Aplikasi HRIS Guna Efektifitas Perencanaan SDM

Perencanaan SDM adalah awal yang krusial bagi perusahaan. Karena pada saat membuat sebuah bisnis atau menjalankan perusahaan maka dibutuhkan beberapa divisi untuk memastikan operational berjalan dengan lancar. Tentunya perusahaan membutuhkan karyawan yang kompeten untuk mengisi pos-pos divisi yang dibutuhkan.

Sebab, hal ini akan berpengaruh terhadap karyawan dan operasional perusahaan secara keseluruhan. Tanpa perencanaan yang baik, sulit bagi perusahaan untuk menjalankan operasional dan bersaing dengan kompetitor melalui tenaga kerja yang berkualitas. Inilah sebabnya perusahaan berusaha mengoptimalkan perencanaan people power melalui Aplikasi HRIS.

Perencanaan SDM HRIS
Perencanaan SDM HRIS

Apa itu Perencanaan SDM?

Sederhananya, perencanaan Sumber Daya Manusia adalah sebuah rencana seputar karyawan mengenai jumlah tenaga yang dibutuhkan, keterampilan yang diperlukan perusahaan, serta bagaimana cara rekrutmen yang efektif untuk menjaring kandidat terbaik. Dengan perencanaan seputar SDM yang baik, perusahaan akan mendapatkan karyawan terbaik yang akan berkontribusi kepada perusahaan dengan baik.

Perusahaan membutuhkan SDM yang berkualitas dengan perencanan untuk bersaing dengan kompetitor dalam hal mendapatkan kandidat terbaik. Sebab, kandidat terbaik yang mempunyai bakat dan mampu beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan adalah harta berharga bagi perusahaan tersebut. People planning yang matang akan menghasilkan beberapa manfaat, yaitu:

  1. Meningkatkan produktivitas, menemukan talent yang kompeten
  2. Menjaring kandidat berkualitas, baik secara skill dan attitude serta mampu bekerja dalam tim
  3. Lebih mudah beradaptasi dengan teknologi, membentuk tim yang agile menjadi sebuah kebutuhan perusahaan saat ini
  4. Memudahkan kontrol dalam rekrutmen, sistem penyaringan yang baik memastikan kita mendapatkan right person in right place
  5. Mendeteksi permasalahan kinerja sedari dini, dengan KPI yang terstandar HRD bisa memantau kinerja terbaik dari karyawan.

Perencanaan SDM dengan HRIS

HRD adalah divisi yang bertanggung jawab kepada perencanaan SDM secara langsung. Fenomena bisnis yang kian bermacam-macam membuat HRD dituntut bekerja lebih ekstra khususnya dalam people planning. Cara manual dalam perencanaan SDM tidaklah efektif dan dapat melibatkan informasi yang bias, sehingga kurang efektif dan efisien. Ditambah lagi tumpukan dokumen fisik yang mengganggu dan memakan banyak tempat.

Pemanfaatan teknologi mulai meluas hingga sektor pengelolaan dan perencanaan SDM. Sudah waktunya bagi HRD untuk beralih ke sebuah sistem mutakhir yang dapat memudahkan dan menyederhanakan perencanaan SDM demi kinerja yang lebih efektif dan efisien. Human Resource Information System atau lebih dikenal Aplikasi HRIS dari LinovHR dapat memudahkan HRD untuk perencanaan SDM dengan berbagai fitur canggih.

Contoh fitur yang pertama adalah manpower planning request yang berguna untuk merencanakan tenaga kerja di posisi tertentu berdasarkan kebutuhan perusahaan. Kemudian, pihak yang berwenang seperti HR Manager akan  meng-approve rencana tersebut dan akan dijadikan landasan dalam rekrutmen karyawan. Periode perencanaan SDM dapat diatur melalui fitur manpower planning period. Dengan begitu, proses perencanaan tersistem dan matang serta dapat berjalan mulus ketika dieksekusi.

Baca Juga:

Aplikasi HRIS LinovHR: Kunci Perencanaan SDM yang Efektif

Karyawan adalah bagian penting dari perusahaan. Seberapa besar dan bagusnya perusahaan, tidak akan lancar operasionalnya tanpa kinerja karyawan. Itulah sebabnya HRD selalu berusaha melakukan perencanaan dalam hal SDM agar kinerja dan operasional perusahaan berjalan lancar.

Aplikasi HRIS dari LinovHR membantu HRD dan perusahaan dalam perencanaan SDM secara terperinci dan transparan. Kemudahan inilah yang akan berguna untuk pemantauan dan evaluasi. Sehingga, perkembangan dan keberlanjutan perusahaan dapat terjaga.  Ingin informasi lebih lengkap? Hubungi LinovHR sekarang juga!

Baca juga: Ide dan Tips Partisi Kantor

Leave a Comment