Jenis-Jenis Desain Rumah Minimalis untuk Lahan Terbatas

Memiliki tanah/lahan yang tidak begitu luas terkadang sering menjadi hambatan untuk memiliki rumah impian. Karena sebagian orang berpikir, bahwa rumah yang cantik dan nyaman adalah rumah dengan ukuran yang besar. Namun tidak demikian adanya, karena dengan ukuran lahan yang tidak begitu luas pun, Anda masih bisa membangun rumah impian Anda. Tentunya dengan mengusung desain rumah minimalis.

Desain rumah tipe ini juga kini sering digunakan dalam berbagai konsep rumah di beberapa perumahan. Hal ini dikarenakan, rumah minimalis merupakan tipe rumah yang sangat cocok digunakan di kawasan perumahan yang menjual rumah dengan ukuran terbatas. Meskipun demikian, konsep rumah minimalis ini menawarkan desain rumah yang modern, asri, serta simpel.

Jenis-Jenis Desain Rumah Minimalis

Rumah minimalis dibedakan menurut ukuran tanah yang digunakan dalam membangun rumah tersebut. Jenis-jenis rumah minimalis berdasarkan ukuran tanah ini juga sering dijadikan acuan dalam memilih tipe rumah minimalis, oleh beberapa developer perumahan/property.

Misalnya rumah minimalis tipe 21, tipe 36, tipe 45 hingga tipe 50. Sementara tipe rumah selain dari tipe-tipe tersebut, dikenal dengan rumah tipe ekslusif/deluxe. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis rumah minimalis ini, bisa Anda simak dalam penjelasan di bawah ini. Diantaranya :

Rumah Minimalis Tipe 21

Rumah minimalis dengan tipe 21 merupakan salah satu rumah minimalis yang sangat cocok bagi pasangan yang baru menikah, ataupun pasangan yang belum memiliki anak. Hal ini dikarenakan, dengan luas lahan sekitar 21 m², rumah dengan tipe ini hanya bisa dibangun untuk 1 kamar tidur, yang bisa ditempati oleh 2 orang saja.

Selain kamar tidur, rumah minimalis tipe 21 ini juga dilengkapi dengan ruang tamu yang terhubung dengan dapur, serta 1 buah kamar mandi. Meskipun demikian, desain untuk rumah yang biasanya memiliki ukuran 6 meter x 3,5 meter ini, akan terlihat nyaman dan asri, jika Anda pintar memilih furnitur yang tepat. Pilihlah furnitur yang tidak berukuran besar, yang sekiranya bisa membuat ruangan menjadi tidak terlihat penuh dan sempit.

Rumah Minimalis Tipe 36

Rumah minimalis dengan tipe 36 umumnya memiliki ukuran tanah sekitar 36 m². Sekilas, desain rumah minimalis untuk tipe 36 ini memang tidak begitu berbeda dengan rumah minimalis tipe 21. Apalagi jika dilihat dari bagian depan.

Hanya saja, yang membedakannya yaitu adanya 2 kamar tidur, serta fasilitas ruang tamu yang lumayan luas, jika dibandingkan pada rumah minimalis tipe 21. Bahkan kini, rumah minimalis dengan tipe 36 ini kini mulai banyak digunakan di berbagai kawasan perumahan, untuk menggantikan rumah tipe 21 yang bisa dibilang tidak sesuai untuk sebuah keluarga yang telah memiliki anak.

Baca juga : Tips Pindahan Rumah Yang Praktis, Anti Ribet!

Rumah Minimalis Tipe 45

Bagi Anda yang memiliki lahan/tanah yang lumayan luas, yaitu sekitar 45 m², maka Anda bisa memilih rumah minimalis tipe 45 ini. Dimana desain untuk rumah minimalis dengan tipe ini memiliki 2-3 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi, serta teras dan juga garasi. Bagi Anda yang memilih untuk membangun rumah minimalis tipe 45 dengan 2 kamar tidur saja, maka Anda bisa memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah untuk digunakan sebagai taman.

Bahkan, Anda juga bisa membangun sebuah dapur terpisah dari bangunan utama, maupun washing room (ruangan untuk mencuci pakaian). Namun jika Anda memilih untuk membangun 1 kamar tidur lagi, menjadi total 3 kamar tidur. Maka Anda bisa menggunakan lahan untuk taman tersebut sebagai kamar tidur.

desain rumah minimalis
Pict by Arsitag

Rumah Minimalis Tipe 50

Selain jenis-jenis rumah minimalis diatas, Anda yang memiliki lahan/tanah sekitar 50 m² juga bisa memilih rumah impian Anda dengan desain minimalis, khusus untuk tipe 50. Bisa dibilang, rumah minimalis dengan tipe ini bisa Anda bangun menjadi 2 lantai. Dimana untuk lantai 2 tersebut, bisa Anda bangun sebuah kamar tidur berikut ruang keluarga.

Demikian penjelasan mengenai desain rumah minimalis, berdasarkan jenis-jenisnya, yang disesuaikan dengan ukuran lahan/tanah yang dimiliki. Jika Anda masih bingung dalam mencari desain yang tepat untuk rumah minimalis Anda. Maka Anda bisa menghubungi jasa desain rumah minimalis.

Baca juga : Pengertian dan Keuntungan Menggunakan Metode Payment by Progress

Dimana dengan jasa ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk memikirkan konsep rumah minimalis yang akan dibangun nantinya. Karena jasa inilah yang akan membantu Anda. Dari mulai pengukuran lahan, pembuatan desain hingga konsep rumah idaman yang selama ini Anda mimpikan.

2 thoughts on “Jenis-Jenis Desain Rumah Minimalis untuk Lahan Terbatas”

Leave a Comment