Film Srimulat: Hil Yang Mustahal

“Coba nyalain TV, sebentar lagi Srimulat mulai.” begitu kata alm.Bapak 25 tahun lalu. Saat itu kami sekeluarga hobi nonton grup lawak besutan Teguh Slamet Rahardjo tersebut. Srimulat merupakan satu diantara 3 kelompok grup lawak legendaris, seperti : Kwartet Jaya, Warkop DKI, dan Bagito. 

Diantara keempat grup lawak diatas, Srimulat-lah yang paling pertama muncul yaitu mulai tahun 1950. Srimulat merupakan pelopor seni pertunjukan tradisional, sepeprti Ludruk dan Keroncong. Kemudian mulai sering tampil di televisi sekitar tahun 1980-an dan bertahan hingga saat ini. Hingga memiliki jutaan penggemar di seluruh tanah air. Apa yang menarik dari Srimulat hingga mampu bertahan? 

Keunikan Karakter Srimulat

Kalau sering nonton penampilan Srimulat baik itu di layar televisi atau panggung-panggung hiburan, kita bisa tahu karakter keunikan masing-masing pemain. Misalnya Asmuni, yang ternyata sering melontarkan kalimat “Hil yang mustahal” dan “Tunjep poin” maksudnya hal yang mustahil dan to the point. 

Mamiek Prakoso yang terkenal dengan kalimat spontannya, “Mak bedunduk” dan juga “Mak Jegagik” maksudnya sekonyong-konyong dan tiba-tiba. Tarzan yang selalu berpenampilan rapi ala militer namun saat sedang melucu jarang sekali ikut tertawa. Berbanding terbalik dengan Nunung dan Basuki. Dilain pihak pak Bendot selalu menjadi tokoh sebagai sasaran empuk bual-bualan bagi yang lainnya. 

Gogon yang terkenal dengan gaya rambut mohawk, cara duduknya seringkali dibuat melorot dari kursi dan ketika berdiri Ia suka melipat tangannya. Timbul juga sering membuat penonton tertawa jika Ia mengucapkan kalimat “Akan tetapi” dan “Justeru”. Bagaimana dengan Tessy? Lihat aja gaya berdandan dan deretan cincin di sepuluh jari tangannya.  

Selain memang mereka selalu menyusun konsep atau materi yang lucu untuk manggung, masing-masing karakter juga memiliki ciri khas yang unik. Mulai dari penampilan, gaya bicara, hingga kalimat-kalimat yang menjadi trademark masing-masing pemain.  

Walau kejayaan Srimulat sempat meredup dan muncul kembali namun perjuangan masing-masing personil untuk membesarkan nama grup lawak ini patut diacungi jempol. Seperti halnya kabar kolaborasi antara MNC Pictures dan IDN Pictures yang baru-baru ini Kak Niken baca melalui siaran pers, membuat film Srimulat: Hil yang Mustahal. 

Film Srimulat: Hil yang Mustahal 

Rencananya film ini akan membahas mengenai perjalanan grup lawak legendaris panutan lintas generasi ini mulai dari tahun 1980-an. Kolaborasi antara MNC Pictures dan IDN Pictures ini berawal ketika seorang penulis naskah film komedi kenamaan Indonesia, Cuk FK mengajak Titan Hermawan, Direktur Utam MNC Pictures untuk menggarap ulang Srimulat. 

Akhirnya dibuatlah film Srimulat: Hil yang Mustahal yang disutradarai oleh Fajar Nugros, Head of IDN. “Millennial & Gen Z tahu tipe guyonannya, namun tidak tahu secara pasti siapa itu Srimulat. Film ini juga ingin mengenalkan kembali profil para pemain Srimulat melalui film Srimulat: Hil Yang Mustahal.” ujar Titan Hermawan. 

Baca juga : Streaming Film Teacher Melalui Aplikasi Nonton Film STRO

Press Confference Srimulat Hil Yang Mustahal
Press Confference Srimulat Hil Yang Mustahal

Daftar pemain lengkap Srimulat: Hil yang Mustahal 

Siapa saja yang menjadi aktor dan aktris film Srimulat: Hil yang Mustahal? Berikut ini daftar para pemainnya. 

  1. Bio One sebagai Gepeng 
  2. Elang El-Gibran sebagai Basuki 
  3. Dimas Anggara sebagai Timbul 
  4. Ibnu Jamil sebagai Tarzan 
  5. Rifnu Wikana sebagai Asmuni 
  6. Erick Estrada sebagai Tessy 
  7. Zulfa Maharani sebagai Nunung 
  8. Morgan Oey sebagai Paul 
  9. Rukman Rosadi sebagai Teguh 
  10. Erica Carl sebagai Djudjuk 
  11. Indah Permatasari sebagai Royani 
  12. Naimma Aljufri sebagai Ana 
  13. Rano Karno sebagai Babeh Makmur

Melalui Srimulat: Hil Yang Mustahal, MNC Pictures dan IDN Pictures berkomitmen untuk dapat memberi inspirasi bagi masyarakat dan memberikan energi positif terutama Millennials dan Gen Z di Indonesia. 

Makin penasaran dong dengan transformasi dan pembawaan para aktris dan aktor untuk karakter masing-masing pemain? So, stay tune terus ya. 

Leave a Comment