga ikut meningkat. Kebutuhan bandwidth akan semakin meningkat karena nantinya akan digunakan untuk pemasaran, registrasi produk, iklan video dan kebutuhan bisnis lainnya. Dengan adanya pusat data ini, maka kebutuhan akan bandwidth tersebut bisa terpenuhi dengan berbagai fitur yang ditawarkan di dalamnya.

Nex data center tier 3
Nex data center tier 3 (pict by. data center)
  1. Sistem Penyimpanan dan Pemrosesan

Seperti yang sudah disebutkan dalam fungsi data center sebelumnya, bahwa fasilitas ini tidak hanya berfungsi untuk penyimpanan saja, namun juga pemrosesan bahkan penyebaran data. Manfaat inilah yang bisa kemudian menjadi peran penting dari data center. Sebuah pusat data dibuat dengan menggunakan prosesor multicore terbaru.

Dengan fitur ini, maka pusat data ini dapat memproses data dengan kecepatan tinggi dan kecepatannya pun dapat ditingkatkan hanya dalam hitungan jam. Di sisi lain, kapasitas penyimpanan tambahan juga bisa ditambahkan disini sesuai kebutuhan penggunaannya. Fitur dan peran ini jugalah yang bisa Anda dapatkan dari NEX sebagai salah satu pusat data di Indonesia.

Baca juga: Aplikasi Sisternet, Inspirasi Perempuan Indonesia

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa sebuah pusat data memiliki peran yang sangat penting dalam penyimpanan, pengolahan, pemrosesan hingga penyebaran data. Maka dari itulah data center Indonesia menjadi infrastruktur yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan maupun perusahaan untuk menyimpan informasi penting perusahaannya.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *