Desain Interior Dapur dan Ruang Makan Untuk Rumah Minimalis

Menata interior rumah dengan luas tanah 7 x 10 meter ternyata bukan hal mudah. Apalagi jika dana yang dimiliki juga sangat terbatas. Awal pindah kontrakan, barang-barang yang kami miliki memang tidak bisa dibilang sedikit. 

Rak buku, lemari besi, lemari pakaian, etalase kaca, meja, dan kasur merupakan barang-barang yang cukup memakan tempat. Ditambah dengan tidak adanya penyekat antara ruang keluarga dan dapur juga menjadi tantangan. 

Maka sebelum merealisasikan desain interior dapur dan ruang makan di kontrakan, kami mencari beberapa rekomendasi menata rumah sederhana minimalis. 

Rekomendasi Desain Dapur dan Ruang Makan Sederhana

Ternyata nggak perlu bingung saat merancang desain dapur dan ruang makan yang sempit. Karena mau nggak mau dalam satu area yang sama bisa menjadi tiga fungsi sekaligus. Justru hal ini memudahkan kita dalam bergerak bukan? ^.^ Begini caranya agar satu ruangan tersebut terlihat luas namun rapi. 

  • Meja Dapur Sekaligus Meja Makan

Menyatukan fungsi meja makan sekaligus menjadi meja merupakan solusi  tepat untuk rumah minimalis. Kita bisa meletakkan meja kecil sebagai sekat antara ruang makan dan dapur. Atau kita juga bisa memanfaatkan konsep meja dapur yang tinggi seperti mini bar. 

  • Aplikasikan Sentuhan Warna Putih

Gaya scandinavian atau monochrome merupakan pilihan untuk mengkombinasikan sentuhan warna putih. Karena dengan menggunakan dominasi warna putih maka rumah atau ruangan akan terlihat lebih luas dan tampak bersih. 

Warna putih bisa diaplikasikan pada kursi, meja, dinding atau beberapa perabotan dan interior lainnya. 

  • Kitchen Set Minimalis

Dengan ruangan yang sempit tentu kita harus bisa mengaplikasikan desain interior yang lebih simple. Pilihan desain minimalis modern biasanya akan membuat dapur kita terkesan lebih luas. Jangan lupa untuk menyimpan semua peralatan makan dan masak di dalam lemari. 

  • Manfaatkan Sudut Rumah

Jangan Biarkan ada satu area yang tidak dimanfaatkan. Untuk menyiasati desain interior dapur dan ruang makan minimalis maka sesuaikan posisi meja makan atau meja dapur tersebut. Untuk hunian minimalis, maka pilih furniture atau meja makan yang memberi kesan rapi untuk area sudut tersebut.

  • Gunakan Aksesoris

Agar tampak lebih hidup dan terkesan menyatu, kita bisa menambahkan aksesori di area antara dapur dan ruang makan terbuka. Misalnya seperti tanaman hias atau wadah buah ditengah meja. Selain itu kita juga bisa menempel wallpaper dengan motif tertentu yang sesuai dengan dapur dan ruang makan.  

dapur dan ruang makan minimalis
Dapur dan ruang makan minimalis (Pict by Kamar keren)

Jenis-Jenis Desain Dapur dan Ruang Makan Minimalis

Untuk menambah menata rumah minimalis dilahan terbatas, maka kita membutuhkan sejumlah gambar rumah minimalis sederhana untuk menjadi referensi.  Berikut ini beberapa jenis desain untuk dapur dan ruang makan minimalis : 

  • Desain unsur kayu menambah kesan hangat
  • Desain modern di area dapur tertutup 
  • Desain bergaya skandinavia
  • Desain dengan dekorasi tanaman
  • Desain klasik
  • Desain bergaya bohemian
  • Desain bergaya minibar

Jaga Kebersihan Dapur dan Ruang Makan

Karena keterbatasan lahan maka ruang dapur dan ruang makan dijadikan satu. Kebayang kan kalau kita sering lupa untuk membersihkannya maka kotoran akan menumpuk di satu area tersebut. Maka penting banget untuk selalu membersihkan area dapur dan ruang makan setelah selesai beraktivitas dengan desinfektan

Walau desain interior dapur dan ruang makan mungil ini tampak terbatas namun bisa terkesan elegan jika kita menjaga kebersihannya. Nggak sanggup membersihkan sendiri? Sekali-kali gunakan jasa kebersihan rumah terpercaya untuk mendukung pekerjaan kebersihan rumah.  

Mau membangun rumah atau kantor impian? Kak Niken punya rekomendasi marketplace jasa desain dan bangun yang terpercaya yaitu, Arsitag. Dapatkan jasa quantity surveyor gratis dari tim Arsitag, 100 % jaminan proyek selesai atau uang kembali, dan tanpa perlu biaya tambahan lagi. 

 

Leave a Comment